Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Usaha yang Cocok Dilakukan di Daerah Pegunungan

Daerah pegunungan memang menjadi salah satu lokasi yang potensial untuk dijadikan ladang bisnis. Biasanya orang - orang memanfaatkan lokasi ini sebagia tempat wisata alam. Tapi sebenarnya tidak hanya itu saja, ada banyak peluang usaha yang bisa kamu keruk dari tempat dengan ketinggian ribuan meter diatas permukaan laut ini.

Menurut Wikipedia, Pegunungan adalah lokasi geografis yang berbentuk rentetan dari banyak gunung atau bukit yang berkaitan secara geologis dan membentuk deretan atau bentangan. Daerah ini bisa dibatasi oleh dataran tinggi atau terpisah dari pegunungan lain dengan melewati punggung gunung juga lembah

Daerah ini menjadi wilayah yang berada di sekitar bukit barisan atau gunung yang biasanya menyajikan pemandangan indah. Memiliki cuaca yang sejuk dan dingin, mengingat suasana daerah ini masih banyak terdapat hutan pepohonan. Permukiman daerah pegunungan ini juga sudah mulai ramai penduduknya.

Untuk yang sedang tinggal di daerah pegunungan dan ingin membuka usaha, bisa mengikuti postingan kali ini, silahkan scrool kebawah untuk lebih jelasnya


Contoh Ide Usaha di Daerah Pegunungan

usaha daerah pegunungan


Jadi buat sobat kosngosan yang ingin memulai usaha kaki lima di pegunungan, namun masih bingung dengan ide apa yang cocok untuk daerah dengan kelembaban dan curah hujan yang lebih tinggi dari daerah lain, mari simak beberapa ide usaha di daerah pegunungan berikut ini.


1. Kedai Kopi

Membuka kedai kopi di depan rumah bisa menjadi usaha yang cocok untuk daerah pegunungan. Selain para warga sekitar, para pendaki yang hendak istirahat juga akan menjadi pelanggan kedai kopi.

Bisa disuguhkan kopi yang berasal dari perkebunan kopi setempat, agar memiliki ciri khas yang membuat pelanggan tertarik untuk datang mencobanya. Sebagai tambahan menu teh hangat dan teh tubruk juga camilan lainnya disuguhkan dalam kedai kopi.


2. Kebun Sayur

Tanah dari pegunungan adalah tanah yang tergolong subur. Kelembabannya yang tinggi dan daerah pegunungan memiliki tanah dengan unsur hara yang baik untuk tanaman.

Terlebih jika daerah pegunungan yang gunung disekitarnya pernah mengeluarkan lahar juga abu vulkanik yang mengandung mineral dan erupsi tersebut menjadikan tanah jadi subur.

Sehingga menanam kebun sayur dan buah-buahan cocok untuk dijadikan usaha. Misalnya menanam kol, wortel, tomat, daun bawang, seledri, dan sayuran lainnya. Ingat keterampilan dan rajin membersihkan kebun sangat diperlukan ya.

Jika modal tergolong kecil, sobat kosngosan bisa memulai dengan menanam strawberry beberapa pot/polybag di pekarangan rumah.

Pertumbuhan strawberry tergolong cepat, menjalar dan berbuahnya juga cepat panen. Strawberry tumbuh subur di daerah yang sejuk dan lembab, namun pada siang hari tetap mendapatkan sinar matahari. Menjadikan buah strawberry manis dan segar. Lalu siap dijual.


3. Peternakan

Daerah pegunungan juga cocok sebagai lahan peternakan. Terlebih dahulu pilih jenis hewan ternak apa yang hendak dipelihara. Ternak yang suka daerah dingin seperti sapi perah, kuda, kambing perah, domba, kelinci adalah rekomendasi jenis hewan ternak yang bisa dijadikan usaha.

Di daerah pegunungan banyak terdapat sumber air sehingga memudahkan dalam memelihara hewan ternak.

Ditambah rumput sebagai pakan ternak yang mudah didapatkan. Bisa dicoba dengan sepasang hewan ternak terlebih dahulu agar modal kandang tidak terlalu besar. Seiring waktu akan bertambah dan berkembang. Dan pengolahan dan pengelolaannya harus semakin ditingkatkan lagi.


4. Jasa Angkutan

Untuk yang memiliki kenderaan bisa juga nih buka usaha jasa angkutan. Baik jasa angkutan umum, jasa angkut hasil pertanian dan peternakan, atau pun jasa titip sesuai permintaan.

Jasa angkutan umum bisa menjadi tukang ojek di pangkalan khusus menuju pegunungan. Mobil angkot yang punya lebih banyak muatan. Atau yang punya kuda bisa dengan bendi atau sado.

Para petani dan peternak yang hendak berdagang ke pasar kota juga akan membutuhkan jasa angkutan ini untuk membawa sayuran, buah-buahan, dan hewan ternak.

Atau sobat kosngosan bisa buka jasa titip, jika hendak ke pasar bisa sekalian membelikan keperluan warga lain yang tidak bisa meninggalkan pegunungan.


5. Jaket/ Sweater

Buka lapak dipinggiran kaki gunung bisa dengan menjual jaket, mantel hujan, sweater yang hangat, kupluk dengan banyak warna dan variasi. Sepatu rajut, syal, sarung tangan, kaos kaki dan lain sebagai. Terlebih saat musim hujan barang-barang tersebut sangat dibutuhkan.


6. Jagung Bakar

Jual jagung bakar juga ide usaha yang tidak terlalu mengeluarkan banyak modal. Cukup menyiapkan jagung manis, arang untuk membakar, wadah dan bumbu oles jagung, dan beberapa tempat duduk maupun lesehan agar pelanggan bisa menikmati makan ditempat.

Agar jagung lebih murah bisa di beli langsung ke petani jagung sekitaran pegunungan tersebut. Buka dari sore hingga malam akan membuat pelanggan lebih santai untuk menyantap jagung bakar, apalagi yang sedang mengajak anak-anak untuk jalan-jalan sore. Oleh-oleh jagung akan cocok untuk sobat kosngosan bawa pulang.


7. Jual Kayu Bakar

Bagi pekerja kasar yang hanya bermodalkan tenaga saja. Bisa dengan mengumpulkan kayu bakar dari dalam hutan untuk kemudian dijual ke rumah-rumah atau pedagang sekitar.

Pedagang gorengan, pedagang jagung bakar, pedangan kacang rebus, yang masih mengandalkan kayu bakar sebagai alat untuk memasak. Bisa juga sistem pesan untuk pelanggan yang hendak memerlukan kayu bakar untuk pesta atau acara camping untuk api unggun.


8. Kedai Pop mie/ Indomie

Kedai-kedai kayu yang dipinggiran kebun teh bisa dijadikan usaha sederhana, yaitu menjual pop mie atau indomie.

Dengan pemandangan kebun teh sambil merasakan kesejukan para pengemudi atau yang sedang musafir akan beristirahat sambil memesan pop mie atau indomie rebus.

Pengendara sepeda motor juga akan mampir, terlebih ketika sedang gerimis atau hujan pasti akan berteduh.

Dengan harga yang relatif murah para pelanggan sobat kosngosan akan mudah saja memesan sembari menunggu hujan reda. Bisa tambahkan kerupuk-kerupuk atau ciki-ciki snack yang cocok untuk teman pop mie.


9. Kuliner Khas Daerah

Tak sedikit orang yang ingin liburan ke daerah pegunungan. Selain mencari udara sejuk nan segar, juga untuk pergi mendaki gunung. Ide usaha yang bisa disiapkan yaitu kuliner khas daerah setempat. Agar selalu ada yang dirindukan para pengunjung untuk menikmati makanan khas daerah.


10. Perkebunan

Jika memiliki modal yang cukup besar, dan juga memiliki pengetahuan tentang jenis-jenis kebun. Maka membuka lahan perkebunan di daerah pegunungan layak dicoba.

Atau jika ingin langsung punya kebun yang sudah menghasilkan, agar tidak membutuhkan waktu yang lama. Bisa membeli kebun yang sudah jadi. Tapi akan membutuhkan modal yang lebih besar lagi.

Perkebunan kopi misalnya. Kita bisa menyiapkan proses pengolahannya. Selain pemilik kebun kopi, usaha pengolahan biji kopi, menjualkan serbuk kopi sampai buka usaha kafe kopi sendiri.

Akan semakin berkembang bukan. Pendapatan juga semakin makmur, pengangguran sekitar juga akan berkurang karena karyawan yang dibutuhkan akan bertambah seiring berkembangnya usaha.

Begitu juga halnya dengan kebun teh, kebun strawberry, kebun apel, jeruk, wortel dll. Bisa juga dijadikan tempat wisata untuk pengunjung yang ingin memetik sendiri hasil kebun.


11. Penginapan

Usaha penginapan di daerah pegunungan dengan desain unik, memiliki ciri khas dan berbeda dari yang lain. Pengunjung sobat kosnogsan ada dari kalangan keluarga yang sedang berlibur.

Karyawan dari perusahaan yang sedang mengadakan acara, juga anak kuliah atau anak sekolah yang mengadain camping di pegunungan.

Tentu akan memilih daerah yang menyediakan penginapan. Atau pasangan yang baru saja menikah juga bisa memilih villa daerah pegunungan sebagai tempat penginapan yang sejuk.


12. Wisata Outbound

Daerah pegunungan juga salah satu jadi pilihan untuk para karyawan perusahaan yang akan mengadakan outbound atau family gathering.

Usaha outbound dengan ide kreatif akan membuat outbound yang seperti apa yang berbeda dari lain. Agar pelanggan lebih memilih ke tempat usaha kita dari yang lain. Harus aman dan memiliki surat teruji untuk safety.

Wahana flying fox, berjalan di atas kayu yang teruntai antara satu pohon ke pohon yang lain, bersepeda di atas tali, dsb. Pengunjung sekelompok yang reunian juga akan suka mencoba outboun tersebut.


13. Peralatan Pendaki

Membuka usaha menjual perlatan pendakian, atau bisa juga rental. Baik itu tenda kemah, sleeping bag, terpal, kompor, hammock camping, tas gunung atau carrier, sepatu gunung dan lain sebagainya yang dibutuhkan para pendaki.


14. Wisata Agro

Bagi sobat kosngosan pecinta tanaman, wisata agro adalah ide yang cocok untuk dijadikan usaha di daerah pegunungan. Menyediakan bibit tanaman, pupuk juga tanah humus yang bisa di beli.

Menampilkan rangkaian tanaman, seperti bunga- bungaan yang indah dipandang mata. Pohon-pohon kecil yang bisa dibeli buat pekaran rumah.

Desain tempat tersebut agar bisa dijadikan spot foto. Atau wisata agro persawahan juga cocok ditanam di lereng-lereng pegunungan. Dengan terasering yang bisa untuk healing.


15. Jual Pupuk dan Pakan Ternak

Para petani dan peternak akan selalu membutuhkan pupuk dan pakan ternak. Usaha ini bisa juga kamu coba, dengan menyediakan baik itu pupuk organik (padat dan cair) atau pun pupuk kimia.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk bertani seperti bibit sayuran dan buah-buahan, pestisida, polybag, cocopeat, dll. Juga bahan yang diperlukan peternak, seperti vitamin, obat-obatan ternak, pakan ternak atau ransum kering, dll.

Baca juga : Usaha Jangka Panjang di Desa


Kata Penutup

Untuk di daerah pegunungan bisa mencoba ide usaha tersebut dengan memikirkan perencanaan terlebih dahulu usaha apa yang cocok untuk sobat kosngosan geluti. Dari segi modal usaha, kemampuan atau skill yang dimiliki, juga letak strategis yang cocok.

Perhatikan juga kondisi gunung sekitar daerahmu ya, apakah aktif atau tidak. Selalu hati-hati dan waspada. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya, terimakasih banyak.

Oleh rezaharahap