Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Contoh Usaha Jangka Panjang di Desa

Apa saja peluang usaha jangka panjang yang cocok di desa?  Hidup di pedesaan merupakan hal yang cukup diminati oleh sebagian orang. Hal ini bukan berarti kamu akan memiliki keterbatasan untuk menjalankan usaha. Karena di masa sekarang ini, desa sudah bukan lagi tempat yang terpencil dan minim dengan kesempatan kerja. 

Karena ada banyak sekali orang yang sukses karena mereka sebenarnya pandai memanfaatkan potensi yang ada di desa, baik berupa kondisi alamnya, target konsumen yang banyak, kompetitor yang sedikit atau bahan bakunya yang melimpah dan ada di dalamnya.

Hal penting yang kamu pertimbangkan terlebih dahulu adalah mengenai jumlah modal yang harus dikeluarkan, karena seperti yang kita ketahui, perputaran uang di pedesaan jauh berbeda dengan di perkotaan. 

Kamu juga harus mempelajari strategi bisnis dengan tepat, serta mengetahui dengan baik prospek apa saja yang berpeluang besar untuk dijalankan untuk jangka panjang. 


Contoh Usaha Jangka Panjang di Desa

usaha jangka panjang di desa

Nah sesuai dengan pembahasan kita pada judul diatas, maka kali ini kosngosan.com akan memberikan beberapa referensi ide usaha long term yang mungkin cocok untuk mu,

Selain usaha kaki lima kekinian, berikut beberapa pilihan usaha jangka panjang yang bisa kamu jalankan di pedesaan :


Usaha Toko Kelontong

usaha jangka panjang desa toko kelontong

Dari ide usaha yang paling sederhana, toko kelontong merupakan peluang usaha yang cukup mudah untuk dijalankan.

Warung kelontong menyediakan berbagai macam kebutuhan sehari – hari, hal inilah yang membuatnya lazim dikenal dan banyak dibutuhkan keberadaannya oleh semua orang.

Kunci keberhasilan dari usaha ini sebenarnya terletak pada ketersediaan barang yang bervariasi dan harga yang terjangkau untuk didapatkan.


Usaha Kuliner

usaha jangka panjang kuliner

Usaha kuliner juga merupakan jenis usaha yang tidak akan habis dimakan oleh zaman. Seiring dengan berkembangnya waktu, semakin kesini usaha kuliner semakin bertambah variasi dan ragam masakannya di mata semua orang.

Di pedesaan, target pasar dari bisnis kuliner ini umumnya adalah wisatawan, karena salah satu prospek yang cukup besar di desa selanjutnya adalah banyak menawarkan tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan. 

Modal awal untuk memulai bisnis ini juga tidak terlalu besar, tergantung dari konsep usaha apa yang akan sobat kosngosan pilih nantinya.


Jasa Menjahit

jasa menjahit usaha jangka panjang desa

Membuka jasa penjahitan baju juga menjadi pilihan usaha yang bisa dijalankan untuk jangka panjang. Seperti yang kita tahu, kebutuhan fashion juga tidak akan ada matinya, apalagi pakaian merupakan kebutuhan pokok bagi semua orang.

Terutama di pedesaan, mendapatkan pakaian baru rasanya juga menjadi persoalan yang cukup sulit karena jauhnya jarak yang harus ditempuh jika ingin membeli baju baru di perkotaan. 

Dengan demikian, adanya jasa penjahitan merupakan solusi yang cukup bagus untuk dikembangkan sebagai peluang usaha rumahan.


Jasa Laundry

Siapa bilang pengguna jasa laundry hanya untuk orang perkotaan saja? Tidak sedikit juga loh warga desa yang tetap membutuhkan jasa ini. 

Karena sebenarnya jika dihitung – hitung, menggunakan jasa cuci terhitung lebih murah dan lebih irit tenaga daripada harus mencuci sendiri di rumah.

Kamu hanya perlu menyiapkan mesin cuci, kantung plastik, setrika, sabun cuci/detergen dan timbangan saja untuk menjalankan usaha ini. Peluang usaha ini juga akan lebih menjanjikan jika kamu menyediakan layanan antar jemput pada konsumen.


Usaha Ternak Ayam

Ternak ayam memang sangat cocok untuk dijalankan di pedesaan. Terlebih jika kamu memiliki lahan atau pekarangan yang cukup luas di sekeliling rumahmu.

Sobat kosngosan dapat memanfaatkan lahan tersebut sebagai tempat untuk membudidayakan ayam kampung. 

Jika hasil ternakmu nantinya cukup banyak, kamu bisa menjualnya pada penjual daging ayam di pasar, atau rumah – rumah makan yang membutuhkan.


Budidaya Jamur

Ide usaha jangka panjang yang bisa kamu coba selanjutnya adalah budidaya jamur. Di era sekarang contoh usaha jamur yang cukup melejit dan diminati banyak orang adalah jamur tiram.

Selain proses perawatannya yang tidak begitu sulit, jumlah modal yang harus dikeluarkan juga tidak terlalu besar. 

Untuk satu media saja, kamu sudah bisa menghasilkan banyak sekali jamur dan bahkan bisa dipanen dalam jangka waktu yang cukup panjang loh.


Budidaya Ikan Konsumsi atau Hias

Budidaya ikan juga sangat cocok dilakukan di pedesaan apalagi jika kamu bertempat tinggal di wilayah yang kondisi airnya melimpah.

Jenis ikan yang dibudidayakan juga bisa bermacam – macam, tergantung dengan situasi lingkungan setempat. 

Jika kamu berada di tempat yang airnya tidak begitu mengalir, maka kamu bisa mencoba untuk beternak lele karena perawatannya mudah dan tidak membutuhkan proses yang rumit.


Usaha Ternak Kambing

Seperti yang kita ketahui, di daerah pedesaan masih banyak sekali lahan yang luas dengan kondisi rumput yang hijau dan masih asri. Hal ini sangat cocok untuk digunakan tempat beternak kambing.

Yang perlu diperhatikan adalah, sebelum menjalankan usaha ini pastikan dulu kamu sudah memperkaya diri dengan pengetahuan yang cukup karena ternak kambing ini membutuhkan ketelatenan yang serius dalam perawatannya.


Usaha Menjual Sayur Mayur

Jika sobat kosngosan tinggal di pedesaan khususnya daerah pegunungan, maka peluang usaha satu ini patut untuk kamu coba. Suhu dingin di pegunungan sangat cocok untuk ditanami berbagai macam sayur mayur segar

Sehingga nantinya kamu bisa menjualnya di perkotaan agar mendapatkan keuntungan yang menjanjikan. 

Pastikan dulu bahwa lokasi yang akan kamu gunakan benar – benar cocok dengan tanaman yang akan kamu budidayakan nantinya.


Pertanian Organik

Peluang usaha rumahan ini cukup menarik untuk dijalankan di desa dan dijual ke perkotaan. Makanan organik banyak mengandung kadar gizi yang tinggi dan vitamin yang baik untuk dikonsumsi semua orang.

Oleh karena itulah, banyak orang di kota yang berburu makanan berbahan organik sebagai santapan mereka. 

Nah, dengan kondisi pertanahan desa yang kebanyakan masih asri dan bebas dari pencemaran membuat usaha pertanian organik ini sangat cocok untuk dikembangkan.


Budidaya Buah – Buahan Sistem Panen Sendiri

Sama halnya dengan budidaya sayur mayur, budidaya buah – buahan segar di desa juga cukup menjanjikan untuk dikembangkan.

Kondisi tanah yang subur membuatnya lebih mudah dan efektif untuk ditumbuhi berbagai macam jenis buah. 

Apabila musim panen telah tiba, kamu bisa memilah jenis buah dengan kualitas yang terbaik untuk dijual di kota. Tentunya hal ini berpotensi mendatangkan keuntungan yang cukup besar.


Bisnis Pakan Hewan Ternak

Banyaknya usaha ternak yang dijalankan di desa tentunya membuat kebutuhan akan pakan hewan semakin meningkat.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka usaha yang menjual berbagai macam pakan khusus ternak. 

Hal ini juga dapat memudahkan sobat kosngosan untuk mendapatkan pakan karena kini mereka sudah tidak perlu jauh – jauh lagi mencarinya di kota.


Bisnis Makanan Kecil atau Camilan

Jika kamu memiliki hobi dalam memasak atau meracik resep – resep makanan, tentu tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis rumahan satu ini, yaitu Bisnis Makanan Ringan

Selain sederhana, kamu juga tidak membutuhkan modal yang besar. Berbekal kemampuan memasak yang cukup saja, kamu sudah bisa menciptakan berbagai macam camilan yang bisa kamu jual kepada masyarakat di sekitarmu atau bahkan bisa dijual juga di perkotaan.


Bisnis Mebel dan Bahan Bangunan

Usaha ini cukup menarik dan berpeluang tinggi untuk dikembangkan karena sebagian besar produk berbahan kayu yang dijual di perkotaan itu sebenarnya asalnya juga dari desa.

Beberapa perabot rumah tangga seperti almari, meja, kursi, jendela, kusen, dan tempat tidur kini sangat dibutuhkan di berbagai tempat.

Kamu bisa mencoba usaha ini dengan modal dan penganggaran yang tepat terlebih dahulu. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan adalah tetapkan kualitas yang terbaik agar pelanggan tidak kecewa nantinya.


Usaha Portal Online/Blog

Usaha yang ini sebenarnya juga bisa dilakukan oleh semua orang. Peluang bisnis untuk menjadi seorang penulis lepas umumnya bisa dijalankan dengan tetap memperhatikan kualitas tulisan, baik dalam semua jenis kategori.

Hal ini karena tidak semua orang mampu untuk menulis kata – kata yang menarik dan enak untuk dibaca. Semakin bagus kualitas sebuah tulisan, maka website atau blog yang dibangun juga akan semakin berkembang.

Beberapa peluang usaha jangka panjang lainnya yang mungkin bisa bermanfaat buat kamu jadikan referensi :


Usaha Penyewaan Alat dan Mesin Pertanian

Usaha penyewaan alat dan mesin pertanian adalah kegiatan bisnis yang menawarkan jasa penyewaan alat dan mesin pertanian kepada para petani atau perusahaan pertanian untuk membantu proses pertanian. 

Usaha ini biasanya menawarkan berbagai jenis alat dan mesin pertanian, seperti traktor, kombinasi, mesin tanam, pompa air, mesin pengolahan tanah, dan sebagainya.


Mendirikan Pabrik Pengolahan Sampah dan Limbah

Pabrik Pengolahan Sampah dan Limbah adalah fasilitas industri yang dirancang untuk mengumpulkan, memisahkan

Dan mengolah sampah dan limbah agar dapat diolah kembali menjadi produk yang berguna atau dapat dibuang dengan aman tanpa membahayakan lingkungan. 

Proses pengolahan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk pemisahan material berdasarkan jenisnya, pengolahan biologis untuk mempercepat dekomposis


Mendirikan Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PPKS)

Pabrik Pengolahan Kelapa Sawit (PPKS) adalah fasilitas industri yang dirancang untuk memproses buah kelapa sawit (CPO) menjadi minyak kelapa sawit (PKO) dan serat tandan kosong (TKKS). 

Pabrik pengolahan ini merupakan bagian dari industri kelapa sawit yang terdiri dari perkebunan kelapa sawit dan pabrik pengolahan. 

Proses produksi di PPKS meliputi pengolahan buah kelapa sawit yang meliputi sterilisasi, perebusan, pemisahan cangkang dan inti, pemisahan minyak dan serat, pengolahan PKO dan TKKS, dan penyimpanan produk jadi.


Membuka Tempat Praktek Layanan Kesehatan

Tempat Praktek Layanan Kesehatan adalah fasilitas atau tempat yang digunakan oleh para tenaga kesehatan untuk memberikan layanan kesehatan kepada pasien atau masyarakat. 

Tempat praktek layanan kesehatan ini dapat berupa klinik, puskesmas, rumah sakit, atau praktik mandiri.


Jasa Reparasi atau Perbaikan Barang Elektronik

Jasa reparasi atau perbaikan barang elektronik adalah layanan yang diberikan untuk memperbaiki barang elektronik yang mengalami kerusakan atau gangguan. 

Barang elektronik yang dapat diperbaiki meliputi peralatan rumah tangga seperti televisi, kulkas, mesin cuci, dan komputer. Proses perbaikan meliputi diagnosis kerusakan, penggantian komponen yang rusak, dan uji coba untuk memastikan barang tersebut berfungsi kembali secara normal. 

Jasa reparasi atau perbaikan barang elektronik biasanya dilakukan oleh teknisi yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknologi elektronik


Kata Penutup

Pada akhirnya semua keputusan bergantung kepada sobat kosngosan. Perlu kamu ketahui, bahwa membangun bisnis untuk jangka panjang menjadi suatu hal yang tidak sulit.

Hanya dengan menginvestasi energi, waktu, dan modal, kamu dapat memberikan keyakinan untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama. Semoga membantu, jangan lupa klik tombol share ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya