Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Usaha yang Perlu Dikerjakan untuk Memenuhi Kebutuhan

usaha untuk memenuhi kebutuhan

Tuliskan usaha usaha yang perlu dikerjakan untuk memenuhi kebutuhan? kalau ditanya seperti ini, maka jawabannya ada banyak. Tentu saja menjual barang kebutuhan sehari hari menjadi pilihan. Membuka bisnis menjadi salah satu alternatif seseorang dalam memenuhi kebutuhan sehari – harinya. Ada banyak sekali peluang usaha yang bisa kamu coba apalagi di era maju seperti sekarang ini.

Tidak harus memerlukan jumlah modal yang begitu besar, justru hanya dengan modal yang kecil saja kamu sudah bisa membuka usaha sendiri. Yang terpenting adalah, kamu harus pandai memanfaatkan kesempatan yang ada dengan ide dan inovasi yang baik agar bisnismu berjalan lancar.

Usaha yang berkaitan dengan kebutuhan manusia memang selalu bisa dicoba. Tapi perhatikan juga faktor kompetitor. Karena sering sekali usaha dibidang kebutuhan dasar selalu banyak pesaingnya, karena mudah ditiru oleh siapa saja.

Oleh karena itu, sobat kosngosan harus bisa memberikan nilai plus pada usaha tersebut, sehingga konsumen mu pun merasa bahwa usaha itu memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh saingan mu.


Usaha yang dikerjakan untuk Memenuhi Kebutuhan

Kebutuhan hidup terdiri dari kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Tapi berikut beberapa contoh peluang usaha yang bisa kamu coba untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari, dan bisa saja hanya dilakukan dari dalam rumah. Penasaran? mari kita ulik satu per satu :


1. Jualan Online

Jika kamu ingin membuka usaha yang simple dan tidak terlalu rumit dalam pengelolaannya, usaha satu ini sangat cocok untuk dicoba.

Pasalnya, usaha ini juga sudah menjamur dan mudah sekali kita jumpai dimana – mana. Bisnis online dinilai sangat mudah dijalankan baik bagi pemula sekalipun karena modal yang dibutukan tidak terlalu besar, serta pemiliknya juga tidak perlu membuka toko dan membeli alat – alat produksi.


2. Menjadi Makelar Properti

Makelar properti atau yang biasa disebut dengan broker properti bisa sobat kosngosan coba, ini adalah jenis profesi yang banyak dibutuhkan jasanya oleh masyarakat khususnya beberapa pelaku pengusaha.

Makelar properti umumnya bertugas sebagai penghubung antara penjual dengan pembeli atau para investor. Keberadaan makelar ini sangat membantu dan mempermudah pihak yang ingin menjual, membeli atau menyewa properti yang mereka inginkan.


3. Daftar Agen Reseller Produk MLM

Bisnis MLM (Multi Level Marketing) saat ini sudah beredar luas dan bermunculan di sekitar kita. MLM sendiri merupakan suatu strategi pemasaran yang sifatnya berjenjang

Dimana pihak sales (penjual) tidak hanya mendapatkan kompensasi dari penjualan yang mereka hasilkan, namun juga hasil penjualan dari brand yang mereka rekrut.

Ada banyak sekali jenis produk MLM yang bisa kamu coba mulai dari bidang fashion, kosmetik, dan lain sebagainya.


4. Menjual Jasa di Marketplace

Tidak hanya menyediakan barang saja, kini sudah banyak marketplace yang juga menyediakan jasa bagi konsumennya.

Jika kamu memiliki skill dan keterampilan di bidang tertentu, tidak ada salahnya juga untuk menawarkannya melalui situs marketplace.

Untuk jumlah penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari jasa online tersebut juga bervariasi tergantung dari tingkat kesulitan pada jasa masing – masing. Tapi beberapa diantaranya bisa sobat kosngosan jalankan tanpa membutuhkan modal lho!


5. Menjadi Kuli di Proyek Mandor

Jasa kuli masih banyak dibutuhkan di banyak tempat saat ini untuk berbagai kepentingan seperti perbaikan genteng yang bocor, renovasi rumah, pemasangan keramik, pemasangan kusen dan jendela, serta masih banyak lagi.

Untuk upah kuli bangunan sendiri rata – rata berkisar mulai dari Rp 100.000 – Rp 150.000 per harinya dengan jam kerja mulai pukul 08.00 pagi sampai 17.00 sore.


6. Tukang Reparasi Dadakan

Ada banyak sekali jasa reparasi yang menangani berbagai macam masalah seperti perbaikan komputer, perbaikan AC, perbaikan air ledeng, servis elektronik dan masalah lainnya yang umum kita temui dalam rumah tangga.

Bahkan tak heran biasanya pelaku usaha ini seringkali dipanggil secara dadakan, itulah sebabnya disebut dengan tukang reparasi dadakan.

Umumnya mereka yang berprofesi sebagai tukang reparasi memang memiliki keahlian khusus dalam bidang tertentu yang kemudian jasanya dijual untuk membantu kesulitan banyak orang.


7. Jualan Sembako

Membuka warung sembako umumnya sangat cocok dilakukan terutama di lingkungan yang masih jarang tersedia supermarket dan pusat perbelanjaan sejenisnya.

Masyarakat juga umumnya lebih mudah untuk membeli dan mendapatkan barang yang mereka butuhkan daripada harus jauh – jauh pergi ke supermarket.

Kamu bisa mulai menjual barang – barang pokok seperti beras, telur, minyak goreng, bumbu dapur, makanan ringan, gula, minuman kemasan dan sebagainya.


8. Membuka Katering Rumahan

Kesibukan yang padat dan waktu yang sempit terutama bagi pekerja kantor membuat mereka lebih menyukai hal – hal yang praktis seperti memesan katering untuk menu makanan mereka sehari - hari.

Tentunya keadaan ini bisa menjadi peluang yang sangat bagus khususnya bagi kamu yang memang memiliki hobi memasak.

Sobat kosngoѕan juga bisa menyediakan berbagai menu yang diperuntukkan untuk acara hajatan, tasyakuran, dan lain sebagainya.


9. Berjualan Ayam Kiloan

Peluang usaha ayam kiloan ini juga sangat menjanjikan keuntungan besar untuk dijalankan. Memang pada beberapa tukang sayur keliling, mereka juga menyediakan daging ayam kiloan untuk dijual.

Namun akan lebih efektif lagi jika kamu memilih usaha khusus ayam kiloan sendiri. Hal ini karena pembeli cenderung lebih suka memilih sendiri bagian mana yang ingin dibeli, apakah dada, paha, atau cekernya saja.

Kamu bisa membuka usaha ini di rumah atau membuka stand sendiri di pasar tradisional untuk menarik pelanggan yang lebih banyak lagi.


10. Membuka Pertamini

Seperti yang kita ketahui, bahan bakar atau bensin sudah menjadi kebutuhan pokok yang hampir tidak bisa dilewatkan oleh semua orang.

Hal inilah yang membuat SPBU tidak pernah sepi akan pelanggan setiap harinya. Jika kamu ingin membuka bisnis bensin besar – besaran namun masih belum memiliki modal yang cukup, maka kamu bisa membeli alat pertamini dengan harga sekitar 15 jutaan.

Tapi jika terasa masih terlalu berat juga, kamu bisa membuka lapak bensin eceran dengan skala kecil terlebih dahulu di pinggir jalan.


11. Usaha Bengkel dan Tambal Ban

Hampir setiap harinya kita dapat menemui kendala pada kendaraan baik itu kebocoran ban, mogok, akinya yang habis, masalah pada mesin, dan beberapa kasus yang timbul lainnya.

Tentunya kondisi ini harus segera ditangani segera dan tidak bisa dibiarkan agar tidak menghambat kegiatan kita dalam berkendara.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu membuka bisnis bengkel atau tambal ban di pinggir jalan. Tidak perlu modal yang besar, cukup skill dan beberapa peralatan yang memadai, kamu sudah bisa memiliki bengkel sendiri.


12. Membuka Jasa Ekspedisi

Kini semenjak penjualan online semakin berkembang pesat di seluruh wilayah Indonesia, membuat bisnis jasa ekspedisi semakin meluas dan berpotensi menjadi peluang usaha yang bagus untuk dijalankan.

Sobat koѕngosan tidak harus bergabung dengan jasa ekspedisi besar yang sudah terkenal kok. Cukup jalin kerjasama dengan pengusaha kecil yang berada di wilayah dalam kota dengan perkiraan barang dapat sampai dalam waktu sehari.

Kunci keberhasilan bisnis ini terletak pada keamanan dan kecepatan pada pengiriman, jadi usahakan barang bisa sampai dengan cepat dan selamat agar pelanggan selalu puas.


13. Usaha Cuci Motor dan Mobil

Banyak orang yang lebih memilih untuk mencuci kendaraannya di jasa cuci motor dan mobil daripada harus mencucinya sendiri.

Hal ini karena selain dinilai praktis, mereka juga bisa lebih menghemat waktu. Usaha cuci motor juga bukan tergolong bisnis yang musiman, artinya jasa ini pasti laku dan akan dibutuhkan setiap harinya oleh banyak orang.


14. Jualan Ikan Segar

Ikan laut memiliki kandungan gizi yang sangat bagus untuk dikonsumsi tubuh dan baik bagi pertumbuhan. Tak heran, ikan laut selalu menjadi menu favorit banyak keluarga setiap harinya.

Kamu juga bisa membuka usaha jualan ikan segar dirumah, lumayan kan untuk menambah penghasilan bulanan? Ikan yang dijual pun bisa beraneka ragam mulai dari ikan patin, tongkol, gurame, lele, mujair dan lain sebagainya.


15. Usaha Kerupuk Rumahan

Meski terkesan sepele, sebenarnya jika ditekuni dengan baik usaha satu ini bisa berpotensi besar dan menjanjikan keuntungan yang lumayan loh!

Kamu bisa memulainya dari skala kecil terlebih dahulu dengan menitipkan pada warung – warung atau toko di sekitar rumahmu. Pilihlah jenis kerupuk yang disukai banyak orang agar lebih mudah menarik minat pelanggan nantinya.

Baca juga : Contoh Bisnis di Bidang Makanan


Bagian Penutup

Ternyata banyak dari kita untuk berlomba seakan ingin mendapat profit dari usaha yang berasal dari kebutuhan sehari hari. Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan adalah dengan membangun usaha seperti yang sudah dijelaskan oleh kosngosan.com diatas. Semoga membantu, jangan lupa share artikel ini ya, trims

Oleh rezaharahap