Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Usaha Industri Rumahan untuk Pemula

Kamu tertarik memulai usaha di bidang industri rumahan? Dengan modal kecil, kalian yang pemula bisa memilih beberapa ide bisnis yang bisa dicoba berikut ini. Tapi jangan salah, ditangan pengusaha, usaha industri rumahan segini sudah bisa dijadikan modal untuk memulai suatu bisnis. 

Bahkan kamu bisa mengerjakannya dari dalam rumah. Tidak terbatas seberapa tinggi pendidikan atau jabatanmu, semua orang bisa memulainya. 

Kali ini kosngosan akan mencoba memberikan beberapa opsi yang bisa kamu pilih untuk menjadi entrepreneur sukses di masa depan. Karena yang namanya mencapai hasil besar, harus dimulai dari sesuatu yang kecil.

Siapa bilang berbisnis itu harus modal besar? masih banyak usaha rumahan di sekitar kita yang bisa digeluti hanya dengan modal kecil, dengan satu lembar uang 50.000-an kita sudah dapat memulai bisnis. Tentu saja, menjual produk mahal bukan menjadi opsi, karena tidak cukup untuk pengembangan awal.

Usahakan bisnis murah meriah dari dalam rumah ini adalah sesuatu yang berasal dari dalam bidang yang kita sukai, agar kita menjalani bisnisnya dengan perasaan yang menyenangkan dan tanpa tekanan. Usaha rumahan memang banyak, tapi tidak sembangan yang bisa cocok dengan modal seminim ini.


Contoh Industri Rumahan untuk Pemula

Contoh Usaha Industri Rumahan

Kalau sobat kosngosan bertanya, usaha rumahan modal kecil untuk ibu rumah tangga di desa yang cocok, maka postingan kali ini adalah jawabannya.

Berikut ini beberapa contoh industri rumahan yang bisa kalian pertimbangkan:

  • Industri produksi makanan, seperti membuat kue, kripik, atau makanan kecil lainnya.
  • Industri produksi kerajinan tangan, seperti membuat tas, sepatu, atau aksesoris lainnya.
  • Industri jasa penjahit, yang bisa menjahit pakaian atau aksesoris lainnya.
  • Industri produksi obat herbal atau produk kesehatan lainnya.
  • Industri produksi mainan atau barang-barang unik yang bisa dijual secara online.
  • Industri jasa layanan kecantikan, seperti menyediakan layanan perawatan wajah atau rambut.
  • Industri jasa fotografi atau video, yang bisa menyediakan layanan foto atau video untuk acara-acara tertentu.
  • Industri jasa penulis atau editor, yang bisa menyediakan layanan menulis atau mengedit dokumen untuk klien.

Kamu bisa mencoba usaha untuk memenuhi kebutuhan, seperti jualan pakaian, jasa atau usaha makanan rumahan modal kecil buat pemula. Adapun pilihannya sebagai berikut, check these out!


Reseller

Reseller artinya menjual kembali barang dari supplier kepada konsumen. Jumlah keuntungan yang diperoleh boleh kita tentukan sendiri.

Kita bisa menyetok barang dari supplier dengan harga yang tentunya lebih murah dibandingkan pembeli umum lainnya. Jika standar modal kita hanya 50ribuan kita bisa menjadi reseller produk kecil dan murah, seperti accesoris.

Bagi penggemar onlineshop, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah reseller dan dropshiper. Usaha rumahan yang bercakupan luas ini patut dicoba.


Dropshipper

Berbeda dengan reseller yang menyetok barang sendiri dari supplier, dropship hanya menjual produk melalui gambar, tanpa harus menyetok barang terlebih dahulu.

Supplier kemudian akan mengirim produk langsung ke konsumen tapi mengatasnamakan dropship. Dropship tidak memerlukan modal, hanya perlu gencar mencari pelanggan.

Tapi kekurangannya, dropship tidak mengetahui kualitas produk secara pasti, jika konsumen komplain, dropshiplah yang harus bertanggungjawab meluruskan masalahnya.


Jual Jagung Rebus

Jual jagung rebus tak butuh modal banyak. Rebus jagung lalu jajakan keliling dengan menggunakan baskom. Bisa dijualkan di sore hari sekitaran komplek.

Atau bisa juga di lapangan tempat dimana banyak orang berolahraga. Menikmati jagung manis rebus sore hari sangat dinantikan pelanggan.


Jual Gorengan

Hampir sama dengan jajanan ringan, gorengan juga tidak membutuhkan modal besar, cukup modal kecil saja sudah menghasilkan beberapa potong gorengan.

Jenis gorengan yang banyak diminta biasanya tahu, tempe, bakwan dan goreng pisang. Minyak bekas gorengan ini bisa dijual kembali.

Sekarang sudah banyak penampung minyak goreng bekas baik partai besar maupun partai kecil, dan keuntungannya mereka sendiri yang datang menjemput ke tempat. Tinggal kita telpon atau kirim pesan, mereka akan segera datang ke lokasi.


Jual Sayur

Jual sayur di depan rumah juga bisa menjadi referensi usaha modal kecil yang bisa sobat koѕngosan coba. Sayur mengandung nutrisi penting untuk kesehatan tubuh kita. 

Jadi, sayur merupakan sembako yang laku karna merupakan kebutuhan sehari-hari. Kamu bisa jualan sayur dengan packaging yang menarik.


Jual Keripik Pedas

Masyarakat Indonesia mayoritas pecinta masakan pedas. Rata-rata makanan pedas menjadi makanan dengan daftar pencarian yang tinggi di negara ini.

Keripik adalah salah satu makanan yang tidak membosankan karna rasanya yang renyah, cocok untuk dijadikan kawan makan nasi.

Keripik bisa dikemas ke dalam plastik kecil-kecil sehingga bisa dijual dengan harga ekonomis, yakni hanya 500rupiah perbungkusnya.


Jual Mie, Lontong, Sarapan

Sarapan mie atau lontong merupakan salah satu sarapan favorite bagi sebagian orang. Rasanya yang enak dan harga yang tidak membuat kantong jebol menjadi alasan begitu disukai kalangan ekonomi menengah ke bawah.

Para pelanggan setia mie dan lontong ini biasanya berasal dari anak sekolah, mahasiswa, ibu rumah tangga dan para pekerjaan


Jual Bibit Tanaman

Untuk orang yang tertarik atau suka bermain dengan tanah, tidak ada salahnya mencoba bercocok tanam, membuat bibit tanaman kecil-kecilan, diantaranya bibit cabe atau tomat, sayur mayur atau bua-buahan.

Bertanam sayur, bunga atau buah-buahan di halaman rumah kita memberikan manfaat untuk lingkungan. Udara di tempat kita akan lebih berkualitas, segar dan bersih, hasil dari tanamannya memberikan gizi bila dikonsumsi,

Ini berguna untuk asupan sekeluarga, hobby bertanam merupakan hobby yang menghasilkan pula, tidak harus mencari lahan, tanaman bisa dibuat ke dalam wadah baik itu polybag, botol bekas, pot dll yang tinggal disusun di teras maupun halaman rumah.


Jual Rokok Batangan

Ketika makan di restoran, pujasera, cafe dsb, seringkali kaum adam pecandu rokok yang kehabisan rokok rela pergi mencari penjual rokok untuk membeli rokok.

Maka dari itu bila rumah sobat kosngoѕan berdekatan dengan restoran, cafe, atau tempat makan lainnya, kamu bisa menjual rokok secara batangan sehingga hanya membutuhkan modal yang sedikit.

Jika kamu rajin, alangkah baiknya kamu sendiri yang berjalan ke lokasi dengan cara menjajakan rokok daganganmu. Pinjamkan mancis pada setiap pelanggan yang lupa atau tidak membawanya.


Jasa Mencuci Pakaian

Selain loundry, masih ada jasa mencuci pakaian dengan cara manual. Cucian pelanggan bisa kamu jemput dan kemudian bawa dan cuci di rumahmu, atau ada juga beberapa pelanggan yang meminta dicucikan di rumah pelanggan itu sendiri.

tu tergantung kesepakatan bersama antara kedua belah pihak. Bila mencuci di rumah sendiri keuntungannya bisa sambil menjaga anak.


Jasa Menggosok Pakaian

Seperti jasa cuci pakaian, jasa menggosok juga tergantung permintaan pelanggan, jika pelanggan meminta pengerjaannya dilakukan di rumah pelanggan itu sendiri, maka kamu harus bekerja disana.

Pekerjaan ini kebanyakan adalah ibu rumah tangga yang harus bekerja untuk mambantu nafkah suami atau adapula seorang single parent (orangtua tunggal) yang harus bekerja demi kelangsungan hidupnya berserta anak-anaknya.

Sebagian pelanggan, apalagi pelanggan yang baik, mengizinkan anak pekerjanya untuk dibawa ke rumah pelanggan, jika memang tidak ada yang mengurus anak itu ketika ibunya bekerja.


Jasa Pijat

Dahulu, tukang pijat identik dengan pria berkacamata hitam. Tapi tidak untuk saat ini. Keahlian memijat bukan lagi hal yang jarang, sekarang tempat kursus belajar pijat juga sudah banyak.

Tempat terapi, pijat massage dan di salon-salon juga sudah tersedia. Namun meski begitu, pijat rumahan juga tetap bertahan dalam persaingan modern ini.

Tidak usah memikirkan banyak modal, cukup sediakan minyak urut untuk memijat. Kamu bisa mengembangkan bakat/keahlian menjadi profesi yang dapat menambah income.


Jasa Ketik

Kamu bisa mengetik dengan cepat? Bahkan mengetik dengan metode 10 jari? Jangan ragu lagi untuk membuka jasa ketik di rumahmu.

Hanya bermodalkan listrik, kamu sudah bisa menjalankan aktivitasmu seharian di depan komputer. Buat spanduk di depan rumah untuk promosi, share di media sosial, utamanya grup grup mahasiswa atau pelajar, agar warga dunia maya tahu kamu terima jasa ketik.


Tukang Sol Sepatu

Saya merasa masyarakat belakangan ini semakin lupa menggunakan jasa tukang sol sepatu. Sebagian beralasan lebih baik membeli sepatu baru daripada memperbaiki sepatu yang telah rusak, akan menambah koleksi dan dapat dengan membeli sapatu baru, bisa memilih sepatu yang lagi trend di masa itu.

Tetapi jika diperhatikan, upah untuk mereparasi sepatu tergolong murah, selisihnya masih jauh dari membeli sepatu baru. sobat kosngosan bisa meningkatkan sumber daya manusia apabila mereparasi sepatu, dan tentunya memberi rezeki pada tukang sol sepatu.

Keterampilan mereparasi sepatu dapat memberikan penghasilan yang lumayan bagi kamu yang cekatan. Bayangkan jika memperbaiki satu sepatu dikenakan biaya 15.000 atau 20.000 rupiah, maka 5 pelanggan saja setiap hari


Membuka Kursus Mengaji

Mengaji adalah aktivitas membaca Alqur'an, mempelajari cara membaca yang benar, tajwid, dan maknanya. Mengaji juga merupakan ibadah bagi ummat islam.

Dengan mengaji, kita bisa mendapatkan pahala dari Allah swt. Mengajari anak belajar mengaji sudah pasti memberikan efek baik untuk anak dan meningkatkan hubungan kita dengan Sang Maha Pencipta.

Selain memperoleh tabungan di dunia, secara tidak langsung kita juga sudah mendapatkan tabungan untuk bekal di akhirat. Menurut saya, hal ini sudah termasuk pencapaian yang mantap.

Setelah membaca dari point 1 sampai 15, usaha mana yang kamu suka? Jika sudah ada pilihan, kamu tinggal memantapkan hati lalu membuat rencana dan membuka bisnis tersebut dengan keyakinan yang positif bahwa bisnisnya akan sukses.

Adapun usaha lainnya yang bisa kamu coba, diantaranya :


Sewa karaoke rumahan

Bisnis karaoke adalah bisnis yang menyediakan layanan untuk menyanyi bersama dengan lagu-lagu yang disediakan di tempat karaoke. 

Bisnis karaoke biasanya menyediakan ruangan yang dilengkapi dengan alat musik, seperti gitar, drum, dan alat musik lainnya, serta layar besar atau televisi yang menampilkan lirik lagu untuk membantu pelanggan menyanyi. Bisnis karaoke juga biasanya menyediakan minuman dan makanan ringan untuk pelanggan.


Jasa Install Ulang/Flash Laptop atau HP

Jasa instal ulang adalah jasa yang menyediakan layanan untuk menginstal ulang sistem operasi atau perangkat lunak lainnya pada komputer, laptop, atau perangkat elektronik lainnya. 

Instal ulang merupakan proses menghapus semua data dan perangkat lunak yang terinstal pada perangkat tersebut, kemudian menginstal kembali sistem operasi dan perangkat lunak yang diinginkan dari awal. 

Tujuan dari instal ulang bisa bervariasi, mulai dari mengatasi masalah yang terjadi pada perangkat tersebut, hingga meng-upgrade sistem operasi atau perangkat lunak yang terinstal.


Permak Pakaian

Permak pakaian adalah proses memperbaiki atau mengembalikan kondisi pakaian agar kembali seperti semula atau menjadi lebih baik. 

Proses permak pakaian bisa meliputi berbagai aktivitas seperti menjahit kembali bagian yang robek, mengganti zipper atau tali yang rusak, membersihkan noda, hingga mengembalikan warna atau tekstur pakaian yang telah luntur. 

Permak pakaian biasanya dilakukan oleh toko atau usaha yang menyediakan layanan jasa permak pakaian.


Jual Air Minum yang Dimasak (sekalian es batunya)

Bisnis air minum isi ulang adalah bisnis yang menyediakan layanan mengisi ulang botol atau wadah air minum dengan air bersih yang telah diolah dan diolah kembali sebelum dijual kembali kepada pelanggan. 

Bisnis air minum isi ulang ini biasanya menyediakan wadah air minum dengan ukuran yang beragam, mulai dari yang kecil hingga yang besar, yang bisa dibeli oleh pelanggan, kemudian diisi ulang di tempat bisnis tersebut. 

Bisnis air minum isi ulang ini menawarkan harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli air minum dalam kemasan setiap kali. 

Selain itu, bisnis ini juga bisa menjadi pilihan yang lebih ramah lingkungan karena tidak memproduksi sampah plastik yang banyak


Jadi agen skincare

Produk skincare adalah produk yang digunakan untuk perawatan kulit wajah dan tubuh. Produk skincare ini biasanya terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari sabun pembersih, toner, pelembab, hingga krim siang dan malam. 

Produk skincare ini bisa diperoleh di toko-toko kecantikan atau dijual secara online. Produk skincare ini biasanya diformulasikan dengan berbagai macam bahan-bahan yang berguna untuk memelihara kesehatan kulit, mengatasi masalah kulit seperti jerawat, mencerahkan, atau menghaluskan kulit. 

Penggunaan produk skincare yang tepat sesuai dengan kebutuhan kulit masing-masing individu dapat membantu menjaga kulit wajah dan tubuh tetap sehat dan terlihat lebih muda.


Jual Es lilin, Es buah dll

Tentukan konsep bisnis es lilin yang kamu inginkan. Misalnya, apakah kamu ingin membuat es lilin dengan aroma tertentu, dengan desain yang unik, atau dengan kemasan yang menarik.

Baca juga : Contoh Bisnis Toko Baju Rumahan


Bagian Penutup

Dan terakhir, tips memanfaatkan uang 50 ribu memang bisa sobat kosngosan.com pakai untuk jualan seperti yang sudah dijelaskan diatas. 

Pada zaman sekarang, memang semuanya serba mungkin. Untuk memulai usaha apapun, yang terpenting adalah niat dan kerja keras.

Kalau dengan modal kecil pun kita bisa sukses, bagaimana dengan yang besar? Tapi semuanya balik lagi kembali ke ada niat serta kerja keras, maka hasilnya akan maksimal. Semoga membantu, jangan lupa klik tombol share dan bagikan url artikel ini

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya