Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Contoh Spanduk Halal bi Halal Keren

Ingin menyelenggarakan acara halal bi halal, tapi bingung tentang desain spanduk atau banner-nya? Apa yang dimaksud halal bi halal? Ini adalah kegiatan menjalin silaturahmi ketika lebaran atau idul fitri yang otentik dan diciptakan oleh para leluhur bangsa Indonesia. Kalau ditanya siapa yang yang menjadi pencetus terciptanya tradisi lebaran ini, maka tidak ada yang tahu. Tapi momen sakral ini tidak hanya bagi umat muslim saja, namun juga sebagai momen menjalin hubungan antaragama dan antarwarga di Indonesia.

Spanduk merupakan salah satu media yang dipasang dengan tujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat baik untuk kepentingan usaha (promosi) atau pengumuman tertentu lainnya. Spanduk biasanya memiliki ukuran yang relatif besar dan biasanya dipasang di tempat – tempat strategis yang banyak dilalui orang. 

Kegiatan Halal bi Halal menjadi salah satu bentuk silaturahmi atau maaf – maafan yang umumnya dilakukan setelah menunaikan ibadah puasa, biasanya diselenggarakan oleh sekumpulan orang di tempat luas seperti aula, lapangan, atau auditorium. Dan disajikan dengan berbagai makanan. 


Contoh Banner Halal bi Halal

Sebagai salah satu alasan kenapa kalian mengunjungi postingan kosngosan ini adalah karena ingin melihat contoh desain spanduk halal bi halal bukan? 

Baiklah kami akan memberikannya untuk kalian dalam berbagai format, diantaranya format CDR untuk penggunaan corel draw, format PSD untuk photoshop, dan beberapa contoh dalam bentuk gambar.


Contoh Banner Halal bi Halal Photoshop

contoh spanduk halal bi halal photoshop

Desain spanduk halal bi halal diatas adalah salah satu format PSD yang bisa sobat edit sesuai kebutuhan menggunakan aplikasi Photoshop

DOWNLOAD SPANDUK HALAL BI HALAL PHOTOSHOP 

(Sobat nantinya akan diarahkan ke tab baru safelink, tunggu beberapa detik sampai tombol "download" muncul dan sobat kosngoѕan akan diarahkan ke google drive, file akan bisa langsung di-download)


Contoh Banner Halal bi Halal CorelDraw

contoh spanduk halal bi halal coreldraw

Desain spanduk halal bi halal diatas adalah salah satu format CDR yang bisa sobat edit sesuai kebutuhan menggunakan aplikasi Corel Draw

DOWNLOAD SPANDUK HALAL BI HALAL CORELDRAW 

(Sobat nantinya akan diarahkan ke tab baru safelink, tunggu beberapa detik sampai tombol "download" muncul dan sobat akan diarahkan ke google drive, file akan bisa langsung di-download)


Contoh banner halal bi halal
 
contoh spanduk halal bi halal


Contoh banner halal bi halal
 
contoh banner halal bi halal


Contoh banner halal bi halal
 
contoh spanduk halal bi halal


Contoh banner halal bi halal
 
contoh spanduk halal bi halal


Contoh banner halal bi halal
 
contoh banner halal bi halal


Contoh banner halal bi halal
 
contoh banner halal bi halal


Contoh banner halal bi halal
 
contoh spanduk halal bi halal


Contoh banner halal bi halal
 
contoh spanduk halal bi halal


Contoh banner halal bi halal
 
contoh spanduk halal bi halal


Contoh banner halal bi halal
 
contoh spanduk halal bi halal


Contoh banner halal bi halal
 
contoh spanduk halal bi halal


Contoh banner halal bi halal
 
contoh spanduk halal bi halal


Tips Mendesain Spanduk Halal bi Halal

Sebelum mendesain spanduk, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar hasil akhir spanduk nantinya bisa maksimal dan memiliki nilai yang estetis untuk dilihat. 

Apalagi jika spanduk tersebut ditujukan untuk event – event tertentu seperti halal bi halal. Tentunya agar pesan yang diberikan dapat tersampaikan dengan baik, desain spanduk yang dibuat juga harus mendukung dan efektif. 

Berikut beberapa tips yang bisa sobat kosngosan terapkan ketika mendesain spanduk halal bi halal :


1. Pilihlah Elemen Gambar Yang Sesuai

Gambar menjadi sebuah elemen penting dalam desain spanduk. Pemilihan gambar tersebut juga tidak bisa sembarangan. 

Usahakan gambar yang dipilih memang sesuai dengan pemilihan warna dan konsep spanduk. Karena konsepnya disini adalah untuk acara halal bi halal, maka gambar yang mungkin digunakan sifatnya bisa islami dan menggambarkan suasana lebaran. 


2. Tentukan Perpaduan Warna Yang Cocok

Hal selanjutnya yang juga tidak kalah penting adalah pemilihan warna bagi desain spanduk. Ada banyak sekali pilihan warna yang bisa kamu gunakan. 

Hindari menggunakan warna yang terlalu mencolok atau terlalu gelap. Pastikan perpaduan warna nantinya cocok dan sedap untuk dipandang mata. Sebenarnya hanya dengan 3 warna dominan saja, kamu sudah bisa menyusun desain spanduk yang menarik.


3.  Pilih Bentuk Huruf Yang Menarik dan Mudah Dibaca

Dalam penulisan kalimat, kamu juga harus memperhatikan penggunaan huruf atau font dengan baik dan benar. Pemilihan font yang tepat tentu akan membuatnya lebih mudah dibaca oleh audiens. 

Kamu dapat mencoba pemilihan font yang antimainstream, namun hindari memilih font yang rumit hingga membuatnya sulit dibaca ya. Tetap ingat tujuan awal font yakni terfokus untuk dibaca dan dipahami makna di dalamnya.


4. Ukuran Huruf Harus Pas dan Ideal

Setelah menentukan jenis font, maka hal yang harus sobat koѕngosan perhatikan selanjutnya adalah ukuran font. Pastikan kamu menggunakan ukuran yang standar, yakni tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. 

Umumnya, dalam penyusunan desain spanduk, ukuran huruf yang paling kecil adalah sebesar 30 pt. Kurang dari itu biasanya akan sulit untuk dibaca, apalagi dari jarak jauh. Jadi pastikan ukuran font proporsional dan sesuai ya.


Kata – Kata Singkat Halal bi Halal 

1. Dengan halal bi halal, kita perkuat tali ukhuwah Islamiyah antar sesama.

2. Sucikan hati dengan saling memaafkan di bulan yang suci dan penuh rahmat ini.

3. Dengan kebersihan hati, mari kita perkuat tali ukhuwah Islamiyah untuk saling meraih ridho Illahi.

4. Selamat Hari Raya Idul Fitri, mari kuatkan tali silaturahim dengan saling memaafkan dan berbagi kebahagiaan di hari yang fitri ini.

5. Taqobbalahu Minna Waminkum, mari saling memaafkan dan meraih ridho illahi di bulan yang fitri ini.

6. Mari menguatkan ukhuwah, mempererat kekeluargaan, dan berbagi kebahagiaan di hari yang fitri.

7. Dengan halal bi halal, kita sucikan hati dan perkuat tali ukhuwah yang diberkahi Illahi.

Baca juga : Persiapan Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah


Kata Penutup

Acara halal bi halal yang biasanya diadakan pas lebaran merupakan salah satu acara otentik yang diciptakan dan hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia. 

Oleh karena itu, tradisi ini begitu kental dilakukan umat islam di Indonesia. Semoga beberapa contoh spanduk diatas, bisa menjadi referensi bagi kalian ya. terimakasih sudah berkunjunng di blog kosngosan, semoga bermanfaat, jangan lupa share artike ini juga

Oleh rezaharahap