Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Persiapan Bulan Ramadhan yang Sesuai Sunnah

Bagaimana cara kalian menghadapi datangnya bulan ramadhan tahun ini? Marhaban ya Ramadhan, selamat datang bulan suci umat muslim, bulan spesial yang sebentar lagi akan menemui kita. Sebagai seorang muslim, kita wajib menyambut bulan suci ini dengan berbagai kegiatan yang positif, supaya nantinya dapat beribadah dengan maksimal. Apakah keistimewaan yang kalian rasakan saat bulan ramadhan datang? Mari simak pembahasan dari kosngosan.com dibawah ini

Pada kesempatan kali ini mimin akan memberikan beberapa tips kepada kalian yang saat ini akan menghadapi bulan Ramadan, bulan dimana didalamnya terdapat keistimewaan dan perintah untuk melakukan puasa wajib bagi umat muslim di seluruh dunia.

Apa keutamaan bulan suci Ramadan? Keutamaan bulan puasa Ramadan adalah pahala yang berlipat diberikan kepada muslim yang melakukan ibadah, terdapat malam di mana malam tersebut lebih baik daripada 1000 Bulan yaitu malam Lailatul Qadar, dan juga malam dimana turunnya al-quran yang disebut sebagai Nuzulul Quran

Artikel mengenai bulan puasa atau bulan ramadhan kali ini akan fokus kepada persiapan yang akan kamu lakukan untuk menyambut bulan ini, demi melakukan puasa yang berkualitas dan ibadah-ibadah lain.

Perintah puasa sendiri Langsung diturunkan oleh Allah pada surah al-baqarah ayat 183, dimana seluruh umat muslim wajib melakukannya tanpa terkecuali apabila dia sanggup, dan boleh meninggalkannya apabila memiliki uzur atau halangan, itu pun harus diganti pada hari yang lain atau diganti dalam bentuk fidyah.

pawai obor ramadhan


Tips Persiapan Ramadhan Para Sahabat


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”(Al Baqarah ayat 183)

Bagaimanapun keadaan kita saat ini mau tidak mau kita harus bersiap memastikan bulan puasa kali ini lebih baik dibandingkan bulan puasa sebelumnya dan tentunya orang yang beruntung adalah mereka yang sudah mempersiapkan diri sebelum datangnya bulan Ramadan.

Dengan persiapan ini maka diharapkan kualitas ibadah yang kita lakukan di bulan Ramadan bisa maksimal dan bernilai pahala disisi Allah. Lalu persiapan seperti apa yang harus kita lakukan untuk menyambut bulan suci Ramadhan di tahun 2019 ini? Berikut sudah mimin kosngosan rangkum kepada kalian

Setidaknya Terdapat 4 persiapan dasar yang harus kita tingkatkan yaitu persiapan ruhiyah (keimanan), persiapan Jasadiyah (Jasmani), Persiapan Tsaqafiyah (Keilmuan) dan Persiapan Maaliyah (harta). Keempat garis besar persiapan tersebut, kemudian dibagi lagi kedalam beberapa langkah teknis, seperti :

Baca juga : Kumpulan Kisah Al-quran untuk Bahan Cerita Anak

1. Melakukan puasa sunnah pada bulan Sya'ban


Hal ini sebagai persiapan untuk puasa wajib di bulan Ramadan. Puasa sunnah di bulan syaban adalah sesuatu yang dikerjakan oleh Nabi muhammad dalam menyambut bulan ramadhan. Hal ini termasuk persiapan jasadiyah, dimana tubuh harus mempersiapkan diri terlebih dahulu sebelum melakukan puasa ramadhan 30 hari lamanya. Tujuan lainnya adalah supaya kamu terbiasa dengan puasa ramadhan, makanya persiapan sebelumnya melakukan puasa sunnah di bulan syaban cukup penting

2. Mengkonsumsi makanan yang sehat


Selain persiapan ibadah, kamu juga harus mempersiapkan diri dalam hal kesehatan lainnya seperti mengkonsumsi minuman, buah-buahan dan sayur-sayuran serta makanan bergizi sebagai bentuk persiapan diri untuk menjaga daya tahan tubuh. Hal ini juga termasuk ke dalam persiapan jasadiyah.

3. Memperbaiki pola tidur


Perlu diperhatikan untuk jangan sampai begadang dan meninggalkan sahur. Hal ini sering sekali terjadi karena kebiasaan begadang sehingga sahur tidak dilakukan. Ini termasuk ke dalam persiapan psikologis atau ruhiyah.

4. Berdoa dan bergembira dengan kedatangan Ramadhan


Hal ini merupakan salah satu bentuk persiapan ruhiyah dan tsaqafiyah, dimana doa yang paling afdhol yaitu Allahumma barik lana fi Rajaba wa sya’bana, wa ballighna Ramadhan; Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan sya’ban, serta sampaikanlah kami ke bulan Ramadhan”

5. Mempersiapkan hal fisik lainnya


Seperti bahan makanan, perabotan masakan, harta untuk sedekah dan juga bukaan untuk para jamaah di masjid terdekat. Hal ini adalah salah satu bentuk persiapan dalam kategori maaliyah atau harta

6. Banyak belajar kajian agama


persiapan ramadhan

Kamu juga harus meng-upgrade bidang keilmuan ketika sebelum Ramadhan dan saat ramadhan tiba, adalah salah satu bentuk persiapan dalam kategori tsaqafiyah atau keilmuan. Ilmu prioritas sebelum beramal, karena syarat diterimanya amal setelah ikhlas adalah mutaba’ah.

7. Membersihkan hati dan pikiran


Hindarkan hati dan pikiran dari penyakit hati seperti dendam, dengki, hasad, riya, dan sebagainya, termasuk dalam persiapan kategori ruhiyah atau keimanan. Kita tentunya tidak mau melakukan puasa dengan penyakit hati yang bisa menghilangkan nilai pahala dari puasa kita

8. Buatlah target ibadah sebulan penuh


Kamu juga harus punya rencana matang, yang akan kamu lakukan pada bulan Ramadan saat ini seperti melakukan puasa salat tarawih, Tilawah Alquran, sedekah, dan ibadah sunnah lainnya. Buatlah list di notes kecil atau smartphone milikmu.

Update terbaru

9. Saling memaafkan antar sesama


Ketika bulan puasa tiba, kita dianjurkan untuk saling memaafkan supaya menghindari terjadinya penyakit hati dalam menghadapi ibadah ini. Kamu tentu tidak ingin bukan, puasa ramadhan mu sia sia hanya karena masih memiliki dendam dengan saudara mu ? oleh karena itu kamu harus memaafkan dan meminta maaf.

10. Membayar hutang sesegera mungkin


Tentu saja hutang adalah sesuatu yang harus dibayar, baik itu menjelang ramadhan atau pun tidak. Hanya saja sebelum bulan ramadhan, segeralah lunasi hutang mu untuk menghindari penumpukan atau akumulasi beban biaya yang akan kamu hadapi ketika lebaran tiba. Jadi, jangan suka menunda nunda membayar hutang ya.

11. Melakukan olahraga ringan secara rutin


Ini juga akan membantu kamu dalam menjaga sistem kekebalan tubuh terutama sistem limfatik untuk bekerja lebih baik, supaya terhindar dari penyakit ketika bulan puasa tiba. Hal ini termasuk persiapan dalam kategori jasmani atau fisik

12. Terakhir adalah banyak bertaubat


Bertaubat dan menyesali dosa yang kita lakukan sebelum bulan Ramadan tiba. Hari ini untuk membersihkan diri menyambut bulan suci karena dosa dan maksiat dapat menghalangi kita dari ketaatan dan menutup hati. Arti ini termasuk persiapan dalam kategori ruhiyah.

Baca juga : Cara Efektif Bangun Subuh Tepat Waktu


Bagian Kesimpulan


Semoga dengan mempersiapkan beberapa hal di atas kita bisa melaksanakan ibadah di bulan suci Ramadan pada tahun ini dengan lebih baik dan berkualitas ketimbang dengan bulan Puasa tahun yang lalu. mimin rasa persiapan di atas tidaklah sulit untuk dilakukan, tergantung seberapa besar niat dan kesungguhan kita sebagai seorang mukmin, karena tidak ada yang menjamin kita bisa bertemu dengan bulan Puasa tahun depan, bukan?

Demikianlah pembahasan mengenai persiapan menyambut bulan suci Ramadhan kali ini, Jangan lupa untuk membandingkan tulisan ini dengan menekan tombol share di bawah. Terima kasih sudah berkunjung di blog kosngosan.
Oleh rezaharahap