Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Ide Dresscode OOTD Bukber yang Kekinian

Dresscode bukber adalah sesuatu yang penting untuk kamu kenakan dalam menghadiri acara buka bersama bareng teman teman.  Kalau sobat kosngosan suka tampil stylish, maka mengenakan OOTD (Outfit Of Today) yang kekinian dan lagi trend bisa jadi pilihan. 

Tapi masalahnya tidak banyak orang yang tahu apa saja yang cocok dia kenakan. Apalagi acara religi seperti buka bersama. Tentu saja kamu butuh rekomendasi dresscode bukber dengan tema formal, semi formal maupun informal.

Bukber artinya buka bersama. Suatu acara berbuka puasa bersama dengan rekan di suatu tempat. Biasanya diselingi dengan berbagai kegiatan. Misalnya mencari takzil, reunian bareng alumni, kata sambutan, makan bareng, foto bareng hingga kegiatan amal.

Apalagi buat kalian yang muslimah. Perlu OOTD Bukber hijab yang trendy, namun tetap islami dan tidak norak. Jadi kalau sudah punya jadwal acara buka bersama, maka kamu perlu mempersiapkan dresscode mu untuk kehadiran tersebut. Apa saja rekomendasi dari mimin kosngosan? Mari kita simak satu per satu dibawah ini.


Contoh Dresscode OOTD Bukber Puasa

Dresscode adalah dua kata yang berasal dari dress yang berarti gaun, dan code yang berarti aturan. Jadi bisa diartikan dresscode adalah istilah yang mengacu pada seperangkat aturan tentang pakaian apa yang boleh dan tidak boleh dipakai dipakai pada suatu acara (dalam hal ini adalah buka bersama).

Berikut beberapa inspirasi dresscode dan outfit of today yang cocok kamu kenakan ketika menghadiri event bukber :

Baca juga : Contoh Persiapan Bulan Ramadhan Sesuai Sunnah


Tema Random

Tema Random

Outfit random bisa jadi seru untuk menghadiri bukber. Misalnya dari panitia mengumumkan untuk mengenakan outfit dengan tema Anime atau Profesi sewaktu kecil. Tentunya butuh effort untuk mencari pakaian yang mirip. Tapi pasti dengan ide dresscode ini, acara bukber mu dijamin seru dan pecah.


Batik yang Classy

Batik yang Classy

Ide outfit untuk menghadiri buka bersama bareng teman baik itu formal atau semi formal yang pertama adalah batik. Batik sudah merambah ke segmen anak muda lho. Tidak hanya orangtua dan kalangan dewasa saja yang harus mengenakannya. 

Buat cowo bisa mengenakan kemeja batik dengan celana hitam formal. Sedangkan cewe bisa mengenakan gaun batik. Sobat kosngosan akan terlihat classy dan elegan ketika mengenakan batik.


Serba Putih

Ide Dresscode OOTD Bukber

Warnah putih memang identik dengan tema islami. Apalagi ketika menghadiri kegiatan bukber. Mengenakan outfit berwarna putih bisa jadi pilihan. 

Kalian bisa menggabungkan antara outer dan inner warna ini dengan hijab berwarna kalem dan celana kulot atau jeans mengembang. Buat cowo, bisa pakai kemeja putih atau baju koko putih.


Gamis Modern

Gamis memang outfit yang cocok untuk ikut bukber. Kamu bisa pilih gamis dengan corak dan model yang lebih modren. Pilih desain yang lebih variatif. 

Jenis gamis ada yang untuk pria dan ada juga yang buat wanita. Kamu bisa bisa mengenakan gamis udengan material yang tidak membuat gerah. Misalnya katun, jersey, dan kain toyobo. 


Kulot dan Blouse Crop Top

Khusus buat cewek, jangan bingung. Kalian bisa memadukan celana kulot dengan blus crop top. Setelan ini cocok buat kamu yang punya tubuh kecil. Karena akan memberikan kesan yang lebih tinggi. Apalagi kamu mengenakan high heels yang cukup tinggi.


Long Dress

Buat cewe cewe lagi nih. Mengenakan outfit dress panjang akan membuat kamu lebih feminim. Simple namun elegan. Tidak perlu celana, karea dress panjang ini bisa jadi solusi. 

Long dress ini punya potongan mirip dengan gamis. Dan material yang digunakan relatif sama. Seperti rayon, katun, polyester, wolfis, dan lainnya.


Baju Oversized

Cewe dan cowo yang punya tubuh kecil, baju oversize bisa jadi pilihan untuk ikut bukber. Supaya kamu tidak dibully karena terlalu kurus. Buat cewe baju ini juga jadi pilihan, karena memang kesannya islami. Tidak ketat dan menampilkan bentuk tubuh.


Baju Koko + Skinny Jeans

Mengenakan skinny jeans belum tentu dicap jamet lho. Kamu bisa memadukan baju koko lengan pendek berwarna cokelat dengan skinny jeans hitam. Bisa juga memadukan dengan sandal atau sneakers.


Cargo Pants

Buat ciwi-ciwi, cargo pants bisa jadi pilihan menghadiri acara bukber. Celana berkantung pada bagian samping celana ini memang kembali trend. 

Outfit simple hijab pakai cargo pants, sobat kosngosan bisa memadukannya dengan T-shirt polos dan gaya hijab pashmina yang simple dan clean.


Long Outer

Outer bisa membuat sentuhan outfitmu lebih casual. Apalagi ditambah dengan hijab dengan warna kalem. Apalagi kalau dijadikan OOTD momen penting, seperti menghadiri buka bersama dalam acara formal. Outer berbentuk blazer bikin simple hijab kamu terlihat berkelas.


Gamis Brokat dan Payet

Bagi kaum cewe yang tidak suka mengenakan gamis polosan, namun tetap ingin memakai outfit yang ada motifnya, maka bisa memakai gamis dengan brokat dan payet. 

Elemen ini akan membuat gamismu menjadi lebih bermotif dan terlihat berwarna. Tapi jangan terlalu ramai, sehingga akan membuat norak dan tidak clean.


Kesimpulan

Demikian beberapa ide outfit bukber untuk sobat sekalian. Tampil di acara buka bersama dengan bergaya kasual yang bisa kamu jadikan inspirasi. Cari tahu juga berbagai dresscode yang lagi trend di tiktok dan instagram. 

Agar penampilan sobat kosngosan.com semakin maksimal dan cakep. Jangan lupa klik share atau bagikan artikel ini ke sosial media mu. Bookmart juga halaman nya supaya kalian bisa mengunjunginya jika butuh nantinya. Bye!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya