Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Desain Toko Kelontong Kecil dan Minimalis

Tertarik membuka bisnis toko kelontong? Toko kelontong atau toko sembako bisa menjadi pilihan usaha sampingan untukmu. Tapi sebelum memulai usaha ini, kamu perlu men-desain toko kelontong yang minimalis, ukuran kecil, unik serrta modren. Untuk lokasinya juga bisa memanfaatkan halaman di rumah. Berikut akan kosngosan bahas lebih jauh dibawah ini.

Banyak orang yang memilih untuk mencari penghasilan tambahan di sela – sela jam kerjanya apalagi di tengah kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang ini. Salah satu ide usaha alternatif yang bisa dicoba adalah dengan membuka toko kelontong di rumah.

Jenis usaha Jualan Sembako ini juga cukup menjanjikan mengingat masih banyaknya masyarakat yang lebih suka berbelanja secara offline atau pada toko konvensional lainnya.

Toko kelontong merupakan toko atau warung yang menjual berbagai macam keperluan rumah tangga yang relatif sering digunakan pada kehidupan sehari – hari. Hal ini biasanya meliputi bahan pangan (seperti beras, minyak, telur, gula)

Selain itu ada juga peralatan kebersihan, bumbu dapur, jajanan ringan, minuman kemasan, obat – obatan dan masih banyak lagi. Toko kelontong juga termasuk dalam jenis UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang cukup mendominasi banyak pelaku usaha di wilayah Indonesia.


Contoh Desain Toko Kelontong

Kamu butuh desain toko kelontong yang menawan, dan menarik perhatian calon pembeli. Hal ini supaya strategi marketing sobat kosngoѕan bisa jalan. Berikut beberapa contohnya :





Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 



Contoh desain toko kelontong
 


Tips Membangun Toko Kelontong Minimalis

Untuk memulai usaha ini, kamu tidak perlu merogoh modal yang cukup besar. Karena hanya dengan modal kecil disertai perhitungan dan strategi penjualan yang tepat saja, kamu sudah bisa meraih keuntungan yang cukup menjanjikan. 

Berikut beberapa tips membangun toko kelontong minimalis yang mungkin bisa bermanfaat buatmu :


1. Lakukan Survey Terhadap Kebutuhan Pembeli

Tips pertama yang perlu sobat kosngosan lakukan sebelum memulai usaha toko kelontong adalah dengan mengadakan survey terhadap apa yang akan pembeli butuhkan. 

Caranya adalah dengan, cobalah membaur dengan lingkungan warga sekitar. Maka dari sana, kamu bisa menampung berbagai keluhan dan aspirasi mengenai barang apa saja yang mereka butuhkan setiap harinya. 

Nah, dengan demikian kamu bisa tau barang apa yang akan kamu sediakan untuk memenuhi keperluan mereka. 


2. Tentukan Besaran Modal Dengan Tepat

Setelah melakukan survey terhadap apa yang pembeli butuhkan, maka hal selanjutnya yang perlu kamu persiapkan adalah menentukan besaran modal untuk usaha kelontong tersebut. 

Modal awal ini umumnya bisa kamu gunakan untuk membeli stok barang – barang yang akan ditawarkan nantinya. Setelah keuntungan mulai kamu dapatkan, maka kamu bisa mulai mengembangkan toko kelontong dengan mulai menghadirkan produk yang lebih lengkap dan bervariasi. 

Kamu juga bisa menambahkan berbagai fasilitas pendukung untuk toko seperti etalase, kalkulator, meja dan lain sebagainya.


3. Pilihlah Tempat atau Lokasi Usaha Yang Strategis

Penentuan lokasi yang tepat juga sangat berperan penting dalam menentukan kesuksesan sebuah usaha. Tempat yang strategis umumnya akan membuat sebuah toko akan lebih mudah dijangkau dan dikunjungi oleh pelanggan. 

Misalnya seperti di daerah pemukiman yang banyak dihuni oleh penduduk, perumahan, dan lain sebagainya. Jika kamu membuka usaha kelontong di rumah sendiri maka itu juga lebih baik karena kamu tidak perlu membayar biaya sewa nantinya.


4. Carilah Distributor Barang Yang Tepat

Untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar, maka ada baiknya sobat koѕngosan mencari supplier atau distributor yang menawarkan produk dengan harga yang lebih murah. 

Hal ini akan membuat modal lebih minimal dan keuntungan lebih besar. Pilih juga supplier yang mudah diajak berkomunikasi dan menyediakan barang – barang berkualitas ya.


5. Berikan Pelayanan Terbaik Kepada Pelanggan

Setiap pelanggan tentunya menginginkan layanan prima dan maksimal dari penjual. Pelayanan yang baik akan membuat toko memiliki citra positif 

Hal ini mengakibatkan nantinya akan membuat pelanggan lebih betah dan loyal untuk terus berbelanja di toko kamu. Biasakanlah memelihara sikap professional dan ramah meskipun pelanggan tersebut adalah tetanggamu sendiri.

Baca juga : Daftar Barang Toko Kelontong format Excel


Kata Penutup

Seperti yang sobat kosngosan ketahui, bahwa membuka toko kelontong bisa saja fokus untuk menjual berbagai macam produk seperti sembako, minuman dan barang lain yang menjadi kebutuhan. 

Oleh karena itu, kamu perlu lebih teliti menghitung berbagai macam stok penjualan supaya nantinya tidak terjadi kesalahan. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk klik tombol share ya terimakasih

Oleh rezaharahap