Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

22 Contoh Desain Toko Skincare yang Unik

Ingin membuat toko skincare sendiri? Kamu butuh inspirasi desain toko kosmetik konsep rumahan, kecil dan minimalis. Skincare pada zaman sekarang memang sudah menjadi kebutuhan yang hampir wajib bagi semua kalangan, khususnya kaum hawa.

Hal ini membuat usaha kosmetik menjadi peluang usaha yang memiliki prospek cukup menjanjikan mengingat tingginya permintaan pasar dari waktu ke waktu.

Sebenarnya usaha ini tidak hanya menyasar pada wanita. Tetapi laki-laki juga. Karena setiap gender punya kewajiban untuk menjaga kesehatan kulit mereka masing masing.

Penggunaan skincare seharusnya sudah mulai harus diajarkan pada mereka yang berusia remaja. Karena proses pubertas bisa memberikan efek pada permukaan kulit.

Selain karena target pasarnya yang cukup luas, produk ini juga menjadi kebutuhan yang tidak bisa dilewatkan sehingga membuat usaha ini tidak akan pernah lesu dan terus berkembang.

Kalau kamu berminat untuk membuka toko skincare sendiri, berikut akan kosngosan jelaskan beberapa tips bagaimana memulainya ditambah dengan inspirasi desain toko-nya.


Pengertian Toko Skincare

Toko skincare adalah bisnis yang menyediakan segala macam kebutuhan perawatan kulit bagi wajah, dan biasanya dilengkapi juga dengan produk perawatan tubuh (body care) dan rambut (hair care).

Bahkan tidak sedikit juga yang menggabungkannya dengan produk kosmetik atau make up. Jadi bisa disimpulkan bahwa toko skincare ini menyediakan segala kebutuhan perawatan dan kecantikan dengan berbagai merk dan brand tertentu.


Desain Toko Skincare

Membangun toko yang khusus menjual produk perawatan kulit dan kosmetik bisa menjadi opsi yang tidak bisa disepelekan.

Kalau sobat kosngosan sudah mulai tertarik dengan ide ini, maka langkah berikutnya adalah mendesain bagaimana konsep dan tata letak produk di dalam toko mu. berikut beberapa referensinya :

Kamu bisa tonton Clip Video Singkat tentang desain toko skincare disini


Contoh desain toko skincare rumahan

Desain Toko Skincare


Desain toko skincare minimalis
contoh toko kosmetik rumahan


Desain toko kosmetik modern
desain toko kosmetik unik


Desain toko skincare
desain toko kosmetik unik


Desain toko skincare
contoh toko kosmetik kecil


Desain toko kosmetik sederhana
desain toko kosmetik kecil


Desain toko skincare
rak toko kosmetik minimalis


Rak toko kosmetik minimalis
rak toko kosmetik minimalis


Desain toko kosmetik modern
desain toko kosmetik modern


gambar toko kosmetik
gambar toko kosmetik


Desain toko skincare
contoh toko kosmetik rumahan


Contoh toko kosmetik rumahan
desain toko kosmetik rumahan


Desain toko skincare
toko skincare


Desain toko kosmetik unik dari kosngosan
desain toko kosmetik unik


Desain toko skincare
toko kosmetik minimalis


Desain toko skincare
desain toko kosmetik unik


Contoh toko kosmetik kecil
contoh toko kosmetik kecil


Desain toko skincare

desain toko skincare minimalis


Desain toko skincare
contoh toko kosmetik kecil


Rak toko kosmetik minimalis
rak toko kosmetik minimalis


Tips Membangun Toko Skincare

Membangun toko skincare atau toko kosmetik memang susah – susah gampang. Tapi kalau kamu sudah menguasai tips dan strategi penjualannya dengan baik,

maka semuanya akan terlihat mudah saja. Berikut beberapa tips sukses dari kosngosan untuk membangun toko skincare sendiri :


1. Menghitung Perkiraan Modal Usaha

Modal usaha menjadi poin penting yang harus disiapkan sedari awal. Apalagi jika kamu berniat membangun usaha secara mandiri.

Pastikan modal yang kamu miliki sudah cukup untuk segala pembagiannya mulai dari biaya sewa toko (jika kamu menyewa lokasi), biaya tenaga kerja (jika kamu merekrut pegawai), sampai pemenuhan produk yang akan dijual.

Siapkan juga perlengkapan dan peralatan lain seperti etalase, rak dinding, mesin kasir, meja, kursi, nota, atau katalog produk jika diperlukan.

Jangan lupa juga untuk memilih supplier produk yang aman dan terpercaya serta menjual produk secara grosir agar harga yang ditawarkan bisa lebih murah.


2. Mempersiapkan Lokasi Usaha Yang Strategis

Untuk membuka toko skincare kamu bisa memilih untuk menyewa lokasi atau membukanya sendiri di rumah.

Kalau kamu memilih untuk membuka di rumah, kamu bisa menyiapkan area kosong yang strategis (artinya tidak terhalang oleh pagar, kendaraan atau pot tanaman)

Supaya bisa mendukung kenyamanan pelanggan saat datang dan memilih produk. Pemilihan lokasi yang strategis juga membuat tempat usaha jadi lebih mudah ditemukan dan dijangkau oleh masyarakat.


3. Membuat Surat Perizinan Usaha

Adanya izin usaha sangat penting keberadaannya untuk mengantisipasi bilamana usahamu ingin ditutup semena – mena oleh pemerintah daerah.

Kamu bisa mengurusi dokumen perizinan dengan datang ke tempat RT/RW setempat atau ke kelurahan untuk mendapatkan surat ijin usaha dari kepala desa atau lurah.

Jadi, usahakan kamu banyak – banyak mencari informasi tentang sistem pembuatan surat izin agar mendapatkan perizinan yang sah dan resmi ya.


4. Memasang Penanda Toko Agar Mudah Dikenali

Membuat penanda toko juga sangat dianjurkan sebagai salah satu strategi marketing yang baik. Hal ini bertujuan agar usahamu bisa dilirik dan diketahui banyak orang.

Kamu bisa menggunakan spanduk, banner atau sejenisnya dan memajangnya di depan toko agar lebih mudah dilihat dan ditemukan oleh calon pembeli nantinya.


5. Memanfaatkan Media Sosial

Terakhir, manfaatkan media sosial yang kami miliki sebaik mungkin. Hal ini mengingat pengaruh dan jaringan media sosial memang cukup luas dan berpengaruh terhadap proses promosi produk.

Unggahlah produk jualanmu ke media sosial disertai dengan detail dan deskripsi yang jelas agar bisa dipahami dengan baik manfaat dan kegunaannya oleh konsumen.


Bagian Penutup

Saran terakhir sebelum kosngosan tutup, usahakan produk perawatan kulit mu bisa menarget pasar yang luas. Karena produk ini ada banyak sekali turunannya.

Trend-nya juga sangat cepat berkembang dan berganti. Sehingga kalian harus terus berinovasi dan update, apabila ingin produk yang kamu jual laku di pasaran.

Trims sudah ikuti dari awal hingga akhir, jangan lupa share artikel ini ya. good bye!

Oleh rezaharahap