Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

23 Desain Toko Buah Unik dan Keren

Ingin memulai usaha toko buah? Salah satu yg bisa kamu coba adalah menjual buah pinggir jalan. Sebelum membuat toko sendiri, kamu butuh contoh desain-nya untuk membantu dalam membuat kios yang unik dan minimalis.

Karena setiap orang memiliki buah kesukaannya masing masing. Belum lagi, kandungan nutrisi dan vitamin yang ada di dalam buah, juga sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Dalam sehari-hari, tubuh selalu membutuhkan buah. Oleh karena itu masyarakat yang sadar akan menjaga kesehatan, pastinya rajin mengkonsumsi buah-buahan.

Membuka toko buah memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Apa yang dimaksud toko buah? Toko buah adalah kios yang menjual berbagai jenis buah-buahan segar yang berasal dari hasil pertanian seperti mangga, jeruk, apel dan buah lainnya

Buah-buahan yang kamu jual bisa berasal dari impor dan ada yang dari petani lokal (dalam negeri). Kalau ingin menambah nilai jual, kamu bisa mengolah buah menjadi makanan hasil teknologi pangan, supaya tahan lama dan harga lebih mahal.

Selain itu kriteria lainnya adalah manis, segar dan memiliki kandungan air yang cukup banyak adalah salah satu sifat buah yang banyak digemari.


Contoh Desain Toko Buah

Seperti yang telah disinggung pada awal tadi, kamu bisa menjadikan beberapa contoh desain toko buah dibawah ini sebagai referensi mu sebelum membuat toko sendiri nantinya, let's check these out!


desain toko buah


Contoh desain toko buah pinggir jalan

desain toko buah


Contoh desain toko buah

desain toko buah


Contoh desain toko buah

desain toko buah minimalis


Contoh desain toko buah

desain toko buah


Contoh nama toko buah

desain toko buah


Contoh desain toko buah kosngosan

contoh desain toko buah


Contoh desain toko buah

contoh desain toko buah


Contoh desain toko buah

contoh desain toko buah


Contoh desain toko buah

contoh desain toko buah


Contoh desain toko buah

desain toko buah


Contoh desain toko buah kosngosan

desain toko buah


Contoh desain toko buah

contoh desain toko buah


Contoh desain toko buah

contoh desain toko buah keren


Contoh desain toko buah

contoh desain toko buah


Contoh desain toko buah

contoh desain toko buah


Contoh desain toko buah

contoh desain toko buah


Contoh desain toko buah

desain toko buah pinggir jalan


Tips Memulai Usaha Toko Buah

Buat sobat kosngosan yang ingin membuka usaha berbisnis bikin toko buah, ini ada beberapa tips buat kamu dalam mendesain dan membuat toko buah. Yuk disimak terus sampai akhir!


1. Spanduk dan Banner Toko

Nama toko adalah hal pertama yang harus dibuat. Desain spanduk semenarik mungkin, agar pelanggan tergugah untuk belanja buah di toko kamu.

Buat tulisan jelas terbaca atau hal-hal yang mudah di ingat dalam spanduk toko tersebut. Agar pelanggan mudah mencari toko kamu

Terutama apabila sudah mulai beredar info mulut ke mulut. Siap-siap kebanjiran pelanggan maupun pesanan. Jangan lupa di kantong belanjaan dari toko kamu juga bubuhi nama toko sesuai desain spanduknya.


2. Penentuan Lokasi

Jika ingin membuka toko buah dengan sistem terbuka, carilah tempat yang teduh dan rindang. Juga merupakan lokasi yang strategis sering dilewati orang-orang.

Buatlah terpal agar buah-buahan terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Dan box atau keranjang tempat buah berasal dari bahan kayu atau bambu.

Namun jika hendak membuka toko buah dengan toko tertutup seperti model swalayan khusus buah. Maka pasang ac dalam ruangan, agar suhu tetap dingin membuat buah segar lebih lama.

Steling buah terbuat dari kaca ataupun plastik bening layaknya dalam kulkas terbuka dan berjejer dikelompokkan sesuai jenis buahnya. Membuat pintu toko model sistem tutup buka akan menjadikan toko lebih segar dan elegan.


3. Susunan Letak Buah

Sebagian buah seperti pisang, anggur, lengkeng, jeruk mini dan lain sebainya bisa di gantung menggunakan jaring maupun tidak.

Supaya buah-buah tidak mudah busuk. Juga tahan lama. Bisa juga menyediakan buah potong yang bisa langsung dikonsumsi.

Letak dan susunlah buah-buahan berdampingan dengan corak warna-warni yang membuat kesan menarik. Bisa membuat di atas nampan bulat. Atau berjejer dipinggir ruangan.


4. Memberikan Label Harga

Membuat harga perkilogram atau perons di bagian masing-masing buah agar pelanggan bisa memilih buah yang ingin dibeli sesuai budgetnya.

Sediakan timbangan analitik yang bisa memunculkan harga buah. Karena terkadang berat buah-buahan tidak genap, sehingga mempermudah perhitungan harga.


5. Menjaga Kebersihan

Jangan pernah lupakan untuk tetap menjaga kebersihan toko buah kamu. Selalu membersihkan lantai, steling, cat warna toko, juga buah-buah jangan sampai berdebu agar tetap mengkilap dan segar.

Ini poin yang sangat penting agar semua desain toko tidak sia-sia. Terlihat segar sepanjang hari. Apalagi yang dijual adalah buah-buahan premium.

Itu saja dulu bahasan tentang toko buah beserta tips mendesain tokonya. Buat yang sudah memiliki toko upgrade terus toko kamu biar lebih indah dan menarik.

Yang baru ingin memulai bisnis harus semangat, terjun ke dunia toko buah usahakan yang memang mengetahui jenis dan kualitas buah. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Baca juga : Contoh Desain Toko Sayuran


Kata Akhir

Tentunya selain berbagai persiapan dan contoh desain toko dari kosngosan diatas, kamu perlu untuk menganalisis pasar dan membuat strategi marketing yang tepat pengembangan toko buahmu.

Jangan lupa untuk selalu meningkatkan pelayanan terhadap pelayanan konsumen.

Demikian beberapa informasi mengenai usaha toko buah, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk klik tombol share dibawah ini ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya