Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tips Merawat Virtual Reality (VR) supaya Awet

Bagaimana cara merawat perangkat Virtual Reality yang baik dan benar? VR merupakan sebuah perangkat teknologi yang mampu menciptakan simulasi sehingga kita sebagai penggunanya dapat berinteraksi dengan lingkungan yang ada di dalam dunia maya (metaverse) seperti halnya di dunia nyata.

Apalagi saat ini sedang hype dunia Metaverse dan NFT. Kamu bisa masuk kedalam dunia metaverse dengan menggunakan perangkat VR ini. Di era modern seperti saat ini, keberadaan VR memang cukup dibutuhkan terutama untuk mempermudah teknik dan visualisasi pada data ilmiah

Selain itu beragam kegunaan lainnya yang mampu memberikan keuntungan bagi penggunanya. Beberapa contoh hasil dari teknologi VR tersebut antara lain adalah, Cardboard, Headset VR, VRSE, dan The North Face : Climb.

Sama halnya dengan peralatan elektronik lainnya, VR juga memiliki potensi kerusakan yang rentan jika sobat kosngosan tidak mampu merawatnya dengan baik. Salah satu penyebab kerusakan pada VR disebabkan oleh debu dan kotoran yang menumpuk sehingga membuatnya cepat panas sehingga tidak bisa berfungsi secara optimal.


Tips Merawat VR

Perangkat ini sama seperti alat elektronik lainnya yang rentan terhadap kerusakan, kalau tidak dirawat. Lalu, bagaimana sih tips yang baik untuk merawat VR agar awet dan tahan lama? Berikut penjelasannya :


1. Perhatikan Tempat Penyimpanan Dengan Baik

Faktor penting yang mempengaruhi keawetan pada VR salah satunya ditentukan oleh benar tidaknya tempat dan cara penyimpanan.

Letakkan VR pada tempat dengan suhu ruangan yang pas, tidak terlalu panas, dan tidak terlalu dingin. Hindari juga untuk meletakkan VR di tempat yang lembab, karena kondisi tersebut justru rawan akan munculnya jamur dan bakteri.


2. Rutin Membersihkan Debu Pada VR

Debu yang menumpuk dan menempel dalam jangka waktu yang lama sangat tidak baik untuk VR. Apalagi mengingat penggunaan VR yang seringkali bersentuhan dengan kulit kita, sehingga harus selalu kamu perhatikan kebersihannya.

Untuk pembersihan, kamu bisa menggunakan blower, yakni alat yang mampu menghembuskan angin dengan sedang. Blower mampu membersihkan bagian ventilasi pada sela – sela VR sehingga dapat mengurangi kotoran yang menyumbat pada lensa.


3. Cuci Karet Untuk Membersihkan Minyak Yang Menempel

Karena VR umumnya seringkali dipakai bersentuhan dengan kulit, terutama bagi pengguna PlayStation, maka penting untuk memeriksa kebersihannya secara rutin.

Karena seringkali setelah penggunaan, minyak dari wajah akan menempel pada karet sehingga membuatnya kotor dan berminyak.

Oleh karena itu, kamu harus mencuci dan membersihkannya dengan aliran air agar bersih kembali. Pastikan untuk melakukannya dengan pelan dan menggunakan tekanan air yang kecil saat membersihkannya.


4. Perhatikan Strap Agar Umurnya Awet

Beberapa merk VR menggunakan strap sebagai pengaitnya agar mudah dipasangkan pada kepala. Contohnya seperti, salah satu VR buatan brand Samsung.

Untuk membuatnya tetap awet, maka saat penggunaan, jangan menarik tali tersebut terlalu kencang agar tidak mudah molor dan putus. Umur strap yang tahan lama tergantung pada bagaimana cara kamu menggunakannya setiap saat.


5. Bersihkan Lensa Untuk Menjaganya Tetap Jernih

Lensa menjadi bagian yang sangat vital dalam sebuah VR. Oleh karena itu, kamu harus selalu memastikan lensa selalu bersih dan jauh dari kotoran yang menempel.

Kamu bisa memanfaatkan blower untuk menyingkirkan debu dari lensa, lalu gunakan kain lap yang halus dan lembut untuk membuatnya lebih bersih.

Kalau kamu sering meminjamkan VR mu pada orang lain, pastikan juga untuk membersihkan semua bagian baik sisi luar maupun dalam setelah selesai digunakan.


6. Hindari Menggunakan Alat Yang Kasar Untuk Membersihkan Lensa

Jangan sesekali menggunakan alat atau benda yang memiliki permukaan kasar saat membersihkan lensa karena hal itu akan membuat lensa menjadi terluka dan rusak.

Lensa sendiri merupakan bagian yang sangat sensitif dan tidak boleh sembarangan untuk dipegang. Oleh karena itu, pastikan kamu selalu menggunakan bahan atau peralatan yang halus seperti lap lembut supaya tidak melukai kaca lensa.


7. Jauhkan Dari Sinar Matahari Secara Langsung

Sinar matahari yang terpapar langsung pada lensa VR akan membuat komponen magnet dan plastik di dalamnya menjadi lebih cepat panas sehingga berpotensi mengalami kerusakan yang lebih cepat.

Oleh karena itu, selalu letakkan VR di tempat yang teduh, jauh dari sinar matahari yang menyengat, dengan suhu ruangan yang pas dan hindarkan dari barang – barang yang mudah terbakar.


8. Hindari Kontak Langsung Dengan Bahan atau Cairan

Jangan meletakkan VR di tempat yang berair atau mengandung cairan semacamnya agar tidak mudah rusak dan kehilangan fungsinya.

Kamu bisa meletakkannya di dalam box, rak atau tempat – tempat yang jauh dari sumber air agar terhindar dari insiden yang tidak diinginkan. Pastikan kondisi di sekitar tempat menaruh VR juga kering dan tidak terdapat cairan berbahaya seperti alkohol dan lain – lain.


9. Service Di Tempat Yang Resmi

Jika kamu mendapati VR mu mengalami kerusakan atau gangguan pada komponen di dalamnya, segeralah pergi ke tukang service atau lokasi resmi tempat kamu membeli VR tersebut.

Pilihlah service centre yang memang sesuai dengan merk VR yang kamu beli. Pengecekan berkala juga cukup penting dilakukan untuk memastikan kondisi VR baik dan dapat digunakan setiap saat.


10. Bersihkan Body VR

Untuk memastikan debu, kotoran, atau minyak hilang dari VR seluruhnya, maka lakukan pembersihan yang detail baik dari bagian lensa hingga body VR tersebut.

Kamu bisa menggunakan cairan dari bahan non-alkohol dan bersifat anti bakteri supaya lebih aman. Pastikan juga kamu telah membersihkan bagian headset, pelindung cahaya atau light shield, dan penutup hidung supaya proses pembersihan lebih merata.


11. Pakai Gel Cleaner

Gel cleaner juga cukup efektif digunakan untuk membersihkan body VR karena relatif lebih murah, dan mudah didapatkan.

Namun jika dibandingkan dengan spray atau alat pembersih lainnya, gel cleaner umumnya memiliki usia penggunaan yang singkat dan lebih cepat habis karena debu atau kotoran yang telah menempel pada gel tidak bisa dibersihkan lagi.


12. Pakai Spray Duster, Tapi Jangan Terlalu Sering

Spray duster merupakan udara yang dikompres di dalam kemasan kaleng, mirip seperti spray pada umumnya sehingga bisa disemprot pada peralatan yang ingin dibersihkan.

Spray duster bisa kita jumpai di pasaran dan beberapa lapak online dengan merk yang beraneka ragam. Spray ini bisa kamu pakai untuk menghilangkan debu yang terselip di sela – sela PSVR.


13. Lepaskan Bantalan Karet Ketika VR Dibersihkan

Beberapa bagian pada VR jenis headset biasanya terdapat bantalan karet yang bisa kita lepas pasang. Komponen ini memang sengaja di desain agar penggunanya dapat dengan mudah membersihkan kotoran yang terselip bahkan pada sela – sela terkecil sekalipun.


14. Gunakan Kain Jenis Mikrofiber Untuk Membersihkan Lensa

Kain microfiber memiliki tekstur yang halus dan lembut sehingga lebih aman digunakan untuk membersihkan bagian – bagian pada VR.

Jangan menggunakan kain sembarangan apalagi yang kasar atau kain basah karena dapat berdampak buruk pada VR nantinya.


15. Tanggalkan Bagian Yang Bisa Dilepas dan Bersihkan Secara Terpisah

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keadaan VR mu tetap awet adalah dengan melakukan proses pembersihan yang teliti dan menyeluruh.

Caranya adalah dengan melepas atau menanggalkan bagian – bagian yang bisa dilepas seperti pelindung hidung, dan light shield supaya semua celah dapat dibersihkan secara optimal.

Baca juga : Tips Merawat Layar Super Amoled


Bagian Penutup

Ada beberapa karakteristik VR serta kelebihan dan kekurangannya yang bisa sobat kosngosan pilih sesuai kebutuhan. 

Semoga beberapa tips diatas bisa membantu kalian dalam menjaga perangkat tersebut supaya lebih tahan lama. Jangan lupa bookmart halaman kosngosan dan share artikel nya ya, terimakasih
Oleh rezaharahap