Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lama Transfer Uang dari Malaysia ke Indonesia pakai Bank

Berapa lama transfer uang dari malaysia ke Indonesia melalui bank BRI, BNI, Mandiri dan BCA? Pertanyaan itu sering dilontarkan oleh nasabah yang berada di negara jiran dan ingin mengirimkan uangnya ke Indonesia dengan berbagai kepentingan. Layanan pengiriman uang saat ini sudah canggih. Sehingga kalian tidak perlu khawatir uang tersebut pasti akan sampai secepatnya, paling lambat 1 hari dan paling cepat 1 menit. 

Selain layanan perbankan, sebenarnya ada juga platform lain yang bisa kita manfaatkan untuk pengiriman uang antar negara. Seperti Paypal, Westren Union, Aplikasi Transferz dan sebagainya. Tapi kali ini kita akan fokus pada beberapa bank lokal yang banyak dipakai di Indonesia seperti yang disebutkan sebelumnya pada awal paragraf.

Beberapa persyaratan umum yang harus kamu penuhi sebelum mengirim dan menerima uang dari malaysia ke Indonesia antara lain :

  1. Melakukan pengiriman dan pengambilan uang pada saat jam kerja bank
  2. Memastikan kamu sudah menerima MTCN dan informasi lainnya
  3. Mengunjungi lokasi Bank terdekat untuk pengiriman dana
  4. Memasukkan informasi yang diperlukan dan melakukan prosedur sesuai dengan ketentuan
  5. Kemudian kabari si penerima di Indonesia agar mengunjungi bank yang dipakai
  6. Si penerima akan menerima sejumlah dana tunai dan selesai


Berapa Lama Transfer Uang dari Luar Negeri ke Indonesia

Berapa lama transfer uang malaysia ke Indonesia

Transaksi keuangan merupakan sebuah aktivitas yang sering terjadi setiap harinya. Bukan hanya antar kota atau lintas provinsi saja, proses transfer uang juga banyak terjadi antar satu negara dengan negara yang lainnya. 

Misalnya dari Malaysia ke Indonesia atau sebaliknya. Aktivitas transaksi ini memang sering terjadi mengingat banyaknya jumlah TKI yang bekerja di Malaysia.

Di era yang semakin maju ini, metode pengiriman uang yang dapat digunakan pun sudah bermacam – macam jenisnya. Banyak Bank yang menyediakan berbagai layanan pengiriman uang baik secara digital maupun konvensional untuk mempermudah nasabahnya dalam melakukan transaksi. 

Lalu kebanyakan orang masih bertanya – tanya, kira – kira berapa lama sih pengiriman uang dari Malaysia ke Indonesia bisa sampai? Nah dalam artikel kali ini kita akan membahasnya bersama – sama.

Layanan Transfer Uang dari Berbagai Bank di Indonesia diantaranya sebagai berikut :


BRIFast Remittance

BRIFast BRI Remittance

BRIFast Remittance merupakan jasa transaksi keuangan dari Bank BRI, yang menggunakan fitur telegraphic transfer dan BRIFast Web Service. Adanya fitur ini memudahkan penggunanya untuk dapat mengirim dan menerima uang antar negara serta memungkinkan uang langsung masuk ke rekening bank ataupun diambil secara tunai. 

Layanan ini sangat cocok digunakan untuk mengirim uang pada kerabat yang sedang berada di luar negeri atau sebaliknya, juga pada perusahaan importir dan yang memiliki wilayah operasional di mancanegara. 

Kini BRIFast Remittance sudah melayani transaksi bagi 130 mata uang di seluruh penjuru dunia, termasuk diantaranya USD, GBP, EUR, SGD, AUD, dan JPY. Transaksi ini bisa kamu lakukan di seluruh kantor cabang maupun kantor cabang pembantu BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk waktu pengiriman dana biasanya terhitung lebih cepat, yakni hanya dalam hitungan detik atau menit saja uang yang ditransfer dari Malaysia bisa sampai ke Indonesia. 

Namun jika ada beberapa kendala tertentu seperti jumlah nominal transfer yang terlalu banyak, mungkin akan memakan waktu lebih lama antara beberapa jam atau hari. Kamu juga disarankan untuk mengirim uang di hari kerja operasional bank yakni mulai dari Senin sampai dengan Jumat.

Beberapa ketentuan lain yang diberikan oleh Bank BRI saat melakukan transaksi keuangan luar negeri adalah, jika kamu melakukan transaksi setara dengan USD 100.000 dengan sumber dana rupiah

Kamu diharuskan menyertakan dokumen dari sumber dana tersebut. Untuk biaya transfer yang dikenakan yakni sekitar USD 20 – 30 (khusus transaksi full), dan USD 5 – 25 (untuk transaksi non-full).

Baca juga : Cara Baca Buku Tabungan BRI


BNI Smart Remittance

Mau mengirim uang dari Malaysia ke Indonesia juga bisa banget dengan menggunakan layanan BNI Smart Remittance. Layanan ini sudah didukung oleh teknologi yang canggih lho sehingga bisa memungkinkan kamu mentransfer uang ke luar negeri hanya dengan menggunakan mobile banking yang kamu miliki. 

BNI Smart Remittance juga sudah memiliki enam kantor cabang BNI yang mendukung layanan mereka di luar negeri, yakni di Tokyo, Seoul, Hong Kong, Singapura, New York dan London dilengkapi juga dengan 1.600 bank koresponden yang tersebar di seluruh dunia. 

Layanan BNI ini juga sudah menerima transaksi dalam 125 mata uang di seluruh penjuru dunia termasuk USD, Ringgit, Yuan, dan Won. Untuk waktu pengiriman dana juga diklaim mampu sampai lebih cepat, yakni bisa sampai pada hari yang sama bahkan dalam jangka waktu beberapa jam saja.

Jika kamu ingin melakukan transfer uang melalui Mobile Banking, yang pertama kamu harus menyediakan aplikasi MBanking yang sudah kamu unduh dari Playstore. Kemudian buka aplikasi dan pilih menu Transfer – International Remittance – Klik Lanjut dan pilih nomor rekening debet. 

Setelah itu pilih “Input Baru” dan pilih negara tujuan yang kamu ingin transfer. Masukkan nomor rekening, data diri, nama dan alamat dari penerima dan jumlah nominal yang akan dikirim. 

Selanjutnya pilih “Beban Ongkos Bank Koresponden” dan pilih tujuan transaksi. Setelah selesai masuk ke halaman validasi lalu masukkan password. Pilih lanjut dan kini transaksi sudah selesai.

Untuk biaya transfer atau pengiriman uang yang diberikan kepada pengguna adalah sekitar Rp 35.000 (termasuk biaya TT Swift) USD 5 – 50 (untuk biaya provisi), USD 25 (untuk biaya ongkos bank koresponden). Jumlah biaya bisa berubah – ubah tergantung dengan kebijakan masing – masing bank.


Mandiri Remittance

Selanjutnya ada fitur incoming transfer dari Mandiri Remittance yang sediakan oleh Bank Mandiri. Layanan ini memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya untuk melakukan transaksi pengiriman termasuk dari Malaysia ke Indonesia dengan cepat dan aman. Jenis mata uang yang dapat dikirim juga tersedia dalam berbagai pilihan, mulai dari USD, SGD, AUD, EUR, dan JPY serta masih banyak lagi. 

Inovasi digital dari layanan Bank Mandiri ini menawarkan kemudahan bagi kamu untuk mengakses transaksi keuangan menggunakan ponsel dimana saja dan kapan saja sehingga lebih efisien. Jaringan koresponden dari Bank Mandiri juga sangat luas di luar negeri. 

Layanan pengiriman dari Mandiri Remittance ini bisa kamu lakukan di seluruh kantor cabang serta pada Mandiri Internet Bisnis (MIB), dan juga Mandiri Cash Management (MCM). Untuk waktu transfer yang dibutuhkan bergantung pada metode pengiriman dan jumlah nominal uang. 

Semakin banyak nominal yang akan ditransfer biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama. Umumnya lama transfer uang sampai ke Indonesia bisa sampai dalam waktu beberapa menit atau beberapa jam saja di hari yang sama. Namun jika nominal lebih banyak bisa membutuhkan waktu beberapa hari untuk sampai di rekening penerima.

Untuk jumlah biaya transfer yang dibebankan dari Bank Mandiri sebagai penyedia jasa pengiriman uang luar negeri adalah sekitar Rp 35.000 (berupa biaya TT Swift), satu per delapan persen dari nominal uang yang akan ditransfer (biaya provisi), USD 25 – 30 (biaya ini untuk kiriman uang diterima secara full).


BCA Fire Cash

Kemudian ada layanan yang disediakan oleh Bank BCA sebagai media pengiriman uang dari luar negeri termasuk dari Malaysia ke Indonesia juga, yaitu BCA Fire Cash. Layanan ini sangat cocok digunakan bagi para WNI atau TKI yang bekerja di luar negeri. 

Kamu sangat bisa melakukan transaksi keuangan baik pengiriman atau penerimaan uang dari rekening bank maupun pembayaran tunai di Indonesia.

Ada dua jenis metode pengiriman yang disediakan oleh BCA, yakni Fire Cash dan MoneyGram International. Kalau kamu memilih metode pengiriman uang menggunakan Fire Cash, maka proses transfer bisa sampai dalam waktu yang lebih cepat dan tentunya aman untuk dilakukan. 

Hanya dengan memanfaatkan aplikasi berbasis internet seperti Mobile Banking, kamu sudah bisa melakukan pengiriman uang dengan mudah dalam sekejap. Uang tersebut juga bisa langsung masuk ke dalam rekening si penerima dan juga dapat diambil secara tunai melalui ATM masing – masing. 

Keunggulan lain yang bisa kamu dapatkan jika menggunakan layanan BCA Fire Cash adalah, proses pengiriman uang bisa sampai di hari yang sama bahkan hanya dalam beberapa jam saja. 

Untuk biaya transfer yang dibebankan kepada pengguna yakni sekitar Rp 50.000 keatas (termasuk biaya telex) + USD10. Hal ini sebenarnya tergantung dan dapat disesuaikan dengan kebijakan bank masing – masing. 


Penutup

Sebenarnya ada banyak layanan yang bisa membantu sobat kosngosan untuk melakukan transfer uang dari dan ke luar negeri dengan lebih cepat, hemat, dan juga lebih efisien. 

Jadi buat kalian yang ingin mengirim uang ke saudara, keluarga, klien yang berada di luar negeri dengan berbagai kepentingan maka jangan khawatir, karena biasanya layanan perbankan sekarang sudah sangat canggih dan uang akan sampai secepatnya (paling lama 1 hari) itu pun karena ada gangguan. Terakhir, jangan lupa klik tombol share ya

Oleh rezaharahap