Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Pribadi di Instagram Kita

Bagaimana cara membuat akun instagram menjadi blog pribadi? Seringkali saat kita mengekplor suatu akun Instagram ada beberapa yang menyertakan tulisan ‘blog pribadi’. Apa pengertian blog pribadi di IG? jadi blog pribadi di IG adalah fitur setting bio ig yang menjelaskan bahwa akun Instagram kita merupakan akun personal yang biasa digunakan untuk bisnis.

Sebelum memutuskan untuk membuat akun blog pribadi, pastikan akun instagram yang kalian gunakan sudah diubah menjadi akun bisnis. Perubahan ini dapat diperuntukan bagi kalian yang ingin memanfaatkan Instagram untuk mendapatkan engagement rate.

Selain itu, dengan mengubah akun kalian menjadi akun bisnis sobat kosngosan dapat melihat siapa saja yang telah mengunjungi akun Instagram mulai dari jenjang usia yang berbeda hingga antar kota. Tentu ini bermanfaat buat kalian  yang ingin menawarkan endorse.

Jadi kita akan bahas tutorialnya step by step-nya, mulai dari mengubah akun IG menjadi bisnis, sampai memilih kategori personal blog di akun IG kita, seperti yang akan dijelaskan dibawah ini :


Cara Buat Blog Pribadi di Instagram

Agar lebih mudah dipahami, maka berikut ini adalah tutorial cara untuk merubah akun instagram menjadi akun bisnis.

Pertama-tama, yang harus kalian lakukan adalah membuka aplikasi Instagram dan masuk pada akun yang telah kalian buat, lalu klik menu yang ada garis 3 di pojok kanan atas.

Langkah kedua, klik menu ‘pengaturan’ dan pilih. Jika kalian melihat ada tulisan ‘beralih ke akun bisnis’ maka pilih opsi tersebut dan ikuti petunjuk penyelesaianya.

Kalian akan dihadapkan dengan beberapa pertanyaan seputar data-data pribadi seperti email hingga nomor handphone.

Sebelum beralih ke tutorial membuat Instagram menjadi blog pribadi, ada baiknya jika kalian mempertimbangkan petunjuk sebelum merubah akun Instagram seperti dibawah ini :

Cara Mengubah Instagram menjadi blog pribadi bisnis

1) Buat batasan antara akun pribadi dengan akun bisnis (dalam artian pisahkan kedua akun tersebut apabila kalian ingin memiliki lebih dari satu akun Instagram).

Hal ini bertujuan agar kalian dapat dengan lebih mudah memisahkan kategori kebutuhan pengelolaan : jual beli, komunitas dan lain sebagainya.

2) Bila perlu buatlah akun facebook fanpage yang dapat digunakan sebagai tautan pada akun Instagram kalian. Adanya tautan dengan akun media sosial lain memberikan peluang lebih agar blog pribadi atau akun bisnis kalian lebih berkembang.

3) Tampilkan CP atau Contact Person yang berbeda pada akun-akun Instagram kalian (akun bisnis dan akun pribadi) seperti no WA, line hingga email.

Jangan lupa untuk menampilkan kontak-kontak yang dapat dihubungi tersebut pada bio Instagram kalian.

Baca juga : Kata-kata untuk Bio Profil TikTok yang Keren


Membuat Akun Blog Pribadi IG

Untuk melanjutkan langkah dalam mengubah Instagram menjadi blog pribadi, ubahlah akun Instagram menjadi akun bisnis dengan mengikuti instruksi koꜱngosan seperti diatas :

1. Setelah muncul pop up, kemudian lanjutkan hingga pop up hilang.

2. Pilih menu kategori lalu ubah kategori menjadi ‘blog pribadi’, lanjutkan dengan memilih tampilkan label kategori dan akhiri dengan klik selesai.

Selain cara yang telah dijabarkan diatas, mengubah akun Instagram menjadi blog pribadi dapat dilakukan menggunakan PC. Akan tetapi, sebelumnya kalian harus mengatur Intagram menjadi akun bisnis menggunakan smartphone pribadi.

Cara buat blog pribadi di Instagram


Cara mengubah Instagram jadi blog pribadi di PC

1) Pertama-tama log in ke akun Instagram dengan masuk ke website https://www.instagram.com, lalu pilh menu profile, klik edit profile. Setelah mengklik edit profile kalian akan diarahkan dengan beragam pilihan menu.

2) Pilih tombol change untuk membuat perubahan, pilih personal blog dan untuk mengakhirinya akhiri dengan tombol done. Setelah itu centang ‘show category in profile’. 

Setelah selesai di centang, tulisan personal blog akan mulai muncul di bio Instagram. Setelah selesai akhiri dengan mengklik submitt.

Bila selesai menambahkan keterangan blog pribadi, sobat kosngosan dapat mengganti kategori blog pribadi ig, dengan tutorial seperti berikut.

1. Buka aplikasi instagram, log in menggunakan akun instagram.

2. Kunjungi halaman profil kalian, lalu klik tombol edit profil di kotak pojok kanan atas.

3. Pilihlah kategori, dalam opsi tersebut akan ditampilkan berbagai macam keterangan seperti blog pribadi, produk/layanan, seni, musisi/band, belanja dan ritel hingga kesehatan/kecantikan. Setelah memilih kategori, ketuk selanjutnya agar perubahan yang kalian pilih dapat tersimpan.


Video Cara buat blog pribadi instagram


Cara kedua

Cara kedua untuk mengganti kategori blog pribadi Intagram dapat kalian ikuti dengan langkah-langkah dibawah ini.

1) Pilih garis tiga di pojok kanan atas, pada tulisan pengaturan

2) Pada halaman tersebut, akan terlihat berabgai macam opsi yang bias kalian pilih seperti aktor, atlet, blogger, desainer, gamer dan lain sebagainya. Pilih kategori yang diinginkan.

Jika sobat kosngoꜱan sudah tidak ingin menggunakan akun Instagram bisnis dan ingin mengembalikan akun untuk digunakan secara personal, maka langkah yang dapat digunakan adalah :

1. Masuk dan log in kea kun Intsagram bisnis kalian

2. Pilih menu dengan tanda garis tiga di sudut kanan atas dan klik pengaturan

3. Masuk ke tulisan ‘akun’

4. Selanjutnya scroll ke bawah hingga menemukan tulisan ubah jenis akun, kalian akan diberikan 2 opsi ( beralih ke akun bisnis atau beralih ke akun pribadi ). Pilih ‘beralih ke akun pribadi’. Setelah selesai, akun kalian akan kembali menjadi akun personal.


Kelebihan dan Kekurangan Instagram Blog Pribadi

Keputusan untuk membuat akun Instagram bisnis pastinya ada kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Hal tersebut perlu diketahui agar menjadi pertimbangan dalam membuat akun Instagram menjadi blog pribadi.


Kekurangan Blog Pribadi IG

Kekurangan ketika kita mengubah akun instagram kita menjadi jenis blog pribadi adalah sebagai berikut :

Privasi

Akun Instagram professional yang sudah diubah menjadi Instagram bisnis dengan mencantumkan keterangan blog pribadi memiliki kekurangan dalam segi privasi

Biasanya akun yang sudah terkonfirmasi menjadi akun bisnis tidak dapat sebebas akun Instagram pribadi. Contohnya adalah pada menu Direct Massages (DM), akun Instagram dengan kategori blog pribadi tidak dapat memiliki kewenangan dalam membatasi jumlah DM atau pesan yang masuk.

Dengan adanya keterbatasan ini, dikhawatirkan owner akun tidak dapat menyaring pesan penting yang harusnya membutuhkan respon cepat.


Membutuhkan jumlah minimum followers

Karena dalam Instagram blog pribadi kita perlu mengubah akun menjadi Instagram bisnis, tentu saja dalam melakukan perubahan tidak serta merta dapat langsung dilakukan.

Karena sejatinya akun bisnis ini adalah akun yang bersifat publik, sehingga dari pihak Instagram sendiri mengeluarkan peraturan bahwa jumlah pengikut akun minimal harus sepuluh ribu untuk menjadi akun bisnis.


Kelebihan Blog Pribadi Instagram

Ketika sobat kosngosan memutuskan untuk mengubah akun instagram menjadi akun blog pribadi, maka beberapa keuntungan yang kamu dapatkan antara lain :

Iklan

Instagram menawarkan berbagai macam fitur untuk mempromosikan usaha bila kalian telah mengganti keterangan menjadi Instagram bisnis.

Kesempatan ini dapat kalian manfaatkan untuk meningkatkan profit usaha yang kalian jalankan. Untuk harga jasa membuat iklan di Instagram bervariasi

Mulai Rp. 25.000 per hari hingga Rp.500.000 per minggu, tergantung durasi iklan dan jumlah hari yang diinginkan.


Insights

Kelebihan yang ditawarkan pada Instagram bisnis adalah adanya fitur deep Instagram yang dapat berguna untuk melihat jumlah viewers, total tayangan dan informasi penting lainya.

Bahkan dengan fitur ini, kalian dapat melihat siapa saja yang datang untuk melihat kaption IG kalian.


Informasi Bisnis

Agar dapat meningkatkan kredibilitas usaha yang kalian jalankan, tambahan informasi seperti detail kantor, jam operasional hingga nomor telpon atau email yang dapat dihubungi.


Kata Penutup

Platform media sosial seperti Instagram memang masih populer dan eksis, walau memang tersaingi oleh tiktok. Pengguna nya pun terus bertambah dan ada di seluruh dunia.

Saat ini memang hampir semua anak muda yang punya gadget, itu mereka menggunakan Instagram. Sehingga, banyak konten kreator, artis, pembisnis dan juga pengusaha yang memaksimalkan kepopuleran mereka melalui platform ini.

Semoga saja informasi diatas bermanfaat, dan jangan lupa share serta bookmart halaman kosngosan ya, terimakasih!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya