Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadikan Sound TikTok Jadi Nada Dering

Sebagai salah satu media atau platform berbasis jejaring sosial, Tiktok memberikan wadah untuk berkreasi dalam membuat konten video berdurasi singkat dengan berbagai macam genre yang ditawarkan, mulai dari komedi, sosial experiment hingga musik.

Uniknya, musik-musik yang ditawarkan oleh konten kreator TT ini biasanya sudah mengalami modifikasi nada atau remix sehingga lagu-lagu tersebut beda dari biasanya. Dan banyak lagu yang kembali viral setelah sering digunakan oleh video pendek yang FYP di TikTok.

Bagi kalian yang sering melihat video-video musik kekinian dan mondar-mandir dalam deretan FYP “For Your Page” dan kebetulan ingin menjadikan musik tersebut untuk dijadikan nada dering handphone atau aplikasi lain seperti WhatsApp, tutorial dibawah ini akan menjelaskan cara menjadikan sound Tiktok untuk nada dering.

Untuk dapat mengubah video menjadi nada dering, ada berbagai macam cara yang dapat sobat koꜱngosan lakukan agar nada dering yang ingin kalian download dapat diaplikasikan sebagai nada dering HP, WA, Telegram maupun aplikasi lainnya.


Cara Mengubah Sound TikTok menjadi Ringtone HP

Cara Menjadikan Sound Tiktok Jadi Nada Dering

Baiklah langsung saja kita akan bahas step by step-nya. Salah satu metode yang digunakan untuk meng-konvert konten tiktok berbentuk video menjadi Mp3 adalah menggunakan beberapa aplikasi dibawah ini, antaranya :


MP3 Converter

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah mengunduh aplikasi MP3 Converter via Google Playstore, buka aplikasi kemudian pilih opsi video ke audio

(sebelumnya download terlebih dahulu video Tiktok yang ingin dijadikan nada dering melalui website atau aplikasi download video), selanjutnya namai file yang ingin di konvert menajdi MP3 kemudian pilih tingkat Birate 192 kb/s dan klik tombol konvert.


Audio Extractor

Hal yang sama dan harus dilakukan sebelumnya yakni mendownload aplikasi Audio extractor terlebuh dahulu, kemudian buka aplikasi melalui smarthphone yang kalian miliki.

Lalu pilih video Tiktok yang sound-nya ingin kalian gunakan sebagai nada dering, kemudian unduh. Pilih waktu mulai dan selesai untuk audio, pilih format MP3, lalu klik ‘extract audio’

Kemudian sobat kosngosan bisa tulis nama file kemudian done. Pilih ‘share’, klik pilihan ‘file manager’ agar MP3 yang sudah di konvert masuk dalam penyimpanan telepon.


Telegram

Selain dapat digunakan untuk chating, mencari informasi dan lain sebagainya, ternyata aplikasi ini dapat bermanfaat juga untuk mendownload video dari Tiktok.

Caranya cukup mudah, pertama buka aplikasi Telegram yang kalian punya atau buka websitenya. Ketik “bot Tiktok downloader” atau ketik username: @downloader_tiktok_bot, selanjutnya ketik start untuk memulai bot, copy link dari video Tiktok yang akan diunduh

Lalu paste tautan kedalam kolom chat dan kirim. Video tersebut akan ditampilkan tanpa watermark, kemudian unduh video tersebut.

Sebelum melakukan unduhan periksa lagi jenis format yang diinginkan, scroll kebawah untuk mengunduh lagi Tiktok dalam format MP3.

Sound Tiktok yang kalian inginkan telah berhasil di donwload dan kalian dapat menggunakannya untuk berbagai macam nada dering.

Opsi lain yang dapat dilakukan selain melalui aplikasi-aplikasi diatas adalah via website. Selain karena lebih praktis, penggunaan website ini memang tidak terbatas memori HP dan tidak menyita kapasitas RAM. Untuk lebih jelasnya, simak website dibawah ini agar mempermudah kalian dalam melakukan konvert video Tiktok.


Kapwing Converter

Pada video yang ingin kalian download salin tautan video Tiktok klik tombol bagikan, lalu pilih icon copy link . Buka browser cari situs https://www.kapwing.com/tools/convert-video dan masukan link yang sudah di copy tadi dengan mengetuk tombol paste

Pada kolom yang tersedia. Website akan otomatis mengupload video yang akan didownload. Klik opsi MP3 yang tertera pada layar, dan pilih trim video.

Langkah terakhir adalah memilih ‘trim video’ kemudian create. Setelah semua proses selesai, akhiri semuanya dengan download. Musik dari sound Tiktok kalian akan disimpan dalam perangkat.


SaveFrom.net.

Seperti langkah-langkah yang sudah dijabarkan diatas, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengcopy link video dari aplikasi Tiktok atau website resmi Tiktok, pilih share lalu copy link. Kemudian kunjungi website https://id.savefrom.net/18/download-from-tiktok. Pada kotak yang tersedia, paste link yang telah kalian copy, tunggu sesaat hingga preview video ditampilkan. Setelah preview video tiktok ditampilkan, pilih format MP3.

SSSTiktok

Website yang satu ini dapat diakses melalui https://ssstik.io/download-tiktok-mp3 sebelum mengakses, pastikan link untuk mengcopy video yang diinginkan.

Paste link pada kolom di website, tunggu hingga ada notifikasi untuk mengunduh. Selanjutnya pilihlah download MP3, setelah itu MP3 yang telah di download akan langsung tersimpan dalam perangkat kalian.

Nah, setelah mengetahui cara-cara dalam mendownload sound Tiktok dan diubah melalui aplikasi-aplikasi diatas, sobat kosngoꜱan dapat melakukan pengaturan dan menjadikan nada dering untuk berbagai macam keperluan seperti WhatssApp, nada dering HP atau alarm.


Cara Setting Nada Dering

Untuk mengetahui cara-cara membuat nada dering WhatsApp dari Tiktok adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi WA melalui smartphone kalian, kemudian pada halaman utama aplikasi pilih menu titik tiga di bagian pojok kanan atas. Lalu tekan menu settings, pilih menu notification, lanjutkan dengan memilih opsi Notification Tone atau Ringtone di menu Massages, Groups dan Calls.

2. Langkah berikutnya pilihlah menu Sound & Vibration

3. Pilih opsi Notification Tone atau Ringtone, kemudian tekan Select from files

4. Lanjutkan dengan sound Tiktok yang telah berhasil di simpan tadi, tekan pilih

5. Setelah memilih lagu, maka kalian dapat kembali ke halaman utama WhatsApp, kemudian lakukan tes dengan melakukan panggilan telepon, maka sound Tiktok yang telah kalian pilih akan terdengar sebagai nada dering.

Bila kalian bosan dengan nada alarm yang “itu-itu” saja dan monton dari Handphone, lakukan langkah-langkah seperti di bawah ini untuk mengaplikasikan nada dering pada alarm kalian. Caranya adalah :

1. Setelah kalian selesai mengunduh lagu Tiktok tersebut, atur sound sebagai nada dering alarm HP kalian.

2. Caranya adalah pilih sound yang akan dijadikan nada alarm kalian

Adapun cara lain untuk menjadikan MP3 yang telah dikonvert tadi menjadi sebuah nada dering di HP kalian (bila Hp kalian andoid sebagai berikut) :

1. Buka setting atau pengaturan di HP kalian

2. Pilih menu ringtone (nada dering)

3. Klik ikon tambah (+) pada pojok kanan atas

4. Pilih audio MP3 yang diinginkan pada perangkat android kalian

5. Kemudian akhiri proses dengan mengetuk done


Tonton Panduannya Dibawah ini

Nada dering yang cenderung monoton membuat kita biasanya malas mendengar notifikasi masuk dari suatu aplikasi.

Sebagai salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam berkomunikasi, Telegram memiliki fitur yang tak jauh berbeda dari aplikasi sejenis seperti Whatsapp.

Untuk itu, variasi dalam pemilihan nada dering perlu dilakukan. Nah, untuk memudahkan kalian dalam melakukan perubahan nada dering pada Telegram, simak tutorial mengganti nada dering dibawah ini :

1. Siapkan MP3 terlebih dahulu, tentu saja MP3 yang telah dikonvert dari Tiktok menggunakan aplikasi konverter atau website yang mendukung.

2. Simpan hasil download MP3 pada perangkat.

3. Kemudian buka aplikasi Telegram, ketuk garis di pojok kanan atas lalu pilih pengaturan. Masuk pada notifikasi dan suara, kemudian pilih ‘dering’ masukan MP3 yang telah kalian konvert tadi menjadi nada dering.

Baca juga : Cara Mengatasi Pelanggaran Panduan Komunitas TikTok


Kata Penutup

Kita semua tahu, sebagai salah satu aplikasi video pendek yang sedang viral, TikTok memberikan fitur bagi penggunanya untuk membuat video-video kreatif melalui smartphone dengan durasi waktu 15 detik hingga 1 menit bahkan sampai 3 menit.

Semoga beberapa panduan dari kosngosan diatas bisa bermanfaat buat kalian yang ingin mencari ringtone gratisan yang sedang viral di tiktok untuk dijadikan sebagai nada dering. Jangan lupa bookmart dan share artikel ini ya

Oleh rezaharahap