Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Pelanggaran Panduan Komunitas TikTok

Pelanggaran Panduan Komunitas TikTok merupakan salah satu peringatan yang sering dihadapi oleh content creator Tiktok. Seperti yang kita ketahui, TT merupakan sosial media berbasis video yang cukup terkenal dan membuatnya mudah diakses oleh siapa saja baik dari anak, remaja hingga dewasa. 

Mengingat jangkauan penggunanya yang sangat luas dan tidak hanya berasal dari orang dewasa saja, hal ini membuat TikTok harus memperketat aturan kepada penggunanya supaya lebih bijak dalam mengupload konten yang ia buat. Isi konten ditekankan untuk bebas dari SARA, dan hal – hal yang bersifat sensitif lainnya. 

Bagi pengguna yang melanggar ketentuan tersebut bisa terancam diblokir, terkena violation, bahkan dihapus kontennya oleh pihak Tiktok. Namun sebelum itu, apakah kamu mengetahui apa arti dari violation tersebut? Violation merupakan sebuah hukuman yang akan diberikan oleh pihak TikTok kepada para pengguna yang melanggar panduan komunitas yang telah ditetapkan. 

Umumnya, mereka akan mendapatkan pesan peringatan seperti “Community guidelines violation in TikTok”, yang artinya konten yang sobat kosngosan upload terkena violation dan akan mendapatkan tindak lanjut dari TikTok.

Biasanya video akan dihapus sementara bahkan bukan tidak mungkin bisa dibanned secara permanen. Lalu pertanyaannya, apakah bisa kita mengatasi pelanggaran komunitas yang mungkin terjadi pada konten yang kita upload di TikTok? Jawabannya bisa. 

Berikut tata cara dan penjelasan lengkap untuk mengatasi konten yang dihapus karena dianggap melanggar panduan komunitas TikTok

Baca juga : Ide Konten Tiktok Luar Negeri yang Belum Ada di Indonesia


Cara Mengatasi Video TikTok Yang Dihapus Karena Violation

pelanggaran panduan komunitas tiktok

Guidelines yang diberlakukan oleh TikTok sebagai ketetapan dan panduan komunitas bukan berarti membuat TikTok dapat semena – mena menghapus dan mendeteksi konten yang terupload secara otomatis. 

Video yang terhapus karena isu pelanggaran tersebut hanya bisa terjadi jika konten dalam video memang melanggar yakni berisi hal yang tidak pantas dan banyak pengguna lain yang melakukan report pada video tersebut.

Ketika kamu telah mendapati peringatan atau notifikasi bahwa kontenmu terkena violation, maka konten tersebut akan dihapus sementara oleh TikTok. 

Untuk mengembalikannya lagi, kamu bisa mencoba melakukan banding untuk memastikan dengan benar bahwa video yang kamu upload memang tidak mengandung hal yang dilanggar seperti SARA, kekerasan, pornografi, ujaran kebencian, dan hal sensitif lainnya. 

Berikut langkah – langkah yang bisa sobat kosngoꜱan lakukan untuk melakukan permohonan banding :

1. Buka aplikasi TikTok pada perangkatmu lalu masuk ke akun yang telah kamu miliki

2. Buka bagian profil dengan mengklik ikon profil yang ada di bagian sudut kanan paling bawah.

3. Setelah itu, klik ikon garis tiga yang ada di pojok kanan atas.

4. Pilih opsi “Pengaturan dan Privasi”.

5. Gulir ke bawah, lalu masuk ke bagian menu “Support” yang bertuliskan “Laporkan Masalah”.

6. Klik opsi tersebut dan pilih masalah yang sesuai denganmu. Pada halaman akan disuguhkan beberapa daftar masalah yang bisa kamu pilih.

7. Selanjutnya, di bagian bawah layar kamu akan melihat pertanyaan berupa “Apakah masalah terpecahkan?” Kamu pilih saja jawaban “Tidak” lalu lanjutkan untuk mengirimkan masalah yang akan kamu laporkan tadi.

8. Kemudian, akan ada kolom laporkan masalah yang disuguhkan pada halaman. Pada kolom ini ketikkan pesan atau masalah yang kamu hadapi. Banding dan jelaskan kepada mereka bahwa kamu sangat yakin akun yang kamu miliki tidak melanggar pedoman apapun dari mereka.

9. Setelah selesai, klik kirim untuk mengirim pesan kepada TikTok. 

10. Mungkin tindak lanjut akan membutuhkan waktu beberapa lama sampai kamu mendapatkan balasan dari mereka terhadap masalah yang telah kamu laporkan.


Kirim Banding Di TikTok Melalui Akun Email

Selain mengajukan permohonan langsung dari aplikasi TikTok, kamu juga bisa mengirim banding melalui email yang kamu miliki. 

Kamu hanya cukup menulis pesan email yang menjelaskan masalah kamu, isinya juga tidak beda jauh dengan apa yang kamu kirim seperti pada langkah sebelumnya. 

Umumnya, setelah kamu mengajukan permohonan banding, pihak TikTok akan memeriksa lebih lanjut terhadap laporan yang telah kamu kirimkan. 

Oleh karena itu, usahakan jangan menghapus konten untuk banding yang akan ditinjau TikTok karena hal itu tidak dapat membuat mereka menghapus pelanggaran dari catatan jika banding yang kamu ajukan berhasil. Akibatnya, konten yang dihapus tersebut juga tidak dapat dipulihkan dan akan dihapus permanen.

Penting juga untuk diketahui bahwa pelanggaran yang terus dilakukan secara berulang dapat mengakibatkan akun terkena hukuman bahkan diblokir oleh pihak resmi TikTok.


Cara Mengatasi Akun Yang Diblokir

Jika akun TikTok sobat kosngosɑn sudah diblokir, kamu akan menerima notifikasi banner saat membuka aplikasi yang akan memberitahukan mengenai informasi atau perubahan yang terjadi pada akunmu. 

Akun bisa saja diblokir karena dianggap menyalahi aturan secara terus menerus. Jika kamu yakin bahwa pemblokiran terhadap akunmu merupakan sebuah kesalahan

Silahkan mengirim permohonan banding terhadap pihak TikTok untuk mendapatkan tindak lanjut. Cara mengirim permohonan banding yakni sebagai berikut :

1. Buka aplikasi TikTok yang ada pada perangkatmu.

2. Buka menu notifikasi yang telah kamu terima.

3. Kemudian ketuk permohonan banding.

4. Ikuti saja petunjuk dan langkah – langkah yang disediakan.


Cara Menghilangkan Peringatan Akun TikTok

Sebelum melakukan tindak lanjut terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh penggunanya, TikTok akan memberikan peringatan untuk memberi tahu mereka bahwa telah menyalahi aturan dan pedoman yang ada. 

Meski dalam beberapa kasus, sebenarnya peringatan ini bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu cepat atau lambat. Tetapi ada juga peringatan yang tidak bisa hilang dan terus menerus muncul pada akun sehingga bisa membuat penggunanya merasa kurang nyaman.

Padahal bagi sebagian besar pengguna TikTok mereka mungkin tidak merasa melakukan pelanggaran apapun, namun tetap mendapatkan peringatan ini. 

Nah, jika kamu merasakan hal yang sama dan keberatan terhadap peringatan yang terus mengganggumu tersebut, kamu bisa menghilangkan peringatan tersebut dengan cara melaporkan masalah terhadap Tim Dukungan TikTok. Caranya sebagai berikut :

1. Pertama – tama, buka aplikasi TikTok pada perangkatmu lalu login ke dalam akun yang dirasa mendapatkan peringatan dari pihak TikTok.

2. Masuk ke menu profil lalu klik garis tiga yang terletak di sudut kanan atas halaman.

3. Kemudian, pilih menu pengaturan dan privasi lalu gulir ke bawah sampai kamu menemukan menu laporkan masalah.

4. Pada bagian topik, sobat kosngosan bisa memilih menu akun TikTok dan profil kemudian klik halaman profil.

5. Setelah selesai, klik menu lainnya, kemudian klik lagi menu bantuan lainnya.

6. Akan muncul kolom yang tersedia sebagai tempat kamu menulis masalah yang kamu dapatkan. Silahkan tulis permohonan banding, dan minta pihak TikTok untuk menghapus peringatan pada akunmu jika kamu yakin kamu benar – benar tidak menyalahi aturan dan pedoman komunitas apapun dari TikTok.

7. Jangan lupa juga untuk menyertakan nama pengguna akunmu pada bagian kolom.

8. Selanjutnya, unggah file screenshoot berupa peringatan yang muncul pada akun TikTokmu.

9. Setelah selesai, klik tombol laporkan maka pesan atau permohonan banding tersebut akan dikirimkan.

10. Sekarang tinggal menunggu tim dari pihak TikTok untuk meninjau kembali laporan yang telah kamu berikan untuk memberikan tindak lanjut terhadap akunmu selanjutnya. 

Baca juga : Cara Jualan Laris Manis di Tiktok Shop


Penutup

Pada akhirnya, jangan sampai sobat kosngosan membuat video yang melangar panduan, hanya untuk mencapai FYP atau For Your Page. 

Video yang masuk ke timeline atau halaman beranda TikTok maka dikatakan FYP, tapi harus dilakukan dengan cara yang benar, bukan karena sensasi. 

Oleh sebab itu, video TikTok yang FYP dengan cara yang benar ini adalah hal yang penting bagi para content creator. Semoga informasi diatas bermanfaat, dan jangan lupa untuk bookmart dan share artikel ini ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya