Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Ide Konten Live Streaming yang Menarik

Apa saja contoh konten dan judul yang bagus untuk Live Streaming? Seiring dengan perkembangannya, live streaming di platform media sosial seperti TikTok, Instagram, Facebook dan Youtube semakin hari semakin diminati oleh banyak orang. Kebanyakan orang mengisi kegiatan LIVE mereka dengan berbagai jenis kegiatan sehari – hari untuk dibagikan untuk followers.

Berbagai konten yang mulai terpikirkan seperti dari aktivitas yang penting bahkan sampai iseng sekalipun. Misalnya seperti travelling, kuliner, nge-game, belajar, sharing, atau sekedar ngobrol dengan follower demi meraih enggagement.

Meskipun terdengar sepele, aktivitas live ini sebenarnya juga bisa bikin capek. Apalagi jika kamu melakukannya dalam waktu yang lama contohnya seperti untuk tuntutan pekerjaan.Tapi memang kamu bisa menghasilkan uang dari live

Oleh karena itu, jika sobat kosngosan sudah merasa kemampuan gadgetmu telah mumpuni untuk melakukan live streaming, sekarang saatnya kamu memikirkan ide konten apa yang ingin kamu pakai nantinya ketika melakukan live. Pilihlah ide konten yang sesuai dan mampu kamu kuasai. 


Judul Konten Live Streaming yang Bagus

Ide judul Konten Live Streaming

Ide live streaming yang pas akan membuatnya menarik untuk ditonton dan tidak akan membuat kamu maupun penonton merasa bosan. Nah, berikut beberapa ide konten live streaming yang mungkin bisa jadi rekomendasi buatmu:


Main Game

Kalau kamu adalah salah satu penggemar game online, main game dikala live streaming juga merupakan ide yang bagus untuk dibagikan kepada penonton.

Di era yang semakin modern ini, sudah banyak sekali game online yang bisa kamu coba baik menggunakan PC maupun smartphone yang kamu miliki. 

Kita bisa menjumpai juga banyak streamer game yang seringkali menayangkan game yang mereka mainkan secara langsung lewat berbagai macam platform siaran langsung di internet seperti Youtube, Nimo TV, Twitch, Facebook, dan masih banyak lagi.


Lagi Coding

Menayangkan siaran langsung saat melakukan coding atau programming juga merupakan ide live yang cukup menarik dan bermanfaat untuk orang lain. 

Mereka yang menonton juga bisa sekalian belajar bagaimana cara mengoding dan membuat programming yang benar. 

Kamu juga bisa sekaligus memberikan tata cara dan tips untuk memudahkan mereka. Misalnya saat membuat website, memproses data, menyusun aplikasi dan lain sebagainya.


Cover Lagu

Beberapa ide unjuk bakat yang bisa kamu lakukan di live streamingmu adalah dengan membawakan cover lagu. Ini cocok untuk kamu yang memiliki hobi menyanyi dan punya suara yang bagus. 

Orang – orang cenderung tertarik dengan konten yang berisi cover – cover lagu terutama yang bergenre pop dan galau. 

Kamu juga bisa menerima request-an lagu dari penonton. Tentu mereka akan sangat senang dan tertarik untuk terus menonton livemu.


Gaya NPC

Sebenarnya NPC streams ini adalah konten khusus yang lazim di Tiktok Live. Bayangkan kamu berperan sebagai NPC (Non-Playable Character) dan melakukan apa yang telah disesuaikan dengan pemberian penonton. Dengan trend seperti ini, kamu bisa banyak dapat koin atau gift dari tiktok lho

Setiap kali penonton mengirimkan hadiah, nanti kamu akan bereaksi sesuai dengan itu. Setiap jenis donasi menimbulkan reaksi tertentu.


Polling

Kamu juga bisa mengadakan konten poling atau voting suara, terhadap suatu hal. Misalnya siapa pilihan calon presiden, daerah mana yang paling banyak kriminalitasnya, partai politik yang paling korup, dan masih banyak poling atau voting lain yang bisa kamu adakan untuk penonton mu. Nanti mereka bisa komentar dan kamu input manual satu per satu


Jual Produk Bersama Hewan Peliharaan

Ini cocok sekali untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis online. Jualan produk secara live juga sangat efektif untuk membantu meningkatkan minat para calon pembeli. 

Kamu bisa mempromosikan dan mereview beberapa keunggulan produk yang kamu jual secara langsung lewat live streaming. 

Ide yang uniknya lagi, kamu bisa mengajak hewan peliharaanmu untuk ikut serta saat menjual produk. Orang – orang pasti akan tertarik apalagi jika hewan peliharaanmu lucu dan menggemaskan.

Baca juga : Cara Jualan di Tiktok Shop


Lagi Tidur

Ide live lainnya yang mungkin akan terdengar “gabut” adalah dengan merekam dirimu yang sedang tidur. Mungkin kamu berpikir, siapa sih orang yang mau menonton live yang berisi orang sedang tidur? 

Beneran gak ada kegiatan lain? Eh, tapi jangan salah. Justru kamu bisa menjumpai di beberapa media sosial seperti Tiktok, ada banyak sekali live dari orang – orang yang super duper gabut bahkan sedang tidur contohnya dengan jumlah penonton yang cukup banyak. Nah bagaimana, tertarik untuk mencoba?


Mandi Lumpur

live mandi lumpur

Ada juga yang sedang mandi lumpur dan merekam dirinya saat live streaming. Meski terdengar sangat aneh dan tidak biasa

Hal itu justru memancing banyak rasa penasaran dari penonton untuk melihat live mereka. Sungguh ide live yang sangat gabut sekali kan?


Goyang – Goyang Gak Jelas

Berikutnya, kamu bisa mengisi konten livemu dengan kegiatan gak jelas seperti goyang – goyang, menari, bikin dance dan semacamnya. Meski terlihat sangat gabut juga, konten semacam ini bisa jadi ide live streaming yang unik untuk kamu lakukan. 

Tidak ada salahnya juga untuk mencoba. Sobat kosngosan bisa menggunakan irama musik bergenre apa saja untuk mengiringi kegiatanmu.


Q&A

Live streaming di media sosial dengan menggunakan konsep wawancara atau QNA (sesi tanya jawab) juga sangat menarik dan banyak ditunggu – tunggu oleh penonton. 

Terlebih jika narasumber yang diwawancara merupakan orang yang cukup terkenal, punya banyak penggemar, dan komentarnya ditunggu – tunggu oleh para warganet. 

Agar live streamingmu menarik dan tidak bosan untuk ditonton, usahakan untuk membawakan topik yang sedang hangat atau trending di kalangan banyak orang.


Tutorial Make Up

Ide konten live ini seringkali banyak dibawakan oleh para beauty vlogger dan kaum hawa yang memiliki kesukaan di bidang make up. 

Dalam live streaming yang dibawakan, kamu bisa memberikan tips dan trik seputar kecantikan pada para penonton. 

Berikan tata cara perawatan wajah mulai dari skincare dan tutorial daily make up yang simple dan elegan. Kamu juga bisa merekomendasikan beberapa produk kecantikan yang cocok dan recommended untuk mereka.


Share Cerita Horor

Mendengarkan cerita horror dan creepy memang punya daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Meski seringkali menciptakan rasa takut, horror story selalu menimbulkan rasa penasaran di setiap cerita yang dibawakan.

Jika kamu punya pengalaman atau cerita horror yang pernah kamu alami selama ini, tidak ada salahnya untuk membagikannya kepada banyak orang saat live streaming.


Challenge

Ada banyak ide challenge yang bisa kamu coba dan mainkan bersama orang – orang terdekatmu. Untuk membuatnya semakin terlihat seru dan bisa diabadikan, cobalah merekamnya saat live streaming. 

Kamu tentunya bisa berbagi keseruan pada para warganet. Contoh challenge yang bisa kamu coba juga ada banyak macamnya. 

Misalnya seperti makan mi super pedas dalam waktu 5 menit, make up dengan mata tertutup, adu outfit terunik dan masih banyak lagi.


ASMR

Sampai sekarang ini, konten ASMR masih jadi favorit banyak orang. Selain karena unik, konten ASMR juga cenderung terdengar satisfying. 

Modal untuk membuat konten ASMR ini tentunya sudah pasti butuh alat microphone yang bagus sih, supaya suara yang dihasilkan jelas dan jernih ketika didengarkan oleh penonton nantinya.


Memasak

Kalau membahas soal kuliner dan resep makanan rasanya tidak akan pernah membosankan. Daripada kamu merasa sepi ketika memasak seorang diri, cobalah untuk melakukan live streaming di sela – sela kegiatan masakmu. 

Akan sangat bagus jika kamu punya kemampuan memasak makanan yang enak. Kamu bisa sekaligus berbagi resep dan tips masakan pada warganet.


Olahraga

Momen olahraga tentu menjadi aktivitas yang seringkali tidak bisa dilewatkan banyak orang. Olahraga sangatlah penting untuk membentuk pola hidup yang sehat dan badan yang ideal. 

Nah, membuat konten live streaming saat berolahraga bisa jadi ide yang bagus nih. Coba bagikan momen ketika kamu sedang melakukan aktivitas seperti jogging, marathon, ngegym dan lain sebagainya.


Unboxing

Yang terakhir ada ide konten live streaming berupa unboxing. Unboxing beberapa barang menarik yang kamu miliki atau baru kamu beli dari online shop. Contohnya bermacam – macam, bisa make up, outfit, buku, aksesoris, album k-pop, dan semacamnya


Kesimpulan

Terakhir, kalau kamu ingin menjadi content creator dan tampil secara live, tentunya kamu harus konsisten membuat konten seperti yang dijelaskan kosngosan diatas.

Bukan sekedar konten live semata, tetapi ide konten yang dibuat pun perlu menarik dan unik. Demikian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share dan bookmart!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya