Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Jasuke 2000 an untuk Jualan

Jagung Susu Keju atau sering disingkat Jasuke menjadi jajanan favorit berbagai kalangan. Bisnis ini bisa dijual mulai dari harga 2000 an hingga 5000 an. Dengan menggunakan cup kecil atau besar, kamu bisa mengkreasikan resep makanan mengenyangkan ini se-inovatif mungkin.

Resep Jagung, Susu dan Keju tentu saja merupakan makanan yang tak asing di lidah. Selain harganya yang terjangkau, jagung juga kaya dengan nutrisi dan dapat mengenyangkan perut.

Bagi kamu yang tertarik dengan bisnis cemilan, dapat memanfaatkan jagung sebagai bahan dasarnya. Saat ini, cemilan jagung yang sangat digemari adalah jasuke.

Jasuke memiliki bahan dasar yang relatif mudah dicari. Jadi bagi kamu yang tertarik dengan bisnis cemilan ini. simaklah ulasan berikut ini, karena ulasan ini akan merincikan langkah, tips, dan menganalisis peluang usaha jasuke.


Peluang Usaha Jasuke Harga 2000 an

Usaha Jasuke 2000 an

Bisnis jasuke adalah salah satu contoh investasi jangka panjang. Sobat kosngosan tentu saja ingin mengetahui analisis peluang usahanya bukan? Peluang usaha jasuke cukup menggiurkan.

Apa saja peluang usahanya? Berikut akan dijelaskan


Banyak Digemari

Jasuke termasuk makanan yang populer saat ini. Selain harga yang terjangkau, jasuke juga kaya gizi dan mengenyangkan.

Jadi tidak heran peluang bisnis jasuke tak sepi pelanggan. Jasuke pun digemari dari segala kalangan terutama kalangan anak-anak.


Harga Murah

Bahan yang digunakan dalam pembuatan jasuke juga mudah didapat dan terjangkau. Ketersediaan bahan patut dijadikan pertimbangan juga karena akan berpengaruh pada kemudahan akses dan harga jual.

Lebih baik lagi jika sobat kosngosan sudah memiliki langganan dari tempat produksi langsung, maka akan lebih murah juga. Misalnya jagung yang dibeli langsung dari petani.

Selain itu, dibandingkan dengan jajanan lainnya, jasuke juga tergolong murah. Tentu jika target jual Kamu anak-anak sekolah harga 2000 an masih dapat dijangkau,

Kamu tinggal mengatur porsinya saja. Jika Kamu menjualnya di mall atau daerah perkantoran tentu harga juga akan disesuaikan dengan pertimbangan pendapatan pelanggan di lingkungan perkantoran.


Makanan Bergizi

Untuk gizi tentu sudah tak diragukan lagi. Jagung yang kaya karbohidrat dan keju yang kaya lemak dan protein cukup untuk mengenyangkan perut.

Belum lagi susu yang ditambahkan secukupnya. Jadi selain enak, jasuke juga memenuhi kebutuhan gizi untuk jajanan anak-anak.


Sasaran Penjualan Luas

Sasaran penjualan jasuke juga beragam dari beraneka kalangan. Kamu tentu tak usah khawatir, selama promosi dan strategi pemasaran yang dilakukan benar maka pelanggan pun akan ada.

Varian rasa yang beragam juga dapat Kamu aplikasikan pada usaha jasukemu, sehingga sasaran penjualan bisa dari anak-anak hingga dewasa.


Gampang Pembuatannya

Cara pembuatan jasuke tergolong sangat mudah dan bahannya mudah didapatkan serta terjangkau. Kamu hanya butuh jagung manis, kental manis sebagai susunya, dan keju. Jagung yang telah direbus diris dan dimasukkan wadah dengan porsi secukupnya.

Selanjutnya Kamu dapat memberikan kental manis dan taburan keju secukupnya. Kamu juga dapat menggunakan topping lainnya seperti coklat, macha, atau topping lainnya yang melengkapi rasa jagung.

Cara Memulai Usaha Jasuke

Berikut beberapa langkah yang harus kamu lakukan sebelum memulai untuk mendirikan usaha jagung susu keju dengan harga 2000 an, yaitu beberapa diantaranya :


Target Market

Langkah awal yang perlu Kamu lakukan adalah tentukan sasaran penjualan. Menentukan target market akan memudahkan Kamu dalam mengatur strategi baik dalam promosi maupun teknis.

Sasaran penjualan juga biasanya akan berpengaruh pada harga jual jasuke yang akan dipatok.

Tentu saja kemasan dan harga akan berbeda jika sasaran penjualan Kamu adalah siswa sekolah. Kamu tentu akan memilih kemasan biasa dengan harga terjangkau.

Berbeda jika sasaran penjualan Kamu adalah pegawai kantoran, tentu harga jual akan lebih tinggi, variasi pilihan lebih banyak, dan kemasan yang unik akan Kamu pertimbangkan


Belajar Resep

Sebelum melakukan penjualan jasuke, Kamu sebaiknya mencoba terlebih dahulu membuat jasuke. Meskipun terbilang mudah, namun tentu saja Kamu perlu menakar jumlah bahan dengan baik agar tidak berlebih atau kurang.

Belajar resep jasuke juga akan membuat Kamu memiliki ide yang unik sehingga membuka peluang usaha yang sukses.

Misalnya, variasi topping atau penggunaan kemasan yang unik. Hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan.


Lokasi Penjualan

Spot penjualan jasuke juga perlu Kamu pertimbangkan. Lokasi penjualan tentu akan bermanfaat untuk menentukan strategi pemasaran, promosi, dan harga jual.

Ada banyak lokasi yang dapat Kamu gunakan untuk membuka bisnis jasuke, misalnya di taman yang sering ramai pengunjung, kawasan sekolah, kawasan wisata di sekitarmu, atau di kawasan perkantoran.

Dengan majunya teknologi saat ini, selain membuka gerai, Kamu juga dapat mendaftarkan usahamu ke aplikasi pemesanan makanan seperti gofood, shopeefood, atau aplikasi pesan antar lainnya.

Atau sobat kosngosan dapat membuka lokasi penjualan di rumah dengan cara pre-order terlebih dahulu.


Buat Usahamu Unik

Eksplorasi untuk mencari kebaharuan atau keunikan dari jualan Kamu, juga perlu dikembangkan. Keunikan dapat Kamu gali dari segi kemasan, rasa, atau resep yang berbeda dari jasuke lainnya.

Keunikan ini akan menjadi ciri khas Kamu, sehingga jasukemu lebih terpatri dibenak pelanggan.

Keunikan juga dapat memudahkan Anda untuk melakukan promosi, karena dengan keunikan dari jasuke yang Kamu buat pelanggan akan tertarik mencoba jasukemu.

Selain itu, jika rasa jasukemu sudah banyak digemari, sebaiknya Kamu pertahankan cita rasa yang ada. Karena cita rasa merupakan daya tarik bagi pelanggan.

Cita rasa yang cocok di lidah tentu banyak diminati pelanggan. Namun tak jarang, banyak usaha makanan yang kehilangan pelanggan karena cita rasa saat awal usaha berubah seiring banyaknya pelanggan.


Lakukan Promosi

Saat ini promosi bisnis sudah dapat dilakukan baik secara online maupun offline. Promosi offline (tanpa internet) dapat Kamu lakukan dengan menyebar brosur atau memasang banner agar menarik perhatian pembeli.

Seiring dengan majunya media sosial, Kamu juga dapat gunakan medsos seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, atau line untuk promosi secara gratis.

Ingatlah untuk selalu melakukan promosi sesring mungkin, bila memungkinkan setiap hari. Jangan pantang menyerah dan tetap semangat saat orderan sepi.


Kelola Pendapatan

Meskipun untung, pengelolaan keuangan perlu dilakukan dengan baik. Kamu harus memisahkan pendapatanmu dengan baik, terutama di awal-awal usaha.

Sisihkanlah uang yang Kamu dapatkan untuk modal selanjutnya, agar bahan dan alat untuk pembuatan jasuke tersedia. Jadi, Kamu perlu melakukan analisa keuangan yang cermat.


Analisis Bisnis Jasuke

Jasuke termasuk usaha yang membutuhkan modal minim. Bagi Kamu yang masih bertanya-tanya seberapa besar modal yang dibutuhkan.

Simak analisis usaha jasuke berikut ini berdasarkan modal yang dibutuhkan per hari.


Modal untuk alat

Gerobak : Rp. 800 ribu

Panci : Rp. 300 ribu

Kompor dan gas : Rp. 500 ribu

Wadah selai : Rp. 50 ribu

Parutan keju : Rp. 5 ribu

Penyusutan : Rp. 50 ribu

Operasional : Rp. 95 ribu

Total : Rp. 1.8 juta


Bahan baku pembuatan jasuke per hari

10 kg jagung : Rp. 60 ribu

2 keju (batang) : Rp. 35 ribu

2 kental manis (kaleng) : Rp. 25 ribu

Total : Rp. 120 ribu

Jadi total modal per bulan : 30 x Rp. 120 ribu =Rp. 3.6 juta


Analisis Keuntungan

Misalkan 10 kg jagung menghasilkan 150 cup jasuke. Harga jual yang ditetapkan Rp. 2 ribu. Maka untung per hari yang didapatkan adalah

(150 x 2000) - modal = Rp. 300 ribu – Rp.120 ribu= Rp. 180 ribu

Jadi jika dihitung per bulan, keuntungan Kamu adalah Rp. 180.000 x 26 (libur 4 hari sebulan) = Rp. 4,6 juta.

Untuk alat hanya dibeli sekali, sehingga modal di awal biasanya lebih besar karena biaya alat dan operasional.

Jika dikurangi biaya alat, maka pada bulan pertama pendapatan Kamu adalah Rp. 3.9 juta – Rp. 1.8 juta = Rp. 2.1 juta


Buat kamu yang ingin mencari peluang bisnis lain, bisa baca Ide Bisnis Modal Kecil Belum Banyak Pesaing yang sudah kami posting sebelumnya, semoga bisa jadi referensi usaha buat kalian ya!


Kesimpulan

Menjual minuman seperti jagung susu keju memang punya pangsa pasar yang relatif lebih luas, namun tentu saja punya banyak pesaing.

Untuk itu sobat kosngosan perlu menawarkan model usaha yang kreatif dan inovatif. Selain itu, keuntungan akan bergantung dari harga jual, kerja keras, dan semangat promosi.

Jadi jangan putus asa di tahap awal karena setiap usaha ada tantangannya, yang membedakan kesuksesan adalah menyerah atau terus maju. Ayo share artikel ini ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya