Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Contoh Website Sekolah yang Desain Menarik

Membuat website sekolah dengan desain yang menarik dan sederhana adalah sebuah tantangan tersendiri. Kali ini kosngosan akan membahas mengenai contoh desain website sekolah untuk tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA, SMK dan MA yang ada di Indonesia dan bisa menjadi referensi buat sekolah kalian dalam membuat website-nya sendiri. Website banyak dimanfaatkan sebagai media informasi, salah satunya untuk kepentingan promosi sekolah. 

Zaman sekarang, penggunaan website pendidikan menjadi salah satu kebutuhan. Website sekolah terbaik dinilai lebih efektif dan efisien dalam mempromosikan brand, menyebarkan informasi dan menjadi salah satu nilai plus dalam organisasi atau institusi, dalam hal ini sekolah.

Menyadari akan kebutuhan sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan pertama anak anak kita, perlu penerapan IPTEK untuk menjawab perkembangan globalisasi seperti halnya sekarang ini.

Maka dari itu keberadaan contoh website sekolah menjadi sangat penting untuk media informasi. Sekarang sudah sepatutnya institusi pendidikan memiliki website atau situs sebagai wadah untuk komunikasi

Penggunaanya bisa dimanfaatkan oleh para guru, siswa dan wali murid. Selain itu, keberadaan Web Sekolah juga bisa berguna sebagai pusat informasi bagi pengunjung, calon murid dari mereka yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya lebih tinggi.

Pengertian Website Sekolah

contoh website sekolah terbaik

Website secara garis besar adalah kumpulan halaman (page) yang berisi informasi berupa teks, gambar, video dan musik yang memiliki tujuan tertentu dan masing masing dihubungkan oleh hyperlink atau jaringan halaman.

Dalam hal ini, berarti pengertian website sekolah adalah jenis website yang dibuat demi kepentingan sekolah. Adapun informasi yang terkandung dalam website adalah demi tujuan sekolah. Informasi yang disampaikan mengandung berita tentang sekolah terkait.

Website sekolah sebagaimana website pendidikan lainnya, tidak diperuntukkan untuk kepentingan komersil. Tetapi lebih kepada media informasi dan promosi sekolah. Domain yang cocok untuk website sekolah adalah .sch.id atau ac.id untuk top level domain wilayah indonesia.


Contoh Website Sekolah SD

cara membuat website sekolah

Banyak web sekolah yang bertebaran di dunia maya. Tetapi mimin merangkum ada beberapa website yang memiliki sistem dan desain layout yang menarik.

Sebenarnya, kamu bisa langsung cek contoh website sekolah dengan mengetik keyword di google. Adapun keyword yang bisa kamu pakai adalah "website sekolah sd/smp/sma/smk jakarta (nama tempat)" tanpa tanda petik. Nanti bakal banyak muncul alamat website yang terkenal dan bisa kamu jadikan referensi desainnya.


Selain itu, website sekolah yang aktif dalam mempost berita seputar informasi internal sekolah menjadi pertimbangan mimin dalam merekomendasikan website sekolah ini. Yuk simak contoh nya dibawah ini :


Mysch,id

Mysch.id merupakan platform web instan builder yang membantu para pihak sekolah dalam membuat website sekolah secara instan dan mudah.

Layaknya CMS atau Blogspot, mysch.id ini memberikan kemudahan bagi setiap orang yang ingin memulai memiliki website sekolah yang terlihat profesional tanpa harus mengeluarkan banyak anggaran.

Faktanya bahwa usia pengguna internet adalah usia 12-34 tahun yang secara tidak langsung adalah usia pendidikan.

Pemanfaatan internet yang bisa di implementasikan dalam website sekolah akan jauh lebih bermanfaat dalam proses pembelajaran dan penyampaian informasi.

Mysch.id ini memberikan penawaran paket website builder secara instan untuk pihak sekolah yang ingin membuat web tanpa ingin repot dalam hal pembuatan teknis.

Selain itu, dengan biaya yang relatif murah, Mysch.id menawarkan paket domain, hosting dan fitur khusus pendidikan seperti kalender akademik, data guru, alumni dan murid.


Sekolahku,web,id

sekolahku,web,id merupakan jasa pembuatan website sekolah dengan paket CMS yang termasuk CMS diantaranya plugin, template, customisasi, full support dan kerja sama.

Content Management System dan PPDB/PMB Online ini diberikan secara gratis dan premium untuk sekolah tingkat SD, SMP/Sederajat, SMA/Sederajat, dan Perguruan Tinggi di Indonesia. Untuk melihat produk nya bisa langsung berkunjung ke halaman profilnya.


SD Presiden

Siapa yang tidak kenal dengan yayasan yang satu ini? Sekolah swasta tingkat dasar ini berbasiskan pendidikan disiplin dan karakter dengan multi etnis dan budaya dengan predikat SD Terbaik di Kota Jababeka Cikarang – Bekasi.

Memiliki website yang aktif dan informatif, sekalipun hanya sebatas sekolah dasar, namun semua bentuk dokumentasi di sekolah selalu dimasukkan kedalam website ini.

Alamat websitenya bisa kamu kepoin disini : sd,presiden,sch,id (ganti koma dengan titik)


SD Muhammadiyah 5 Jakarta

Organisasi Muhammadiyah memang memiliki banyak sekali sekolah umum dan keagamaan yang berkualitas, salah satunya adalah SD Muhamamdiyah 5 Jakarta ini.

Berlokasi di jalan Limau menjadi pilihan para orangtua khususnya di Jakarta. Memiliki fasilitas yang lengkap dan berada satu komplek dengan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kebayoran Baru.

Alamat websitenya adalah : sdm5jakarta,sch,id (ganti koma dengan titik)


SDN Cipinang Melayu

SDN Cipinang Melayu 04 yang terletak di Komplek Kodam Jatiwaringin RT. 10 RW. 06 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Kota Administrasi Jakarta Timur ini telah dibangun pada tahun 1980. Letaknya sangat strategis karena berada di dekat jalan utama kalimalang, berdekatan dengan SMP 109 Jakarta dan SMA 81 Jakarta.

SDN Cipinang Melayu 04 berada satu komplek dengan SDN Cipinang Melayu 03 Pagi. Karena berada dalam satu komplek maka secara kompetisi sangat ketat persaingannya, tentunya persaingan yang positif.

Dalam usia sekolah yang sudah cukup lama, tentunya selalu berharap menghasilkan lulusan yang sangat bermutu, bahkan para lulusan atau alumni-alumninya selalu mengingat dan memberikan support kepada sekolah sebaik-baiknya. Tentunya, sebagai lembaga pendidikan formal kami terus berkomitmen meningkatkan terus mutu pendidikan secara berkelanjutan


Yayasan Al-izhar

Website yayasan sekolah ini memiliki desain yang sederhana dengan putih sebagai dasar warnanya. Website ini cukup kompleks sistemnya menurut mimin dan bagus untuk dicontoh oleh sekolah lain yang hendak membuat website profil sekolah.

Alamat websitenya : alizhar,sch,id (ganti koma dengan titik)


SDIT Insan Mandiri

Sekolah Dasar Islam Terpadu yang berada di daerah jakarta ini, memang terbilang sangat bergengsi serta memberikan banyak fasilitas terhadap murit murid nya.

Sekolah ini adalah sekolah yayasan, yang tidak hanya SD saja, tetapi jenjang sekoalh lain juga bisa ditemui di websitenya

Alamatnya websitenya adalah : sit-insanmandiri,sch,id


Contoh Website Sekolah SMP

Website Sekolah menengah pertama di berbagai daerah di Indonesia juga ada banyak lho. Kamu bisa goggling dan dapatkan beberapa referensi desain sebagai berikut :

Sekolah Sabilillah

Website sekolahsabilillah ini sangat ciamik dengan layout nya. Penggunaan konten gambar dan slider yang pas dengan background hijau tua ringan

Perpaduan layout web sekolah ini memberikan kesan sejuk bagi pengunjung websitenya. website ini juga aktif memberikan informasi seputar kegiatan sekolah, prestasi dan informasi pendaftaran untuk murid baru.

Alamat websitenya : sekolahsabilillah,sch,id(ganti koma dengan titik)


SMP Negeri 1 Jakarta

Sekolah ini berdiri sejak tahun 1947, menjadi sekolah tingkat menengah pertama yang didirikan di Jakarta. Bangunan yang digunakan adalah bangunan bekas Eerste School D yang dibangun pada tahun 1907.

Situs resmi dari sekolah ini terbilang sederhana, namun tetap lengkap serta informatif dan bisa menjadi sumber referensi desain bagi sekolah lain yang ingin membuat web sekolah yang tanpa banyak neko neko.

Alamat websitenya : smpn1-jkt,sch,id (ganti koma dengan titik)


SMP 14 Bandung

Tampilan full display dengan putih sebagai warna dasar website nya memberikan kesan apik dan sederhana. Namun tetap mudah untuk di buka dan punya navigasi yang lengkap

Selain ringan untuk diakses, website sekolah menengah pertama negeri di kota Bandung ini menjadi salah satu yang paling aktif memberikan informasi terkait internal sekolah.

Alamat websitenya : smpn14-bandung,sch,id (ganti koma dengan titik)


SMP 49 Jakarta

SMP Negeri 49 Jakarta, Sekolah ramah anak, Sekolah yang berusaha memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas untuk membentuk lulusan yang cerdas, berkarakter, dan kompetitif.

Alamatnya Jl. Raya Bogor KM. 20 Kramat Jati, RT. 14/RW. 11, Kel. Kramat Jati, Kec. Kramat Jati, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13510.


SMP 115 Jakarta

Smp ini terletak di Jl. KH. Abdullah Syafei, Tebet, Jakarta Selatan 12820 dengan telePhone : (021) 8297511
dan alamat Email : info@smpn115-jkt.sch.id. Punya desain website yang cakep menurut saya dan user friendly buat pemula apalagi untuk wali murid.


Contoh Website Sekolah SMA

Sekolah menengah atas adalah tahapan terakhir sebelum melanjutkan ke perguruan tinggi. Ada cukup banyak contoh website level sma atau smk yang ada di Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut :

SMA Negeri 1 Pekanbaru

Beralamatkan sman1pekanbaru.sch.id memberikan banyak sekali informasi dan kegiatan terkini yang dilakukan oleh warga sekolah SMA N 1 Pekanbaru.

Warna situs didominasi biru dan putih. Pada awalnya sekolah ini bernama SMA Negeri B-C Pekanbaru dan didirkan pada tanggal 1 Agustus 1955

Alamat websitenya : sman1pekanbaru,sch,id (ganti koma dengan titik)


SMA 3 Yogyakarta

Website SMA 3 ini keren menurut mimin pribadi. Tata letak nya apik dan enak untuk dipandang. Walaupun terkesan umum, tampilan slider nya yang full display pada halaman depan membuat website ini begitu cantik untuk dipandang.

Selain itu ada banyak informasi aktual dari kegiatan, sarana prasarana dan informasi akademik sekolah ini.

Alamat websitenya : sma3jogja,sch,id (ganti koma dengan titik)


Masih banyak lagi sebenarnya contoh website sekolah yang bagus dan layak menjadi referensi bagi sekolah lain yang hendak membuat website. Kalian bisa mencari sendiri dengan kata kunci di google :

site:.sch.id (untuk sekolah) atau site:.ac.id (untuk universitas atau perguruan tinggi)


SMA 78 Jakarta

Sekolah ini didirikan sejak tahun 1975, semula adalah SMPP-35 menjadi SMA Negeri 78 sejak tahun 1984. Sekolah yang berlokasi di Jl. Bhakti IV/1 Komplek Pajak Kemanggisan ini menjadi sekolah favorit di Jakarta Barat karena sumberdaya dan lokasinya yang strategis. 

Memiliki luas lahan total lebih dari 10 ribu meter persegi dan saran laboratorium, olahraga, dan pendukung lainnya yang lengkap menjadi pusatkegiatan guru (PKG) utuk mata pelajaran sains.


SMK Telkom Jakarta

Buat kamu yang berada di jakarta, pastinya sudah tahu mengenai SMK yang satu ini. Salah satu smk terbaik di ibukota.

Situs resmi sekolahnya menyediakan berbagai menu yang tertata rapi dan memiliki desain yang terbilang bagus dan menawan.

Karena itu situs dari sekolah ini menjadi yang pertama menyelenggarakan Pendidikan Kejuruan dalam bidang Teknik Telekomunikasi di Indonesia. Situsnya juga tertata dengan baik, membuat enak dipandang dan juga informatif

Alamatnya bisa kamu kepoin disini : smktelkom-jkt,sch,id (ganti koma dengan titik)


SMK Farmasi Surabaya

Memiliki alamat dengan domain resmi : web.smkfarmasisurabaya.sch.id menjadikan situs resmi dari sekolah ini menjadi salah satu sekolah farmasi di Surabaya yang terbilang nomor wahid.

Karena sekolah ini juga didirikan sudah cukup lama yaitu sejak tahun 1971. Berlokasi di Jalan Kapansari No. 3-5 Genteng, Surabaya provinsi Jawa Timur.

Desain dari website nya sendiri sangat colurfull, terdiri dari perpaduan warna-warni yang sangat menarik untuk dilihat

Alamat websitenya : web,smkfarmasisurabaya,.sch,id (ganti koma dengan titik)


SMK N 10 Jakarta Timur


SMK ini berdiri sejak tanggal 20 Maret 1967 yang berlokasi di Jl Mayjen Sutoyo Cawang Kramat Jati Jakarta Timur. Oleh Pemda DKI Jakarta direhab total menjadi Gedung yang megah awalnya bernama SMEA Negeri 6 Jakarta berubah namanya menjadi SMK Negeri 10 Jakarta pada tanggal 7 Maret 1997

Alamat websitenya : smkn10jakarta.sch.id


SMA Sutomo 1 Medan

Sekolah swasta ini berlokasi di jalan Letkol Martinus Lubis No. 7 Medan, sumatera utara. Dimana memiliki banyak sekali fasilitas yang mumpuni dan masuk kedalam top 10 sekolah bergengsi di sumatera utara.

Alamat websitenya : sutomo-mdn,sch,id (ganti koma dengan titik)


Cara Membuat Website Sekolah

Ada banyak sebenarnya platform yang bisa dimanfaatkan untuk membuat website sekolah. Hal yang perlu diperhatikan sebelum membuat website sekolah adalah anggaran, keamanan web dan sumberdaya manusia dalam pengelolaan website tersebut.

Sangat banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh jika sekolah memiliki website. Namun untuk membuat website profesional yang bagus, harus memiliki kemampuan dalam bidang web desain dan programming.



Website Sekolah dari Blogspot atau Wordpress Gratisan

Bila anggaran sekolah sangat tidak memadai, kalian bisa membuat website sekolah dari platform google, yaitu blogspot, atau bisa juga pakai layanan gratisan seperti Wordpress, Webbly atau Wixsite.

Cukup dengan membeli domain sch.id tanpa harus menyewa hosting. Penggunaan nya juga relatif lebih mudah bila dibandingkan dengan website php murni.

Namun platform ini terkesan kurang profesional untuk institusi pendidikan seperti sekolah. Karena akan terlihat struktur URL nya, kalau pakai blogspot, maka akan ada embel embel seperti "kosngosan,com/2021/04/cek-turnitin-gratis-online.html" pada setiap postingannya.

Selain itu, kelemahan lain juga kamu tidak bisa menggunakan plugin atau meng custom tampilan secara leluasa, tidak seperti menggunakan CMS Wordpress yang bisa dengan leluasa di ubah pakai theme dan plugin yang ada.

Secara umum, berikut alur pembuatan blog sekolah pakai blogspot atau blogger :

Memiliki Akun Gmail, kamu wajib punya akun gmail yang khusus untuk buat sekolah. Kamu bisa kasih nama nya seperti smanegeri7kosngosan@gmail.com

Daftar ke Blogger dengan mendaftar ke Blogger dan membuka blogger.com .

Pilih Judul Blognya, selanjutnya, sobat kosngosan perlu mengisi nama Blogspot dengan nama sekolah

Tentukan Alamat URL Blog, baru masukkan alamat blog nya, nanti akan ada embel embel blogspot dibelakangnya (biarkan saja, nanti kita akan beli domain setelah ini)

Pilih Display Name, sekarang kamu harus menentukan display name atau tampilan profil untuk blog sekolah mu

Kemudian kamu bisa ganti template blogspot mu dengan template premium, Saya rekomendasikan beli saja template Landing Page dari Kompi Ajaib atau dari mas Adhy Suryadi.

Baru setelah itu, kamu bisa posting artikel, posting halaman, dan segera beli domain yang cocok dengan sekolah mu, bisa ekstensi .sch.id, atau ekstensi .id atau bisa juga .com biar lebih umum. Misalnya kamu ingin beli smanegeri7kosngosan.com


Website Sekolah pakai CMS Wordpress

Bila berkenan dan punya sedikit budget, sekolah bisa membuat website menggunakan CMS Wordpress yang lebih powerfull dan SEO.

Dibutuhkan memang sumberdaya manusia yang bisa membuat dan mengelola web nya. Terlebih bila cms harus mengerti sedikit tentang bahasa pemograman umum seperti html dan php.

Kamu bisa googling atau cari di youtube tutorial step by step bagaimana cara membangun website dari nol menggunakan cms wordpress. (tidak akan dibahas pada pembahasan ini) kamu bisa chek pada postingan kosngosan disini = Cara Membuat Website CMS Wordpress

Intinya, modal utama dari website ini adalah kamu harus beli Hosting dan Domain dulu di layanan lokal, seperti niagahoster, domainesia, idcloud, namecheap atau layanan lainnya.

Jika sekolah tidak ingin repot membuat website dari awal, bisa menggunakan jasa pembuatan website sekolah yang banyak disediakan di internet.

(Jika tertarik, mimin bisa membuat website sekolah. Untuk Detail pengerjaan dan biaya yang harus dikeluarkan, bisa menghubungi mimin. Lihat kontak mimin)


Manfaat Website Sekolah

Adapun kegunaan dalam penggunaan website sekolah diantaranya sebagai berikut :
  • Memudahkan sekolah dalam menggali dana dari berbagai sumber, terutama dari para alumni yang telah sukses dan tersebar di berbagai belahan nusantara bahkan Dunia.
  • Meningkatkan kredibilitas sekolah di mata masyarakat dalam kesungguhannya meningkatkan kualitas pendidikan
  • Informasi sekolah dapat diperoleh dengan mudah dimana saja dan kapan saja.
  • Meningkatkan tali silaturrahmi antara alumni dengan alumni, alumni dengan staff pengajar, antara staff dengan orang tua/wali.

Kata Penutup

Jika memang tidak memiliki anggaran dan sumberdaya juga terbatas, bisa menggunakan platform Mysch,id. Platform ini bisa membantu sekolah memiliki website hanya dengan budget 200 ribu saja. Untuk informasi selengkapnya bisa langsung menghubungi websitenya.

Terakhir, Contoh Website Sekolah yang mimin berikan diatas memang memiliki ciri khas sistem dan tata letak (layout) tersendiri yang mungkin berbeda kebutuhan dengan sekolah kalian.

Tetapi paling tidak bisa menjadi referensi untuk sekolah yang masih belum memiliki website. Semoga membantu, dan jangan lupa share postingan ini ke teman teman mu ya
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya