Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Struktur Organisasi Hotel Berbintang

Seperti apa contoh struktur organisasi hotel berbintang? Grade hotel memang bisa diklasifikasikan menjadi bintang 1, 2, 3, 4 hingga bintang 5. Hotel adalah bangunan berupa tempat penginapan yang dikelola secara komersial dan biasanya terbagi menjadi beberapa department yang bekerja sama untuk memberikan pelayanan pada pengunjung

Fasilitas yang diberikan seperti menginap, makan dan minum, kolam renang, dan layanan lainnya untuk memenuhi kebutuhan tamu serta memberikan keuntungan bagi pihak hotel terkait. Mengingat banyaknya pekerja dan demi terciptanya kemudahan dalam mengatur kegiatan operasional, suatu hotel juga memerlukan struktur organisasi yang tepat.

Struktur organisasi hotel ini berisi susunan jabatan yang ada di dalam hotel lengkap dengan pembagian tugas dan kewajiban masing – masing pihak mulai dari pangkat manager sampai staff yang paling bawah. Pembuatan struktur organisasi bisa disesuaikan berdasarkan besar kecilnya hotel.

Ada hotel yang terbagi menjadi kelas kecil, menengah, hingga kelas atas. Atau juga berdasarkan bintang yakni hotel bintang 1 sampai dengan 5.

Pembagian struktur beserta jobdesk yang tepat dapat mempermudah alur kerja sesuai dengan jabatan masing – masing. Jadi pelayanan yang diberikan pun bisa maksimal, dan memberikan kepuasan bagi tiap pelanggan.


Struktur Organisasi Hotel Bintang 5, 4, 3, 2, 1

Struktur Organisasi Hotel Bintang 5

Hotel tergolong badan usaha yang cocok didirikan di tempat wisata. Hotel punya struktur organisasi. Oleh karena itu, pada bagian company profile, biasanya mereka menjelaskan struktur organisasi mereka. Berikut contoh struktur organisasi hotel berdasarkan bintangnya :

Baca juga : Contoh Struktur Organisasi Restoran


Struktur Organisasi Hotel Bintang 1

Contoh Struktur Organisasi Hotel Bintang 1


Corporate Owner

Merupakan pemilik dari perusahaan itu sendiri, atau bisa juga orang yang ditunjuk untuk mengawasi seluruh kinerja dan kegiatan dari pegawai pada sebuah hotel.

Jabatan ini juga menempati posisi tertinggi diatas general manager dan staff – staff di bawahnya.


General Manager

Selanjutnya ada general manager sebagai pimpinan tertinggi dalam sebuah hotel, yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam seluruh penyelenggaraan kegiatan maupun operasional hotel.

Jadi semua kinerja hotel dan bawahannya berada di bawah pengawasan general manager.


Front Office

Bagian front office termasuk dalam salah satu department hotel yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melayani setiap tamu yang berkunjung

Tugasnya mulai dari kegiatan pemesanan kamar, check in, sampai tamu tersebut meninggalkan hotel.


F&B Manager

Department F&B atau Food and Beverage merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam penanganan, pengolahan, dan penyajian makanan kepada para tamu.

Sedangkan F&B Manager sendiri merupakan kepala dari department F&B yang mengawasi dan memberikan arahan kepada setiap staff agar proses kinerja berjalan lancar dan maksimal.


Executive Housekeeper

Housekeeper adalah bagian pada department hotel yang bertugas dalam penanganan kebersihan dan kerapihan pada seluruh area hotel.


Front Desk Attendant

Front desk attendant adalah sebutan untuk karyawan yang bertugas dalam penjualan kamar hotel mulai dari penerimaan pemesanan kamar, proses check in, sampai check out kamar.

Bagian ini juga bertanggung jawab dalam pemberian pelayanan serta informasi kepada para tamu selama mereka berada di hotel.


Waiter

Waiter atau waiters berada di bawah naungan F&B Manager, yakni juga bertugas dalam pelayanan dan penyajian makanan bagi seluruh pelanggan hotel.


Trainee

Trainee merupakan orang yang bertugas mengawai dan melihat kemampuan serta bakat – bakat yang ada pada tiap karyawan dalam mengerjakan kinerja sesuai posisinya masing - masing.


Struktur Organisasi Hotel Bintang 2

Contoh Struktur Organisasi Hotel Bintang 2

Direktur

Direktur hampir sama halnya dengan posisi corporate owner, yakni mereka bertugas untuk mengawasi dan memimpin jalannya perusahaan dan kegiatan operasional pada hotel.


General Manager

General manager bertugas dan bertanggung jawab terhadap semua kegiatan yang ada di hotel, menerima laporan, dan mengawasi kinerja staff yang ada di bawahnya.


Accounting

Bagian accounting atau hotel account bertugas dan bertanggung jawab penuh terhadap pengendalian semua kegiatan operasional keuangan yang terjadi di hotel.


Front Office

Front office bertanggung jawab dalam kegiatan penjualan kamar hotel mulai dari tahap reservasi, penyerahan kamar, hingga tamu pergi meninggalkan hotel.


House Keeeping

Bagian house keeping memiliki tugas dan tanggung jawab untuk membersihkan serta menyiapkan kamar bagi tamu yang menginap di hotel tersebut.


Food and Beverage

Food and beverage bertanggung jawab dalam penjualan makan dan minum yang berperan sebagai sumber penghasilan kedua bagi hotel.

Bagian F&B ini akan membuat, menyiapkan, serta menyajikan makanan kepada setiap tamu hotel yang datang.


Auditor

Auditor merupakan bagian yang juga termasuk dalam accounting department, tugasnya mencocokkan dan mengevaluasi revenue hotel dengan bukti pendukung yang diberikan kasir.

Tujuannya adalah untuk mengetahui balance atau tidaknya rincian dan laporan keuangan yang telah dibuat sebelumnya.


Reception

Reception bertugas untuk menerima semua tamu yang datang berkunjung ke hotel. Bagian ini terletak di divisi paling depan dan memiliki tanggung jawab untuk memberikan pelayanan terbaik dan ramah kepada tamu.


Door Man

Door man memiliki tugas umum untuk membukakan pintu lobby kepada tamu yang ingin masuk atau keluar dari area hotel.


Bell Boy

Bell boy merupakan salah satu posisi yang juga termasuk dalam divisi front office serta memiliki tugas untuk membantu membawakan barang bawaan milik tamu dari area lobby hingga ke kamar.


Chef

Chef adalah orang yang bertugas untuk memasak atau mengolah makanan yang nantinya akan dihidangkan kepada para tamu.


Waiters

Waiters bertugas untuk menyajikan makanan yang telah diolah oleh chef dan mengantarkannya kepada tamu.


Bartender

Bartender adalah orang yang bekerja di bagian bar dan bertugas membuat minuman serta resep – resep baru untuk pelanggan.


Room Boy

Room boy atau pramugraha bertugas untuk menjaga kebersihan, kenyamanan, kerapihan serta kelengkapan dari setiap kamar hotel yang akan ditempati tamu.


Laundry

Laundry termasuk dalam department housekeeping yang bertugas dalam pencucian semua linen milik hotel, pakaian tamu, serta seragam para karyawan yang bekerja di hotel.


House Man

House man adalah bagian yang bertanggung jawab menangani kebersihan yang ada di public area.


Struktur Organisasi Hotel Bintang 3

Contoh Struktur Organisasi Hotel Bintang 3

Executive Secretary

Executive secretary bertanggung jawab sebagai sekretaris di bawah direktur utama yang mengatur dan mencatat segala jenis acara yang akan diadakan di hotel.


Sales and Marketing

Staff sales dan marketing bertugas untuk melakukan pemasaran hotel supaya lebih dikenal dan memiliki branding di mata masyarakat luas.


Duty Manager

Duty manager berperan sebagai manager pengganti atau perwakilan apabila manager utama berhalangan hadir.


Hotel Account

Bagian akunting ini bertanggung jawab dalam pengendalian seluruh keuangan dan transaksi yang terjadi di hotel.


Room Division Manager

Kepala divisi ruangan ini bertugas dalam proses persiapan kamar saat akan ditempati oleh tamu yang akan menginap.


Personel Manager

Personel manager bertanggung jawab dalam perencanaan dan pengawasan dalam perekrutan karyawan hotel yang baru serta melakukan pelatihan agar lebih terampil di bidangnya.


Struktur Organisasi Hotel Bintang 4

Contoh Struktur Organisasi Hotel Bintang 4

Executive Assistant Manager

Assistant manager merupakan jabatan yang berada di bawah general manager langsung. Tugas utamanya adalah membantu pekerjaan general manager yakni mengawasi performa kinerja dan penyelenggaraan operasional hotel.


Engineering

Staff engineering tugasnya menangani berbagai macam urusan department dan housekeeping untuk memastikan kegiatan operasional berjalan lancar.

Contohnya seperti melakukan pengawasan teknik, melakukan pengecekan terhadap fasilitas, dan lain – lain.


Marketing

Divisi marketing bertugas untuk memasarkan dan menjual hotel melalui strategi promosi yang telah ditentukan masing – masing.


Linen

Linen section dalam divisi hotel bertanggung jawab dalam penggantian dan pengadaan linen baik untuk keperluan housekeeping, outlet, banquet, restaurant, dan lain sebagainya.


Public Area

Public area section menangani semua urusan kebersihan dan kerapian di seluruh area hotel agar tamu yang datang merasa nyaman.


Banquet

Banquet merupakan divisi yang menangani dan memberikan pelayanan kepada tamu dalam sebuah acara yang sebelumnya telah dibooking/direncanakan serta dilengkapi dengan jamuan makanan dan minuman.


Struktur Organisasi Hotel Bintang 5

Contoh Struktur Organisasi Hotel Bintang 5

Untuk struktur organisasi hotel bintang 5, biasanya gambaran posisinya lebih besar mengingat semakin lengkapnya fasilitas dan pelayanan yang diberikan, serta banyaknya jumlah pegawai yang dibutuhkan.

Struktur jabatannya pun sebenarnya tidak jauh beda dengan struktur organisasi pada hotel bintang 1 sampai dengan hotel bintang 4.

Hanya saja untuk hotel bintang 5, gambaran posisi atau jabatannya lebih mendetail pada masing – masing divisi. Jadi pada tiap department, pegawainya pun juga sangat banyak.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kegiatan operasional dan pelayanan hotel dapat berjalan lebih cepat, efektif, dan efisien.

Struktur Organisasi Hotel Bintang 5


Kesimpulan

Seperti yang telah kosngosan bahas seputar struktur organisasi hotel, tentu saja ini bisa membantu setiap anggota atau karyawan di hotel untuk mengetahui apa peran dan tanggung jawabnya dan bagaimana kaitannya dengan peran lainnya.

Semoga pembahasan kali ini bermanfaat untuk kalian, jangan lupa untuk klik tombol share dan bookmart halaman ini ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya