Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan NFC pada HP

Apa itu NFC? Near Field Communication adalah teknologi yang dapat menghubungkan dua perangkat sebagai "komunikasi medan dekat" yang konsepnya adalah sebagai transmitter aktif dan pasif. Jika dihubungkan dengan penerapan teknologi ini pada ponsel, maka memungkin smartphone kita untuk melakukan berbagai transaksi hanya dengan menempelkan HP ke perangkat lain yang juga terhubung dengan NFC ini

Yang namanya teknologi tentu memiliki kelebihan dan kelemahannya masing masing. Begitu juga dengan NFC yang dianggap bisa memberikan dampak positif dan negatif bagi penggunannya.

Oleh karena itu kosngosan akan mencoba mentelaah beberapa kajian sisi bagus dan buruknya dari pemanfaatan dan cara menggunakan teknologi ini

NFC dibagi dua, yaitu ada NFC Aktif dan NFC Pasif. Jenis active bertugas sebagai pengirim, sedangkan passive sebagai penerima.

Dan pada beberapa varian smartphone saat ini, beberapa pabrikan hp sudah memberikan teknolog ini pada perangkat mereka, sebut saja seperti iphone, samsung, sony, xiaomi, huawei, advan dan sebagainya


Kelebihan NFC pada Smartphone

kelebihan kekurangan nfc hp

Pertama kita akan bahas dulu apa manfaat dan kelebihan yang dirasakan pengguna ketika memiliki teknologi ini pada hp mereka. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :


Isi Ulang Saldo Elektronik

Kelebihan NFC pertama adalah bisa digunakan untuk sistem pembayaran dengan memanfaatkan dana elektronik. Karena sekarang kita sering menggunakan uang digital menggunakan ewallet atau dompet digital

Atau ketika kamu ingin membayar tol, membayar tiket kendaraan, sampai melakukan berbagai transaksi jual beli di ecommerce. Dengan adanya kebijakan pembayaran tol non tunai untuk mengefisiensi antrian.

Fitur NFC bisa memaksimalkan pembayaran seperti ini hanya dengan bermodalkan smartphone di tangan. Dengan adanya sistem pembayaran non tunai, kamu bisa melakukan top up dana digital di HP dan juga melakukan pengecekan jumlah saldonya dari HP juga


Pembayaran Digital berbagai Transaksi

Fitur NFC juga dapat sobat kosngoꜱan manfaatkan untuk melakukan berbagai transaksi (seperti alat pembayaran non tunai).

Jadi kamu hanya perlu menempelkan bagian belakang HP ke mesin scan yang sudah tersedia di tempat kasir.

Bertransaksi menggunakan teknologi NFC dianggap lebih aman dan simpel. Kamu juga tidak repot – repot menyimpan uang kembalian, resiko penularan penyakit juga bisa diatasi.

Kamu juga dapat melakukan cek riwayat transaksi. Saat sedang berbelanja di pasar, kamu tidak perlu membongkar tas untuk mencari dompet.


Fitur Share File

Sebenarnya ini bukan kelebihan yang bisa dibanggakan (karena bluetooth atau wifi bisa lebih cepat) Kamu dapat share foto dan video menggunakan teknologi NFC.

Jadi kalian hanya perlu menempelkan bagian belakang HP dengan HP lain yang sama – sama sudah punya fitur NFC untuk saling berbagi file. Cara kerjanya layaknya inframerah (tapi lebih cepat) yang harus didekatkan terlebih dahulu

Fitur ini cukup membantu dalam memudahkan pengiriman file dalam ukuran besar. Karena memang tidak butuh waktu lama seperti halnya Kamu mengirimkannya menggunakan Bluetooth atau wifi.


Hubungkan Speaker dengan NFC

Banyak yang belum tahu bahwa beberapa speaker juga punya fitur NFC, yang mana dianggap lebih efisien karena tak perlu kabel penghubung.

Jadi kita cukup koneksi HP ke speaker, dan akan langsung terhubung otomatis. Kalau Bluetooth mempunyai kelemahan hasil audio yang kurang jernih dan terputus – putus karena koneksi tak stabil.

Berbeda dengan teknologi NFC, yang mana kamu tinggal letakkan HP pada speaker yang ada logo NFC, maka musik atau video yang Kamu tonton, audionya otomatis keluar melalui speaker tersebut.

Dengan menggunakan teknologi ini, kualitas audio dan video jadinya tidak perlu dikhawatirkan lagi


Scan pakai Smart Poster

Smart poster adalah salah satu jenis media kreatif yang sudah disematkan chip NFC untuk memudahkan proses transfer data.

Didalamnya ada promosi yang dibuat dan lebih dinamis. Dari smart poster tersebut, kamu bisa langsung scan dan dapat melihat secara langsung halaman website atau landing page dan contact page berbagai macam promosi.

Smart poster saat ini juga sudah banyak digunakan untuk pembelian tiket konser, membuka donasi amal, dan juga promo diskon.

Sobat koꜱngosan hanya perlu melakukan scan pada smart poster yang ada chipnya. Dengan menggunakan cara ini, informasi yang didapat di HP bisa jadi lebih cepat munculnya tanpa harus mengetik dan buka browser


Akses Jaringan dari Wifi Porter

Kelebihan NFC pada HP juga dapat dimanfaatkan untuk share wifi. Perangkat yang memiliki koneksi ke wifi, dapat melakukan pembagian jaringan wifi ke perangkat lain.

Jadi kalian cukup mendekatkan bagian belakang HP NFC ke perangkat lain yang juga ada NFC nya. Tanpa harus membagikan password, Kamu sudah bisa berbagi jaringan wifi, jadinya jaringan wifi Kamu lebih aman.

Wifi porter sudah banyak tersedia di tempat wisata. Dengan wifi instan ini, para pengguna HP NFC juga menjadi semakin nyaman karena dapat menghemat data serta bisa menggunakannya ketika kondisi darurat atau tidak punya paket data lagi


Share Kontak ke Berbagai Perangkat

Kelebihan NFC pada HP juga dapat digunakan untuk berbagai data kontak tanpa harus repot menyimpan nama dan data lainnya secara manual atau melakukan backup-restore melalui akun gmail.

Cukup menempelkan hp ke hp lain yang saling mendukung NFC, dan kontak sudah tersalin ke perangkat si penerima


Kelemahan NFC di Smartphone

Kelemahan NFC di HP

Setelah kita bahas kelebihan dari nfc ini, maka ada juga kekurangan yang membuat pengguna harus berpikir kembali untuk menggunakan teknologi ini.

Beberaa yang sudah kosngosan rangkum diantaranya adalah sebagai berikut :


Radius Transaksi Harus Dekat

Untuk keperluan transaksi seperti pembayaran tol, pengecekan dan transfer saldo digital, kamu tidak bisa melakukannya secara berjauhan.

NFC hanya bisa beroperasi pada radius 4 cm saja, sehingga kamu harus dilakukan dari jarak yang sangat dekat (seperti menempelkan hp ke alat nfc lain).


Hanya Tersedia di HP mid dan flagship

Kalau kamu punya budget pas pas an tapi ingin menggunakan teknologi NFC ini, mending kamu harus mengurungkan diri deh.

Karena NFC tergolong teknologi yang lumayan menguras biaya, maka pabrikan hp kebanyakan memberikan fitur ini ke hp level mid dan flagship saja.

Brand besar smartphone tidak bisa memberikan fitur ini ke hp entry level karena memang harga teknologi nya yang mahal.


Rentan Penyalahgunaan

Sebenarnya bukan celah keamanannya (karena kalau security, NFC tentu lebih aman), akan tetapi potensi disalahgunakan oleh orang yang punya akses ke hp kita.

Misalnya saudara, anak, pasangan atau orangtua yang punya akses ke hp kita, dan mereka menggunakan fitur ini untuk bertransaksi tanpa sepengetahuan kita sebagai pemilik HP


Bikin Boros Baterai HP

Fitur konektivitas pada HP yang memiliki frekuensi radio, seperti jaringan seluler, NFC, GPS, Wi-Fi dan lainnya, bisa jadi alasan kenapa bateraimu cepat habis.

Fitur NFC bisa menghabiskan cukup banyak daya pada baterai jika terus menerus digunakan. Tapi tentu saja, yang namanya kekurangan nfc ini tidak terlalu signifikan apalagi sekarang banyak HP yang sudah punya baterai badak


Bikin Lebih Boros Belanja

Kalau tadi bisa bikin boros baterai, ini bisa bikin kamu boros secara finansial. Pasalnya kalau kamu punya HP dengan fitur NFC, maka kamu sebenarnya seperti punya kartu kredit di tanganmu.

Kamu bisa suatu waktu membayar dan berbelanja pakai HP mu dengan fitur ini. Jadi kalau bisa jangan kalap dan tetap lah menggunakan saldo yang ada di HP mu dengan bijak.


Potensi Radiasi yang Lebih Kuat

Fitur NFC memang di klaim aman karena hanya mengandalkan dua perangkat yang saling berdekatan. Tetapi jangan menggunakan NFC dengan kondisi muka atau kepala yang dekat dengan perangkat.

Karena dikhawatirkan nanti efek radiasi yang ditimbulkan dari kedua perangkat yang saling berhubungan ini bisa menganggu dan menyebabkan banyak masalah kesehatan

(walaupun ini butuh penelitian lebih lanjut), tapi untuk berjaga jaga, jaga jarak dari hp ketika melakukan transaksi lewat NFC.

Baca juga : Aplikasi Stop Windows Update Gratis


Kata Penutup

Itulah dia beberapa informasi mengenai keunggulan dan kelemahan dari fitur NFC yang mungkin dimiliki oleh HP atau smartphone mu. Baik itu pada HP Android atau iPhone.

Dengan mengetahui informasi di atas ini dapat membantu sobat kosngosan untuk memutuskan, apakah membutuhkan fitur ini atau tidak.

Karena adanya teknologi ini juga bisa membuat hp yang akan kamu beli menjadi lebih mahal. Semoga bermanfaat, jangan lupa share artikel ini dan bookmart halamannya ya!

Oleh rezaharahap