Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Bantuan Pembangunan Masjid dari Arab Saudi

Bagaimana cara dapat bantuan pembangunan mesjid, musholla atau surau supaya cepat selesai? Di Indonesia memang banyak dijumpai bangunan masjid sebagia tempat ibadah umat islam.

Hal ini karena mayoritas penduduk Indonesia memeluk agama Islam. Saat ini pembangunan mesjid atau musholla dapat dibantu oleh Kedutaan Arab Saudi.

Kedutaan Arab Saudi telah berjanji akan memberikan bantuan pada negara-negara yang mayoritas beragama Islam, apalagi letaknya jauh dan terpencil

Fokus pembangunan akan ditinjau dari segi prioritas. Selain bantuan pembangunan masjid atau musholla, Arab Saudi juga berkomitmen memberi bantuan untuk kondisi lainnya

Diantara program bantuan yang bisa sobat kosngosan dapatkan, seperti bantuan sosial (bansos), pesantren, pembangunan sekolah, atau perbaikan sekolah/pesantren.

Namun, sebelum mendalami cara mendapatkan bantuan pembangunan masjid dari Arab Saudi, ada baiknya Kamu mengetahui dana bantuan lain selain dari Arab Saudi.


Cara Mengumpulkan Dana Pembangunan Masjid

Cara Mendapatkan Bantuan Pembangunan Masjid  Arab Saudi


Membangun masjid, musholla atau surau adalah suatu hal yang mulia dan menjadi amal jariyah bagi pihak yang terlibat didalamnya.

Oleh karena itu, beberapa langkah yang bisa sobat ambil untuk memulai pembangunan rumah ibadah umat muslim ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

Baca juga : Cara Dapat Bantuan Dana dari BAZNAS


Galang dana secara digital

Di era ini, tidak hanya barang yang dapat dipasarkan secara digital, namun donasi juga dapat dilakukan melalui aplikasi digital. Kamu bisa pilih banyak platform, seperti kitabisa, ACT, dan lain sebagainya.

Kemudahan teknologi menyebabkan handphone android dapat digunakan untuk menggalang dana secara digital.

Selain mudah dalam pengaplikasiannya, penggalangan dana secara digital juga memiliki jangkauan masyarakat yang luas.

Penyebaran informasi donasi digital untuk masjid atau musholla dapat dilakukan di media sosial dan dapat diteruskan oleh orang lain secara cepat dan mudah.

Hal ini secara tidak langsung mempercepat terkumpulnya donasi untuk pembangunan atau perbaikan musholla atau masjid.


Buat proposal pembangunan

Hal utama yang sobat kosngosan persiapkan saat akan melakukan pembangunan atau perbaikan musholla/masjid adalah pembuatan proposal.

Proposal berisi latar belakang pentingnya pembangunan atau perbaikan masjid, susunan kepanitiaan, anggaran biaya, termasuk aspek-aspek detail lainnya terkait lokasi pembangunan dan sebagainya.

Proposal yang detail juga akan memudahkan Kamu memperoleh donasi yang lebih banyak. Hal ini dikarenakan proposal merupakan kunci paling penting untuk memperoleh donasi-donasi perorangan atau lembaga-lembaga yang ingin berdonasi dalam jumlah besar.


Tidak harus dalam bentuk uang

Selain uang, sebaiknya donasi juga dapat berupa barang atau jasa agar membuka peluang bagi orang-orang yang ingin berdonasi dalam bentuk selain uang.

Bentuk donasi selain uang dapat berupa peralatan shalat, karpet, bahan bagunan, atau jasa. Hal ini juga akan memudahkan pembuatan atau renovasi masjid berjalan lebih cepat dan efisien.


Memanfaatkan peluang bantuan dana dari dalam maupun luar negeri

Selain donasi dari perorangan, Kamu juga dapat mengajukan kepada lembaga-lembaga tertentu agar mendapat dana bantuan pembangunan masjid. Bantuan bisa diperoleh dari dalam maupun luar negeri.

Contoh bantuan dana dari dalam negeri misalnya dari Kementerian Agama RI (Kemenag RI), sedangkan bantuan dana pembangunan atau renovasi dapat Kamu ajukan ke Arab Saudi.

Intinya adalah selalu cari informasi secara aktif karena biasanya ada rentang waktu pengajuan dana terutama bantuan dana di dalam negeri.


Terus berusaha

Menggalang donasi atau mengajukan permohonan dana bantuan untuk pembangunan atau renovasi masjid memang tidak mudah. Namun terus berusaha dan pantang menyerah menjadi kunci keberhasilan dari segala hal yang kita lakukan.

Perbanyak relasi, rajin menyebarkan informasi penggalangan dana, dan membuat proposal sedetail mungkin bisa menjadi langkah-langkah awal yang penting untuk mencapai tujuan pembangunan atau renovasi masjid.


Cara Mendapatkan Bantuan Pembangunan Masjid dari Arab Saudi

Tata cara pengajuan pembangunan masjid dari Arab Saudi masih terbilang minim dan tidak tersebar luas. Akan tetapi ada baiknya Kamu mengontak Kementerian Agama RI atau Departemen agama di daerahmu untuk informasi dan bimbingan lebih lanjut.

Akan tetapi untuk cara mendapatkan bantuan pembangunan masjid secara umum Kamu dapat menyiapkan berkas-berkas berikut ini.


Membuat proposal

Proposal merupakan salah satu syarat untuk mengajukan dana bantuan kepada pihak Arab Saudi. Proposal berisi latar belakang, tujuan, struktur organisasi, sketsa gambar masjid dan rancangan anggaran biaya.

Hal ini akan memudahkan pihak Arab Saudi mengetahui secara ringkas dan detail program pembangunan masjid ini.


Kepengurusan jelas

Kepengurusan dari kepanitiaan pembangunan masjid perlu sobat kosngosan cantumkan dengan lengkap, mulai dari nama, kontak, dan domisili.

Kepanitiaan yang jelas menunjukkan bahwa program pembangunan masjid dipegang oleh orang-orang tertentu, sehingga kepengurusan dokumen maupun berkas lainnya dapat diorganisir dengan baik dan terarah.


Rancangan anggaran biaya jelas

Rancangan biaya adalah salah satu bagian terpenting agar Kamu dapat mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan untuk melakukan renovasi atau pembangunan masjid. Selain itu, RAB juga berfungsi untuk mengetahui jenis dan jumlah barang yang dibutuhkan.

Pembuatan RAB membutuhkan survey harga yang benar. Biasanya untuk menanggulangi adanya kenaikan harga barang

Maka harga barang dinaikkan sebesar 10% dari jumlah barang sebenarnya. Selain itu, ada perbedaan harga di masing-masing daerah, sehingga menyebabkan total biaya berbeda-beda.


Kelengkapan surat dan sertifikat

Meskipun tidak semua donatur membutuhkan kelengkapan surat maupun sertifikat, namun ada baiknya Kamu menyediakan berkas-berkas ini. Berkas ini akan Anda butuhkan jika mengajukan bantuan dana ke lembaga pemerintah.

Banyak masjid dibangun di tanah waqaf, sehingga sertifikat maupun surat yang dibutuhkan perlu disediakan.

Kelengkapan berkas Kamu juga akan memudahkan bantuan donasi perorangan, sehingga adanya kelengkapan surat menyurat diperlukan.


Tips Mendapatkan Bantuan dari Arab Saudi

Kamu butuh bantuan untuk membangun tempat suci, dan ingin mengirimkan proposal ke pemerintah arab saudi, berikut beberapa tips yang harus kamu terapkan :

Berikan alasan penggalangan dana yang logis

Saat mengajukan dana pembangunan atau renovasi masjid maupun musholla, sebaiknya Kamu memberikan alasan pentingnya masjid itu di bangun atau di renovasi.

Selain penting, alasan-alasan yang Kamu kemukakan juga harus logis. Alasan yang penting dan logis akan meningkatkan persentase menerima dana bantuan.


Kepengurusan jelas

Jika Kamu ingin memberikan donasi untuk suatu lembaga atau suatu pembangunan, Kamu tentu lebih yakin jika kepengurusan lembaga atau kepanitiaan pembangunan jelas dan transparan. Hal ini juga berlaku bagi pemberian dana bantuan dari Arab Saudi.

Semakin jelas struktur kepengurusan yang sobat kosngosan berikan, maka akan semakin percaya lembaga atau perorangan untuk berdonasi pada pembangunan masjid maupun musholla.


Lokasi bangunan jelas

Seringkali tanah tempat bangunan musholla atau masjid dibangun merupakan tanah wakaf dari para pendahulu. Bukti wakaf atau sertifikat tanah pembangunan penting untuk dimiliki dan diketahui oleh pengurus inti.

Hal ini akan memudahkan dalam mengajukan dana bantuan pembangunan maupun renovasi rumah ibadah. Lokasi yang tidak jelas akan menyebabkan proposal Kamu dapat tertolak.


Tampilkan desain bangunan

Selain detail lokasi, Kamu sebaiknya melampirkan foto keadaan bangunan. Jika Kamu ingin mengajukan dana bantuan untuk membangun masjid, maka lampirkan desain yang dirancang meskipun secara garis besarnya.


Rancang anggaran dana

Lembaga atau perorangan yang ingin berdonasi dalam jumlah besar tentu menginginkan rancangan anggaran dana. Hal ini bertujuan untuk melihat secara umum dana tersebut akan dialokasikan pada apa saja.

Baca juga : Nama Toko Bisnis Islami


Kata Penutup

Tentu saja rancangan anggaran juga bermanfaat untuk mengetahui jumlah dana yang dibutuhkan untuk pembangunan atau renovasi masjid.

Mengajukan bantuan dana memang susah-susah gampang, namun jika kelengkapan berkas dan gambaran pembangunan detail dengan susunan pengurus yang jelas akan memudahkan Kamu memperoleh donasi. Jadi, semoga informasi dari artikel ini dapat bermanfaat. J

angan lupa untuk klik tombol share dan bookmart halaman ini untuk berkunjung kembali ke blog kosngosan ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya