Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Cara Menghasilkan Uang dari Bisnis Metaverse

Bagaimana cara menghasilkan uang dan mendapatkan penghasilan dari metaverse? Pernahkah kamu mendengar istilah tentang bisnis metaverse? Dalam dunia virtual, istilah metaverse kini kian booming dan mungkin sudah tidak asing lagi bagi mereka yang sudah terbiasa memasuki dunia virtual dan digital.

Metaverse adalah istilah yang berasal dari kata meta, yang memiliki arti “melampaui”, dan verse yang artinya “alam semesta”. Jika diartikan secara singkat, metaverse berarti melampaui atau melebihi besarnya alam semesta yang sangat luas ini.

Metaverse sendiri merupakan bentuk kombinasi dari berbagai elemen – elemen teknologi yang semakin maju seriring dengan berkembangnya zaman. Salah satu teknologi yang dihasilkan adalah virtual reality, dimana kondisi ini bisa membuat kita seakan – akan hidup di dalam dunia digital. Keren bukan?

Metaverse juga memungkinkan kita untuk berkomunikasi, berinteraksi, dan melakukan aktivitas lainnya hanya dengan melalui dunia virtual saja tanpa harus bertatap muka secara langsung.

Dalam metaverse, sobat kosngosan bisa melakukan sosialisasi, bermain bersama teman, melakukan investigasi dan observasi, dan pekerjaan dalam berbagai bidang lainnya.


Peluang Bisnis Metaverse Terbaru

Cara Menghasilkan Uang Metaverse

Melihat perkembangan dan kemajuan metaverse yang semakin naik di kalangan saat ini, ada banyak sekali usaha yang bisa dicoba dan menjanjikan keuntungan besar lho!

Buat kamu yang ingin membangun startup, bisnis bidang metaverse bisa dilirik. Berikut beberapa peluang usaha diantaranya :

Baca juga : Cara Dapat Saldo Gratis Google Play


Sewa Lahan Virtual

Seiring dengan kemajuan teknologi metaverse yang semakin masif, tren lahan atau tanah virtual semakin marak khususnya dalam Facebook Inc yang kini telah menjelma menjadi Meta dan membuatnya semakin populer.

Lahan atau tanah virtual adalah cara menghasilkan uang dari metaverse itu sendiri, yang pada dasarnya memiliki aset yang nilainya cukup tinggi sebab keberadaannya juga dibutuhkan oleh banyak orang.

Untuk cara membelinya sendiri, sobat kosngosan bisa mendapatkannya dari berbagai jenis platform digital seperti Be-emers, Earth 2.io, dan Decentraland.

Untuk harga yang ditawarkan pun juga bermacam – macam. Semakin lama, harga lahan virtual juga semakin meningkat sama halnya dengan tanah fisik yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari – hari.

Oleh karena itu, tidak heran jika dari jual atau sewa lahan virtual ini saja bisa menjadi peluang usaha yang bagus dan investasi yang menguntungkan.


Jual Beli Crypto

Disamping digunakan sebagai alat transaksi, crypto juga menjadi salah satu opsi yang bagus untuk membuka investasi.

Semakin berjalannya waktu dan kemudahan dalam mengakses teknologi, banyak masyarakat yang tertarik untuk bergelud dalam usaha ini.

Banyaknya kemudahan yang ditawarkan serta return dengan nilai tinggi yang menjanjikan, membuat para milenial, gen Z, maupun investor semakin kepincut dengan mata uang berbentuk digital ini.

Untuk mulai membuka invetasi crypto, kmu terlebih dahulu harus membuka akun pada Bursa Bitcoin, atau Bitcoin Exchange.

Setelah berhasil mendapatkan verifikasi, maka kamu bisa mulai melakukan deposit dalam bentuk mata uang crypto dan rupiah.


NFT Art

Banyak orang yang memanfaatkan keberadaan NFT untuk menjual karya seni yang mereka hasilkan. Peluang keuntungan yang didapatkan pun sangat fantastis, yakni bisa mencapai jutaan dolar.

Meski sebenarnya tidak bisa diperdagangkan, namun aset NFT yang dimiliki seseorang bisa dijual dalam acara lelang dari pihak tertentu. Konsep NFT art ini hampir sama dengan membuat galeri virtual dalam dunia metaverse.

Setelah mendaftar dan mulai terhubung dengan dompet digital, kamu hanya perlu menunggu klien yang tertarik dan ingin membeli karya seni yang kamu tawarkan tersebut.


Voxel

Voxel termasuk dalam sebuah karya digital berbentuk 3D (3 dimensi), yang umumnya bisa kita jumpai dalam video games, dan aplikasi virtual lainnya.

Voxel art terdiri dari berbagai macam bentuk yang bahkan sering kita temui dalam kehidupan sehari – hari, seperti bangunan, mobil, pakaian, kendaraan lainnya, pepohonan, dan lain sebagainya.

Nah, bentuk – bentuk tersebutlah yang nantinya bisa dijual dalam dunia metaverse contohnya dalam bentuk NFT, sehingga bisa memberikan keuntungan bagi pemilik atau penciptanya.


Real Estate

Perusahaan real estate virtual kini juga banyak berdiri dan berkembang dalam dunia metaverse. Istilah real estate sendiri sebenarnya berasal dari Bahasa Inggris yang dalam Bahasa Indonesia berarti properti tanah atau bangunan.

Secara sederhana, real estate adalah tanah beserta segala benda apapun yang melekat secara permanen diatasnya, baik itu rumah, gedung, bangunan, pemukiman, dan lain – lain.

Konsep bisnis real estate adalah melakukan kegiatan jual beli tanah serta bangunan yang ada di atasnya.

Perusahaan tertentu biasanya bertugas membantu masyarakat untuk mencari dan menemukan tanah virtual yang ingin mereka beli. Nah, dari sanalah biasanya perusahaan mendapatkan komisi dan keuntungan.


Games dan Permainan Digital

Games dan permainan digital lainnya merupakan bisnis yang patut dicoba dan dijalankan dalam dunia metaverse.

Melihat begitu banyaknya pengguna dan gamers yang semakin meningkat, dari games ini saja bisa menghasilkan keuntungan yang segudang.

Salah satu contoh games yang terkenal adalah Sandbox. Game ini merupakan permainan berbasis online dalam dunia metaverse yang menawarkan token berbentuk NFT dan Kripto Sand.

Jadi sobat kosngosan yang berhasil membangun sebuah lingkungan, kota, atau pemukiman, bisa membuat avatar mereka sendiri. Dari item tersebutlah nantinya mereka bisa menjualnya dalam bentuk NFT.


Berjualan Headset VR dan Kacamata AR

Headset VR (Virtual Reality) dan Kacamata AR (Augmented Reality) merupakan salah satu perangkat pendukung yang paling dibutuhkan agar bisa masuk ke dalam dunia metaverse.

Sekarang jelas bukan mengapa menjual perangkat ini menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan?

Namun sebelum kamu benar – benar memulai usaha ini, pastikan dan pertimbangkan dulu dengan baik jenis headset VR apakah yang memiliki potensi laku tertinggi.

Sebab, tidak semua merk VR memiliki kemampuan yang maksimal, biasanya VR jenis ini juga harganya lebih murah.

Sedangkan untuk merk VR yang menengah keatas, tentunya teknologi di dalamnya juga lebih bagus dan mampu digunakan secara maksimal untuk mengakses dunia metaverse.


Bisnis Travel Virtual

Bisnis satu ini kedengarannya juga cukup unik dan asik. Jenis bisnis ini sangat cocok bagi mereka yang ahli dan gemar dalam menciptakan animasi – animasi 3D.

Jika kamu merupakan salah satunya, maka kamu bisa mencoba membuat versi 3D dari kota – kota terkenal yang ada di luar negeri.

Kamu juga bisa membuat versi 3D dari kehidupan yang ada di bawah samudera, planet – planet, dan lain sebagainya.

Jika nantinya ada pengguna yang ingin jalan – jalan secara virtual pada animasi 3D tersebut, maka kamu bisa membebankan biaya tiket dari perjalanan mereka. Nah, dari situlah kamu bisa mendapatkan keuntungan.


Konstruksi Virtual

Taukah kamu bahwa pembangunan konstruksi tidak hanya terdapat dalam bentuk fisik saja loh! Dalam dunia metaverse, pembangunan konstruksi juga bisa dilakukan secara digital atau virtual. Nah dari beberapa model konstruksi yang berbentuk digital itulah nantinya bisa dijual pada metaverse.

Tidak sedikit jumlah perusahaan yang mampu mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari hasil menjual konstruksi virtual tersebut.

Salah satu contohnya adalah perusahaan Voxel Architects yang berhasil meraup keuntungan mencapai US$ 300.000 atau sekitar Rp 4,2 miliar! Fantastis bukan?


Menjual Pakaian Virtual

Bukan hanya bidang desain dan konstruksi saja, pakaian virtual pun juga bisa kita temui dalam dunia metaverse ini. Dan ini jadi salah satu cara mendapatkan uang dari metaverse.

Biasanya pakaian tersebut digunakan pada avatar pengguna yang modelnya pun bermacam – macam, memiliki ciri khas dan unik, sehingga lebih nyaman dan mirip dengan karakter tiap orang.

Umumnya, konsep seperti ini seringkali kita temukan pada sebuah games yang menghadirkan avatar bagi masing – masing penggunanya.

Nah, dari setiap avatar tersebut, pastinya memerlukan pakaian, aksesoris, dan perlengkapan lainnya seperti layaknya manusia.


Pengembangan platform dan aplikasi metaverse

kamu dapat memulai bisnis dengan mengembangkan platform atau aplikasi metaverse untuk berbagai keperluan, seperti gaming, edukasi, simulasi, sosial media, dan sebagainya. 

Dengan kemampuan teknologi yang semakin maju, kamu dapat menawarkan pengalaman yang lebih realistis dan interaktif untuk para pengguna.


Pengembangan konten metaverse

kamu dapat memanfaatkan keahlian dalam pembuatan konten 3D, animasi, atau grafis untuk membuat konten yang menarik dan menghibur di dalam metaverse, seperti pakaian virtual, alat rumah tangga virtual, atau karakter virtual yang dapat digunakan oleh pengguna.


Jasa pembuatan avatar

kamu dapat menawarkan jasa pembuatan avatar atau karakter virtual untuk para pengguna metaverse. Dengan kemampuan teknologi yang semakin canggih, kamu dapat menawarkan avatar yang lebih realistis dan personal.


Konsultan metaverse

kamu dapat menawarkan jasa konsultan untuk membantu perusahaan atau individu dalam memahami dan mengembangkan strategi bisnis di dalam metaverse.


Pemasaran metaverse

kamu dapat menawarkan jasa pemasaran di dalam metaverse, seperti promosi produk atau jasa melalui acara atau kegiatan di dalam metaverse.


Cara Memulai Bisnis Metaverse

Kalau sobat kosngosan ingin mengembangkan dan memanfaatkan metaverse ini menjadi ladang cuan, dan mungkin suatu saat nanti, dunia digital yang benar-benar terwujud, berikut ini beberapa langkah supaya kamu bisa menggunakan fitur metaverse.


Modal Utama

Modal utama untuk menghasilkan uang dan mendapatkan penghasilan dari metaverse, tentu saja adalah koneksi internet yang stabil dan tidak lelet. Jadi walaupun metaverse adalah dunia virtual yang terpisah dari dunia nyata, akan tetapi dalam metaverse itu tidak ada yang namanya batasan.


Bermain Videogame

Cara sederhana untuk menggunakan metaverse versi lite, pasti sudah banyak yang melakukan ini, dan ada sebagian game yang sudah bisa masuk kedalam metaverse. Videogame adalah contoh yang paling sederhana untuk menjelaskan mengenai metaverse itu seperti apa.


Masuk Dunia Metaverse

Ketika kamu melakukan zoom meeting, ikut konser virtual, atau acara ulang tahun virtual. Itu adalah beberapa contoh sederhana bagaimana kita menggunakan ranah digital untuk hal-hal lain selain game.

Ada berbagai platform yang bisa digunakan untuk menggelar konser virtual, dengan membawa artis untuk dilihat dalam dunia metaverse.


Menggunakan Alat Virtual Reality (VR)

Cara selanjutnya untuk bergabung dengan metaverse adalah dengan menggunakan VR. Ada berbagai tool dari berbagai brand, seperti headset Oculus Quest yang bisa menjadi opsi terbaik.

Tapi kamu juga bisa menggunakan Handphone (HP) dan beberapa aplikasi VR atau video YouTube 360.


Mengenal Mata Uang Metaverse

Berbeda dengan mata uang dalam videogame, dalam metaverse mata uangnya adalah cryptocurrency, dan ini juga dapat digunakan di dunia nyata. Kamu bisa mempelajari lebih dekat dan memahami apa itu Crypto dan juga NFT.

Ada banyak koin terkenal, seperti Ethereum, BitCoin, BNB dan lainnya yang terdesentralisasi dan dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki koneksi internet. Dengan adanya teknologi blockchain, Kamu bisa menjadi pemilik aset unik dalam dompet mu.


Kata Penutup

Demikian pembahasan mengenai peluang usaha tentang metaverse ini. Kalau sobat kosngosan akan membayangkan dunia metaverse seperti melakukan segala kegiatan sehari-hari bersama-sama pada ruang digital yang futuristik, mungkin terlihat berlebihan.

Tapi jangan pesimis dulu, karena ada banyak aspek dari metaverse yang sudah ada selama beberapa waktu, dan bisa kamu lakukan. Jangan lupa share dan bookmart artikel ini, sampai jumpa kembali pada pembahasan selanjutnya, adios!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya