Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik dan Besaran Gajinya

Bagaimana peluang pekerjaan buat kamu yang merupakan lulusan jurusan ilmu politik? Ilmu politik adalah disiplin ilmu yang mempelajari dinamika perpolitikan dalam suatu entitas, baik itu negara, luar negeri dan institusi global lainnya. Sebagai alumni yang menyandang titel sarjana ilmu politik, kamu wajib tahu berapa besar gaji dan prospek kerja jurusan yang kamu pilih.

Menurut Andrew Heywood, Ilmu politik adalah serangkaian kegiatan suatu bangsa yang tujuannya untuk membuat, mempertahankan, serta mengamandemen berbagai peraturan umum yang mengatur kehidupan mereka, dan tidak dapat terlepas dari gejala konflik dan kerjasama didalamnya

Belajar ilmu politik bukanlah hal yang baru. Banyak tokoh politik, bangsa dan narasumber di media yang ternyata adalah seorang lulusan sarjana ilmu politik dari perguruan tinggi.

Bidang studi ini biasanya masuk dalam fakultas ilmu sosial dan politik atau sering disingkat dengan FISIPOL. Untuk gelarnya, seorang lulusan dari jurusan ini akan mendapatkan akhiran nama berupa S.IP


Peluang Kerja Ilmu Politik

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Politik Besaran Gajinya

Ketika sobat kosngoѕan sudah wisuda, tentu saja mencari pekerjaan adalah tujuan utamanya. Dan kalau kalian adalah seorang lulusan ilmu politik, ada beberapa prospek yang bisa diincar.

Mulai dari posisi pekerjaan yang bersangkutan dengan dunia politik dan pemerintahan, atau bisa juga menjadi seorang entrepreneur atau mencoba hal baru diluar disiplin ilmu kalian.

Berikut beberapa peluang kerja yang merepresentasikan contoh perilaku budaya politik yang bisa kalian coba :


Content Creator niche Politik

Menjadi content creator di TikTok, Youtube, Instagram atau Facebook adalah sesuatu yang bisa kamu coba, tidak menutup kemungkinan untuk yang lulusan ilmu politik.

Kalau kamu tidak ingin bekerja kantoran, ingin mendapatkan uang dari dalam rumah saja dengan menghasilkan konten, tapi tetap ingin menelurkan ide ide dalam ilmu politik mu, jadilah content creator

Selain itu, punya blog atau website politik juga menggiurkan. Kamu bisa jadi fulltime blogger yang membahas seputar dinamika politik yang terjadi di suatu daerah, nasional atau internasional.

Jadi content creator itu luas, contohnya Tiktoker, Blogger, Youtuber, Streamer, dan sebagainya. Intinya kamu bisa menghasilkan konten dari video, gambar atau audio yang bertema kan dunia politik. Nantinya kamu bisa dapat uang dari endorsement atau jaringan iklan seperti google adsense.


Jadi ASN

Menjadi PNS atau PPPK adalah pilihan banyak orang, tidak terkecuali dengan kamu yang lulusan jurusan politik. Ini adalah pekerjaan impian banyak orang, karena punya income yang stabil dan punya jaminan masa tua.

Untuk beberapa instansi di kementrian dan pemerintahan daerah, ada yang membuka lowongan ASN bagi yang lulusan ilmu politik lho. Seperti analis kebijakan di beberapa instansi.


Anggota Legislatif

Menjadi anggota legislatif atau wakil rakyat adalah pilihan pertama yang bisa sobat kosngosan pilih untuk berkarir di bidang ini

Walaupun menjadi anggota DPD, DPRD atau DPR itu tidak harus dari jurusan ilmu politik, tapi disiplin ilmu ini akan lebih baik kalau kamu yang mengisi nya.

Karena kamu memiliki keilmuan tentang perpolitikan yang kerap kali akan kamu hadapi nanti ketika bekerja sebagia anggota dewan. Tapi, kamu butuh modal cukup besar untuk maju, apalagi kamu harus jadi anggota partai politik dulu.


Anggota Partai politik

Tentu saja sebagai seorang lulusan ilmu politik, dan belum punya pengalaman, kamu bisa mendaftar jadi anggota atau simpatisan partai politik.

Jika nanti kamu sudah mendapatkan pengakuan dan pengalaman berkarier di partai politik level daerah (kota atau kabupaten)

Maka kamu bisa maju untuk mengikuti pemilihan anggota legislatif sebagai anggota DPRD atau DPR pusat.


Anggota Komnas atau LMS

Menjadi anggota komisi nasional HAM dan KPAI (Komisi Perlindungan Anak Indonesia) bisa menjadi pilihan untuk kalian yang memang punya passion di bidang human right issues

Berbagai isu yang sering dihadapi dan kamu perjuangkan ketika bekerja dibidang ini, adalah seperti, gaji buruh migran, penuntasan kasus pelanggaran HAM yang terbengkalai, dan lain sebagainya.

Ada juga berbagai lembaga swadaya masyarakat (LMS) yang terbuka untuk jurusan ilmu politik, seperti Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), NARASI, Migrant Care, Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) dan lainnya


Konsultan Politik

Menjadi konsultan politik di kota besar tidak banyak orang lakukan. Ini seperti konsultan finansial yang memberikan saran dan rekomendasi kebijakan untuk klien mu

Biasanya mereka yang akan ikut pilkada untuk pemilihan kepala daerah atau anggota dewan, adalah klien yang bisa kamu tangani.

Mulai dari bagaimana mereka berkampanye, strategi untuk memenangkan pemilu, personal branding, cara mengalahkan saingan politik dan berbagai konsultasi lainnya


Peneliti bidang Politik

Buat sobat koѕngosan yang punya basic ilmu politik, kalian juga bisa bekerja menjadi peneliti di lembaga penelitian politik

Misalnya Centre for Strategic and International Studies (CSIS), BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila), Pusat Riset Politik BRIN, dan lainnya.


Anggota Lembaga Survei Politik

LSP di indonesia sering dijadikan sebagai patokan untuk mengukur elektabilitas suatu kandidat sebelum mengikuti pemilihan.

Peran lembaga survei seperti ini dalam melakukan jajak pendapat sebelum pemilu berperan bagi partai politik dan pihak yang berkepentingan.

Di Indonesia ada banyak lembaga survei yang aktif melakukan survei pendapat publik tentang calon mereka.

Sebagai lulusan ilmu politik, kamu bisa melamar dan bekerja menjadi anggota lembaga survei seperti ini.


Wartawan atau Reporter

Kalau kamu hobi menulis dan punya basic ilmu politik, mengapa tidak menjadi jurnalis politik saja? Wartawan, reporter atau jurnalis politik tugasnya adalah untuk menghasilkan berita liputan seputar dunia politik.

Kamu bisa pilih ruang lingkupnya, apakah ingin fokus pada perpolitikan daerah, nusantara atau luar negeri.

Sobat kosngosan juga wajib memiliki pemikiran yang kritis dan objektif dalam menghasilkan berita yan berimbang.


Pengajar bidang Politik

Menjadi seorang guru honorer di sekolah swasta, atau dosen di perguruan tinggi bisa menjadi pilihan peluang kerja untuk kamu yang lulusan jurusan ilmu politik

Untuk jadi guru di sekolah negeri memang sudah tertutup peluangnya (Karena hanya diterima buat yang lulusan ilmu pendidikan saja). Tapi buat sekolah swasta, bisa, asalkan kamu punya kompetensi yang dibtuuhkan

Begitu juga dengan Dosen. Kamu wajib melanjutkan studi mu ke magister atau pasca sarjana, supaya bisa mengajar jadi dosen di perguruan tinggi.


Anggota Badan Intelejen Negara

Kalau kamu punya pengalaman politik strategis, memahami beberapa bahasa asing, kode pemograman, dan modal lain yang dibutuhkan untuk bekerja sebagai anggota BIN, maka ini adalah pekerjaan yang cocok untuk mu

Nantinya kamu akan bertugas untuk menganalisis pola kepemimpinan rakyat, mampu menganalisa suatu risiko yang bisa mengancam stabilitas negara, dan tugas lainnya.


Bidang Humas

Bidang hubungan masyarakat erat kaitannya dengan bidang ilmu politik, walaupun program studinya ada yang lebih spesifik, misalnya ilmu komunikasi dan sosial. Tapi salah satu matkul pasti mempelajari hubungan masyarakat.

Profesi ini tentu saja memiliki peran besar dalam menyampaikan informasi ke masyarakat mewakili perusahaan, lembaga atau organisasi yang memperkerjakan kamu. 


Besar Gaji Lulusan Ilmu Politik

Buat sobat kosngosan yang kepo berapa sih besaran gaji dari seorang lulusan sarjana ilmu politik? Tentu saja hal ini dipengaruhi berbagai faktor

Seperti pengalaman kerja (apakah kamu fresh graduate atau expert), UMR daerah dimana kamu bekerja, jabatan dan posisi, serta aspek lainnya.

Tapi secara umum, kita bisa klasifikasikan beberapa gaji disiplin ilmu ini, seperti yang sudah kami rangkum dibawah :

1. Sebagai content creator yang memiliki enggagement yang tinggi, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari google adsense atau endorsement. Tentu saja besaran gaji ini relatif, tergantung dari seberapa banyak traffic, view dan klik iklan yang kamu dapatkan.

2. Menjadi ASN bisa dibilang gajinya sudah tertakar, sesuai dengan golongan dan pangkat yang kamu miliki. Berkisar antara Rp 1.900.000-an sampai 3.500.000-an per bulannya (diluar tunjangan)

3. Menjadi anggota DPR pusat sebesar Rp 4.200.000 per bulan (diluar tunjangan) dan dalam KUA-PPAS dirincikan, setiap anggota Dewan Daerah di Jakarta bisa mengantongi Rp 139.324.156 setiap bulan dari gaji dan tunjangan yang didapat (tentu ini berbeda daerahnya ya)

4. Untuk menjadi anggota partai politik, tentu tidak ada gaji. Sebaliknya, kalianlah yang memberikan kontribusi ke partai. Tapi disini, parpol adalah media untuk bisa jadi anggota legislatif.

5. Anggota KOMNAS dan LMS memiliki gaji yang beragam, tergantung dari posisi dan juga kesepakatan kerja di awal sebelum perekrutan. Bisa jadi berkisar antara Rp 2 jutaan hingga Rp 5 Jutaan setiap bulannya

6. Konsultan politik, juga memiliki gaji yang beraneka ragam, tergantung kesepakan dengan klien mu (ini sama dengan gaji lawyer). Dapat gaji dari setiap kasus, bukan rutin tiap bulan

7. Menjadi Guru dan Dosen, tergantung dari perjanjian kerja dan instansi pendidikan dimana kamu mengajar. Biasanya sekolah atau Perguruan tinggi swasta ternama, memberikan gaji yang relatif besar antara Rp 3 juta - 6 jutaan setiap bulannya

8. Anggota BIN,Untuk gaji BIN mengacu pada Perpres No.117/2018 tentang Tunjangan Kinerja Pegawai di Lingkungan BIN. Untuk kelas tertinggi, mencapai Rp33,2 juta dan kelas terendah sebesar Rp2,5 juta

Range Gaji Lulusan Ilmu Politik
Sumber : quora.com


Kata Penutup

Demikian beberapa penjelasan mengenai peluang dan besaran gaji untuk kalian para lulusan bidang ilmu politik. Bagaimana, apakah sobat kosngosan tertarik untuk menjadi bagian dari profesi yang disebutkan diatas?

Apapun pilihanmu semoga bisa membawamu menuju kesuksesan ya, amin. Jangan lupa untuk klik tombol share dibawah, bookmart juga halaman ini supaya kamu bisa berkunjung kembali ke blog kami, adios!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya