Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Prospek Kerja Jurusan Bisnis Digital serta Besaran Gaji

Seperti apa peluang pekerjaan dari jurusan bisnis digital? Bagi kalian yang telah lulus dari perguruan tinggi, latar belakang pendidikan sebagai sarjana bisnis digital, maka penting sekali untuk membaca pembahasan kosngosan kali ini.

Mendapatkan referensi dalam mengembangkan karier kedepannya yang liner dengan disiplin ilmu yang didapatkan, adalah hal penting untuk masa depan mu.

Bukankah kamu memilih jurusan ini untuk bisa bekerja dan mendapatkan gaji dengan nominal tinggi? Untuk itu, kamu harus tau seperti apa potensi bisnis yang kamu dapatkan nanti jika sudah tamat.

Jurusan Bisnis digital adalah bidang studi terapan yang mempelajari mengenai bagaimana cara merancang usaha yang dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi digital. Ilmu ini adalah perpaduan dari ilmu bisnis, manajemen, sistem informasi, dan juga teknik informatika.

Intinya, kalau kamu suka pelajaran komputer dan ekonomi, menjadikan kedua hal ini sebagai pilihan karir dengan memilih jurusan bisnis digital untuk program studi S1 atau D4 bisa jadi pilihan yang tepat.

Apalagi seperti yang kita lihat sekarang, sudah banyak orang sukses dengan memanfaatkan internet untuk pekerjaannya


Peluang Kerja Jurusan Bisnis Digital

Peluang Kerja Jurusan Bisnis Digital

Berbicara mengenai kondisi ekonomi yang ada di Indonesia dan dunia saat ini, semuanya sudah memanfaatkan marketplace untuk berbisnis.

Tentu saja, orang orang sudah terbiasa bertransaksi online memanfaatkan berbagai platform yang ada. Dan ini jadi peluang besar untuk kamu dalam mendalami ilmu bisnis digital. Bahkan ada yang namanya Bisnis Metaverse, yang lagi hype belakangan ini

Berikut beberapa contoh peluang pekerjaan yang bisa sobat kosngoꜱan ambil setelah lulus dengan gelar sarjana bisnis digital :


Youtuber niche Bisnis Digital

Menjadi youtuber memang banyak orang bisa, tanpa menjadi lulusan bisnis digital pun kamu tetap bisa jadi youtuber.

Tapi disini yang membedakannya adalah, ketika kamu lulusan jurusan bisnis digital, maka kamu memiliki ilmu yang cukup untuk membuat konten dengan niche atau tema serupa.

Jadikan channel mu tertarget, sehingga nanti follower mu juga tertarget. Biasanya channel seperti ini akan punya CPC adsense yang tinggi dan endorse an produk yang mahal untuk enggagement yang tertarget


Blogger niche Bisnis Digital

Menjadi fulltime blogger bisa kamu coba, apalagi buat kalian yang hobi menulis. Kamu bisa mempelajari bagaimana sebuah website bekerja, untuk bersaing di halaman pertama pencarian google.

Dengan memasang google adsense di blog mu, kamu bisa mendapatkan uang. Selain itu ada juga kerjasama review produk, endorsement, article placement dan sebagainya.

Tentu saja, niche atau topik artikel yang kamu tulis harus berhubungan dengan dunia bisnis digital.


Influencer Bisnis Digital

Menjadi influencer bisa kamu jadikan sebagai profesi yang menghasilkan uang, tidak menutup kemungkinan bagi kamu yang lulusan jurusan bisnis digital.

Membuat akun di tiktok, instagram, facebook dan twitter kemudian mengupdate konten pembelajaran seputar bisnis digital.

Kemudian setelah follower mu naik, kamu bisa mendapatkan endorsement dan mengiklan produk lewat akun sosial media mu tersebut


Manajer Produk

Dalam bisnis, menjadi manajer produk berarti sobat kosngosan harus bertanggung jawab dalam bagian perencanaan dan pengembangan produk tertentu (tentu saja dalam hal ini yang berkaitan dengan penjualan online).

Manajer produk harus merancang produk baru atau mengembangkan produk yang sudah ada, supaya tetap memiliki daya tarik tinggi.

Kamu bisa menganalisis data penjualan terdahulu, menciptakan tren, menemukan kekhasan produk, mempelajari kompetitor serupa, dan memenuhi berbagai permintaan konsumen.


SEO Consultant

Peluang kerja jurusan bisnis digital salah satunya adalah dengan menjadi Search Engine Optimize Analyst. SEO adalah teknik optimasi yang berkaitan dengan cara untuk menempatkan website untuk tampil di halaman pertama mesin pencari dengan keyword tertentu.

Sebagai lulusan dari jurusan yang sering membahas mengenai dunia bisnis di internet, tentu kamu tidak asing lagi dengan istilah SEO ini.

Walaupun ada banyak pakar seo diluar sana, kamu bisa membuka agency seo mu sendiri di tempat tinggal mu dan carilah klien-klien lokal untuk tahap pertama. Setelah itu mulailah berekspansi mencari klien besar untuk mengembangkan brand agency seo mu


SEM Consultant

Kalau sebelumnya ada SEO, sekarang ada juga istilah SEM yaitu Search Engine Marketing. Kalau SEO berfokus pada teknik optimalisasi website untuk bisa tampil secara organik

SEM lebih fokus pada bagaimana cara mengatur budget iklan supaya bisa memiliki enggagement dan konversi klik atau pembelian yang maksimal.

Kamu harus paham caranya menggunakan Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan TikTok Ads supaya bisa membantu klien mu dalam mengiklankan produk mereka

Menentukan target konsumen berdasarkan data, sehingga budget iklan bisa optimal dan mendatangkan konversi penjualan yang maksimal.


Customer Service

Menjadi seorang customer service adalah pekerjaan yang mungkin cocok untuk sobat kosngosan pilih, selain karena kamu suka berbicara.

Sebagai lulusan bisnis digital, kamu harus adalah punya informasi barang dan jasa yang diperjual belikan, sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Nantinya kamu akan melayani pertanyaan, saran, akan keluhan konsumen. Kamu bisa memberikan saran yang sesuai untuk menyelesaikan permasalahan konsumen menggunakan produk mereka. Sebagai customer service kamu harus punya product knowledge yang luas.


Digital Marketer

Profesi ini cocok untuk kamu yang lulusan bisnis digital. Pekerjaan yang fokus pada bidang pemasaran dengan menggunakan media digital, seperti media sosial, aplikasi chatting dan marketplace.

Kamu akan bertanggung jawab terhadap branding produk dan bagaimana caranya membangun brand awareness yang sukses.

Pekerjaan ini juga mengharuskan kamu untuk berkomunikasi dengan konsumen, memanfaatkan media digital seperti e-mail, website, media sosial, aplikasi chatting, marketplace dan lainnya, sehingga teknik pemasaran bisa dapat menjangkau konsumen baru secara lebih maksimal.


Market Researcher

Pekerjaan ini cocok buat kamu yang lulusan bisnis digital dengan melakukan penelitian terhadap pasar sehingga bisa memberikan masukan kepada perusahaan bagaimana produk yang diterima baik oleh pasar.

Kamu harus mempelajari data konsumen, prospek pasar dan kompetitior untuk menyajikan data hasil yang didapat dari angket atau wawancara.

Market researcher juga bisa memberikan saran dan berperan sebagai konsultan bagi top menegement untuk mengambil keputusan terhadap produk mereka.


Beberapa prospek kerja untuk lulusan jurusan bisnis digital lainnya yang bisa sobat koꜱngosan ambil, diantaranya sebagai berikut :

  • Social Media Manager
  • Content Strategist
  • E-commerce Specialist
  • Content Marketing Manager
  • Marketing Automation Specialist
  • Paid Media Specialist
  • Pay-Per-Click Analyst
  • Email-Marketing Specialist


mata kuliah jurusan bisnis digital


Besaran Gaji Jurusan Bisnis Digital

Jurusan ini memang diciptakan untuk menjawab tantangan bisnis masa depan. Oleh karea itu, besaran gaji yang biasanya diberikan juga relatif besar, karena berhubungan dengan bisnis yang bisa digapai oleh banyak orang.

Berikut beberapa nominal gaji jurusan bisnis digital berdasarkan contoh pekerjaan yang sudah dijelaskan sebelumnya :

1. Untuk menjadi youtuber atau blogger, tentunya besaran gaji yang kamu dapatkan tidak menentu. Karena ini tergantung dari seberapa besar traffic, view dan jumlah klik iklan yang kamu dapatkan.

Tapi secara garis besar, kamu akan mendapatkan gaji dari adsense setiap bulan, jika ambang batas 100 dollar sudah kamu dapatkan setiap bulannya.

2. Menjadi Influencer Bisnis Digital, gajinya juga tidak bisa dihitung secara pasti. Karena ini bergantung dari seberapa sering kamu mendapatkan tawaran kerjasama endorsement produk di akun sosial media mu. Semakin besar follower mu, semakin sering brand bekerjasama dengan mu

3. Manajer Produk, untuk kisaran gaji sebagian besar pekerja pada profesi Manajer Manufaktur antara dari Rp 4,2 juta sampai Rp 16 juta per bulan

4. Konsultan SEO dan SEM,gaji standar Specialist tingkat pemula berkisar antara Rp5 sampai 6juta per bulan. Semakin banyak pengalaman dan portofolio mu, tentu gajinya bisa melebihi angka tersebut.

5. Customer Service, gaji ini tergantung dari daerah dan jenis perusahaannya, berkisar antara 3 juta hingga 7 juta per bulannya

6. Digital Marketer,Tidak hanya membuat konten saja, tapi juga marketing plan dan lain sebagainya, rentang gaji yang didapatkan antara Rp 10 juta hingga Rp 18 juta per bulan

7. Market Researcher,Besaran gaji seorang Market Researcher berkisar mulai dari Rp. 5 jutaan hingga Rp. 8 jutaan, sesuai dengan kompetensi serta pengalaman yang dimiliki, ada juga yang sampai Rp10 jutaan per bulan atau lebih.

Baca juga : Peluang Kerja Jurusan Ilmu Politik


Kesimpulan

Semoga beberapa peluang kerja dari lulusan bisnis digital ini bisa bermanfaat buat sobat kosngosan sekalian ya. Jika kalian ternyata memiliki minat dan tertarik dengan Jurusan Bisnis Digital

Bisa mulai kepoin dengan mengunjungi situs web resmi kampus yang sudah cukup banyak membuka jurusan ini. Terakhir, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ya

Oleh rezaharahap