Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Gap Analysis dan Contoh Analisisnya

Apa yang dimaksud dengan Gap Analysis? Gap Analysis adalah suatu metode yang bermanfaat untuk mengukur kinerja suatu perusahaan dengan teknik perbandingan. Analisis gap akan mengukur hasil kinerja aktual dengan perkiraan kinerja yang diinginkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Ada beberapa contoh penerapan Gap Analisis ini untuk mencapai tujuan utama dari perusahaan, seperti untuk mencari alasan kinerja perusahaan yang tidak compatible dengan ekspektasi. Ini bisa membantu perusahaan untuk merumuskan strategi baru dari hasil analisis yang didapatkan.

Misalnya target perusahaan tahun 200x adalah memproduksi 10.000 pcs minuman kemasan setiap bulannya. Akan tetapi ternyata, pada pertengahan bulan hanya berhasil menghasilkan 500 pcs saja.

Metode Analisis Kesenjangan bertujuan dalam menentukan penyebab penurunan produksi minuman kemasan tersebut apa saja, sehingga setelah ditemukan penyebabnya akan dirumuskan solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Menurut George T. Doran, dalam Jurnal yang berjudul Management Review (rilis tahun 1981) mengatakan bahwa target perusahaan harus memiliki prinsip SMART (specific, measurable, assignable, realistic and time-related), yang penjelesannya adalah :

  • Spesifik : Secara spesifik menargetkan aspek tertentu untuk dikembangkan.
  • Measurable :Target perusahaan harus bisa didefinisikan menggunakan angka
  • Assignable : Ada kejelasan mengenai siapa yang harus memenuhi target tersebut
  • Realistic : Target perusahaan harus realistis sesuai dengan kemampuan sumber daya yang ada
  • Time-related : Memiliki target waktu kapan goals tersebut harus terpenuhi

Tujuan dari penerapan analisis gap ini adalah, supaya target tersebut bisa dieksekusi dan dievaluasi dengan baik oleh perusahaan.

Pengertian Gap Analysis Menurut Para Ahli lainnya yang kosngosan rangkum, menurut laman investopedia, adalah suatu proses yang dimanfaatkan oleh organisasi untuk membandingkan kinerja mereka saat ini dengan kinerja yang diharapkan. Metode ini digunakan untuk memastikan bahwa sumber daya yang mereka miliki bisa dimanfaatkan secara efektif.

Menurut laman techtarget, analisis kesenjangan adalah cara penilaian kinerja suatu perusahaan, untuk menentukan apakah persyaratan dan tujuan bisnis mereka sudah terpenuhi atau tidak, dan bagaimana langkah yang harus diambil untuk memenuhinya

Baca juga : Pengertian Financial Consultant Adalah


Contoh Gap Analysis

gap analysis adalah

Nah setelah membahas mengenai pengertian atau defenisi dari Gap Analysis, sebaiknya supaya pembahasan kosngosan kali ini lebih lengkap, kita akan bahas beberapa contoh dari penerapan analisis ini.

Berikut beberapa diantaranya :


Mengidentifikasi Target Perusahaan

Mengidentifikasi target perusahaan, seperti harus mengukur bagaimana rupa sehingga bisa menunjukkan kemampuan bisnis perusahaan sekaligus realistis, sehingga tidak membebani karyawan dan sumber daya yang dimiliki perusahaan


Identifikasi Masa Depan Perusahaan

Perusahaan harus bisa mengidentifikasi tujuan mereka di masa depan seperti apa. Tahap ini harus dilakukan dengan berhati-hati, karena harus menentukan langkah strategis yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Perusahaan harus membuat tujuan yang spesifik dan terukur untuk mencapai kesuksesan jangka panjang di kemudian hari.

Dalam hal ini, disarankan perusahaan harus bisa mengidentifikasi tujuan secara kuantitas dalam satuan, yang lebih dapat dinilai dengan angka, seperti "mencapai kepuasan pelanggan 90% dalam 12 bulan".


Menggunakan data historis untuk evaluasi

Cara untuk menentukan target perusahaan untuk mengkuantifikasi performa perusahaan dengan menggunakan data,

Mulai dari data operasi, data penjualan dan juga data produksi. Dari data yang dikumpulkan, maka manajemen perusahaan akan mengenal kemampuan sumber daya yang ada.

Banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi bisnis, seperti aplikasi keuangan dan akuntansi. Sebab dengan aplikasi tersebut, manajemen perusahaan bisa mengetahui data terkini secara lebih akurat dan real time.


Menggunakan data untuk menyelesaikan masalah

Menggunakan data yang sudah dikumpulkan untuk menentukan masalah yang menyebabkan hasil kinerja perusahaan tidak sesuai dengan ekspektasi.

Setelah data terkumpul, Kamu bisa berkonsultasi dengan pihak yang terlibat untuk mendiskusikan seperti apa faktor yang menyebabkan penurunan hasil dan merumuskan strategi selanjutnya.


Contoh Studi Kasus Gap Analysis

Sebagai studi kasus contoh penerapan Gap Analysis, pendapatan perusahaan Kosngosan mengalami drop hingga 30% pada tahun 202x. Setelah diselidiki, ternyata penurunan ini karena adanya pembatasan sosial karena wabah covid19.

Perusahaan Kosngosan kemudian segera merilis program sewa venue diskon untuk pernikahan dan acara ulang tahun dengan bekerjasama dengan event organizer.

Hal ini dilakukan supaya menarik pengunjung. Agar sesuai dengan peraturan pemerintah, perusahaan kosngosan wajib memberlakukan social distancing, wajib menggunakan masker dan pemeriksaan yang ketat serta membatasi jumlah tamu yang hadir.

Baca juga : Pengertian Implementasi Sistem Adalah


Kesimpulan

GAP Analysis dikenal mampu memberikan manfaat bagi perusahaan. Sehingga metode ini banyak dimanfaatkannya untuk menjaga kondisi perusahaan tetap stabil.

Untuk mengetahui apakah sistem suatu perusahaan sudah memenuhi standar atau belum, maka diterapkanlah metode ini secara berkala.

Semoga beberapa informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk share dan bookmart halaman ini supaya kalian bisa berkujnung kembali. terimakasih

Oleh rezaharahap