Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Wipe Data dan Cara Mengembalikannya

Banyak ahli servis smartphone yang menyarankan untuk melakukan wipe data ketika hp mengalami masalah. Sebenarnya apa pengertian wipe data? Sebelum membahasnya, kita harus tahu dulu apa fungsinya. Kamu bisa mengembalikan format data di ponsel kembali seperti semula ke setelan pabrik dengan wipe data. Cara ini bisa jadi solusi kalau HP mu mengalami error, terkena virus atau malware dan sebagainya.

Istilah Wipe data juga masih asing dan belum sepenuhnya dimengerti oleh sebagian pengguna smartphone awam. Oleh karena itu, kosngosan akan membahasnya lebih lengkap pada kesempatan kali ini.

Sebagai pengguna smartphone android dan iphone, alangkah baiknya memahami dengan baik istilah wiping data, supaya kamu tidak salah kaprah dan mampu menemukan solusi yang baik jika terjadi kendala pada ponsel-mu.


Pengertian Wipe Data Adalah

pengertian wipe data adalah

Wipe data adalah serangkaian proses kegiatan menghapus seluruh data yang tersimpan pada perangkat Android baik itu berupa foto, berkas, video, lagu, dokumen, database dan lain sebagainya, yang bertujuan untuk mengembalikan seluruh setelan ke mode default (mode ketika hp pertama kali dibeli)

Menurut situs gartner, Wiping Data adalah proses menghapus data secara logis dari media perangkat, sehingga tidak dapat dibaca lagi. Dilakukan secara eksternal dengan menghubungkan media penyimpanan secara fisik ke perangkat keras penghapusan massal, atau secara internal dengan mem-boot perangkat

Menurut laman seamservices, Wipe data adalahproses menimpa data pada hard drive tertentu sedemikian rupa sehingga data asli tidak dapat dibaca. Wiping data membuat data tidak dapat dibaca, tetapi tidak menghapus data secara total (masih bisa di recovery pakai aplikasi tertentu)

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap perangkat pintar seperti smartphone tidak akan terus menerus sistemnya berjalan dengan baik dan lancar.

Pasti suatu saat akan mengalami bug, error, ataupun hang yang menyebabkan ponsel perlu penanganan lebih lanjut agar tetap bisa digunakan.

Wipe data umumnya merupakan opsi paling terakhir yang biasa disarankan untuk menghilangkan bug atau error yang mengganggu sistem ponsel.

Biasanya sobat kosngoꜱan melakukan wipe data ketika ingin menjual, mengembalikan, memberikan hp mereka pada orang lain, atau ketika perangkatnya sudah ngebug tak tertolong.

Wipe data sangat membantu dan mampu membuat ponsel menjadi lebih lega dan kosong seperti baru sebab telah kembali settingan pabrik.

Lalu, ketika seluruh data telah di wipe, bisa nggak sih data tersebut dipulihkan dan dikembalikan lagi? Jawabannya bisa. Kamu tidak perlu khawatir seluruh data pentingmu hilang ya. Berikut kita akan membahasnya bersama.

Wipe Data HP adalah proses menghapus data dari perangkat penyimpanan HP, yang mana melibatkan penimpaan perangkat penyimpanan pada perangkat seluler dengan metode yang tidak bisa dipulihkan kembali. Prosedur ini membuat tidak mungkin untuk memulihkan data, bahkan setelah menggunakan perangkat lunak Recovery yang andal sekalipun. Jadi, jika kamu berencana untuk menjual atau memberikan HP mu ke orang lain, menghapus perangkat menggunakan cara Wipe Data adalah cara yang tepat.


Video Wipe Data HP

Ini video yang sudah kosngosan upload di channel youtube untuk wipe data hp samsung. kalau untuk brand lain mungkin bisa menyesuaikan yaa

Baca juga : Kelebihan NFC pada HP


Cara Mengembalikan File HP yang Wipe Data

Meski sudah dihapus secara massal, data ponsel yang telah di wipe sebenarnya masih bisa dipulihkan dengan bantuan tool, dan banyak cara lainnya.

Sebab wipe data hanya membuat data – data itu tidak terlihat alias tidak benar – benar terhapus sepenuhnya. Namun walaupun begitu, proses pemulihan data ini sebenarnya tidak begitu mudah

Dan malah terkesan sulit bagi orang awam. Kebanyakan data yang pulih pun sebagian besar telah corrupt, rusak, dan sulit untuk diakses dengan maksimal.

Kamu bisa memanfaatkan tool data recovery yang ditawarkan pada beberapa website di Google, atau aplikasi Playstore. Namun hal ini juga bersifat hoki – hokian karena menyita cukup banyak tenaga, waktu, dan biaya.

Oleh karena itu, jika sobat kosngosan memutuskan untuk melakukan wipe data, pastikan telah mempertimbangkan segala faktor dengan baik.

Jika dirasa data pada ponsel masih cukup penting dan ada kemungkinan untuk dibutuhkan lagi di masa depan, lebih baik untuk melakukan back up secara regular melalui manual back up atau cloud back up yang tersedia pada masing – masing settingan perangkat.

Berikut merupakan cara umum untuk melakukan wipe data ponsel :

1. Buka setting atau pengaturan

2. Klik sistem, lalu scroll sampai menemukan menu advanced, drop down

3. Pilih opsi “Erase all data”

4. Klik reset ponsel, masukkan PIN, dan hapus semuanya.

5. Pastikan sebelum melakukan wipe data ini, kamu telah memback up seluruh data ke tempat yang aman.

Berikut cara memulihkan data yang hilang setelah di “wipe data”


Cara Mengembalikan Data Ke Reset dari Menu Pengaturan

Memulihkan data yang hilang bisa menggunakan akun Google yang berbeda sekalipun untuk mengembalikan ponsel yang telah di wipe data.

Caranya, masuk ke pengaturan atau menu setting, pilih akun, dan tambahkan akun baru. Selanjutnya, kamu bisa pilih Google dan login kembali pada akun Google yang kamu gunakan sebelumnya.

Setelah berhasil masuk, lakukan sinkronisasi akun Google dengan ponsel yang sudah kamu wipe data atau atur ulang agar bisa mengembalikan kontak, data, dan dokumen yang hilang.

Untuk mengembalikan foto, video, dan album pada galeri lainnya, kamu bisa menggunakan Google Photos.


Cara Mengembalikan Data Hilang Setelah Di Wipe dari Akun Google

Seluruh data yang tersimpan pada ponselmu tentunya tergolong penting dan memiliki kemungkinan besar untuk kamu butuhkan lagi.

Oleh karena itu, pastikan kamu melindunginya dengan baik. Data dan dokumen tersebut bisa kamu cadangkan pada akun Google yang tertaut pada perangkatmu.

Untuk melakukan cara ini, pastikan akun Googlemu tersebut telah sinkron dan terhubung pada semua data yang ada di ponsel.

Proses back up biasanya juga berjalan secara otomatis dan berkala dalam jangka waktu tertentu. Kamu nantinya juga bisa mengatur akun Google kembali pada ponsel yang telah kamu reset.


Cara Mengembalikan Data yang Hilang Menggunakan Software

Bagaimana jika kamu tidak pernah atau belum sempat melakukan back up sama sekali dan ponselmu sudah terlanjut di wipe data?

Solusi terbaik yang bisa kamu coba untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan bantuan program atau software tertentu.

Ada banyak sekali rekomendasi software yang bisa sobat koꜱngosan gunakan, contohnya adalah Gihosoft Android Recovery.

Kamu bisa memasang program software ini di laptop atau PC yang kamu miliki. Setelah itu, hubungkan ponsel ke laptop dengan bantuan kabel USB. Pastikan juga USB debugging pada Android sudah aktif untuk mempermudah proses selanjutnya.

Kemudian, software yang terpasang pada laptop tadi akan mulai bekerja untuk memulihkan file dan data yang telah terhapus di Android akibat wipe data yang kamu lakukan secara sengaja maupun tidak sengaja.


Cara Mengembalikan Data Hilang Setelah Di Wipe pakai Akun Samsung

Ada kabar baik untuk pengguna Smartphone Samsung karena pada perangkat ini, telah terdapat cara untuk mengembalikan data yang hilang akibat reset pabrik atau aktivitas wipe data.

Caranya adalah, tambahkan akun Samsung pada perangkatmu untuk melakukan pencadangan atau back up data yang tersimpan pada ponsel.

Pertama, aktifkan fitur back up terlebih dahulu, pastikan semua data yang tersimpan telah tercadangkan dengan aman dan bisa dipulihkan lagi nantinya.

Setelah melakukan reset, kamu bisa melakukan restore data melalui pengaturan ponsel, lalu klik akun, pilih Samsung Account yang sudah tertaut dengan ponsel, lalu klik restore data. Tunggu beberapa saat untuk mulai mengembalikan data – datamu yang hilang.


Cara Mengembalikan Data yang Hilang pakai Aplikasi

Berikut daftar aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan data yang hilang setelah melakukan wipe data pada perangkatmu :


EXT Recovery

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang diklaim dapat mengembalikan data yang hilang setelah proses reset.

Banyak orang yang menggunakan dan merekomendasikan aplikasi ini sebagai solusi untuk memulihkan data mereka yang terhapus.

Namun sayang, aplikasi ini tidak tersedia dalam versi gratis sehingga kamu perlu membelinya terlebih dahulu untuk dapat menggunakannya.


Restore Image (Super Easy)

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan pada Google Play Store secara gratis dan menariknya lagi, kamu tidak perlu melakukan proses root terlebih dahulu pada perangkat.

Untuk mengembalikan data yang hilang, kamu hanya perlu melakukan instalasi, kemudian buka aplikasi dan aktifkan menu “search the image you want to restore”.

Silahkan tunggu beberapa saat hingga proses scanning selesai. Selanjutnya, kamu bisa memilih foto mana yang ingin kamu pulihkan.


DiskDigger

Selain dapat mengembalikan data yang hilang karena proses reset, aplikasi ini dinilai juga dapat mengembalikan seluruh data lainnya bahkan sebelum kamu menginstall aplikasi ini.

Hanya saja untuk penggunaannya, kamu perlu melakukan proses rooting terlebih dahulu pada Android supaya berjalan lebih maksimal.


Kata Penutup

Semoga pengertian dan cara wipe data ulang hp Android dari kosngosan diatas bisa dilakukan dengan benar oleh kalian ya.

Tujuannya memang untuk menutup dan membuka kembali sistem operasi supaya secara default bisa kembali normal. Jangan lupa share artikelnya, dan bookmart halaman ini untuk berkunjung kembali jika ada perlu.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya