Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menerima SMS Tanpa Kartu SIM Terbaru

Bagaimana cara menerima sms jika kartu sim mu hilang atau tiba tiba hilang sinyal? Pertanyaan semacam itu sering sekali dikemukakan oleh pengguna HP di Indonesia. 

Misalnya kamu ingin menerima kode verifikasi dari nomor yang telah hilang, apakah  memungkinkan? Sebenarnya ada beberapa trik untuk mengakalinya. Kali ini kosngosan akan membahas selengkapnya untuk kalian.

Ketika kita lupa atau tidak sengaja mengabaikan kartu sim utama (karena keseringan menggunakan paket data), terkadang kita tidak sadar kalau masa aktif kartu sudah mencapai masa tenggang. 

Bahkan yang lebih parahnya lagi, sampai kartu hilang masa aktifnya baru kita sadar kalau belum isi pulsa. Ini sering sekali menjadi faktor penyebab kenapa orang mencari tau tersebut. 

Karena sudah banyak akun media sosial dan aplikasi chatting yang telah terdaftar pakai nomor simcard utama. Sehingga kalau nanti login kembali, pasti aplikasi tersebut meminta sms verifikasi, sedangkan kartu sim nya sudah mati. Jadi bagaimana solusinya?

Ada banyak pilihan. Salah satunya kamu bisa menggunakan jasa terima sms online (tapi ini tidak kami rekomendasikan). 

Pilihan lain yang bisa jadi alternatif adalah daftar nomor telepon yang sudah tidak aktif lagi ke kantor cabang provider kartu yang kamu gunakan.


Cara Menerima SMS tanpa kartu SIM

Cara Menerima SMS Telepon tanpa kartu SIM

Sebenarnya ada beberapa cara menerima pesan tanpa kartu sim. Termasuk cara mendapatkan nomor kosong tanpa aplikasi. Kalau kamu hanya ingin mendaftar akun baru (bukan login kembali pakai no hp yang sudah lama mati) itu mudah. 

Disini kita bahas dulu cara pertama, baru nanti kita bahas cara menerima sms pakai nomor hp lama yang sudah tidak aktif lagi ya!


Menggunakan Virtual Number dari Jasa Pihak Ketiga

Maksud dari pihak ketiga apa? Intinya kamu pakai tool yang disediakan oleh pihak ketiga, dimana kamu tidak perlu lagi membeli kartu sim baru. 

Kamu cukup pakai (ada yang gratisan dan berbayar) tool dan jasa dari mereka, berupa virtual number atau nomor virtual.

Nomor virtual ini biasanya menyediakan layanan virtual number yang dapat digunakan untuk free call and sms, menerima kode verifikasi berupa SMS (receive sms online) atau Panggilan telepon dari berbagai negara. 

Jadi sangat cocok buat kalian yang ingin membuat akun baru tanpa repot membeli kartu sim baru lagi (tapi jangan digunakan untuk spam ya) dan bisa juga buat hack sms verification, login gmail tanpa verifikasi dan banyak lagi.


Daftar Penyedia Virtual Number

Beberapa jasa terima sms dan panggilan online tanpa kartu sim, baik dari penyedia luar dan dalam negeri, akan koꜱngosan rangkum dibawah ini untuk kalian

Sehingga kalian bisa jadikan sebagai referensi kalau ingin menggunakan mereka untuk kepentingan mu :


1. Text Plus – Free Text and Calls

Ini adalah aplikasi dan situs yang memungkinkan kamu tidak perlu lagi bentuk fisik dari kartu SIM untuk bisa menggunakan dan mendapatkan nomor HP di negara tertentu. 

Cukup dengan menginstal aplikasi ini atau mengunjungi situsnya, dan jadikan alternatif untuk cara menerima SMS dari nomor yang sudah tidak aktif lagi


2. Sms-online.co

Ini adalah website layanan yang memberikan nomor gratis sementara yang digunakan untuk menerima SMS secara online, terutama sebagai alat penerima kode OTP verifikasi akun. 

Tapi biasanya kalau kamu ingin pakai untuk akun tertentu, harus berbayar karena demi mendapatkan layanan premium yang tidak semua orang pakai

Ada juga beberapa layanan website penerima sms online lainnya seperti :

  • receive-smss dot com
  • receivesms dot co
  • smsreceivefree dot com
  • sms24 dot me
  • receive-sms dot cc
  • getfreesmsnumber dot com

3. Freeje Virtual SIM - International Bussiness Number

Aplikasi ini bisa kamu install di android dan dipergunakan untuk cara menerima SMS tanpa kartu SIM dengan mudah dan hanya butuh waktu 15 detik untuk melakukan konfigurasi. 


4. ID TEXPRESS

ID Texpress banyak digunakan untuk membuat nomor virtual khusus buat orang Indonesia. Tapi kamu juga bisa membuat nomor luar negeri dengan sejumlah pilihan negara. 

Ini adalah salah satu cara menerima SMS tanpa kartu SIM yang kami rekomendasikan


5. SMSPVA

SMSPVA adalah salah satu jasa yang bisa kalian gunakan untuk mendapatkan nomor HP secara virtual sehingga bisa sobat kosngoꜱan gunakan untuk menerima pesan SMS atau panggilan dari nomor yang sudah mati sekalipun. Kunjungi saja situs nya dengan ketik di google


Mengaktifkan Ulang Kartu SIM

Salah satu cara menerima kode verifikasi dari nomor yang hilang adalah dengan pergi ke kantor cabang penyedia provider kartu sim yang bersangkutan dan utarakan permasaahanmu kalau kartu sim mu hilang atau sudah mati masa aktif-nya. 

Nantinya customer service akan memberikan beberapa solusi untuk kamu lakukan. Perlu diperhatikan, pengajuan harus dilakukan sendiri, tidak dapat diwakilkan. 

Nah nanti jika disetujui, maka proses pengaktifan kartu lama sudah selesai.


Mengaktifkan Ulang Kartu pakai Layanan Otomatis

Ada cara lain kalau kamu ingin mengaktifkan kartu sim yang sudah lama mati tapi malas ke kantor cabang terdekat. Kamu bisa pakai beberapa sistem yang sudah disediakan oleh penyedia provider, diantaranya :

Telkomsel

Mengaktifkan Kartu Telkomsel dengan mengunjungi kode dial up *888*89# dengan menggunakan nomor yang mati, kemudian pilih opsi 1 berupa 'Reaktivasi Kartu', kemudian pilih opsi 1 berupa 'Setuju' dan masukkan NIK KTP dan KK

Setelah selesai, Telkomsel akan mengirim SMS pemberitahuan apakah nomor HP bisa diaktifkan atau tidak

(Biasanya kalau tidak bisa, itu dikarenakan kartu sudah terlalu lama kadaluarsa sehingga tidak memungkinkan lagi untuk diaktifkan, dan solusi satu satunya adalah kamu ganti nomor baru)


Penutup

Terakhir buat sobat kosngosan, harus tahu bahwa nomor itu memiliki batas kadaluarsa, apabila pulsa mu tidak diisi ulang jadinya suatu saat akan dinonaktifkan. 

Artikel yang kalian ikuti diatas mengenai cara menerima SMS dari nomor yang sudah tidak aktif menjadi cukup sulit dilakukan jika simcard mu memang sudah lama tidak aktif

Tapi dengan mengupayakan beberapa cara diatas, semiga kamu bisa mengaktivasi-nya kembali. Semoga bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share dan bookmart dulu halaman ini supaya kalian bisa berkunjung kembali jika ada perlu, terimakasih!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya