Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menolak Paket COD tanpa di Banned

Bagaimana cara menolak barang belanjaan yang dibeli pakai sistem COD ke kurir? Belanja online saat ini menawarkan berbagai kemudahan cara membayar. Kamu dapat membayar melalui ATM, alfamart/indomart, m-bangking, kredit, maupun bayar di tempat.

Pembayaran paket saat datang seringkali disebut dengan sistem pembayaran di tempat atau COD (cash on delivery). Hal ini memberi kemudahan dan kenyamanan bagi pembeli yang berbelanja seperti di shopee, tokopedia, lazada, bukalapak, blibli, jd id dan marketplace lainnya.

Namun tak jarang saat sobat kosngosan membeli COD, kita berkeinginan membatalkan atau menolak pemesanan paket. Kamu tak perlu khawatir karena paket COD juga bisa di tolak dengan cara yang baik.


Faktor Penyebab Alasan Penolakan Barang COD

Ada beberapa alasan yang menyebabkan paket COD ditolak oleh pembeli. Berikut empat alasan paket COD ditolak.


1. Barang rusak

Kerusakan barang memang menjadi resiko yang cukup besar apalagi jika jarak yang ditempuh paket cukup jauh dan barang termasuk katagori rentan pecah.

Namun memang tidak jarang kerusakan terjadi di penjual. Oleh karena itu, sobat koꜱngosan sebagai pemebli menolak untuk membayar dan mengambil paket COD.


2. Isi tidak sesuai

Hal yang juga sering menjadi alasan penolakan paket COD adalah isi yang tidak sesuai dengan yang di pesan. Isi paket yang tak sesuai bisa jadi mencakup warna barang atau produk yang berbeda.

Jika stok barang habis, biasanya penjual akan menggantinya dengan warna yang lain atau produk lain tanpa berkonsultasi dengan pembeli. Hal inilah yang membuat pembeli menolak paket COD.


3. Tidak memesan paket itu

Terkadang ada alasan lain yang memang cukup sering. Pembeli tidak merasa membeli paket tersebut. Hal ini bisa jadi karena paket dibeli menggunakan alamat orang lain

Sedangkan pembeli tidak memberitahukan hal tersebut pada orang yang bersangkutan. Ada juga kasus dimana HP orang tua digunakan anak-anak membeli online tanpa diperhatikan orang tua.

Alhasil ketika paket datang, orang tua baru mengetahui jika anaknya menggunakan HPnya untuk berbelanja online.


Tips Menolak Barang COD sebelum Dikirim

cara menolak barang cod

Bagaimana cara menolak paket COD? Simaklah ulasan berikut ini. Menolak paket COD sebelum dikirim memang membutuhkan kerjasama antara penjual dan pembeli.

Komunikasi yang baik dan alasan yang logis dapat digunakan saat Kamu akan menolak paket COD. Apa saja langkah yang perlu dilakukan?


1. Pertimbangkan alasan menolak paket

Alasan penolakan paket beragam dan ungkapkan saja kondisi sebenarnya selama alasan itu logis. Pertimbangkan juga apakah Kamu benar-benar akan membatalkan paket itu atau tidak.

2. Kontak penjual

Jika keputusan membatalkan paket sudah dipertimbangkan dengan baik, segera kontak penjual. Saat sobat kosngosan mengontak penjual, lampirkan juga nomor pemesanan


3. Lakukan pembatalan pemesanan melalui aplikasi

Setelah mengontak penjual dan saling menyetujui, segera ajukan pembatalan pemesanan melalui aplikasi toko online yang dipakai. Ingat persetujuan penjual tidak menyebabkan paket COD Kamu batal dikirim.

Hanya setelah pembatalan melalui aplikasi diajukan dan disetujui oleh penjual, paket COD tidak akan dikirim. Penjual dapat mengontak kurir mengenai paket dibatalkan dan paket akan dikembalikan kepada penjual.


Cara Menolak Paket COD setelah diantar Kurir

Setelah paket dikirimkan, meskipun terbilang ribet namun Kamu masih bisa menolak paket COD. Berikut adalah cara menolak paket COD yang telah dikirim.


1. Kontak penjual

Penolakan paket COD tidak hanya melibatkan pembeli, namun juga penjual. Kesepakatan kedua belah pihak akan memudahkan urusan penolakan paket COD.

Jadi sebelum melakukan pembatalan paket COD sebaiknya Kamu kontak penjual terlebih dahulu. Kebanyakan penjual akan menolak untuk membatalkan paket karena akan merugikan pihak penjual.

Jadi lebih baik sepakati terlebih dahulu, karena jika tidak dikontak terlebih dahulu dan menjelaskan alasan penolakan paket COD, akan menyebabkan pengajuan pembatalan paket COD di aplikasi ditolak.


2. Lakukan pengembalian paket COD

Jika paket ternyata sudah sampai Kamu tetap harus melakukan pembayaran paket COD. Akan tetapi, Kamu dapat mengajukan pengembalian paket COD dengan bukti video dan foto.

Setiap aplikasi e-commerce memiliki fitur pengembalian paket COD dengan alasan yang masuk akal. Jika alasan sobat kosngoꜱan hanya karena khilaf atau tak tertarik lagi

Hal tersebut tidak dianggap sebagai alasan yang logis. Jika pengembalian paket COD disetujui, maka sampaikan pada pihak kurir dengan menunjukkan bukti pengembalian paket COD sudah disetujui.


Cara Menolak Paket COD di Shopee

Ada cara yang dapat dilakukan untuk menolak paket COD sebelum atau sesudah dikirim. Kedua kondisi ini membutuhkan persetujuan dari penjual.


1. Mengajukan pembatalan paket

Jika paket COD belum dikirim bukalah aplikasi Shopee. Pilih fitur “halaman saya” dan pilih opsi “dikemas”.

Klik pada paket COD yang ingin dibatalkan dan tekan tombol “batalkan pesanan”. Sertakan alasan yang logis dan ajukan pembatalan untuk barang yang telah dipesan.

Terakhir, pilih “konfirmasi pembatalan” dan tunggu persetujuan penjual. Pembatalan pemesanan ini dapat dilakukan jika paket belum dikirim ke kurir


2. Mengajukan pengembalian paket COD

Jika paket COD terlanjur diterima, Kamu juga dapat melakukan penolakan paket COD dengan cara pengembalian paket COD.

Caranya buka akun Shopee Kamu dan pilih fitur “saya”. Kemudian tekan fitur “Dikirim” dan pilih barang yang ingin sobat kosngosan kembalikan. Jelaskan alasan pengembalian barang, sertakan video ketika Kamu membuka paket.

Usahakan alasan sesuai dengan kondisi paket apakah rusak, produk tidak sesuai, atau tidak asli. Selanjutnya pilih fitur “pilih solusi”.

Biasanya ada dua opsi yang ditawarkan yaitu pengembalian barang dan dana atau pengembalian dana sebagian tanpa mengembalikan produk.

Setelah itu klik “kirim” dan “konfirmasi”. Setelah ajukan pengembalian paket COD tunggu konfirmasi dari penjual. Ada baiknya Kamu menghubungi penjual sebelum melakukan pengembalian produk.


Cara Menolak Paket COD Tokopedia

Saat ini masing-masing aplikasi penjualan online terutama Tokopedia menyediakan layanan pengembalian barang dengan menyertakan alasan yang jelas. Caranya hampir sama dengan Shopee hanya saja nama fitur berbeda.


1. Sebelum paket COD dikirim

Untuk mengajukan pembatalan pada marketplaces Tokopedia, jika Kamu menggunakan desktop. Masuk ke laman Tokopedia dengan akunmu, klik tombol lonceng (notifikasi) dan pilih “status pemesanan”.

Pilih pesanan yang akan dibatalkan, sertakan alasan pembatalan paket COD, dan pilih “buat komplain”. Kemudian akan muncul pop up, pilih “ya”, dan tunggu konfirmasi.


2. Setelah paket COD diterima

Adapun cara mengajukan pengembalian dana dan barang karena isi yang tidak cocok, barang rusak, atau kurang jumlah, Kamu dapat mengikuti langkah berikut.

Klik “status pemesanan” dan tekan “pilih solusi”. Selanjutnya, upload bukti alasan penolakan paket berupa video atau foto.

Selanjutnya, tekan “buat komplain” dan tunggu pop up muncul. Setelah pop up muncul tekan “ya” dan tunggu konfirmasi dari penjual. Jika 3x24 jam belum ada respon dari penjual, Kamu dapat ajukan “minta bantuan” pada Customer Care di Tokopedia.

Baca juga : Contoh Testimoni Shopee dan Tokopedia


Kata Penutup

Demikian ulasan mengenai cara menolak paket COD yang baik dan benar. Ada baiknya pembeli maupun penjual mengikuti prosedur yang berlaku, sehingga memberi kenyamanan pada kedua belah pihak.

Semoga beberapa informasi dari kosngosan diatas bisa menjadi referensi buat teman teman sekalian. Berbelanja lah dengan bijak, dan telitilah barang belanjaan mu sebelum membeli.

Oleh rezaharahap