Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menolak Tawaran Kerja di LinkedIn

Bagaimana cara menolak tawaran kerja di linkedin? Kamu butuh alasan yang logis dan cara yang halus untuk menolak tawaran loker yang diberikan kepadamu melalui sosmed seperti ini. Dan pada kesempatan kali ini, kosngosan akan mencoba memberikan beberapa alasannya untuk kamu.

Saat ini, penggunaan jaringan internet membuat kita bisa dengan mudah mencari informasi lowongan kerja. Ada berbagai macam aplikasi dan jaringan yang berbasis internet yang menyediakan info loker. Semua informasi termasuk lowongan pekerjaan (loker) dapat diakses dengan mudah.

LinkedIn adalah salah satu aplikasi sekaligus sosial media yang cocok bagi sobat dan sedang mencari loker untuk magang, bekerja, memperkuat jaringan profesional, atau mempelajari keterampilan untuk penunjang karir.

Jika kamu mendapatkan tawaran kerja lebih dari satu, Kamu harus memilih salah satu dan menolak tawaran kerja lainnya.

Kamu tentu tak ingin meninggalkan kesan buruk meskipun ingin menolak pekerjaan tersebut. Jadi ada beberapa cara yang dapat kalian gunakan untuk menolak tawaran kerja di LinkedIn. Simaklah ulasan berikut ini.

Apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum menolak tawaran kerja di linkedin tersebut? Jika menerima tawaran kerja lebih dari satu, sobat kosngosan mungkin akan bingung untuk memutuskan tawaran kerja mana yang akan ditolak.

Jadi sebelum menolak tawaran kerja ada baiknya kamu mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

1. Lokasi penempatan

Sebelum menerima atau menolak tawaran kerja diputuskan, Kamu sebaiknya mempertimbangkan lokasi penempatan kerja.

Lokasi penempatan bisa sudah diinformasikan sebelum melamar kerja, bersedia ditempatkan di wilayah A, atau bersedia ditempatkan di daerah manapun di Indonesia.

2. Biaya hidup di sekitar lokasi kerja

Biaya hidup di sekitar lokasi penempatan kerja juga perlu dipertimbangkan. Hal ini bermanfaat untuk memperkirakan apakah besar gaji sesuai dengan kebutuhan hidup di lokasi kerja.

3. Nominal Gaji

Masalah gaji biasanya akan lebih spesifik sebelum penanda tanganan kontrak, namun ada juga loker yang telah menentukan gaji secara langsung saat informasi loker diunggah.

Dengan mengetahui besar gaji, Kamu akan dapat mempertimbangkan apakah gaji tersebut cukup atau tidak untuk biaya hidup atau sesuai dengan standar UMR daerah tersebut.


Cara Menolak Tawaran Kerja di Linkedin

Cara Menolak Tawaran Kerja di LinkedIn

Meskipun penolakan dilakukan melalui Linkedin, Kamu sebaiknya menggunakan cara yang baik dan halus dalam menolak tawaran kerja.

Berikut adalah cara menolak tawaran kerja yang baik dan halus di Linkedin.


Langkah 1 :

Misalnya kamu mendapatkan permintaan pesan dari orang baru, atau justru dapat pesan personal dari koneksi. Permintaan pesan memungkinkan sobat kosngosan mengirim pesan ke orang yang tidak terhubung denganmu di LinkedIn.

Tapi syaratanya harus berada di grup yang sama, bagian dari acara yang sama, perusahaan yang sama, dan kamu memiliki profil “Open to work”.


Langkah 2 :

Buka profil Linkedin kamu lewat aplikasi di hp atau kunjungi website nya langsung dihttps://id.linkedin.com

Kemudian pilih Koneksi. Nah pada bagian ini, nantinya kamu akan mendapatkan pesan baru dari orang lain, dan klik untuk membuka pesan tawaran kerja tersebut.


Langkah 3 :

Silakan sobat kosngosan klik tombol balas, untuk mengirim pesan kembali kepada si pemberi tawaran kerja lewat personal message


Langkah 4 :

Bagaimana kalau kamu terlanjur sudah mengirim CV kepada HRD atau pemilik perusahaan?Misalnya kalau di lowongan nya jelas jelas si HRD memberi informasi untuk langsung mengirimkan CV di DM

Dan kamu sudah terlanjur kirim, dan dalam beberapa waktu kedepan si HRD memberikan tawaran kerja tersebut, sedangkan kamu saat ini sudah tidak membutuhkan lowongan kerja itu lagi

Maka sobat kosngosan bisa langsung menyampaikan pesan pembuka terlebih dahulu, kemudian mengutarakan penolakan mu dengan memberikan alasan yang halus dan logis (kamu bisa lihat contoh alasan penolakannya pada bagian bawah artikel ini)


Berikan Jawaban Sesegera Mungkin

Jika Kamu mendapat tawaran kerja, usahakan untuk memberi jawaban sesegera mungkin, apalagi jika Kamu ingin menolak tawaran kerja itu.

Memberi jawaban sesegera mungkin pada tawaran kerja yang Kamu tolak akan memudahkan HRD untuk menyeleksi pelamar lainnya.


Sampaikan bahwa Kamu Menghargai Kesempatan Itu

Dalam menolak tawaran kerja, usahakan untuk menyampaikan rasa terima kasih dan bahwa Kamu menghargai tawaran kerja yang diberikan. Hal ini untuk meninggalkan kesan baik, meskipun Kamu bermaksud menolak tawaran kerja tersebut.


Berikan Alasan Jelas dan Logis sebelum Menolak Tawaran Kerja

Bagi Kamu yang ingin menolak tawaran kerja, ada baiknya Kamu mencantumkan juga alasan yang jelas dan logis.

Alasan menolak pekerjaan bisa bervariasi tergantung kondisi pelamar, seperti jarak yang jauh, gaji yang tak sesuai, sudah bekerja sebelum tawaran kerja itu dikabarkan, dan lainnya.


Memberikan Penutup

Berikan kata penutup yang baik dengan menunjukkan rasa hormat. Penutup dapat berupa ucapan terima kasih, salam, atau kata hormat saya. Ucapan salam juga disarankan setelah memberikan pesan di personal message linkedin mu.


Menawarkan Kerjasama Dikemudian Hari

Selain itu, kamu juga wajib menyatakan pada bagian penutup, bahwa kamu terbuka dengan peluang kerjasama dengan pihak yang menawarkan loker tersebut.

Hal ini bisa memberikan kamu kenalan baru yang akan bermanfaat nantinya dalam dunia kerja. Siapa tahu nanti kamu butuh bantuannya untuk memasarkan produk, atau perusahaan kalian bisa menjalin kontrak kerja yang berawalan dari tawaran kerja.


Contoh Surat Menolak Tawaran Kerja di Linkedin

Cara menolak tawaran kerja di LinkedIn tak berbeda jauh dari email atau telpon. Kamu dapat menjadikan contoh menolak tawaran kerja di bawah ini sebagai referensi.


1. Contoh Surat Balatan Menolak karena Gaji tak sesuai ekspektasi

Berikut contoh jawaban yang dapat kamu gunakan untuk menolak tawaran kerja jika gaji tidak sesuai.

Kepada Yth (nama HRD/hiring manager)

Di Tempat

Saya ucapkan terima kasih sudah mempertimbangkan saya menjadi (jabatan yang ditawarkan) di (nama lembaga atau perusahaan). Selain itu, terima kasih juga saya ucapkan atas kesempatan wawancara dan tawaran kerja.

Setelah saya pertimbangkan dengan cermat, saya mohon maaf karena tidak dapat menerima tawaran kerja yang diberikan (Bapak/Ibu). Hal ini saya lakukan sesuai pertimbangan besaran gaji tidak sesuai ekspektasi.

Saya sangat berharap (nama lembaga/perusahaan) mendapatkan karyawan terbaik untuk memegang posisi ini.

Hormat saya,

(nama)


2. Contoh Surat Balatan Menolak karena Karena telah diterima bekerja di perusahaan lain

Berikut contoh jawaban yang dapat kamu gunakan untuk menolak tawaran kerja jika kamu sudah bekerja di tempat lain.

Kepada Yth (nama HRD/hiring manager)

Di Tempat

Terima kasih sudah memberikan tawaran kerja sebagai (jabatan yang ditawarkan) di (nama lembaga atau perusahaan).

Saya telah mempertimbangkan tawaran kerja yang (Bapak/Ibu) tawarkan, namun dengan berat hati saya tidak dapat menerima tawaran kerja tersebut. Alasan saya menolak tawaran kerja ini dikarenakan saya sudah berkerja di (perusahaan). Saya berharap (Bapak/Ibu) dapat memaklumi alasan saya.

Saya sangat berharap (nama lembaga/perusahaan) memperoleh kandidat terbaik untuk memegang posisi ini.

Hormat saya,

(kosngosan)


3. Menerima tawaran kerja lain

Berikut contoh jawaban yang dapat kamu gunakan untuk menolak tawaran kerja jika kamu menerima tawaran kerja lain.

Kepada Yth (nama HRD/hiring manager)

Di Tempat

Saya ucapkan terima kasih sudah mempertimbangkan saya menjadi (jabatan yang ditawarkan) di (nama lembaga atau perusahaan). Selain itu, terima kasih juga atas kesempatan wawancara dan tawaran kerja.

Setelah saya pertimbangkan dengan cermat, saya mohon maaf karena tidak dapat menerima tawaran kerja yang diberikan (Bapak/Ibu). Alasan saya tidak dapat mengisi posisi ini dikarenakan saya telah menerima tawaran kerja lain yang sesuai dengan minat serta keterampilan saya di (bidang).

Saya sangat berharap (nama lembaga/perusahaan) mendapatkan karyawan terbaik untuk memegang posisi ini.

Hormat saya,

(kosngosan)


4. Lokasi penempatan yang jauh

Berikut contoh jawaban yang dapat kamu gunakan untuk menolak tawaran kerja jika lokasi kerja jauh.

Kepada Yth (nama HRD/hiring manager)

Di Tempat

Saya ucapkan terima kasih sudah mempertimbangkan saya menjadi (jabatan yang ditawarkan) di (nama lembaga atau perusahaan). Selain itu, terima kasih juga saya ucapkan atas kesempatan wawancara dan tawaran kerja.

Saya telah mempertimbangkan dengan matang atas tawaran kerja yang ditawarkan. Akan tetapi, saya mohon maaf karena tidak dapat menerima tawaran kerja ini. Hal ini dikarenakan lokasi penempatan yang cukup jauh.

Saya sangat berharap (nama lembaga/perusahaan) mendapatkan karyawan terbaik untuk memegang posisi ini.

Hormat saya,

(kosngosan)


5. Tidak sesuai dengan posisi

Berikut contoh jawaban yang dapat kamu gunakan untuk menolak tawaran kerja jika posisi yang ditawarkan tidak sesuai.

Kepada Yth (nama HRD/hiring manager)

Di Tempat

Saya ucapkan terima kasih sudah mempertimbangkan saya menjadi (jabatan yang ditawarkan) di (nama lembaga atau perusahaan).

Setelah dipertimbangkan dengan cermat, saya mohon maaf karena tidak dapat menerima tawaran kerja yang diberikan (Bapak/Ibu). Hal ini dikarenakan posisi tersebut tidak sesuai dengan tujuan karir dan aspirasi saya.

Sekali lagi terima kasih atas tenaga dan waktu selama rekrutmen. Saya harap (nama perusahaan) mendapat calon terbaik untuk posisi ini.

Hormat saya,

(kosngosan)

Baca juga :Cara Tolak Tawaran Kerja Whatsapp


Alasan Menolak Tawaran Kerja Linkedin

Ada beberapa alasan yang dapat digunakan untuk menolak tawaran kerja di linkedin. Adapun alasannya adalah sebagai berikut:


1. Jarak yang jauh

Jarak yang jauh bisa jadi alasan yang penting, sehingga sobat kosngosan menolak tawaran kerja di LinkedIn. Hal ini tentu menjadi pertimbangan karena jarak yang jauh membutuhkan pengeluaran yang lebih tinggi.

Apalagi jika Kamu harus mengontrak atau kos di sekitar tempat kerja. Belum lagi biaya hidup sehari-hari yang perlu kamu habiskan.


2. Sudah bekerja di tempat lain

Menolak tawaran kerja juga bisa disebabkan karena telah bekerja. Hal ini sering terjadi karena pemberitahuan tawaran kerja datang lebih lambat dibandingkan tawaran kerja lainnya.

3. Gaji tidak sesuai

Gaji yang tidak sesuai juga dapat menjadi salah satu alasan Kamu menolak pekerjaan. Jika sebelumnya Kamu sudah berdiskusi masalah gaji dengan perusahaan yang menawarkan kerja

Namun tidak dapat mencapai ekspektasi. Kamu juga dapat menolak tawaran kerja itu jika tidak sesuai dengan UMR yang berlaku di daerah tersebut.


4. Menerima tawaran kerja yang lain

Banyak para pemburu kerja memasukkan lamaran ke dalam lebih dari satu lowongan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan peluang mendapatkan kerja.

Tak jarang juga tawaran kerja di LinkedIn lebih dari satu tawaran, sehingga Kamu perlu memutuskan tawaran kerja mana yang akan Kamu tolak.


5. Tidak sesuai posisi yang dilamar

Setelah interview kerja, adakalanya perusahaan menempatkan pelamar tidak sesuai dengan posisi yang ditawarkan. Hal ini mengakibatkan kandidat menolak tawaran kerja tersebut.


Kata Penutup

Selain manfaatnya yang sebagai tempat untuk mencari lowongan pekerjaan dan memperkuat personal branding, platform LinkedIn juga memberikan beragam kelas keterampilan berbagai macam

Kelas belajar ini dapat sobat kosngosan pilih sesuai karir atau kebutuhan profesional. Semoga beberapa informasi diatas bisa bermanfaat untuk kalian, jangan lupa untuk share dan bookmart halaman ini ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya