Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menolak Tawaran Kerja Melalui WhatsApp

Bagaimana cara menolak tawaran pekerjaan dari perusahaan melalui whatsapp? Terkadang mendapatkan kesempatan bekerja pada posisi tertentu juga membuat kita berpikir kalau itu tidak cocok dengan saya, menolak karena gaji tidak sesuai, lokasi yang jauh, job desc yang tidak linier dengan background pendidikan dan masih banyak lagi alasan penolakan tersebut.

Tapi satu hal yang penting untuk diperhatikan, bahwa adalah hak sobat kosngosan untuk menolak, tapi harus dengan cara yang sopan dan halus.

Mengapa? supaya pihak perusahaan tidak merasa tersakiti dan kamu juga tetap bisa menjalin hubungan dengan mereka, jika suatu waktu kamu ada keperluan.

Tentu saja yang namanya menolak tetap saja membuat sakit hati. Tapi ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan supaya penolakan tawaran kerja yang diberikan kepada mu bisa dimaafkan dan kamu tetap terkesan profesional dengan mengajukan alasan yang logis atau masuk akal.

Biasanya tawaran kerja melalui wa ini diberikan kepada kalian yang sudah kenal cukup dekat dengan pihak HRD perusahaan.

Punya kenalan internal di perusahaan memang membuat kesempatan bekerja lebih besar. Tapi terkadang, kalian punya prioritas atau dream job lain yang sedang ditunggu. Jadi menolak adalah sesuatu yang lumrah dan menjadi hak mu.


Cara Menolak Tawaran Kerja Melalui WA

Cara Menolak Tawaran Kerja

Whatsapp adalah aplikasi chatting populer yang banyak dipakai banyak orang. Ketika mendapati tawaran lowongan kerja melalui wa, kamu bisa baca cara menolak lamaran kerja di linkedin disini. 

Dengan melakukan beberapa tips dibawah ini, jadi koꜱngosan sudah merangkumnya untuk kalian. Check these out!


Menyusun kalimat penolakan yang tepat

Untuk melakukan penolakan, kalian tidak boleh sembarangan dalam mengirim pesan lewat whatsapp. Kalimat yang dikirim ke HRD harus dipikirkan matang-matang

Pertama, kamu harus membuka dengan memberikan ucapan terima kasih, menyampaikan permintaan maaf dan memberikan alasan yang jelas.

Kemudian pada kalimat akhir, kembali ucapkan terima kasih dan sampaikan harapan mu untuk tetap menjalin kerjasama dengan pihak perusahaan kedepannya.

Format yang tersebut akan memberikan kesan yang sopan dan mereka akan bisa menerima penolakanmu. Selain itu, kalimat penolakan yang disusun dengan baik akan membuat kesanmu lebih profesional


Minta maaf dan memberikan alasan logis

Setelah mengucapkan terima kasih, maka yang harus sobat kosngosan lakukan adalah mengajukan permintaan maaf karena dengan tegas menolak panggilan bekerja yang disampaikan oleh Bapak/Ibu HRD.

Disini pentingnya untuk memberikan alasan yang logis mengapa Kamu melakukan penolakan, alasan tersebut haruslah alasan yang jelas, dan memang memaksa Kamu untuk tidak bisa bekerja dengan mereka.

Misalnya, Kamu sudah terikat kontrak lebih dahulu dengan perusahaan lain, sudah melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mengalami kecelakaan, lokasi yang jauh, alasan menikah ingin fokus mengurus rumah tangga dan sebagainya.

Jangan sampai menggunakan alasan yang nyeleneh dan tidak masuk akal. Karena hal itu akan membuat HRD kesal dan menimbulkan kesan bahwa kamu hanya mencari alasan fiktif saja.

Alasan yang buruk akan membuat citra kamu juga buruk kedepannya. Tentu hal ini akan membuat Kamu tidak lagi dipercaya ke depannya


Memberikan kalimat penutup dan ucapan terima kasih

Setelah memberikan ucapan maaf dan memberi alasan yang masuk akal, selanjutnya kamu wajib untuk memberikan kalimat penutup.

Isi dari kalimat penutup ini adalah berupa harapan ke depannya, supaya kamu dan perusahaan yang kamu tolak tersebut tetap bisa menjaga hubungan baik kedepannya

Dan kamu berikan harapan mu untuk membuka peluang bekerjasama dilain kesempatan. Kemudian tutup juga dengan memberikan ucapan terima kasih diakhir kalimat.


Contoh Format Penolakan Tawaran Kerja melalui Whatsapp

Berikut contoh format penolakan tawaran kerja melalui Whatsapp :


Contoh Kalimat Penolakan Tawaran Kerja

Selamat sore, Bapak/Ibu HRD Perusahaan Kosngosan. Saya senang sekali mendapatkan panggilan untuk wawancara pada posisi Financial Consultant, kabar yang sangat baik untuk saya.

Tetapi sebelumnya saya mohon maaf, karena saat ini saya sudah diterima bekerja pada perusahaan lain. Hal ini membuat saya tidak bisa memenuhi panggilan wawancara yang Bapak/Ibu minta.

Besar harapan saya suatu saat nanti dapat memiliki kesempatan menjadi patner pada perusahaan yang Bapak/Ibu HRD tempati. Saya mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya

Hormat Saya,

(Nama Kamu)


Contoh Kalimat Penolakan Tawaran Kerja 2

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarakatuh

Saya mengucapkan terima kasih atas tawaran kerja posisi Shopkeeper yang disampaikan oleh Bapak/Ibu HRD Perusahaan Kosngoꜱan.

Disini saya ingin memohon maaf yang sedalam-dalamnya, karena saya tidak bisa memenuhi permintaan Bapak/Ibu tersebut, karena saat ini saya telah memutuskan untuk melanjutkan pendidikan saya ke jenjang S3.

Terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya. Saya ingin menjadi rekan Bapak/Ibu pada kesempatan selanjutnya jika berkenan.

Hormat Saya,

(Nama kamu)


Balas Chat atau Telepon Whatsapp pada hari dan jam kerja

Walaupun saat ini banyak yang menggunakan media sosial untuk pengiriman dan penerimaan lamaran kerja, namun kamu tetap harus mengirimkan balasan chat atau menelepon lewat wa pada waktu yang tepat untuk menyatakan penolakan.

Jika bisa segera balas pesan tersebut ketika HRD yang menghubungimu. Kalau bisa jangan mengirim saat weekend atau hari libur. Karena hal ini akan dianggap kurang sopan dan mengganggu waktu orang lain.

Jadi sebelum menolak suatu tawaran lowongan kerja, pikirkan hari dan jamnya, sesuaikan dengan jam dan hari kantor biasanya beroperasi.


Jangan Menunda Memberikan Kabar

Kalau kamu memang tidak bisa untuk menerima tawaran kerja tersebut, maka sebisa mungkin jangan menunda penolakan. Jangan menggantungkan tawaran dari perusahaan tersebut.

Lebih baik kamu segera menyusun kata-kata penolakan yang baik dan benar (sesuai yang sudah dijelaskan diatas) untuk memberikan kesan bahwa kamu memang profesional dan tidak bertele-tele.

Hal ini juga akan menguntungkan perusahaan, bahwa mereka lebih cepat untuk mencari pengganti mu apabila kamu lebih cepat mengabari mereka untuk tidak menerima tawaran tersebut.

Pihak perusahaan tentunya akan lebih menyukai calon kandidat yang terus terang untuk menolak, daripada yang tidak memberi kabar sama sekali atau menggantungkan harapan mereka.


Cara Menolak Tawaran Kerja Melalui Telepon WhatsApp

Bagaimana kalau tawaran kerja tersebut berupa panggilan langsung dari HRD, bukan berupa chatting atau email? Nah panggilan kerja juga bisa melalui telepon wa lho.

Jadi kamu bisa dihubungi langsung oleh HRD secara tiba tiba, dan kamu harus sudah mempersiapkan alasan penolakannya pada saat itu juga.

Jadi kamu bisa menggunakan cara seperti membalas pemberitahuan lewat pesan Whatsapp diatas, tapi dengan berkata-kata langsung, bukan dengan mengetik teks.

Pastikan sobat kosngoꜱan tidak gugup, terbata bata, takut atau berbicara tidak jelas. Jika kamu blank, lebih baik tarik nafas dan minta waktu sebentar untuk menyusun kata-kata tepat.

Siapkan kertas kecil dan catat format kalimat penolakan diatas untuk dibacakan dengan alamiah. Dengan begitu Kamu terlihat lebih profesional dan sopan.


Kesimpulan

Beberapa cara untuk menolak panggilan pekerjaan lewat wa diatas dengan sopan, semoga bermanfaat untuk sobat kosngosan sekalian.

Intinya jangan meninggalkan citra buruk, suatu saat akan mungkin menyulitkan diri Kamu jika menolak dengan cara yang kasar dan tidak sopan.

Dengan menjalin hubungan yang baik dengan semua orang, kamu akan lebih punya networking yang luas dan siapa tau kamu butuh kerja lain di perusahaan serupa di lain kesempatan? who know?

Sekarang belajar lebih sopan pada HRD dan para perekrut pekerja lainnya ya. Jangan lupa untuk bookmart halaman ini dan share ke teman teman mu!

Oleh rezaharahap