Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Membuat Kotak di Rumah dan Analisis Usahanya

Peluang bisnis membuat kotak berbagai kemasan bisa menjadi pilihan kegiatan yang bisa kamu lakukan dari dalam rumah. Pernah terpikirkan untuk membuka usaha seperti membuat kotak pizza sendiri di rumah?

Kalau kalian masih bingung ingin memulainya darimana, maka kali ini kosngosan akan membahas cara memulai bisnis pembuatan kotak kemasan sendiri dengan benar agar sukses dan mendapatkan omzet yang besar.

Tidak sedikit loh orang yang memiliki keinginan untuk membuka usaha tapi masih terhalang oleh modal. Satu – satunya solusi terbaik yang bisa dicoba adalah dengan memulai bisnis rumahan dan mengelolanya sendiri.

Selain lebih hemat karena tidak butuh uang sewa tempat, kamu juga bisa bekerja lebih cepat dan fleksibel. Di sela – sela kesibukanmu, kamu masih bisa menyempatkan untuk mengurus rumah dan bekerja.

Salah satu ide bisnis yang bisa dikelola secara rumahan adalah dengan membuat kotak – kotak. Bisnis ini cocok untuk kamu yang suka membuat barang – barang kreasi atau kerajinan tangan.

Kotak yang dibuat juga bisa bermacam – macam jenisnya. Kalau bisa buatlah kotak yang fungsional, artinya bisa digunakan dan bermanfaat bagi kehidupan sehari – hari. Atau juga bisa membuat kotak yang bernilai estetis, yakni sebagai pajangan atau sejenisnya.


Bisnis Pembuatan Kotak Kemasan

usaha membuat kotak di rumah

Berikut beberapa peluang usaha dari membuat kotak di rumah lengkap dengan analisis usahanya. Cocok sebagai pertimbangan bagi sobat kosngosan yang ingin memulai usaha rumahan sendiri.


Membuat Kotak Seserahan

Melihat kemajuan zaman yang semakin modern dan acara pernikahan yang terus ditata sedemikian mewahnya, membuat bisnis kotak seserahan menjadi naik daun dan diminati banyak orang.

Trend pernikahan yang semakin elit dan tidak habis – habis setiap tahunnya, membuat usaha ini menjadi peluang usaha rumahan yang sangat menguntungkan untuk dicoba.

Selain menjual, kamu juga bisa menyewakan kotak seserahan sebab hal ini dinilai lebih ramah lingkungan dan mengurangi sampah plastik-kertas yang menumpuk.

Konsumen pun juga bisa mendapatkan harga yang lebih terjangkau. Selain praktis dan lebih mudah, dapat dibuatkan dengan cantik pula.

Untuk analisis usahanya, modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha box hantaran sebenarnya bisa cukup besar.

Namun ini bisa disesuaikan dengan budget masing – masing. Semakin bagus bahan yang kamu gunakan untuk membuat box, maka biaya yang dibutuhkan juga semakin mahal.

a. Bahan – bahan yang dibutuhkan untuk membuat kotak mahar atau seserahan ini bisa terdiri dari berbagai jenis, misalnya karton, kayu, kaca, besi, mika, akrilik, dan semacamnya (bisa didasarkan sesuai kebutuhan).

Namun kebanyakan orang menggunakan bahan dari mika dan akrilik sebab dinilai lebih menampilkan kesan mewah dan elegan meskipun isi dalam kotak seserahan tidak terlalu wah.

Selain itu, bahan – bahan tersebut juga bisa disewakan dan digunakan berulang kali, jadi dapat meminimalisir sampah.

b. Untuk model box, juga terdiri dari berbagai macam mulai bentuk kotak, segi enam, dan lingkaran.

c. Sebab saat ini orang – orang lebih banyak memilih untuk menyewa jasa perlengkapan seserahan, maka harga yang ditawarkan juga lebih murah daripada membeli.

Untuk sewa satu box seserahan bisa dipatok mulai harga 80 ribu – 150 ribu, bahkan bisa mencapai hingga 1-2 juta. Ini kondisional tergantung dari masing – masing penjual, dan segi kemewahan yang diberikan.

d. Dari aspek pemasaran, kegiatan promosi bisa dilakukan lewat media apa saja. Mulai dari mulut ke mulut, menawarkannya ke teman – teman terdekat, lewat media sosial baik Instagram, Tiktok, dan Facebook, bisa juga dengan membuat brosur, dan lain sebagainya.

e. Dari segi keuangan dan sisi strategi produksi, bisa dianalisis menggunakan analisis SWOT yang meliputi kekuatan (strength), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threats).

Tips penting untuk sobat kosngosan yang ingin membuka usaha ini adalah terus asah kreativitas agar dapat membuat desain box seserahan yang unik

Selain itu rutin melakukan promosi agar produk dapat dikenal luas, menjaga kualitas dan hasil, kenali berbagai material untuk kotak seserahan, dan perluas jaringan yang ada.


Membuat Kotak Tisu

Meski terlihat sepele, usaha kotak tisu bisa menjadi ide bisnis yang cemerlang untuk dicoba. Pasalnya benda ini sangat fungsional dan banyak dibutuhkan dalam rumah tangga.

Selain bernilai ekonomis, tempat tisu juga memiliki nilai estetis tersendiri dan menjadi karya seni yang berkualitas apabila di desain dengan tepat dan bagus.

Untuk bahan dasar kotak tisu ini, kamu bisa menggunakan bahan – bahan bekas termasuk kardus, karton, atau kayu.

Kamu juga bisa menggunakan bahan – bahan seperti kaca namun harganya juga pasti lebih mahal. Semua bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing – masing.

Jika bisa gunakanlah bahan – bahan yang sifatnya tahan lama dan tidak berkarat. Buat desain yang menarik dan unik. Kamu bisa mencari berbagai referensi desain dari artikel di internet.

Peluang usaha membuat kotak tisu rumahan memiliki prospek yang cukup bagus sebab pesaingnya juga tidak terlalu banyak. Kamu bahkan bisa memulai usaha ini dari modal yang kecil sekalipun.

Dari segi pemasaran, kamu bisa mempromosikan produk ini lewat berbagai cara, baik dari media sosial maupun secara konvensional.

Kamu bisa menjualnya langsung pada pelanggan, atau bekerja sama dengan toko – toko yang menyediakan perlengkapan rumah tangga.


Membuat Kotak Kado

Gift box atau kotak kado juga menjadi salah satu barang yang banyak dicari selanjutnya. Pasalnya, gift box seringkali dibutuhkan terutama dalam banyak momen berharga seperti ulang tahun, acara pernikahan, atau sekedar buah tangan untuk sahabat dan orang – orang terdekat.

Banyak orang yang semakin menyukai kepraktisan sehingga mereka lebih memilih untuk membeli kotak kado di toko daripada membuatnya sendiri.

Bisnis kotak kado bisa kamu mulai dengan modal kecil sekalipun. Faktor terpenting yang dibutuhkan sebenarnya adalah kreativitas dan keuletan.

Bahan – bahan untuk membuat kotak kado juga mudah ditemukan di sekitar kita. Contohnya seperti kardus atau karton.

Kamu bisa mendapatkannya dari berbagai tempat termasuk e-commerce dan toko konvensional. Berikutnya, kamu bisa menghiasnya sesuai kreativitas masing – masing. Peralatan lainnya yang dibutuhkan seperti kertas, gunting, pita, kertas kado, dan hiasan lainnya.

Lalu berapa kira – kira harga jual dari sebuah kotak kado handmade? Ternyata, harganya cukup lumayan loh! Untuk kotaknya saja bisa dibanderol dengan harga 10 ribu sampai 20 ribuan keatas.

Ini baru kotaknya saja yang memiliki model dan bentuk yang beraneka ragam. Apalagi semakin sulit tingkat pembuatannya, maka harganya juga bisa lebih mahal, bahkan dapat mencapai ratusan ribu!

Belum lagi jika ditambah dengan isian di dalamnya. Trend gift box sekarang juga makin meningkat. Bermacam – macam barang yang mereka tawarkan baik

Seperti kotak untuk pakaian, sepatu, aksesoris, hijab, perhiasan, dan masih banyak lagi. Semakin bagus dan banyak isinya maka harga yang ditawarkan juga semakin mahal.


Membuat Kotak Makanan

Bisnis kuliner yang sukses tentunya tidak lepas dari kemasan/packaging makanan yang menarik dan unik. Tentunya selain cita rasa yang lezat, kemasan yang menarik juga menjadi pertimbangan bagi sobat kosngosan untuk membeli produk yang kalian lihat.

Semenjak pandemi, orang – orang lebih memilih untuk membeli makanan kemasan dan mengurangi intensitas keluar rumah.

Inilah yang menyebabkan bisnis packaging naik drastis dan banyak peminatnya. Berbagai kotak atau kemasan makanan yang umumnya banyak dicari adalah packing box mini, kotak makan mika, standing pouch dan lain sebagainya.

Untuk memulai bisnis ini kamu bisa mencobanya sendiri dari rumah. Bahan – bahan yang diperlukan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti karton, kertas, mika, dan paper art.

Harga yang ditawarkan di pasaran umumnya juga masih sangat terjangkau. Untuk harga box mini dari kertas bisa dibandrol dari harga 600 rupiah per pcsnya.

Untuk mendapatkan untung yang lebih besar, kamu bisa mematok minimal pesanan dengan jumlah tertentu kepada pelanggan.

Baca juga : Contoh Testimoni Produk Makanan dan Minuman


Kata Penutup

Bisis membuat kemasan menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dan juga bisa menghasilkan uang bagi sebagian orang.

Usaha ini tidak membutuhkan keahliannya khusus, jadi sobat kosngosan bisa menjual jasa dalam bentuk produk kemasan dari yang kalian buat hanya dari rumah.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya