Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Essay Beasiswa LPDP Format Doc

Kamu ingin mendaftar beasiswa lpdp? Beasiswa LPDP adalah program beasiswa luar negeri yang diberikan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) kepada anak muda di Indonesia yang dinilai punya potensi besar untuk mengembangkan diri dan memajukan negara ke depannya. Ini adalah salah satu beasiswa eksklusif yang tidak banyak orang bisa capai.

Panitia LPDP selalu mensyaratkan calon pendaftar untuk membuat essay. Essay adalah jenis tulisan yang menjelaskan mengenai suatu topik secara mendalam dan terperinci, memiliki struktur sederhana dari paragraf pengantar, beberapa bagian utama, dan paragraf kesimpulan.

Tujuan dari peserta membuat essay beasiswa luar negeri ini adalah sebagai bahan pertimbangan bagi mereka, untuk mengetahui calon penerima beasiswa tentang pendapat atau analisis nya mengenai suatu isu atau permasalahan, memberikan bukti dan dukungan yang kuat untuk opini tersebut.

Ketentuan essay lpdp bisa dalam format pdf atau doc, biasanya bertema-kan seperti rencana pasca studi, apa saja komitmen kamu untuk kembali ke indonesia, rencana, visi dan misi mu kedepannya kalau sudah mendapatkan beasiswa ini, dan sebagainya.

Beasiswa LPDP ditujukan bagi sobat kosngosan yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S2 atau S3 di luar negeri. Salah satu persyaratannya adalah setelah menyelesaikan studi, kamu akan diminta untuk berkontribusi dalam pengembangan Indonesia di masa depan.

Penerima beasiswa LPDP akan memperoleh support finansial untuk membayar kuliahnya, tidak hanya uang kuliah saja, tetapi juga seperti biaya hidup dan biaya perjalanan.

Kalian juga akan mendapatkan dukungan non-finansial seperti pelatihan dan mentor untuk membantu kalian dalam mempersiapkan diri menjadi pemimpin Indonesia yang kompeten di masa mendatang.

Untuk informasi seperti ketentuan, syarat dan peraturan lainnya seputar beasiswa LPDP, bisa mengunjungi laman "https://lpdp.kemenkeu.go.id/en/beasiswa/kebijakan-umum/"


Contoh Tulisan Essay Beasiswa

contoh essay lpdp

Kalau sobat kosngosan bertanya, essay lpdp bahasa apa? maka jawabnya bisa bahasa Indonesia dan bahasa inggris.

Ingin mencari contoh essay lpdp, baik tentang rencana pasca studi atau komitmen kembali ke indonesia, kalian bisa mencari referensi dibawah ini, sudah kami siapkan untuk kalian. Check these out!


Essay beasiswa basic

"Saya bernama [nama saya] dan berasal dari [kota/negara tempat tinggal]. Sebagai seorang mahasiswa/i [jurusan yang diambil], saya telah mengikuti beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan [bidang kegiatan] dan telah memperoleh prestasi yang cukup baik di bidang tersebut.

Dengan beasiswa ini, saya ingin meningkatkan kualitas pendidikan saya dan mengembangkan skill dan kemampuan saya di bidang yang saya minati.

Selain itu, saya juga ingin mampu memberikan sumbangsih yang lebih besar bagi masyarakat dan negara setelah lulus nanti.

Oleh karena itu, saya sangat berterima kasih jika diberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini. Saya akan memanfaatkannya sebaik-baiknya demi mencapai tujuan dan cita-cita saya. Terima kasih."


Contoh Esai beasiswa luar negeri

"Saya bernama [nama saya] dan saat ini sedang menempuh studi [jurusan yang diambil] di [nama universitas]. Sebagai seorang mahasiswa/i, saya selalu berusaha untuk meningkatkan prestasi akademik dan juga mengembangkan diri di bidang lain melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Melalui beasiswa LPDP, saya ingin mewujudkan cita-cita saya untuk menjadi seorang [profesi yang diinginkan] yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan negara.

Dengan beasiswa ini, saya akan dapat melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dan mengikuti program-program yang akan meningkatkan kemampuan dan skill saya di bidang yang saya minati.

Saya percaya bahwa dengan mengikuti beasiswa LPDP, saya dapat menjadi orang yang lebih berkualitas dan dapat memberikan sumbangsih yang lebih besar bagi Indonesia.

Oleh karena itu, saya sangat berterima kasih jika diberikan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ini. Saya akan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya demi mencapai tujuan dan cita-cita saya. Terima kasih."

Baca juga : Ide Usaha Mahasiswa di Luar Negeri


Contoh Essay LPDP

(......................) merupakan nama pemberian orang tua saya dari pasangan Zainuddin D. dan Sahariah, lahir di Ujung Pandang pada tanggal 7 Januari 19xx, saya merupakan Alumni S1 Pendidikan Geografi Universitas Negeri Makassar

Saya berasal dari daerah yang tergolong belum berkembang, yaitu berasal dari Kecamatan ........ Kabupaten ......... Provinsi ........ yang baru terbentuk pada tahun 20xx lalu. Kondisi perekonomian belum memadai, sarana dan prasarana serta infrastruktur belum mencukupi, tak terkecuali di bidang pendidikan.

Jenjang kontribusi saya terhadap Negeriku tercinta dan Almamaterku di mulai ketika di beri amanah sebagai Ketua Komisi III SOSPOL Majelis Permusyawaratan Mahasiswa FMIPA UNM pada tahun 20xx-20xx, kemudian menambah wawasan Pergerakan Kemahasiswaan di HMI

Saya juga menambah pengetahuan terhadap Alam dalam upaya pelestariannya di WANAPANCA FMIPA UNM (Wahana Pecinta Alam), kemudian aktif di Lembaga Dakwah Kampus Koꜱngosan Al-Umdah UNM pada tahun 20xx.

Dengan keterlibatan terhadap lembaga Sosial Kampus dan Lembaga Dakwah Kampus dapat memberi kontribusi untuk Negaraku, Almamaterku serta lembaga untuk membentuk Lingkungan Sosial Kemasyarakatan yang maju, berbudi Pekerti yang Luhur dan Agamis, serta negara yang mampu berdiri di atas kaki sendiri, mandiri dengan Ilmunya yang maju dan mampu bersaing dalam kanca internasional.

Dari berbagai pengalaman yang telah kudapatkan ku harap dengan wawasan dan ilmu ini dapat tersalurkan secara baik untuk mewujudkan tatanan bermasyarakat yang maju, karena bangsa yang maju adalah bangsa yang mampu menciptakan generasi dengan sumber daya manusia yang memadai

Mengapa sumber daya alam kita banyak di kuasai oleh perusahaan-perusahaan asing, salah satu penyebabnya sebab lemahnya SDM yang dengan itu tak mampu menunjang pengelolaan sumber daya alam kita yang berlimpah.

Menurut kementeriam ESDM bahwa 86 % SDA Indonesia dikelola oleh perusahaan asing yang bercokol di negara ini, seperti Chevron, Exxon Mobile, Petronas dan PT Freeport Mc. Moran yang telah ber-tahun-tahun menguras sumber daya alam negeri ini.

Mengapa negeri ini tak mampu menghasilkan generasi dengan sumber daya manusia yang memadai? itu disebabkan oleh tenaga pengajar yang kebanyakan belum memadai

Sekedar mengajar, tanpa mengedepankan aspek kualitas peserta didiknya, jadilah lahir generasi yang Job Oriented yang hanya mengedepankan tentang bagaimana mendapatkan pekerjaan, menghasilkan uang tanpa memperhatikan nilai prestasi saintik, kualitas dan moral sebagai pengajar atau tenaga kerja lainnya.

Akibatnya akan muncul generasi kita yang lebih mengutamakan keuntungan finansial dibandingkan kepuasan ilmu yang sudah disalurkan demi kemajuan Indonesia.

Minimnya pengembangan kepribadian dan pembinaan akhlaq mengakibatkan pula banyaknya generasi yang lahir dengan krisis moral, maka tak jarang kita saksikan di televisi, radio dan surat kabar tentang kelakuan para pelajar yang anarkis

Meeka suka tawuran antara pelajar, free sex dan narkoba. Semua hal ini menjadi momok yang menakutkan dalam dunia pendidikan. Bukan hanya itu, hal demikian seakan menjadi penyakit kronis yang cepat sekali penularannya di kalangan pelajar.

Sehingga dapat saya menyimpulkan, bahwa berbagai problematika dalam dunia pendidikan kita saat ini, diakibatkan karena kurangnya peningkatan kualitas pengajaran dan rendahnya pembinaan kepribadian serta akhlaq di sekolah.

Oleh karena itu, saya mencoba mengedepankan ide terhadap pendidikan, yaitu di bidang Ilmu Alam dan Sosial dalam hal ini ilmu Pendidikan Geografi, metode pengajaran yang berusaha saya tawarkan adalah pendidikan berbasis Empiris dan Pembinaan Kepribadian berbasis Agama dan nilai Kebudayaan Lokal setempat.

Mengapa harus Empiris, karena peserta didik saat ini minim akan nilai aplikatif dalam artian tak memiliki pengetahuan yang bersifat empirik, sehingga hanya menghasilkan siswa-siswi yang pintar dari segi teori namun minim dari segi aplikatif.

Mengapa harus berbasis Pembinaan Kepribadian? karena generasi muda saat ini krisis Pribadi yang luhur, sehingga banyak hasil didikan yang mendapat ilmu tinggi, tapi minim pribadi yang luhur dan berdampak terhadap penyelewengan dan penyimpangan ilmu yang didapatkannya. Hal yang seharusnya untuk kepentingan bersama malah dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi atau golongan.

Tak perlu bagaimana cara dan metodenya baik atau buruk yang penting bisa menghasilkan manfaat pribadi, semua hal ini di sebabkan karena minimnya Pembinaan Kepribadian yang sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma Agama.

Metode pengajaran ini menuntut para pengajar dan pelajar untuk turun kelapangan melakukan pengamatan sembari melakukan pembinaan Kepribadian di kelas

Metode empiris mengaruskan objek pembelajaran berada di dalam proses belajar mengajar, baik di dalam kelas maupun di luar kelas, sehingga pemahaman akan mengakar kuat sehingga upaya pengaplikasian akan mudah terwujud, begitupun pada proses penilaian

Para pengajar harus menilai siswa dari sejauh mana siswa mampu mengaplikasikan ilmunya, sedangkan dalam pembinaan kepribadian tenaga pengajar di tuntut menguasai ilmu Psikologi siswa dan Ilmu Agama, dan berusaha melakukan korelasi didalam Pembinaan Kepribadian siswa

Proses penilaian bisa dinilai dari keseharian siswa dalam melakukan interaksi kepada siswa atau kepada guru. Dengn metode ini, maka diharapkan bisa membuat Indonesia menjadi maju dan mampu bersing dalam kancah internasional dalam berbagai bidang, salah satunya sains dan teknologi.


Catatan:

Esai ini hanya sebagai contoh dan tidak boleh dianggap sebagai acuan yang harus diikuti secara persis. Setiap individu memiliki latar belakang dan tujuan yang berbeda-beda, sehingga esai beasiswa harus dibuat sesuai dengan kondisi masing-masing.

Pastikan untuk menyesuaikan isi esai dengan informasi yang benar dan relevan. Jangan mengklaim prestasi atau kegiatan yang tidak sesuai dengan kenyataan.


Download Essay LPDP Format Word

Kalau kamu ingin mencari essay beasiswa luar negeri LPDP dalam format docx atau word yang bisa diedit, bisa ambil satu yang sudah kosngosan rangkum dibawah ini dari sumber akun academia yang bernama bagus wibowo. Silahkan baca terlebih dahulu ya!

Kamu bisa unduh file contoh essay beasiswa luar negeri lpdp docx disini


Tips membuat essay beasiswa

Untuk membuat essay beasiswa khususnya LPDP, pertama-tama kamu perlu menentukan topik atau tema yang akan ditulis.

Buatlah outline atau garis besar ide yang akan sobat kosngoꜱan bahas dalam essay tersebut. Lalu tuliskan draft awal dari essay dengan menggunakan bahasa yang jelas dan mudah dipahami.

Utamakan kualitas dan originalitas ide yang akan kamu sampaikan. Pastikan untuk menggunakan pengetahuan dan data yang valid dan terpercaya sebagai dasar pemikiran dalam essay beasiswanya.

Setelah itu, lakukan revisi dan perbaikan terhadap essay untuk memastikan bahwa tulisan tersebut sudah sesuai dengan standar dan kriteria yang ditentukan oleh panitia beasiswa.

Jangan lupa untuk mengecek kembali EYD, tata bahasa, dan gaya penulisan supaya essay kalian terlihat sempurna dan profesional.

Kamu juga dapat mencari contoh essay beasiswa dari sumber yang terpercaya untuk menambah referensi dan meningkatkan kemampuan menulis mu.

Namun ingat, jangan pernah menjiplak atau mencontek ide atau kalimat dari sumber lain tanpa memberikan kredit yang valid, karena hal tersebut bisa menjadi pelanggaran hak cipta dan merugikan reputasi mu kedepannya.


Kesimpulan

Menulis essay beasiswa memang terlihat cukup sulit. Tapi tidak ada yang benar benar sulit kalau kalian menguasai teknik dan tips nya. Intinya, menulis essay beasiswa itu adalah menceritakan tentang pencapaian kita, apa alasan sobat kosngosan ingin mendapatkan beasiswa tersebut?

Semoga contoh dan penjelasan diatas bisa bermanfaat buat kalian ya. Jangan lupa untuk share dan bookmart halaman ini supaya kalian bisa berkunjung kembali jika ada keperluan. Adios!

Oleh rezaharahap