Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Contoh Katalog Produk yang Aesthetic

Apa itu katalog produk? Katalog produk adalah daftar barang atau produk yang dijual oleh suatu brand perusahaan yang bertujuan untuk menyebarluaskan dan memperkenalkan produk ke orang banyak. 

Adapun daftar barang di dalam sebuah katalog seharusnya disusun secara rapi, berisi deskripsi informasi mengenai produk, dan juga harga supaya bisa membantu konsumen memahami produk sebelum membelunya

Sangat penting untuk mendesain katalog produk yang menarik dan informatif. Hal ini supaya konsumen memutuskan untuk memilih produk mu dan berlangganan. Lalu bagaimana cara membuat katalog produk yang menarik?

Kamu bisa melakukannya menggunakan beberapa aplikasi desain, seperti canva, CorelDraw, Adobe Photoshop, dan platform lainnya. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan konsep desain dan komposisi setiap gambarm, supaya isi katalog menjadi proporsional, tidak terlalu ramai. 

Karena apabila kamu membuat katalog produk secara asal-asalan, hal ini malah akan membuatnya seperti tampak ada tapi tidak dilirik oleh calon konsumen.


Contoh Katalog Produk yang Menarik

Bagaimana contoh katalog produk yang baik dan benar? Katalog produk biasanya dibuat dalam bentuk foto, video, dan juga dokumen yang biasanya dicetak dalam berbagai ukuran kertas.

Cara membuat katalog produk supaya isinya tersusun rapi dan terlihat menarik, perlu sobat kosngosan lakukan, seperti pengelompokan sesuai jenis produk, layanan, harga, dan juga kebutuhan perusahaan.

Kalau kamu masih bingung bagaimana referensinya, bisa scrool kebawah, sudah kami siapkan beberapa diantaranya :


Konsep tata letak layout katalog produk

contoh desain katalog produk


Contoh katalog produk fashion

Contoh katalog produk fashion


Layout katalog produk
Layout katalog produk


Katalog produk online

Katalog produk online


Contoh katalog produk aesthetic

Contoh katalog produk aesthetic


Contoh katalog produk keren

Contoh katalog produk keren


Contoh katalog produk furniture

Contoh katalog produk furniture


Katalog produk makanan

Katalog produk makanan


Contoh katalog produk makanan

katalog produk makanan


Cara Membuat Katalog Produk yang Menarik

Bagaimana cara membuat katalog produk yang disukai banyak orang? Begini cara buat katalog produk yang menarik dan informatif dari kosngosan :

Tentukan target audiens, hal ini berkaitan dengan jenis barang yang dijual, sehingga dapat membantu sobat kosngosan dalam merancang konsep lebih tepat sasaran. 


Membuat konsep yang sesuai

Mulai dari meletakkan foto produk dan deskripsi yang proporsional dengan desain simple namun elegan, tampilannya tidak membingungkan, menyajikan informasi lengkap yang dibutuhkan konsumen sebelum memutuskan membeli produk tersebut.


Memperhatikan visual katalog

Elemen visual produk harus diperhatikan seperti aspek warna, gambar, dan font teks. Efek visual katalog yang menarik akan menjadikan pembaca mu menjadi nyaman ketika melihat dan membaca deskripsi produk mu


Memperhatikan aspek kecil

Apa saja itu? Seperti peletakan setiap komponen, elemen gambar, jenis dan ukuran teks, ukuran layout, margin, jenis kertas, dan lainnya sehingga lebih user friendly. Setiap komponen disarankan hasilnya rapi, tidak sesak, dan enak dilihat.


Memanfaatkan aplikasi desain

Kamu bisa ambil beberapa template gratis atau berbayar dari berbagai platform untuk aplikasi seperti canva, photoshop, coreldraw dan lainnya. Ada juga aplikasi online, yang bisa membuat katalog lebih cepat dan gratis yang bisa kalian coba.


Masukkan deskripsi terperinci

Membuat katalog produk haruslah bersifat informatif. Jadi sobat kosngosan wajib mencantumkan informasi detail produk secara rinci. Seperti nama produk, harga, warna, dimensi, kegunaan manfaat, dan sebagainya 


Mengikuti tren dan up to date

Membuat katalog produk haruslah selalu up to date, dengan cara memperbaruinya secara berkala. Tidak perlu diperbarui setiap hari, tetapi desainnya dapat diubah sewaktu-waktu sesuai kebutuhan, menyesuaikan dengan momen tertentu.

Baca juga : Peluang Bisnis Kerajinan Kain Flanel


Kata Penutup

Pada akhirnya, katalog adalah media promosi dan perkenalan produk kepada khalayak ramai. Kamu bisa memanfaatkan katalog online dan dipublish di internet dan sosial media. 

Katalog merupakan media promosi paling ampuh dan terjangkau untuk memasarkan produk ke masyarakat luas. Semoga beberapa contoh diatas bermanfaat, jangan lupa untuk share dan bookmart halaman ini ya!

Oleh rezaharahap