Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Contoh Kerajinan Tangan Kain Flanel yang Mudah

Apa saja contoh kerajinan yang terbuat dari kain flanel? Peluang usaha membuat kerajinan dari kain sisa bisa jadi pilihan. Terutama buat kalian yang memang punya basic skill menjahit, ada kreatifitas dan punya ide bisnis keren untuk membuat turunan produk yang diminati oleh pasar.

Apa yang dimaksud dengan kain flanel? Kain Flanel (felt) adalah varian kain yang terbuat dari serat wol tanpa ditenun, melainkan melalui proses pemanasan dan penguapan yang menghasilkan kain felt dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya).

Jenis kain ini banyak tersedia dalam berbagai ketebalan, antara 2-6 mm. Memiliki serat seperti kapas, agak kaku dan mudah sekali digunting, dibentuk dan dijahit dalam berbagai bentuk

Karena inilah yang membuat jenis kain ini cukup banyak digunakan sebagai bahan baku aneka kerajinan. Kelebihan lain dari kain ini adalah, pinggiran kainnya yang tidak bertiras, sehingga tidak perlu dilipat, karena bekas guntingan akan tetap rapi terlihat.

Bisnis kerajinan kain seperti ini bisa menjadi salah satu usaha yang prospektif ke depannya. Karena industri kreatif bakalan didukung oleh pemerintah secara besar-besaran karena bisa menopang perekonomian mikro di tanah air. Sehingga dalam proses merintisnya pasti akan lebih mudah.


Contoh Kerajinan Kain Flanel

Kalau sobat kosnɡosan ingin membuka bisnis dengan memanfaatkan kain flanel sebagai bahan bakunya, maka kalian bisa mengikuti beberapa inspirasi usaha kerajinan kain flanel yang sudah kami rangkum dibawah ini :

Baca juga : Contoh Karya 1, 2 dan 3 Dimensi


Sarung Bantal dan Sprei Kain Flanel

Sarung Bantal dan Sprei Kain Flanel

Produk kerajinan dari kain flanel yang bisa kamu buat seperti sarung bantal dan sprei untuk kasur. Kain flanel memiliki tekstur lembut, sehingga cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan sarung untuk kebutuhan tidur.


Mainan Kunci

Kerajinan kain flanel boneka

Kerajinan seperti mainan kunci, bisa dibuat dengan tangan dari kain flanel, sehingga cocok untuk pemula. Kamu bisa menjualnya dengan harga yang relatif murah jika dibandingkan dengan jenis produk flanel lainnya.


Sepatu Bayi

kerajinan kain flanel

Kerajinan dari kain flanel lainnya bisa kamu buat adalah sepatu bayi. Teksturnya yang lembut cocok dijadikan sepatu bayi atau pelapis kaki si kecil. 


Boneka Kain Flanel

kerajinan kain flanel

Boneka dari kain flanel adalah kerajinan yang tidak asing lagi. Bahan flanel cocok disulap jadi boneka apa saja, bisa ditujukan untuk anak anak, hadiah wisuda, ulang tahun dan sebagainya.


Tas dan Dompet Flanel

usaha kerajinan kain flanel

Produk kerajinan lain yang bisa sobat kosngosan buat dengan kain flanel adalah tas dan dompet. Flanel yang punya motif dan tekstur lembut, cocok untuk dijadikan sebagai tas kecil atau dompet tangan untuk menyimpan barang ringan ketika keluar


Kotak Penyimpanan dan tempat Tissue

kerajinan kain flanel keren

Kamu bisa membuat kotak penyimpanan untuk pensil, tissue, berbagai printilan lain menggunakan kain flanel yang dijahit dan dibuat beberapa lapis supaya ketebalannya sesuai.

Beberapa produk kerajinan dari kain flanel lainnya yang bisa kamu buat, diantaranya adalah sebagai berikut :


Kerajinan Tangan dari Kain Flanel bentuk Alas Cangkir atau gelas

Alas Cangkir atau gelas

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Topi atau kupluk flanel

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Topi atau kupluk flanel


Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Kaos kaki rumah

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Kaos kaki rumah


Kerajinan kain flanel mainan ikat rambut

contoh kerajinan kain flanel


Kerajinan kain flanel boneka

kerajinan kain flanel aesthetic


Kerajinan kain flanel bentuk bunga dan buket

Cara membuat bunga dari kain flanel


Kerajinan kain flanel boneka hiasan dinding

bisnis kerajinan kain flanel


Kerajinan kain flanel buku dan cover

kerajinan kain flanel


Contoh kerajinan kain flanel hiasan dinding

Contoh kerajinan kain flanel hiasan dinding


Kerajinan kain flanel pembatas buku

kerajinan kain flanel


Kerajinan kain flanel pembatas buku

contoh kerajinan kain flanel


Kerajinan kain flanel mainan anak

contoh kerajinan kain flanel


Kerajinan kain flanel hiasan pojok baca
 
kerajinan kain flanel keren


Kerajinan kain flanel model rumah rumahan

kerajinan kain flanel


Kerajinan kain flanel bunga

contoh kerajinan kain flanel


Cara Memulai Bisnis Kerajinan Kain Flanel

Mulailah untuk membuat kerajinan kain flanel dan menjualnya lewat offline dan online. Berikut beberapa tips dari kosnɡosan dalam menjalankan usaha kerajinan ini :

1. Memahami konsep dan peluang kerajinan yang ada di sekitar mu, hal ini penting karena tanpa adanya perencanaan yang matang akan bisnis, maka usaha kerajinan mu akan gagal. 

Kamu harus mengetahui peluang produk flanel apa saja yang bakalan laku dan diterima oleh pasar, tentukan target pasar, maka ini akan membuat bisnis mu semakin mudah berkembang.

2. Memberikan kualitas daripada sekedar kuantitas. Karena dalam produk kerajinan, kualitas tetaplah nomor satu. 

Kamu bisa memastikan bakal kain flanel yang digunakan adalah dari jenis yang berkualitas tinggi sehingga lembut saat digunakan dan tahan lama

3. Jangan berhenti berinovasi, Melakukan inovasi atau mencoba hal hal unik yang kreatif bisa kamu mulai dengan membuat bentuk produk yang sesuai dengan tren yang sedang hits atau viral. Jadi produkmu tidak stagnan, tetapi dinamis mengikuti perkembangan zaman


Bagian Penutup

Ada banyak kelebihan dari kain flanel yang membuatnya lebih mudah untuk dibuat kerajinan yang keren dan aesthetic. 

Seperti mudah dibentuk, pinggirannya tidak bertiras, dan bisa dibeli dalam ukuran keci untuk dibuat berbagai motif dari flanel yang berbeda.

Semoga beberapa inspirasi kerajinan dari kain flanel dari kosngosan diatas bisa bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk bookmart halaman ini, klik tombol share di sosial media mu juga. terimakasih!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya