Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Evaluasi dan Refleksi Diri format docx

Apakah kamu sedang mencari contoh laporan evaluasi dan refleksi diri untuk pengembangan kompetensi profesi? Sebenarnya jenis laporan seperti ini kerap dicari oleh tenaga pendidik seperti guru dan dosen. Oleh karena itu, kosngosan akan membahasnya pada postingan kali ini.

Laporan evaluasi adalah bentuk penyampaian pertanggungjawaban dalam bentuk tertulis mengenai kegiatan identifikasi untuk menilai apakah suatu kegiatan yang sudah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan atau tujuan yang ingin dicapai sebelumnya.

Pengertian refleksi diri secara umum adalah kegiatan merenung untuk melakukan introspeksi diri, melihat kembali berbagai hal yang sudah kamu lakukan dalam hidup, kemudian menganalisis kebiasaan, pengalaman serta keputusan yang sudah diambil untuk diperbaiki dikemudian hari.

Laporan evaluasi dan refleksi diri biasanya mencakup deskripsi dari suatu program, kegiatan, atau proyek yang dinilai, tujuan dari evaluasi, metode yang digunakan dalam evaluasi, hasil dari evaluasi, dan rekomendasi untuk perbaikan atau pengembangan di masa mendatang.

Laporan evaluasi dan refleksi diri tujuan dan manfaatnya adalah untuk memberikan informasi yang berguna bagi pihak yang terkait, seperti pengambil keputusan, pemangku kepentingan, pembiaya, membantu mereka dalam meningkatkan kualitas dan efektivitas program, kegiatan dan proyek.


Laporan evaluasi dan refleksi diri

Laporan evaluasi dan refleksi diri

Laporan evaluasi dan refleksi diri biasanya bisa dilakukan dengan melaksanakan observasi, pemberian kuesioner atau membuat rekaman audio atau video.

Setelah itu, hasilnya akan didiskusikan dan diseminasikan dengan rekan kerja yang difasilitasi oleh instansi terkait, untuk memperbaiki kinerja secara berkelanjutan. Berikut adalah beberapa contoh format laporannya yang bisa sobat koꜱngosan gunakan :


Laporan Evaluasi dan Refleksi

Saya memilih pemikiran dari Jean Paul Sartre tentang "Eksistensialisme", karena filsafat eksistensialime dari Sartre yang bertitik tolak dari kritik terhadap berbagai peristiwa sejarah seperti perang dunia I dan II.

Bagi Sartre peristiwa kekerasan yang ada di sejarah seperti perang, sudah memperlakukan manusia dengan tidak manusiawi, saling membunuh dan menjadikan manusia seperti hewan ataupun benda, bahkan manusia diperlakukan dengan tidak hormat.

Kritikan lain yang diberikan Sartre yaitu tentang sistem dan struktur sosial politik, menurut Sartre banyak negara yang telah mengembangkan stuktur sosial dan poliknya dengan cara menindas, serta memperbudak sosial kemasyarakatan.

Berdasarkan pendapat Sartre, dua kritikan yang jadi acuan dari pemikirannya mengenai filsafat eksistensialisme adalah, kedua peristiwa itu tidak memperlakukan manusia berdasarkan dengan hakikatnya sebagai manusia. Hakikat manusia sebagai makluk yang bebas telah dilenyapkan.

Saya setuju kritikan dari Sartre, karena manusia memang tidak layak diperlakukan seperti benda atau hewan, tetapi manusia harus diperlakukan seperti manusia dan dihormati martabatnya, serta menghargai manusia sesuai hakikatnya sebangai manusia.

Manusia memiliki kebebasan yang tidak lain adalah bebas menentukan sendiri. Pemikiran Sartre mengenai kebebasan manusia sangatlah jenius, dia tidak melahirkan suatu metode filsafat yang baru, tetapi konsep pemikiran Sartre yang menekankan pada absolutme kebebasan manusia

Kebebasan manusia tidak memiliki batas, oleh karena itu dengan kebebasannya manusia dapat mengatur dirinya sendiri, dan menentukan pilihannya.

Sisi yang dapat dilihat dari pemikiran Sartre ini tentang kebebasan adalah bahwa Sartre sebenarnya mencetuskan kembali kodrat manusia yang dibawa sejak lahir.

Sartre berpendapat bahwa manusia sebagai makhluk memiliki kapasitas luar biasa, makhluk yang punya kesadaran dengan berbagai kebebasan bisa menentukan pilihan hidupnya sendiri.

Sartre secara tidak langsung memotifasi kita untuk berpikir kritis tentang keberadaan hidup kita sebagai manusia dan dia sebenarnya mengajak kita untuk mengutamakan nilai hidup manusia.

Bagi saya pemahaman kebebasan yang dikatakan oleh Sartre, menjadikan saya bebas untuk melakukan apapun dan tidak bisa menindas harkat dan martabat saya sebagai seorang manusia, dan berhak menentukan jalan hidup sendiri.

Bebas yang dimaksudkan adalah semua orang bisa memilih perguruan tinggi mana yang ingin menjadi tempat melanjutkan pendidikan dan bebas melakukan hal-hal positif

Hal ini tentu beguna untuk saya ataupun orang-orang yang berada disekitar saya, dan tidak melanggar hukum ataupun aturan-aturan pemerintah.

Seorang manusia yang normal tentunya sangat menantikan dirinya untuk bebas melakukan apapun yang ia inginkan dan menjalani kehidupan seperti yang ia inginkan, tidak dikekang ataupun diarahkan oleh orang lain.


Kritik, saran, dan masukan

a. Materi dan proses belajar

Materi yang diberikan dan proses belajar yang disampaikan sangat baik, tidak membuat mahasiswa bosan dan merasa jenuh ketika belajar filsafat.

Selain itu filsafat juga bisa membuat kami jadi berpikir kritis dan tidak bisa menerima berbagai hal tanpa berpikir terlebih dahulu.

Meskipun ada sedikit selisih pemahaman yang terjadi karena berbeda pendapat oleh mahasiswa dan bahan ajar ( materi yang diberikan), tetapi kami tetap menghormati dan senang menerima semua pelajaran tersebut.

b. Pengajar

- Cara mengajar yang dilakukan sangat baik, membantu kami untuk lebih mengerti tentang bahan ajar yang diberikan.

- Cara penyampaian materinya pun sangat jelas.

- Dosennya ramah, dan terlihat santai membawakan materi, bahkan beberapa kali membuat suasana ruangan dengan tertawa, sehingga tidak terasa seperti membosankan

- Saat penyampain materi terlalu banyak duduk, disarankan jangan terlalu sering duduk supaya nanti interaksi dengan mahasiswa bisa lebih baik

- Sebaiknya menggunakan kata-kata yang sedikit lebih menghormati mahasiswa, supaya rasa saling menhormati antara dosen dan mahasiswa bisa saling terjalin dengan baik

Baca juga : Contoh Laporan Kegiatan


Download Contoh Format Laporan Evaluasi dan Refleksi Diri

Kalau kamu ingin mencari contoh format laporan dalam bentuk docx atau word yang bisa diedit, sobat kosngosan bisa unduh file nya dibawah ini.

Sudah kami berikan link dari google docs dan embed di bagian bawah ini untuk melihat preview nya.

Kalian bisa download file format laporan evaluasi dan refleksi diri disini


Kesimpulan

Pembuatan laporan evaluasi dan refleksi diri memang dibuat untuk mengevaluasi dan merefleksi diri terkait setiap proses kegiatan yang telah dilakukan.

Semoga dengan mengikuti postingan kosngosan ini, kamu bisa dengan mudah membuat catatan-catatan masalah yang di alaminya selama menjalani pekerjaan atau pembelajaran mu ya. terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa untuk share dan bookmart halaman ini!

Oleh rezaharahap