Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Mompreneur dan Contohnya

Apa itu pengertian mompreneur? Arti Mompreneur adalah pengusaha yang berasal dari kaum hawa, wanita, cewek atau perempuan yang merangkap sebagai ibu rumah tangga. Peran wanita memang kerap kali dikesampingkan dalam aspek perekonomian negara. 

Padahal keberadaan mompreneur ini menjadi sangat penting untuk keluarga dan masyarakat sekitar. Data dari BPS Indonesia mencatata bahwa angka keterlibatan perempuan dalam sektor formal (salah satunya ekonomi) menurun dari tahun ke tahun.

Jumlah perempuan yang bekerja sebagai pekerja part time juga lebih besar dibandingkan dengan laki-laki. Nah salah satu profesi yang termasuk didalamnya adalah mompreneur atau dalam istilah sederhananya adalah ibu rumah tangga yang berbisnis.

IRT bisa diberdayakan untuk bekerja dan beraktifitas di dalam rumah dengan produktif. Beberapa kelebihan jadi mompreneur adalah bisa menambah perekonomian keluarga, mendapat penghasilan sendiri sehingga tidak bergantung pada suami, meringankan pengeluaran biaya keluarga, memperluas pergaulan dan pengalaman.

Tapi selain itu, ada juga kekurangan dari menjadi mompreneur ini. Seperti adanya pengorbanan tambahan untuk energi, pikiran, uang, dan waktu

Kesibukan ibu yang harus bisa membagi perhatian antara anak dan bisnis dan adanya resiko perselisihan dengan suami atau anggota keluarga jika tidak mendapatkan izin dari kepala rumah tangga

Namun semua kekurangan dan kelebihan diatas haruslah diperhatikan dengan matang, supaya tidak menjadi efek berkepanjangan nantinya. 

Selanjutnya kosngosan akan bahas lebih lengkap mengenai pengertian mompreneur dan beberapa contohnya dibawah ini :


Pengertian Mompreneur Adalah

Pengertian Mompreneur Adalah

Apa itu pengertian mompreneur? Mompreneur adalah istilah yang berasal dari Bahasa Inggris, yaitu mom yang artinya ibu dan entrepreneur yang artinya wirausaha. 

Jadi arti dari istilah "mompreneur" memiliki makna ibu rumah tangga yang berwirausaha atau membuka bisnis sendiri. Sebagai ibu rumah tangga, kerap sekali banyak anggapan bahwa profesi ini tidak menghasilkan uang. 

Padahal kalau ingin berusaha, ada beberapa ide bisa dicoba dan menjadi opsi penting bagi mom yang ingin menghasilkan income dari rumah

Arti Mompreneur adalah salah satu jenis dari entrepreneur. Pengusaha sekaligus ibu rumah tangga adalah dua entitas profesi yang berbeda, namun bisa bersama sama dilakukan asalkan bisnis atau usahanya tepat.

Jenis wirausaha yang dipilih tentunya haruslah memiliki opsi fleksibilitas waktu yang cukup, sehingga tugas utama sebagai seorang ibu untuk menjaga anak anak juga tidak terganggu. 

Hal inilah yang membuat mom tidak akan bisa bekerja di sektor formal dengan sistem kerja kantoran yang masuk setiap hari.

Peran ibu rumah tangga cukup penting karena dituntut supaya tetap mendampingi pertumbuhan anak. Menjadi mompreneur adalah tidak hanya menghasilkan uang, tetapi juga menjadi pembelajaran dan pengalaman dalam mengelola keuangan secara profesional.

Baca juga : Peluang Bisnis Mompreneur yang Bisa Dilakukan di Rumah


Contoh Mompreneur di Indonesia

Sederhananya untuk menjadi seorang mompreneur yang berhasil, sobat kosngoꜱan harus bisa mengatasi berbagai tantangan dari seorang IRT dengan baik. 

Berikut beberapa contoh mompreneur yang sukses berbisnis walaupun menyandang status ibu rumah tangga :

1. Lanny Siswadi Berbisnis Sambal Rudy, ibu ini sukses mengembangkan usaha sambal kemasan yang terkenal sebagai oleh-oleh khas Surabaya

2. Wati Hendrawati, bisnis Yufeto Catering Bandung, brand Yufeto diambil dari nama anaknya yaitu Yuki, Ferry dan Tony. Bu Wati melibatkan anaknya di sela-sela kesibukannya sebagai ibu rumah tangga

3. Nanik Soelistiowati, jualan Pisang Madu Bu Nanik. Bu Nanik yang sebagai ibu rumah tangga membuka usaha bisnis katering makanan lengkap dengan buah, kemudian dia mencoba menggoreng pisangnya dengan diberi madu.

4. Anggita Prima, berbisnis Raja Pisang Nugget. Brand kuliner ini pernah viral beberapa tahun lalu dan awalnya dijalankan oleh seorang ibu rumah tangga yang bernama Anggita Prima.

5. Selly, bisnis Treat Inc Cheesecake in Jar. Usaha ini adalahsebuah premium cheese cake dan dibuat pakai bahan berkualitas yang dikemas di toples kecil

6. Ipah Syaripah adalah contoh mompreneur, salah seorang pemilik bisnis tas online Kamiyastuff. Kamiyastuff adalah contoh bisnis tas yang dimulai oleh mompreneur dari Indonesia yang bernama Ipah. 

Usaha ini dibuat dengan alasan demi membantu meringankan beban keuangan keluarga tanpa harus mengurangi tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga

7. Namanya adalah Nurlisa, seorang ibu, istri dan juga mompreneur. Kesibukan wanita yang akrab dipanggil Lisa ini sehari-hari adalah mengurus anak dan suami sembari mengembangkan bisnis toko sepatu online-ku di Shopee yaitu Nunulisatan

8. Sebenarnya masih banyak kisah sukses lain ibu rumah tangga yang memulai usaha nya dari dalam rumah, kamu bisa googling saja yaa!


Tips Menjadi Mompreneur

Ketika hendak menjadi mompreneur, sobat kosngosan bisa menerapkan beberapa tips sederhana dibawah ini supaya tetap bisa membagi waktu antara keluarga dan bisnis. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

Mengembangkan skill komunikasi, hal ini bermanfaat untuk memberikan pengertian kepada keluarga kalau ibunya sedang bekerja, serta mendapatkan dukungan dari suami dan keluarga yang lain. 


Mencoba peluang yang paling cocok

Bisnis momprenur haruslah dibangun atas dasar passion, bukan karena keterpaksaan. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu tetap terbuka terhadap semua peluang yang ada. 

Carilah ide bisnis yang sesuai dengan skill Kamu dan kalau beruntung kamu bisa meneruskan hobi mu


Menyusun jadwal yang tepat

Waktu adalah modal paling berharga yang dimiliki oleh ibu rumah tangga. Jangan sampai fokus pada bisnis membuat quality time bersama keluarga menjadi terganggu. 

Waktu 24 jam ini harus bisa dibagi untuk berbagai kegiatan dan sobat koꜱngosan juga perlu untuk beristirahat. 

Cara mengatasi masalah manajemen waktu bagi ibu rumah tangga yaitu dengan membuat jadwal harian, dan terus memperbaharuinya. 

Kamu bisa menggunakan aplikasi di HP, sehingga akan tahu apa yang harus dilakukan setiap harinya. Jangan lupa juga untuk menyusun skala prioritas untuk mengetahui mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu mana yang bisa ditunda


Membuat pengaturan pos keuangan

Mengatur keuangan antara keuangan bisnis dan rumah tangga, dan juga memahami apa bagaimana kebutuhan dan keinginan. 

Sebagai mompreneur, sobat kosngosan harus bisa membedakan dan memisahkan keduanya secara efisien dan efektif


Kesimpulan

Apakah kalian sudah tahu pengertian dari mompreneur? Banyak dari IRT yang membuka bisnis untuk membantu keuangan keluarga. 

Penting untuk tetap memisahkan uang yang akan digunakan untuk bisnis dan uang yang akan dimasukkan ke dalam kas rumah tangga. 

Sehingga profesionalis usaha tetap terjaga. Semoga para mompreneur di Indonesia bisa lebih sukses setelah membaca artikel ini. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bookmart juga halaman ini ya, adios!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya