Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Iklan Non Komersial berbagai Tema

Apa yang dimaksud dengan iklan non komersial? Seperti yang kita ketahui, komersial berhubungan dengan money oriented (orientasi uang) atau keuntungan. Sehingga kalau dijelaskan secara ringkas, iklan non komersial adalah iklan yang diperuntukkan tidak untuk mencari uang dan keuntungan, tetapi dengan maksud lain.

Iklan non-komersial ini adalah iklan yang dibuat untuk tujuan selain meningkatkan penjualan atau laba perusahaan, yang biasanya meliputi kampanye dari pemerintah atau organisasi non-profit untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang suatu cause.

Iklan non-komersial juga dapat dibuat oleh individu atau kelompok yang ingin memberikan pesan kepada audiens tanpa tujuan mencari keuntungan finansial.

Tentu saja dengan perkembangan teknologi informasi seperti sekarang ini, sobat kosngosan bisa membuat iklan non komersial yang tepat sasaran menggunakan berbagai platform yang tersedia.

Apa tujuan iklan non komersial dibuat? Tujuan iklan non-komersial bervariasi tergantung pada organisasi atau individu yang membuat iklan tersebut. Beberapa tujuan umum iklan non-komersial adalah:

  • Memberikan informasi: Iklan non-komersial dapat digunakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang suatu topik, seperti kesehatan atau keamanan.
  • Mempromosikan suatu kejadian: Iklan non-komersial juga dapat digunakan untuk mempromosikan suatu cause, seperti lingkungan atau hak asasi manusia.
  • Mendorong tindakan: Iklan non-komersial dapat digunakan untuk mendorong orang untuk melakukan tindakan, seperti mengirimkan donasi atau mengajukan diri menjadi voluntir.
  • Meningkatkan brand awareness: Iklan non-komersial juga dapat digunakan untuk meningkatkan brand awareness suatu organisasi atau perusahaan, meskipun tujuan utamanya bukan untuk meningkatkan penjualan.
  • Memperkuat citra perusahaan: Iklan non-komersial juga dapat digunakan untuk memperkuat citra perusahaan atau organisasi sebagai pemimpin di bidangnya atau sebagai pembela suatu cause yang diyakini oleh perusahaan tersebut.


Contoh Iklan Non Komersial Berbagai Tema

Selanjutnya untuk melengkapi pembahasan kita mengenai iklan non komersial dari kosngosan kali ini, maka kamu bisa melihat beberapa referensi terkait iklan ini, dalam bentuk visual dan juga video yang sudah kami rangkum dibawah ini :

Baca juga : Contoh Iklan Jual Rumah supaya Cepat Laku


Iklan Keamanan Jalan Raya

contoh iklan non komersial lalu lintas

Iklan yang bertujuan untuk mengingatkan pengemudi dan pejalan kaki tentang pentingnya mengikuti peraturan lalu lintas dan menjaga keselamatan di jalan.

Beberapa contoh iklan keamanan jalan raya adalah:

"Jangan Mengendarai saat Mabuk" : Iklan yang mengingatkan pengemudi tentang bahaya mengemudi saat mabuk dan pentingnya mengetahui tkamu-tkamu mabuk.

"Seatbelt salah satu cara terbaik untuk melindungi diri kamu" : Iklan yang mengingatkan pengemudi dan penumpang tentang pentingnya menggunakan sabuk pengaman saat berkendara.

"Jangan Mengetik dan Menelepon saat Mengemudi" : Iklan yang mengingatkan pengemudi tentang bahaya mengetik pesan saat mengemudi dan pentingnya fokus pada jalan.

"Jangan Over speed" : Iklan yang mengingatkan pengemudi tentang bahaya kecepatan tinggi dan pentingnya mengikuti batas kecepatan yang ditentukan.

"Jangan melakukan overtaking di daerah berbahaya" : Iklan yang mengingatkan pengemudi tentang bahaya melakukan overtaking di daerah berbahaya seperti di jalan sempit atau di depan jalan masuk/keluar.

"Hati hati di jalan! Ingat, istri dan anak menanti di rumah. Mereka tidak ingin kehilangan sosok ayah karena keteledoran anda!

"Jangan melebihi batas kecepatan 80km per jam. Sayangi nyawa anda, sudah banyak yang terjadi kecelakaan didaerah sini!"


Iklan Kesehatan

contoh iklan non komersial kesehatan

Ini adalah iklan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berbagai masalah kesehatan seperti rokok, obesitas, atau HIV/AIDS.

Contoh iklan kesehatan dapat meliputi produk atau layanan seperti:

"Jangan biarkan masalah kesehatanmu mengendalikan hidupmu. Jangan ragu konsumsi makanan sehat dan rutinlah memeriksa masalah kesehatanmu dengan menggunakan BPJS Kesehatan"

"Perhatikan kesehatanmu sejak dini. Mulailah dengan mengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur."

"Jangan biarkan stres mengendalikan hidupmu. Temukan solusi untuk mengatasinya dengan bantuan terapis kami."

"Kesehatan gigi yang baik adalah kunci untuk kesehatan tubuh yang baik. Segera lakukan perawatan gigi dan jaga kebersihan mulutmu ayo manfaatkan BPJS Kesehatan untuk cek kesehatan gigi mu"

"Jangan biarkan masalah kesehatan mata mengganggu aktivitasmu. Ayo konsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin A dan jagalah screen time mu di depan layar kaca."

"Menjaga kesehatan sama halnya dengan investasi sejak muda. Ketika dia hilang, baru terasa nilai berharganya. Jadi ayo jaga kesehatanmu mulai dari sekarang!"

Contoh iklan kesehatan yang baik akan memberikan informasi yang jelas, akurat dan transparan tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Dan juga harus menyertakan informasi penting seperti efek samping dan risiko yang mungkin terjadi.


Iklan Lingkungan

contoh iklan non komersial lingkungan

Iklan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah lingkungan seperti pemanasan global, pencemaran, atau perlindungan satwa liar.

"Jangan biarkan sampahmu merusak lingkungan sekitar. Bersihkan lingkunganmu dan ikut serta dalam program recycling kami sekarang juga!"

"Perhatikan lingkunganmu dan jangan lupakan peranmu dalam menjaganya. Mulai dari sekarang, kurangi penggunaan plastik dan pilih produk ramah lingkungan."

"Lingkungan kita semakin terancam. Bantulah kami untuk menyelamatkannya dengan menghemat energi dan air di rumahmu."

"Kita semua memiliki tanggung jawab untuk menjaga kebersihan lingkungan. Bersama-sama, mari kita bersihkan lingkungan sekitar kita dan tanam pohon untuk masa depan."

"Lingkungan kita adalah tanggung jawab kita bersama. Mari bergabung dalam program penanaman pohon kami dan bantu kita untuk menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi yang akan datang."


Iklan Sosial

Iklan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah sosial seperti diskriminasi, kekerasan dalam rumah tangga, atau perdagangan manusia.

"Jangan biarkan kemiskinan menjadi masalah yang tidak teratasi. Bersama-sama, mari kita bantu mereka yang membutuhkan dengan menyumbangkan dana atau bergabung dengan program pemberdayaan ekonomi kami."

"Kemiskinan bukanlah hal yang harus diterima sebagai suatu kenyataan. Bersama-sama, mari kita berjuang untuk menghapuskan kemiskinan dengan memberikan pendidikan dan pelatihan yang dibutuhkan kepada mereka yang kurang mampu."

"Anak-anak tidak harus menderita karena masalah kemiskinan. Mari kita bantu mereka dengan memberikan bantuan makanan dan pendidikan yang dibutuhkan untuk masa depan yang lebih baik."

"Kemiskinan bukan hanya masalah ekonomi, tapi juga masalah sosial dan kemanusiaan. Mari kita bersama-sama membantu mereka yang membutuhkan dengan memberikan bantuan dana atau bergabung dalam program kami untuk mengatasi masalah kemiskinan."

"Kemiskinan tidak hanya masalah negara, tapi juga masalah global. Mari kita bergabung dengan gerakan global untuk mengatasi masalah kemiskinan dengan memberikan bantuan dana atau menyebarkan informasi tentang cara untuk membantu. Bersama-sama kita dapat mengubah dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk semua orang."


Iklan Politik

contoh iklan non komersial politik

Iklan yang bertujuan untuk mempromosikan kandidat atau partai politik dalam pemilihan umum.

"Sekarang saatnya untuk membuat perubahan. Bergabunglah dengan kami dalam kampanye kami untuk memperjuangkan hak-hak sosial dan ekonomi yang adil untuk semua orang."

"Kampanye kami tidak hanya sekedar berbicara, tapi juga tindakan. Mari kita bersama-sama berjuang untuk perubahan yang diinginkan untuk lingkungan dan kesejahteraan masyarakat."

"Ini saatnya untuk membuat suara kita didengar. Bergabunglah dengan kami dalam kampanye kami untuk memperjuangkan hak-hak warga negara dan perlindungan lingkungan."

"Kampanye kami adalah tentang membuat perbedaan. Mari kita bersama-sama berjuang untuk pemerintahan yang transparan dan adil bagi semua orang."

"Tidak hanya sekedar kampanye, tapi juga gerakan. Bergabunglah dengan kami dalam kampanye kami untuk memperjuangkan hak-hak minoritas dan perlindungan lingkungan yang adil untuk semua orang."


Cara Membuat Iklan Non Komersial

Berikut adalah beberapa tips sederhana yang mungkin dapat membantu sobat kosngosan dalam membuat iklan non-komersial yang efektif dan efisien :


Tentukan tujuan kamu

Sebelum memulai, pastikan kamu tahu apa yang ingin kamu capai dengan iklan non-komersial kamu. Apakah kamu ingin menyebarkan informasi atau mempromosikan suatu hal, seperti program pemerintah, CSR, kejadian dan sebagainya


Pilih media yang tepat

Pilih media yang paling sesuai dengan audiens yang ingin kamu sasar. Misalnya, jika kamu ingin menyebarkan informasi kepada anak-anak

Kamu mungkin ingin mempertimbangkan penggunaan media seperti poster di sekolah atau iklan di televisi yang sesuai dengan jam tayang anak-anak.


Buat pesan yang jelas

Pastikan pesan yang kamu sampaikan dalam iklan non-komersial kamu jelas dan mudah dipahami oleh audiens. Jangan mengandalkan jargon atau istilah-istilah teknis yang mungkin tidak familiar bagi audiens.


Gunakan visual yang menarik

Gunakan visual yang menarik untuk menarik perhatian audiens dan membantu menyampaikan pesan kamu. Kamu butuh tim editing dan desain grafis yang bisa membuat iklan poster atau banner yang menarik untuk dilihat


Tentukan budget yang tepat

Pastikan kamu memiliki budget yang cukup untuk mempromosikan iklan non-komersial kamu dengan efektif. Ini mungkin tidak sebesar budget yang dibutuhkan untuk iklan komersial

Akan tetapi kamu masih perlu mempertimbangkan biaya seperti cetakan poster atau sewa ruang iklan di televisi atau radio.


Evaluasi Hasil

Setelah iklan non-komersial kamu tayang, evaluasi hasilnya untuk mengetahui apakah kamu telah mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Ini akan membantu kamu menentukan apakah perlu menyempurnakan strategi iklan kamu atau tidak di masa mendatang.

Baca juga : Contoh Iklan Layanan Masyarakat


Kata Penutup

Pada akhirnya, iklan non komersial dibuat untuk mencari maksud selain mencari keuntungan. Dan beberapa pihak yang membuatnya juga bisa bekerjasama dengan lembaga tertentu supaya pesan yang ingin disampaikan bisa lebih maksimal dimengerti oleh audiens.

Semoga beberapa contoh iklan komersial dari kosngosan diatas bisa bermanfaat buat teman teman sekali ya. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini. Bookmart juga halamannya, sampai jumpa pada kesempatan lainnya!

Oleh rezaharahap