Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Surat Kuasa Pengambilan Paspor format Word

Ketika mengurus paspor dan kamu berhalangan untuk hadir mengambil dokumen tersebut, maka kamu butuh surat kuasa pengambilan paspor. Surat Kuasa Pengambilan Paspor adalah dokumen yang memberikan kuasa kepada seseorang untuk mengambil paspor atas nama pemilik paspor. Misalnya antara orangtua dengan anak, dan diwakilkan.

Surat ini bisa dalam bentuk bahasa indonesia atau bahasa inggris, biasanya digunakan jika pemilik paspor tidak dapat mengambil sendiri paspor tersebut karena berbagai alasan, seperti sibuk, berhalangan, atau berada di tempat yang jauh. 

Surat Kuasa Pengambilan Paspor ini wajib ditandatangani oleh pemilik paspor dan diterima oleh otoritas yang berwenang sebelum orang lain dapat mengambil paspornya. Karena seperti yang kita ketahui, passpor adalah dokumen penting yang sensitif dan bahaya jika dipegang oleh orang yang sembarangan.

Berikut adalah beberapa syarat dan langkah untuk mengurus Surat Kuasa Pengambilan Paspor:

  • Siapkan dokumen yang diperlukan: pastikan kamu memiliki fotokopi KTP atau dokumen identitas lain yang sah dan diterima oleh otoritas.
  • Buat surat kuasa: kamu dapat membuat surat kuasa sendiri atau menggunakan contoh yang tersedia secara online. Pastikan untuk mencantumkan nama lengkap dan alamat yang benar dari pemilik paspor dan orang yang diberikan kuasa.
  • Tanda tangani surat kuasa: Pemilik paspor harus menandatangani surat kuasa di depan saksi yang sah.
  • Lampirkan fotokopi dokumen identitas: Lampirkan fotokopi dokumen identitas pemilik paspor dan orang yang diberikan kuasa.
  • Kirimkan surat kuasa ke otoritas yang berwenang: Konsultasikan dengan kantor imigrasi atau kedutaan untuk mengetahui prosedur yang tepat. Biasanya, surat kuasa harus dikirim ke kantor imigrasi atau kedutaan setempat.
  • Datang untuk mengambil paspor: Setelah surat kuasa diterima dan diverifikasi, orang yang diberikan kuasa dapat datang ke kantor imigrasi atau kedutaan untuk mengambil paspor pemilik paspor.


Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor

Berikut beberapa format surat kuasa pengambilan paspor dalam bahasa indonesia atau bahasa inggris juga perlu untuk berbagai keperluan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing masing sesuai dengan keperluan kalian :

Berikut adalah contoh surat kuasa pengambilan paspor:


[Alamat Pengirim]

[Tanggal]

Kepada

Kepala Kantor Imigrasi [Nama Kantor Imigrasi]

[Alamat Kantor Imigrasi]

Perihal: Surat Kuasa Pengambilan Paspor

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: [Nama Lengkap Pemilik Paspor]

Alamat: [Alamat Lengkap Pemilik Paspor]

Nomor Paspor: [Nomor Paspor Pemilik Paspor]

Dengan ini memberikan kuasa kepada:

Nama: [Nama Lengkap Penerima Kuasa]

Alamat: [Alamat Lengkap Penerima Kuasa]

Nomor KTP: [Nomor KTP Penerima Kuasa]

Untuk melakukan pengambilan paspor saya yang sudah jadi di Kantor Imigrasi [Nama Kantor Imigrasi], dengan rincian sebagai berikut:

Nama pemilik paspor: [Nama Lengkap Pemilik Paspor]

Nomor paspor: [Nomor Paspor Pemilik Paspor]

Tanggal pengambilan: [Tanggal Pengambilan]

Demi kelancaran pengurusan paspor saya, saya memberikan kuasa penuh kepada [Nama Lengkap Penerima Kuasa] untuk mengambil paspor saya tersebut dengan membawa fotokopi KTP saya dan KTP penerima kuasa.

Demikian surat kuasa ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat saya,

[Nama Lengkap Pemilik Paspor]


Surat Kuasa Pengambilan Paspor Bahasa Inggris

 [Sender's Address]

[Date]


To

The Head of Immigration Office [Name of Immigration Office]

[Address of Immigration Office]

Subject: Power of Attorney for Passport Collection

I, the undersigned

Name: [Full Name of Passport Owner]

Address: [Full Address of Passport Owner]

Passport Number: [Passport Number of Passport Owner]


Hereby authorize:


Name: [Full Name of Attorney]

Address: [Full Address of Attorney]

ID Card Number: [ID Card Number of Attorney]

To collect my passport from the Immigration Office [Name of Immigration Office], with the following details:

Name of Passport Owner: [Full Name of Passport Owner]

Passport Number: [Passport Number of Passport Owner]

Collection Date: [Collection Date]

I hereby grant full authority to [Full Name of Attorney] to collect the passport on my behalf. The attorney must present a copy of my ID card and their own ID card when collecting the passport.

I certify that the information provided in this letter is true and accurate.

Sincerely,

[Full Name of Passport Owner]


Baca juga : Contoh Surat Izin Ekspor ke Luar Negeri


Contoh Surat Kuasa Pengambilan Paspor lainnya

surat kuasa pengambilan paspor

Download Surat Kuasa Pengambilan Paspor Doc

Kamu bisa download contoh format surat kuasa pengambilan paspor dalam ekstensi word atau docx yang bisa kamu edit sesuai dengan kebutuhan masing masing :

Surat Kuasa Pengambilan Paspor Format Word


Keterangan :

Walau terlihat berantakan, tapi dokumen diatas sebenarnya sudah rapi, itu keliatan berantakan karena disematkan di blog ini, jadi download saja file nya dan buka di ms word kalian masing masing (saran saya buka pakai word 2013 keatas)

Nanti kamu akan diarahkan pada halaman safelink, tunggu sampai minimal 5 detik, hingga tombol downlaod muncul, klik dan kamu akan diarahkan ke halaman link download google drive, login pake gmail kalian masing masing ya


Kata Penutup

Pada akhirnya prosedur dan contoh dari surat kuasa ini mungkin saja berbeda-beda pada setiap negara, sehingga disarankan untuk mengecek dengan otoritas yang berwenang untuk memastikan bahwa kamu memenuhi persyaratan yang tepat.

Semoga informasi dari kosngosan diatas bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya. Jangan lupa juga untuk bookmart halaman ini !

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya