Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Contoh Marketing Mix 4P Produk Makanan

Kamu sedang mencari contoh marketing mix 4P untuk produk makanan? Sebelum memulai usaha bidang kuliner, memang dibutuhkan strategi yang dinamakan marketing mix. Tapi tahukah sobat kosngosan apa pengertian marketing mix? Marketing mix adalah upaya penyusunan strategi pemasaran yang menyeluruh menggunakan 4 komponen pemasaran, yaitu price (harga) product (produk), place (tempat) dan promotion (promosi).

Nama lain dari MM ini adalah strategi pemasaran 4p atau sering juga disebut oleh ahli ekonomi sebagai istilah "bauran pemasaran". Bauran pemasaran ini ada yang menggunakan 4 komponen ada juga yang 7 komponen. Tapi kali ini kita akan fokus membahas yang 4 komponen yang sudah disebutkan diatas saja.

Istilah ini sebenarnya pertama kali diperkenalkan oleh tokoh ekonomi yang bernama E. Jerome McCarthy. Doi menulis buku yang berujudul Basic Marketing: A Managerial Approach di tahun 1960-an.

Dan setelah adanya istilah 4 P itu, maka para ahli marketing di seluruh dunia kemudian menambahkan “3P” lagi kedalam istilah yang dicanangkan oleh McCarthy ini. “3P”, adapun istilah yang ditambahkan yaitu People, Process dan Physical Evidence.

Adapun tujuan utama dari marketing mix 4p ini, bila ditinjau dari aspek usaha makanan adalah untuk membangun strategi pemasaran produk makanan yang tentunya lebih efektif dan efisien.

Hal ini karena Bauran pemasaran dapat menjangkau lebih banyak konsumen di bidang makanan. Sebagai contoh sobat kosngosan yang tidak hanya menerapkan diskon (price) untuk makanan kamu, tetapi juga membuka toko makanan di tempat yang lebih strategis (place). Jadi kamu tidak hanya fokus pada harga, tetapi juga aksesibilitas dalam membeli produk tersebut di tempat yang terjangkau dan strategis.


Contoh Marketing Mix 4P Bisnis Makanan

Dalam pembahasan di atas, sudah kita sebutkan bahwa faktor marketing mix ada 4, yaitu price (harga) product (produk), place (tempat) dan promotion (promosi).

Mari kita bahas contoh marketing mix 4p dari beberapa elemen tersebut satu per satu untuk produk makanan atau kuliner dibawah ini :


Contoh Bauran Pemasaran 4P Basreng "Regar"

Contoh Marketing Mix 4P Makanan

Produk:

Basreng adalah produk camilan ringan berbahan dasar bakso yang digoreng dan diberi berbagai macam bumbu. Produk basreng yang berkualitas kami buat dari bakso yang benar benar diolah dengan komposisi daging dan tepung yang pas, sehingga rasa daging lebih dominan.

Kami membuat basreng dengan rasa yang variatif dan ini akan menarik minat pelanggan. Varian produk seperti rasa, ukuran, dan kemasan dapat menjadi daya tarik tambahan untuk menarik pelanggan.


Harga:

Harga Basreng Regar ditetapkan dengan mempertimbangkan biaya produksi dan persaingan pasar. Harga yang kami tetapkan untuk ukuran paling kecil adalah 5k, dan ukuran paling besar seharga 30k.

Tentu harga ini dinilai terjangkau akan membuat produk ini lebih menarik bagi pelanggan. Diskon atau promosi pada momen tertentu dapat juga kami gunakan untuk menarik lebih banyak pembeli dan meningkatkan penjualan.


Tempat:

Basreng regar kami jual di toko-toko kripik dan makanan ringan, pasar tradisional, atau di toko-toko modern dan minimarket.

Tapi kami juga fokus untuk jualan lewat live tiktok dan instagram. Tempat penjualan utama berada di rumah (home industry) tapi kami juga membuat banner dengan desain yang menarik, dan juga lokasi rumah yang strategis, didekat perkantoran. Jadi dapat membantu meningkatkan keterpaparan produk kepada pembeli yang berbeda.


Promosi:

Promosi kami lakukan melalui media sosial (terutama tiktok dan instagram), kami juga beriklan di media cetak dan memperkuat promosi dari mulut ke mulut melalui review dan testimoni.

Promosi dengan cara memberikan diskon atau hadiah, dan juga menawarkan paket beli lebih banyak mendapatkan diskon dapat menarik perhatian pembeli.

Pemasaran melalui endorse dari public figure atau influencer di media sosial juga dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan popularitas brand Basreng regar

Baca juga : Contoh Pemasaran langsung dan Pemasaran Tidak langsung


Contoh Marketing Mix Restoran "Kosngosan"

Contoh marketing mix 4p Makanan

Kosngosan Restaurant adalah sebuah Restoran bintang 4 yang menerapkan strategi marketing mix berikut ini:


Produk

Kosngosan Restaurant menawarkan tempat makan dengan konsep desain Javanese royalty art. Termasuk diantaranya adalah desain restoran yang menyerupai desain bangunan keraton dan rumah-rumah di Pulau Jawa era kolonial.

Restoran ini menyediakan berbagai kuliner khas Jawa dan sedikit makanan Asia dan Eropa. Penawaran seperti ini membuat Kosngosan Restaurant unggul dibandingkan dengan restoran lain di sekitarnya.


Price

Dalam hal harga, Kosngosan Restaurant menerapkan beberapa kebijakan. Pertama, harga disesuaikan dengan kelas menu yang dipesan.

Kedua, ada harga khusus bagi early come yang memesan untuk momen hari libur nasional. Ketiga, ada diskon khusus membership yang termasuk layanan all you can eat di restoran dan berbagai voucher menarik.


Place

Kosngosan Restaurant menawarkan lokasi di kaki Gunung Merapi yang sejuk dan tenang. Meskipun di kaki gunung, lokasi dapat ditempuh hanya dengan berkendara selama 1 jam ke pusat Kota Yogyakarta dan 2 jam ke New Yogyakarta International Airport (NYIA). Untuk membantu pengunjung berwisata, pihak hotel menyediakan layanan transportasi dengan biaya terpisah.


Promotion

Pemesanan Kosngosan Restaurant bisa dilakukan secara online maupun offline. Pemesanan Kosngosan Restaurant secara online bisa melalui aplikasi travel dan akomodasi maupun melalui website perusahaan.

Kosngosan Restaurant juga memiliki media sosial yang dikelola dengan baik. Informasi mengenai promosi, akan tertera di media sosial tersebut.


Contoh Marketing Mix Kebab "Harahap"

Contoh marketing mix 4p Makanan Kebab

Produk:

Kebab Harahap adalah produk inti dalam kasus ini. Namun, ada variasi yang dapat ditawarkan seperti Kebab Harahap ayam, sapi atau domba, Kebab Harahap vegetarian, dll.

Kemasan Kebab Harahap juga merupakan aspek penting dari produk, karena harus nyaman untuk dibawa dan dimakan saat bepergian.


Harga:

Harga Kebab Harahap dapat ditetapkan berdasarkan biaya produksi, termasuk bahan-bahan, tenaga kerja, dan kemasan. Kami mempertimbangkan persaingan dan pasar lokal saat menetapkan harga.

Untuk varian termurah, harganya 10k, dan varian termahal 25k. Mungkin juga ide yang baik untuk menawarkan promosi atau diskon selama waktu tertentu dalam setahun untuk mendorong penjualan lebih banyak.


Tempat:

Lokasi stan Kebab Harahap sangat penting untuk kesuksesan bisnis. Penting untuk memilih lokasi di mana ada lalu lintas pejalan kaki yang tinggi dan di mana orang cenderung lapar dan mencari makanan yang cepat dan lezat.

Kami menyediakan booth di teras alfamart dan indomaret yang terkenal strategis di pinggir jalan. Ini bisa juga termasuk jalan-jalan sibuk, pusat perbelanjaan, atau dekat bar atau klub populer.


Promosi:

Promosi adalah kunci untuk menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan yang ada. Kombinasi dari beberapa taktik promosi

Seperti pemberian diskon di hari khusus, promosi melalui live tiktok dan ig, pemasangan banner, spanduk atau papan reklame kebab Harahap di tempat strategis dapat membantu meningkatkan kesadaran brand kebab kami, dan mengundang calon pembeli untuk mampir dan membeli kebab tersebut.


Contoh Marketing Mix 4p "EatSambel"

Contoh marketing mix 4p Makanan Sambal

Produk :

Produk utama dari Eatsambel adalah sambal kalengan dengan berbagai macam varian rasa dan tambahan bahan, seperti cumi, daging dan teri. Selain itu, produk tambahan dalam kemasan plastik dan botol sambal juga dapat ditawarkan.

Produk eatsambel kami garansi memiliki kualitas dan rasa yang gurih, enak dan tidak bau langu, serta dapat diandalkan untuk membangun kepercayaan pembeli


Harga:

Harga produk Eatsambel harus bersaing di pasaran dan mempertimbangkan biaya produksi. Harga yang terjangkau akan membantu menarik pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan setia.

Kami mematok harga eatsambel paling murah adalah 15k per pcs, dan paling mahal 50k dengan ukuran dan bahan sambel yang paling top


Tempat:

Eatsambel kami jual secara online melalui platform e-commerce seperti di shopee, tokopedia dan lazada. Kami juga bekerjasama dengan toko-toko dan pasar lokal.

Selain itu, kami juga jualan sekaligus promosi di tiktok shop dan ig shop. Hal ini dapat membantu meningkatkan ketersediaan produk dan meningkatkan kemudahan akses untuk pelanggan.


Promosi:

Promosi produk kami lakukan melalui media sosial, iklan di platform e-commerce, dan pemasaran email. Kegiatan promosi seperti diskon, voucher, atau give away dapat digunakan untuk menarik perhatian pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Mempertahankan kehadiran brand di media sosial terutama tiktok dan instagram dan melakukan kolaborasi dengan influencer dapat meningkatkan kesadaran merek dan membuat produk Eatsambel semakin dikenal.


Kesimpulan

Marketing mix atau bauran pemasaran adalah konsep yang benar benar membantu para pengusaha sebelum terjun dan memulai bisnis nya, terutama buat sobat kosngosan yang akan memulai bisnis kuliner atau makanan.

Semoga beberapa informasi mengenai Contoh Marketing Mix 4P Produk Makanan diatas bisa bermanfaat buat kalian. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bookmart juga halaman ini supaya kalian bisa menemukan kami kembali jika diperlukan. adios!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya