Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Kelebihan dan Kekurangan Laptop Advan

Buat kalian yang ingin membeli laptop advan, sebelum memutuskan untuk memakai brand ini, ada baiknya membaca postingan kosngosan kali ini mengenai kelebihan dan kekurangan laptop advan. Advan adalah salah satu brand elektronik asal Indonesia yang  memproduksi laptop dan notebook. 

Dengan berbagai varian dan tipe laptop yang diproduksi, diperuntukkan bagi segmentasi yang beraneka ragam. Tapi memang masih banyak orang yang kurang familiar dengan brand lokal yang satu ini. Mari kita ulik selengkapnya kali ini.

Laptop Advan dimulai diproduksi sejak beberapa tahun silam, ketika brand ini didirikan di Jakarta. Awalnya memang Advan memproduksi barang elektronik rumahan saja, seperti televisi, smartphone, dan tablet. 

Tapi barulah kemudian beberapa tahun kemudian, brand ini memutuskan untuk memperluas bisnisnya ke pasar laptop dengan meluncurkan seri pertama yang diberi nama Advan Vanbook W100.

Karena bisa dibilang laptop advan juga banyak kompetitornya dari luar, maka kita sebagai konsumen harus pintar pintar dalam memilih laptop, tidak hanya karena memiliki harga yang terjangkau, tetapi juga harus dapat digunakan untuk pekerjaan sehari hari dan tahan lama (sebagai investasi jangka panjang).


Kelebihan Laptop Advan

Kelebihan Laptop Advan

Laptop Advan terus mengembangkan seri laptopnya dan meluncurkan berbagai jenis varian laptop baru dengan spesifikasi yang sesuai dengan kelas harganya. 

Berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa sobat kosngosan dapatkan ketika membeli laptop merek advan :


Harga Lebih Terjangkau

Harga menjadi salah satu faktor penting sebelum membeli produk elektronik, termasuk laptop. Merek global (seperti lenovo, acer, HP) biasanya memproduksi laptop mereka di pabrik dengan teknologi dan standar yang lebih tinggi, yang dapat meningkatkan biaya produksi. 

Sedangkan Advan, sebagai merek lokal, dapat memproduksi laptop dengan biaya produksi yang lebih rendah. Advan, sebagai merek lokal juga, memiliki jaringan distribusi yang lebih sederhana, yang dapat membantu mereka mengurangi biaya distribusi dan harga jual produk mereka.

Baca juga : Cara Memperbaiki HDD Lemot di Laptop Advan


Spesifikasi Lebih Baik di kelasnya

Jika dengan harga 5 juta, sobat membandingkan laptop advan dengan laptop global lain, mungkin saja spesifikasinya (secara teknis) lebih baik advan, karena balik lagi, mereka bisa menekan biaya produksi dan distribusi 

Sehingga bisa menjual laptop dengan RAM, Memory atau fitur yang lebih kaya dibanding dengan kompetitornya. Tentu saja spesifikasi ini tidak semuanya unggul, ada juga yang kalah. Tapi intinnya, secara garis besar, spek advan bisa dinilai lebih woth to buy dibanding dengan laptop luar.


Local Pride

Local pride adalah rasa bangga dan cinta terhadap produk yang diciptakan dan dibuat sendiri oleh tangan tangan orang Indonesia. Selain itu, dengan membeli produk lokal, kita secara tidak langsung sudah berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi mikro dan makro di tanah air. 

Local pride dapat menjadi faktor yang penting dalam diri seseorang dan dapat memberikan dorongan untuk mengembangkan dan mempromosikan produk elektronik milik bangsa sendiri dan dipergunakan untuk keperluan sehari hari.


Sparepart Mudah di Upgrade

Perintilan seperti RAM dan Memori bisa di upgrade relatif lebih mudah, jika dibandingkan dengan laptop lain. Karena kebanyakan laptop dari advan ini mudah dibongkar, bahkan untuk pemula sekalipun (tapi ini menghanguskan garansi lho). 


Port Lumayan Lengkap

Kalau berbicara mengenai port atau percolokan di laptop advan, biasanya tidak pelit dengan yang namanya port, baik itu HDMI, USB C, USB A, dll.

Ada juga speaker eksternal atau headset melalui port 3.5mm jack audio yang tersedia, dan di sebelahnya pun terdapat slot key security untuk fitur keamanan.


Kekurangan Laptop Advan

Advan bukannya tidak ada kelemahan. Karena brand ini menjadi salah satu merek laptop di Indonesia yang masih banyak pr nya untuk dikembangkan supaya bisa bersaing dengan produk laptop luar seperti lenovo, acer atau HP. 

Adapun beberapa kelemahan dari laptop ini yang sudah kosngosan rangkum, antara lain sebagai berikut :


Harga Jual Second Jatuh

Kebanyakan memang brand lokal jika dijual kembali pasti harganya jatuh. Hal ini memang tidak berpengaruh kalau kamu seorang pengguna yang pandai merawat laptop atau tidak berniat menjual laptop mu di kemudian hari.

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga jual laptop second atau bekas untuk turun. Beberapa diantaranya adalah karena brand lokal yang tidak terlalu dikenal oleh masyarakat. 

Perlu diingat bahwa harga jual second atau bekas dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor di atas, dan biasanya lebih rendah dibandingkan dengan harga barang baru.


Daya Tahan Relatif Kurang

Anggapan bahwa laptop lokal lebih mudah rusak dibanding laptop luar tentu saja benar adanya. Karena selain built quality untuk casing laptop yang lebih ringkih dan mudah rusak, komponen didalamnya juga demikian.

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan daya tahan laptop lokal seperti advan menjadi kurang baik dibandingkan dengan barang yang dihasilkan di negara lain. Namun, hal ini tidak berarti bahwa semua laptop lokal memiliki daya tahan yang buruk


Brand Kurang Terkenal

Brand advan tidak banyak orang kenal, bahkan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia sendiri. Hal ini karena memang brand ini kurang memaksimalkan promosi produk mereka.

Laptop lokal mungkin memiliki kesulitan dalam mengakses pasar yang lebih besar, seperti pasar internasional. Hal ini dapat menyebabkan laptop lokal seperti advan, menjadi kurang dikenal di luar lingkup pasar lokal 

Perlu dicatat bahwa tidak semua laptop lokal kurang terkenal. Beberapa brand juga dapat menjadi sangat populer dan dikenal baik di dalam dan di luar negeri kalau produsen seperti ini memiliki desain yang menarik, kualitas yang baik, keunggulan yang jelas, dan dukungan yang tepat dari pemerintah dan konsumen.


Desain Kurang Menarik

Untuk beberapa varian laptop dari brand ini terkesan desain nya kurang menarik jika dibandingkan dengan laptop global lainnya.

Laptop Advan memiliki desain yang Biasa saja, tidak menarik dan tidak stylish. Untuk pilihan warnanya memang ada yang beragam. Tapi body nya yang plastik banget dan terlalu berat juga menjadi kekurangan dari lini produk mereka.


Service Center Tidak Merata

Service center dan layanan aftersales lainnya memang kurang dimaksimalkan oleh brand lokal, termasuk advan. Kalau kamu pengguna laptop advan dan mengalami kerusakan, kamu sulit melakukan klaim garansi di kota atau tempat tinggalmu

Solusi satu satunya adalah dengan mengirim laptop mu melalui jasa kurir, hal ini beresiko kalau laptop mu mengalami kerusakan di jalan karena penanganan dari ekspedisi yang kurang profesional.

Akan tetapi ini tidak berarti bahwa semua laptop lokal tidak memiliki layanan aftersales yang baik. Beberapa brand lokal bahkan mungkin lebih fokus pada layanan aftersales dan memiliki reputasi yang baik dalam hal memberikan layanan purna jual yang memadai kepada pelanggan. 

Seiring dengan bertumbuhnya persaingan di pasar lokal dan global, semakin banyak brand lokal yang menyadari pentingnya layanan aftersales dan mulai mengembangkan strategi untuk meningkatkan kualitas layanan mereka.


Kesimpulan

Jadi buat sobat kosngosan yang pengguna laptop advan, pastikan kalian sudah mengetahui apa saja yang menjadi kelebihan dan kelemahan dari perangkat milik braand asal indonesia ini. 

Semoga dengan menggunakan produk lokal, kita bisa berkontribusi dalam memajukan industri teknologi di tanah air. 

Terakhir jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian, bookmart juga halamannya ya, terimakasih dan sampai jumpa kembali pada pembahasan selanjutnya.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya