Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan dan Kekurangan Laptop Evercoss Chromebook

Apa saja kelebihan dan kelemahan laptop evercoss? Salah satu brand pabrikan produk elektronik asal Indonesia yang bernama evercoss memang cukup banyak mengeluarkan varian untuk produk laptop atau notebook mereka. Sebagai konsumen, kita bisa mengulik apa saja sih yang membuat nilai plus dan minus dari brand yang satu ini?

Sebenarnya banyak dari kita yang mengenal brand ini sebagai produsen smartphone atau ponsel pintar. Perusahaan yang berdiri pada tahun 2008 dan berkantor pusat di Jakarta ini, ternyata juga memproduksi laptop atau notebook dengan sistem operasi chromebook.

Evercoss terus mengembangkan lini produknya dan banyak memproduksi seri ponsel pintar dan alat elektronik lainnya, dengan fitur-fitur yang semakin canggih. Sampai sekarang Evercoss telah menjadi salah satu brand yang cukup dipertimbangkan di Indonesia dan terus berkembang untuk menghadapi persaingan dengan kompetitor mereka


Kelebihan Laptop Evercoss

Kelebihan Laptop Evercoss

Laptop evercoss Chromebook adalah jenis laptop yang menggunakan sistem operasi Chrome OS milik Google. Laptop Chromebook biasanya ini biasanya ditujukan buat pelajar, karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan laptop windows atau macos.

Berikut beberapa kelebihan chromebook evercoss yang sudah kosngosan rangkum :


Harga Lebih Murah

Kebanyakan laptop chromebook (apapun mereknya) dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan laptop windows atau macOs.

Begitu juga dengan chromebook evercoss yang tentu saja selain karena ongkos produksi nya yang bisa ditekan (karena diproduksi di dalam negeri dengan karyawan lokal)

Hal ini juga menggunakan sistem operasi chrome yang dikenal dengan lisensi nya yang gratis (beda dengan windows yang harus berbayar). Chromebook biasanya lebih murah dibandingkan laptop pada umumnya dengan spesifikasi yang setara.


Security yang lebih baik

Chromebook dilengkapi dengan fitur keamanan yang relatif lebih ketat dibandingkan windows (apalagi windows bajakan).

Sebagai pengguna chrome os, sobat kosngosan akan selalu diminta untuk mengupdate sistem keamanan nya langsung dari google, karena pembaruan sistem operasi dilakukan secara otomatis lewat koneksi internet. Selain itu, Chromebook juga memiliki fitur sandi untuk membuka laptop dan fitur proteksi data bawaan.


Spefikasi Cocok untuk Pemula

Laptop chromebook evercoss sangat cocok buat pemula, seperti pelajar SD, SMP dan SMA. Karena penggunaan aplikasi nya masih dasar, seperti office dan mengakses internet saja.

Sehingga pengawasan dan kontrol terhadap penggunaan aplikasi yang tidak diinginkan juga bisa dimaksimalkan.

Laptop ini sangat cocok buat pengadaan di sekolah sekolah negeri atau swasta, untuk mendukung kemajuan teknologi dalam sistem pendidikan di Indonesia.


Desain yang ringan dan portabel

Laptop chromebook evercoss memiliki desain yang ringan dan tipis (karena spefisikasinya dasar, tidak butuh vga eksternal dan fan kipas yang besar untuk processor high end) membuatnya mudah dibawa kemana mana, dan sangat cocok untuk sobat kosngosan yang sering bepergian dan punya mobilitas tinggi sehari harinya.


Integrasi lebih baik dengan Google

Karena laptop evervoss ini adalah Chromebook, atau laptop yang menggunakan sistem operasi chrome OS, dari namanya saja kalian pasti sudah tahu kalau sistem operasi ini adalah milik google.

Tentu saja seluruh aplikasi yang ada di laptop ini sudah didesain untuk bekerja secara terintegrasi maksimal dengan aplikasi milik Google seperti Google Docs, Google Drive, Youtube, Google Schoolar, Gmail dan sebagainya. Jadi penggunaanya cocok untuk kalian yang banyak menggunakan aplikasi Google secara online.


Booting relatif cepat

Karena laptop Chromebook ini memiliki sistem operasi yang ringan, sehingga tidak butuh spesifikasi tinggi, jadinya waktu booting yang dibutuhkan dari menekan tombol on-off sampai layar menyala itu relatif lebih cepat,

Tentu ini kalau dibandingkan dengan laptop windows pada umumnya (apalagi yang masih menggunakan HDD sebagai memori local disk nya.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Laptop Advan


Kekurangan Laptop Evercoss

Setelah kosngosan membahas kelebihan, maka saatnya kita bahas kekurangan chromebook evercoss ini. Berikut beberapa kelemahan yang bisa kamu dapati jika membeli dan menggunakan perangkat dari brand ini :


Built Quality Kurang Kokoh

Ketika memilih laptop evercoss yang notabene adalah produk lokal, kebanyakan built quality atau ketahanan fisik cover nya kurang proper jika dibandingkan dengan produk laptop global lainnya.

Laptop evercoss kebanyakan menggunakan bahan yang lebih murah dan tidak sekuat bahan yang digunakan pada merek internasional yang lebih terkenal. Bahan yang lebih murah dan ringan dapat membuat laptop terasa lebih ringkih dan kurang kokoh.


Daya Tahan Pakai yang Kurang

Laptop global biasanya memiliki proses produksi yang lebih terstruktur dan menggunakan teknologi yang lebih maju dalam memproduksi laptop mereka.

Sedangkan itu, laptop lokal seperti evercoss biasanya diproduksi secara massal dengan sedikit pengawasan kualitas, menggunakan tenaga buruh atau sistem padat karya (tanpa menggunakan robot).


Spesifikasi Kurang Memadai

Selain itu, kekurangan umum yang patut di maklumi oleh penggua sistem operasi ini adalah, bahwa laptop Chromebook juga biasanya memiliki spesifikasi yang lebih rendah dibandingkan dengan laptop windows lainnya

Sehingga tidak cocok untuk menjalankan aplikasi yang membutuhkan resource dan ram yang lebih tinggi (seperti photoshop, corel draw, game 3d 4k, dll) Penggunaan laptop ini hanya cocok untuk keperluan yang sederhana seperti browsing internet, menonton video, atau pekerjaan produktivitas ringan lainnya.


Harus Terkoneksi Internet

Salah satu kelemahan dari Chromebook yang tidak cocok untuk pengguna di daerah marginal (pedesaan, hutan atau pinggiran dengan sinyal internet buruk).

Karena semua aplikasinya memiliki ketergantungan pada koneksi internet dan keterbatasan dalam hal penggunaan aplikasi yang membutuhkan sistem operasi lain seperti Windows atau MacOS.


Brand Kurang Dikenal Banyak Orang

Brand evercoss tidak banyak dikenal orang banyak, bahkan oleh kebanyakan masyarakat Indonesia sendiri. Hal ini, karena memang brand ini kurang memaksimalkan promosi produk mereka ke pasar lokal.

Laptop evercoss menjadi kurang dikenal juga karena sering mendapatkan review buruk dari influencer di media sosial. Tapi memang tidak semua laptop lokal kurang terkenal.

Ada juga brand yang cukup populer dan dikenal baik karena memang memiliki desain yang menarik, kualitas yang baik, keunggulan yang jelas, dan dukungan yang tepat dari pemerintah dan konsumen.


Kata Penutup

Pada akhirnya, semoga kamu bisa memahami apa saja kelebihan dan kekurangan laptop evercoss chromebook ini ya.

Karena yang namanya sistem operasi Chrome OS pada laptop ini memang dibuat untuk dapat terintegrasi dengan layanan Google seperti Gmail, Google Drive, Google Docs, dan Google Play Store.

Jadi kamu pengguna laptop evercoss biasanya lebih banyak mengandalkan aplikasi web atau aplikasi yang terhubung ke internet, daripada menggunakan aplikasi yang terinstal secara lokal pada laptop. Jangan lupa share dan bookmart halaman dari kosngosan ini, thanks!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya