Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan dan Hambatan Menggunakan Biogas

Sebutkan keuntungan dan hambatan menggunakan biogas! Pengembangan biogas termasuk kegiatan yang ramah lingkungan. Karena ini merupakan salah satu energi alternatif yang terbaharukan. Ada dua contoh alasan biogas dapat dijadikan energi alternatif, yang pertama karena biogas berasal dari bahan organik yang supply nya sangat berlimpah di bumi. 

Dan yang kedua karena proses produksi biogas relatif lebih mudah dan tidak menimbulkan polusi yang merusak lingkungan.

Biogas adalah contoh gas yang dihasilkan dari proses anaerobik atau proses tanpa oksigen yang mengurai bahan organik menjagi gas yang terdiri dari gas metana (CH4) dan karbon dioksida (CO2) dengan persentase kandungan masing masing yang bervariasi. Proses produksi biogas ini dilakukan oleh bakteri tertentu dalam kondisi tertutup dan terkontrol.

Bahan organik yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan biogas bisa beraneka ragam. Seperti kotoran hewan ternak, sampah organik dari sisa dapur rumah tangga, sisa makanan dari industri kuliner, limbah pertanian, dan limbah industri yang menggunakan bahan organik.

Biogas adalah teknologi go green yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti memasak dan menghasilkan listrik (menggunakan pembangkit listrik khusus biogas). 

Pemanfaatan biogas ini dapat mengurangi ketergantungan manusia pada bahan bakar fosil yang tidak terbarukan serta membantu memenuhi kebutuhan energi yang bersih dan berkelanjutan dalam skala mikro atau rumah tangga.


Keuntungan Menggunakan Biogas

Keuntungan Hambatan Biogas

Sebutkan contoh keuntungan menggunakan biogas? Pemanfaatan teknologi biogas dalam kehidupan sehari hari dapat dirasakan keuntungannya. Seperti yang sudah kosngosan rangkum dibawah ini untuk kalian :


Sumber energi yang terbarukan

Biogas dihasilkan dari bahan organik seperti limbah hasil pertanian, dari sisa makanan, dan limbah ternak. Energi biogas adalah sumber energi yang terbarukan dan dapat diperbaharui secara terus-menerus tanpa takut kehilangan bahan baku, tidak seperti batubara atau energi fosil lainnya


Lebih murah dalam jangka panjang

Biogas dapat menjadi lebih murah daripada bahan bakar fosil, apalagi jika sumbernya mudah diakses dan teknologi pembuatannya sudah matang (ini dihitung dalam perspektif jangka panjang ya)

Biogas diproduksi dari bahan organik seperti limbah pertanian, limbah makanan, dan kotoran hewan yang dapat ditemukan dengan mudah di banyak tempat. 

Biogas dapat diproduksi dengan biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan bahan bakar fosil seperti bensin, diesel, atau gas alam.


Lebih Ramah lingkungan

Salah satu keuntungan Biogas merupakan sumber energi yang ramah lingkungan karena emisi gas rumah kaca yang dihasilkan jauh lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar fosil, yang menghasilkan polusi yang besar dan tidak ramah lingkungan


Mudah Diproduksi

Biogas dapat dihasilkan dengan mudah, hanya menggunakan peralatan sederhana yang menghasilkan kondisi anaerobik, yaitu proses penguraian bahan organik oleh bakteri tanpa adanya oksigen. (bisa pakai media kedap udara apa pun, bahkan dari barang bekas)


Lebih Efisien

Energi Biogas dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik, panas, dan gas untuk bahan bakar rumah tangga, misalnya. 

Ketika diaplikasikan dengan tepat, biogas bisa menghasilkan energi yang lebih efisien dan lebih murah dibandingkan dengan bahan bakar fosil seperti batubara atau minyak bumi.


Mengurangi limbah dan polusi

Keuntungan biogas lainnya dapat membantu mengurangi limbah organik. Biasanya limbah tersebut dibuang dan tidak terpakai, kini bisa dimanfaatkan untuk energi biogas

Seperti pemanfaatan sampah dari sisa makanan dan kotoran ternak, sehingga dapat mengurangi masalah lingkungan juga


Menciptakan kemandirian energi

Keuntungan menggunakan biogas lainnya adalah sumber energi bisa diciptakan secara swadaya, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil 

Selain itu biogas juga dapat meningkatkan kemandirian energi suatu negara. Negara kita tidak bergantung lagi terhadap ketersediaan bahan bakar fosil.

Baca juga : Manfaat Rekayasa Teknologi


Hambatan Menggunakan Biogas

Sebutkan contoh hambatan menggunakan biogas? Lalu apa saja kekurangan atau kelemahan dari penggunaan teknologi gas organik ini? Kamu bisa melihat dari beberapa hambatan yang sudah kosngosan rangkum dibawah ini :


Modal awal yang mahal

Sebenarnya ini relatif. Modal awal untuk membangun teknologi biogas yang sederhana sekalipun membutuhkan modal yang relatif tinggi

Terutama jika sobat kosngosan ingin memanfaatkan biogas untuk menghasilkan energi listrik dalam skala rumah tangga saja. Akan tetapi biaya itu dapat dikompensasi oleh penghematan biaya energi dalam jangka waktu yang panjang.


Ketergantungan sumber bahan baku

Energi Biogas dihasilkan dari bahan organik, sehingga untuk menghasilkan energi tersebut, maka kita selalu butuh akan bahan baku menjadi faktor yang penting. Jika pasokan bahan baku tidak tersedia atau berkurang, maka produksi biogas juga bisa saja terhenti.


Kualitas biogas bervariasi

Hambatan lainnya adalah output biogas yang tidak seragam. Kualitas biogas dapat bervariasi berdasarkan pada jenis dan kualitas bahan baku yang digunakan. Tentu saja ini menjadi kendala ketika ingin menghasilkan biogas yang murni dan berkualitas


Resiko Zat yang Berbahaya

Energi biogas juga bisa mengandung zat gas yang tidak diinginkan, bahkan ada juga yang berbahaya untuk dihirup. Zat yang cukup sering dihasilkan seperti sulfur, yang dapat mempengaruhi kualitas biogas. 

Hidrogen sulfida (H2S), Metana (CH4), Amonia (NH3), Karbon monoksida (CO), Senyawa organik volatil (VOCs) dan zat lainnya


Butuh biaya perawatan rutin

Energi biogas juga butuh perawatan yang rutin, terutama pada tahap awal operasinya, untuk memastikan penghasilan biogas yang stabil dan kualitas yang baik. Hal ini dapat memerlukan biaya dan waktu yang signifikan.


Bergantung pada cuaca dan musim

Produksi biogas juga bisa dipengaruhi oleh kondisi cuaca dan musim. Ketika musim dingin, menghasilkan biogas bisa menurun karena temperaturnya lebih rendah

Dan kalau musim panas, produksi biogas bisa meningkat karena suhu lebih tinggi bisa merangsang bakteri untuk menghaisilkan biogas yang lebih banyak


Butuh teknologi yang tepat

Produksi biogas butuh penerapan teknologi yang tepat dan proses yang tepat, tidak sembarangan orang bisa menghasilkan energi biogas yang berkualitas. 

Hal ini untuk memastikan produksi yang stabil dan kualitas yang baik. Apabila teknologi dan proses tidak tepat, produksi biogas bisa terhambat dan kualitas biogas bisa jadi menurun.


Instalasi butuh ruang

Instalasi biogas membutuhkan ruangan yang tidak sedikit. Tentu nya ini menjadi hambatan ketika ingin diaplikasikan di rumah atau dapur yang memiliki ruangan yang kecil. Belum lagi pipa untuk menyalurkan biogas ke kompor khusus yang memang diperuntukkan untuk biogas


Kesimpulan Akhir

Pada akhirnya dengan mengikuti tips di atas, sobat kosngosan dapat menggunakan biogas dengan efisien dan aman. Selain itu, penggunaan biogas dalam kehidupan sehari hari juga dapat membantu kalian dalam menghemat biaya energi dan mengurangi dampak negatif pada lingkungan. 

Semoga informasi di atas bisa bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share (bagikan) ke linimasa sosial media kalian ya. Bookmart juga halaman ini di browser kalian supaya bisa berkunjung kembali jika ada kepeluan.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya