Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tujuan Rekayasa Teknologi yang Diciptakan Manusia

Apa tujuan dan manfaat rekayasa teknologi yang diciptakan oleh manusia dalam kehidupan sehari hari? Rekayasa teknologi (Technology engineering) adalah serangkaian kegiatan pemanfaatan teknologi untuk memecahkan permasalahan yang ada. 

Seperti yang kita ketahui, teknologi diciptakan untuk mempermudah hidup manusia. Dan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi, maka diterapkanlah rekayasa pada teknologi tertentu yang lebih solutif dan inovatif.

Rekayasa teknologi sering digunakan dalam berbagai bidang seperti informasi, material, produksi, kedokteran, energi, pangan dan pertanian dan lain sebagainya.

Rekayasa teknologi penggunaan pengetahuan teknis, ilmiah, dan kalkulasi matematika untuk mengembangkan teknologi yang ada atau menciptakan teknologi yang baru, dan memperbaiki teknologi yang ada. 


Tujuan dan Manfaat Rekayasa Teknologi

Tujuan Rekayasa Teknologi

Ada banyak sekali keuntungan dan kelebihan dari penerapan rekayasa teknologi bagi kehidupan umat manusia di era modren saat ini. Berikut beberapa yang sudah kosngosan rangkum :


Mendapatkan dan meningkatkan keuntungan

Dengan penerapan rekayasa teknologi dalam kehidupan sehari hari, maka beberapa pihak bisa mendapatkan keuntungan dari penjualan produk nya. 

Atau bagi yang sudah ada produk, rekayasa teknologi bisa meningkatkan keuntungan mereka Contohnya seperti  perusahaan nestle yang memproduksi aneka makanan 

Nestle memanfaatkan rekayasa teknologi informasi untuk mengelola rantai pasokannya. Dengan menggunakan sistem manajemen persediaan yang canggih untuk memastikan ketersediaan bahan baku yang cukup dan mengurangi biaya produksi, maka ini bisa meningkatkan keuntungan perusahaan.

Baca juga : Contoh Usaha Ekstraktif di Indonesia


Menciptakan inovasi yang solutif

Rekayasa teknologi dapat membantu manusia dalam menciptakan sesuatu yang baru. Dengan memanfaatkan teknologi terbaru ini, tentunya dapat meningkatkan efisiensi, kualitas, dan daya saing tertentu

Contohnya inovasi mobil listrik yang menghilangkan ketergantungan manusia terhadap bahan bakar fosil yang tidak terbaharukan. Menggunakan listrik untuk tenaga penggerak mobil diharapkan bisa mengurangi polusi dan menyelamatkan lingkungan.


Mengembangkan produk

Tujuan dari rekaya teknologi juga dapat meningkatkan atau memperbaiki sesuatu yang sudah ada sebelumnya, untuk diperbaiki cara kerjanya, hasil atau hal lain yang lebih menguntungkan.

Misalnya pengembangan mobil hybrid yang memanfaatkan listrik dan motor untuk menghasilkan kendaraan yang hemat bahan bakar, tentunya ini akan mengurangi polusi dan meminimalisir kerusakan lingkungan.


Meningkatkan produktivitas

Rekayasa teknologi bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas dengan mengoptimalkan proses produksi, mengurangi waktu produksi, dan meningkatkan kualitas produk.

Misalnya rekayasa teknologi terhadap software akuntansi yang membantu perhitungan setiap transaksi perusahaan. Teknologi ini bisa menggantikan peran akuntan sehingga biaya yang dikeluarkan juga bisa lebih terjangkau


Menghemat biaya

Tujuan dari rekayasa teknologi juga bisa membantu mengurangi biaya produksi dengan mengoptimalkan proses produksi, mengurangi limbah, dan meningkatkan efisiensi

Rekayasa teknologi sangat membantu perusahaan dalam memproduksi barang dan jasa yang lebih terjangkau. Sehingga menghasilkan harga produk yang lebih murah, dan bisa membantu konsumen membeli produk tanpa kendala. Tentunya ini juga akan menggerakkan roda perekonomian


Mempermudah penggunaan

Rekayasa teknologi bertujuan juga untuk membantu meningkatkan kemudahan penggunaan produk atau sistem dengan mengoptimalkan berbagai faktor

Seperti tampilan dan penggunaan antarmuka pengguna, membuat sistem lebih intuitif, mengurangi kesalahan sistem, menyederhanakan tampilan dan sistem, menghilangkan bug dan sebagainya.


Meningkatkan keamanan

Tujuan rekayasa teknologi selanjutnya adalah dapat membantu meningkatkan keamanan produk atau sistem dengan mengoptimalkan berbagai faktor yang ada

Seperti memperbaiki desain produk, meningkatkan kualitas bahan, mengurangi risiko kecelakaan, memperbaiki bug atau celah keamanan sistem, meminimalisir serangan hacker, dan sebagainya.


Menyelesaikan masalah kompleks

Rekayasa teknologi dapat membantu memecahkan masalah yang kompleks dengan menerapkan pendekatan teknis yang sistematis dan ilmiah.

Penggunaan teknologi untuk menolong umat manusia memang sudah dilakukan sejak dahulu, sehingga setiap rekayasa yang dilakukan tentu saja tujuan akhirnya adalah untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi, baik dimasa sekarang atau mendatang.


Memenuhi Kebutuhan Manusia

Manusia adalah mahluk yang konsumtif dan memiliki kebutuhan yang tidak terbatas, namun sumber daya yang ada terbatas. Oleh karena itu, diciptakanlah teknologi rekayasa untuk memenuhi kebutuhan tersebut

Dengan penerapan teknologi, kebutuhan dasar manusia seperti sandang, pangan dan papan bisa terpenuhi dengan baik. 


Manfaat Rekayasa Teknologi di berbagai Bidang

Bidang Teknologi Informasi

Membantu pengembangan perangkat lunak dan hardware, sistem keamanan dan manajemen data, dan meningkatkan konektivitas serta komunikasi antara individu dan perusahaan.


Bidang Kesehatan

Membantu dalam pengembangan peralatan medis, teknologi yang membantu mempercepat proses diagnosis, dan sistem manajemen rekam medis elektronik.


Bidang Transportasi

Meningkatkan kinerja kendaraan dan memungkinkan penggunaan bahan bakar yang lebih efisien, dan membantu mengembangkan kendaraan listrik dan sistem transportasi publik yang lebih efisien.


Bidang Energi

Membantu pengembangan teknologi energi terbarukan seperti tenaga surya, angin, dan hidro. Ini juga membantu dalam mengembangkan sistem manajemen energi dan teknologi penghemat energi.


Bidang Pertanian

Meningkatkan produktivitas dan efisiensi pertanian, seperti pengembangan sistem irigasi yang lebih baik dan teknologi pengendalian hama yang lebih efektif.


Bidang Manufaktur

Mengembangkan mesin yang lebih baik, dengan proses produksi yang lebih efisien dan efektif, serta mengurangi limbah dan polusi.


Bidang Lingkungan Hidup

Mengembangkan teknologi pengolahan limbah dan pengelolaan lingkungan yang lebih baik.Sehingga efek rumah kaca bisa diminimalisir dari kegiatan industri


Bidang Konstruksi

Mengembangkan teknologi bangunan yang lebih efisien, aman dan ramah lingkungan. Selain itu bagi sebagian daerah yang rawan gempa, penerapan teknologi bangunan dengan pondasi yang fleksibel bisa membantu mitigasi bencana


Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai tujuan dan manfaat dari rekayasa teknologi ini. Dengan berbagai manfaat ini, rekayasa teknologi menjadi sangat penting untuk memajukan berbagai bidang industri dan membantu meningkatkan kualitas hidup manusia. 

Semoga informasi ini bermanfaat, terakhir jangan lupa untuk bookmart halaman ini (supaya bisa berkunjung kembali) dan share url artikel nya di linimasa sosial media milik mu, terimakasih!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya