Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Surat Keterangan Sakit Dokter & Stempel Bisa Diedit

Kalau kamu sedang sakit, biasanya diminta untuk membuat surat keterangan sakit dari dokter, rumah sakit, bidan, puskesmas atau pihak yang berwenang. Lalu bagaimana contoh surat keterangan sakit yang baik dan benar beserta stempel-nya?

Surat keterangan sakit adalah dokumen yang dikeluarkan oleh dokter atau rumah sakit yang isinya berupa informasi kondisi kesehatan kamu yang sedang mengalami sakit dan dijadikan dokumen legal bukti untuk sobat kosngosan absen dari pekerjaan, sekolah, kampus dan lainnya

Surat keterangan sakit biasanya berisi informasi tentang diagnosa penyakit, rekomendasi perawatan, durasi perawatan, tanda tangan dokter disertai cap stempel instansi kesehatan yang memberikan pengobatan atau perawatan tersebut.

Surat keterangan sakit dari dokter juga dapat mencantumkan tanggal dimulainya sakit dan diperkirakan tanggal kembali bekerja atau kondisi pasien yang akan sehat dikemudian hari

Surat keterangan sakit sangat penting ketika situasi seseorang membutuhkan waktu untuk istirahat dan pulih dari kondisinya. Dokumen ini dapat memberikan perlindungan hukum dari absen pekerjaan atau mengajukan klaim asuransi kesehatan.

Contoh surat keterangan sakit juga bertujuan untuk memberikan informasi kepada perusahaan, sekolah, kampus atau atau pihak lain yang memerlukan bukti mengenai kondisi kesehatan seseorang.


Contoh Surat Keterangan Sakit dari Dokter

surat keterangan sakit dokter

Untuk mendapatkan surat keterangan sakit dari dokter, rumah sakit, bidan, perawat dan pihak yang berwenang, berikut beberapa contoh dalam berbagai format yang bisa kamu ambil sebagai referensi :

Baca juga : Contoh Surat Wasiat pakai Akta Notaris


Contoh surat keterangan sakit dokter

[Tempat, Tanggal]

Kepada Yth.

[Nama Perusahaan atau Institusi]

[Alamat Perusahaan atau Institusi]

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini, Dokter [Nama Dokter], dengan ini menyatakan bahwa:

Nama Pasien : [Nama Pasien]

Jenis Kelamin : [Jenis Kelamin]

Umur : [Umur]

Alamat : [Alamat Pasien]

Sesuai dengan hasil pemeriksaan medis yang telah dilakukan, pasien di atas dinyatakan sakit dan memerlukan istirahat selama [jumlah hari] hari mulai dari tanggal [tanggal mulai istirahat] sampai dengan tanggal [tanggal selesai istirahat].

Demikian surat keterangan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Hormat saya,

[Nama Dokter]

[Nomor Registrasi Dokter]

[Spesialisasi Dokter]


Download surat keterangan sakit dokter docx

Dapatkan contoh format surat keterangan sakit dokter dalam format docx yang bisa kamu edit sesuai dengan kebutuhan mu.

Instruksi : Setelah klik link, kamu akan diarahkan ke halaman baru safelink, tunggu sampai 5 detik, hingga muncul tombol download. Kamu akan diarahkan ke google drive.


Contoh Stempel Surat Keterangan Sakit Dokter

Stempel adalah alat cetak tanda yang dalam dalam ini pihak dokter, rumah sakit, bidan, perawat dan pihak yang berwenang pada dokumen atau kertas surat keterangan dengan menggunakan tinta.

Berikut contoh stempel yang bisa kamu jadikan sebagai referensi :

contoh stempel dokter png


contoh stempel dokter psd

contoh stempel dokter

Download stempel dokter format PSD (photoshop) yang bisa kamu edit sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masing masing.


Cara Menulis Surat Keterangan Sakit

Kalau kamu ingin membuat surat keterangan sehat sendiri kemudian diberikan kepada pihak berwenang, maka berikut beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam membuat surat keterangan sakit yang baik dan benar :

Langkah 1 :

Pastikan kamu telah berkonsultasi dengan dokter atau perawat dan mendapatkan diagnosis yang akurat. Surat keterangan sakit harus berisi informasi yang jelas mengenai kondisi kesehatan kamu, sehingga penting untuk mendapatkan diagnosis yang tepat dari tenaga medis yang terlatih.

Langkah 2 :

Tulis surat keterangan sakit dalam format yang jelas dan mudah dibaca. Pastikan bahwa informasi yang terkandung dalam surat keterangan sakit mudah dimengerti oleh orang yang membaca surat tersebut.

Langkah 3 :

Cantumkan nama lengkap, alamat, dan nomor telepon dokter atau rumah sakit yang merawat kamu. Hal ini akan memberikan kepercayaan dan meyakinkan pihak yang menerima surat keterangan sakit bahwa dokter atau rumah sakit yang memberikan diagnosis adalah yang sebenarnya.

Langkah 4 :

Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal dimulainya sakit dan diperkirakan tanggal kembali bekerja atau kondisi pasien yang stabil. Informasi ini akan membantu perusahaan atau pihak lain dalam merencanakan kembali aktivitas kamu.

Langkah 5 :

Surat keterangan sakit sebaiknya ditkamutangani oleh dokter atau perawat yang merawat kamu dan dicap oleh rumah sakit atau klinik yang kamu kunjungi. Hal ini akan memberikan keaslian surat keterangan sakit yang kamu ajukan.

Langkah 6 :

Sampaikan surat keterangan sakit kamu secepat mungkin. Jangan menunda-nunda untuk memberikan surat keterangan sakit ke perusahaan atau pihak lain yang memerlukannya.

Langkah 7 :

Periksa kembali surat keterangan sakit kamu sebelum disampaikan. Pastikan bahwa tidak ada kesalahan ketik atau kesalahan informasi lainnya pada surat keterangan sakit yang akan kamu ajukan.


Kata Penutup

Semoga dengan mengikuti tips dan contoh surat keterangan sakit dokter dari kosngosan ini, diharapkan surat keterangan sakit yang kamu ajukan dapat diterima dan diakui oleh pihak yang memerlukan bukti mengenai kondisi kesehatan mu ya sobat.

Kalau kalian merasa artikel ini bermanfaat, silahkan klik tombol share dan bookmart halaman ini untuk bisa berkunjung kembali nantinya, adios!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya