Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Terwujudnya Modernisasi Bidang Ekonomi

Terwujudnya Modernisasi di Berbagai Bidang, salah satunya Ekonomi membuktikan bahwa kemajuan zaman telah masuk kedalam berbagai aspek kehidupan. Dulu, bidang ekonomi klasik memiliki ruang lingkup pembahasan yang sempit. Tapi sekarang, seiring berkembangnya zaman, modernitas telah mengubah ekonomi menjadi sesuatu yang bernilai dan berperan amat penting dalam kehidupan manusia

Modernisasi adalah proses transformasi dalam mengadopsi teknologi, sekumpulan nilai, serta gaya hidup yang baru, hal ini dilakukan karena dianggap lebih maju dan efisien ketimbang apa yang dilakukan terdahulu

Sedangkan ekonomi adalah bidang yang membahas bagaimana entitas dalam mengalokasikan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan yang tak terbatas. Ekonomi tidak jauh dari aspek produksi, distribusi dan konsumsi barang atau jasa. Ekonomi juga membahas kebijakan ekonomi yang dibuat oleh pihak berwenang pemerintah dan bagaimana kondisi pasar di lapangan.

Tujuan dari proses modernisasi yang terjadi di bidang ekonomi adalah untuk meningkatkan peran ekonomi bagi masyarakat dan mempercepat perkembangan perekonomian bagi suatu negara. Akan tetapi, modernisasi ekonomi bukanlah tanpa kekurangan sama sekali. 

Adapun kritik dari kosngosan.com yang bisa dibahas disini adalah, biasanya proses modernisasi ini bisa mengabaikan kepentingan dan nilai dari budaya dan tradisi bangsa. Selain itu modernisasi juga cenderung menimbulkan ketimpangan ekonomi, artinya yang kaya semakin kaya dan yang miskin semakin miskin.


Contoh Terwujudnya Modernisasi Ekonomi

Contoh Terwujudnya Modernisasi Ekonomi

Ada banyak contoh terealisisasinya modernisasi di bidang ekonomi yang sering kita lihat di sekitar, dan tanpa kita sadari kita menjadi salah satu yang berkontribusi dan menikmati hasil dari perkembangan tersebut. Apa saja hal tersebut? berikut diantaranya :

Baca juga : Contoh Usaha bidang Industri


Keberlimpahan Akses Informasi Pasar

Kondisi pasar dulunya adalah sesuatu yang harus digali secara susah payah melalui akses media seperti radio, koran atau langsung turun ke pasar secara langsung. Ketersediaan informasi pasar di zaman dahulu juga bisa dikatakan cukup tertutup karena akses informasi juga tidak seterbuka sekarang ini

Tapi dengan adanya perkembangan teknologi informasi seperti maraknya media sosial, aplikasi chatting dan website, maka informasi pasar juga sudah sangat terbuka untuk diakses oleh siapa saja. 

Untuk itu, informasi pasar yang update menjadikan persaingan semakin ketat dan hanya pemain yang bisa beradaptasi lah yang akan memenangkan persaingan pasar saat ini.


Transaksi Digital dan Cashless

Kalau zaman dulu, transaksi ekonomi hanya bisa dilakukan secara langsung menggunakan uang tunai, atau bahkan sebelum dikenal uang atau alat tukar, manusia melakukan barter, yaitu menukarkan barang yang satu dengan barang yang lainnya

Namun sekarang, Modernisasi di Bidang Ekonomi sudah mengubah cara dan kebiasaan manusia dalam melakukan transaksi ekonomi. 

Termasuk salah satunya adalah transaksi digital seperti transfer, top up dan pembelian apa pun secara cashless atau tanpa duit, hanya mengandalkan digitalisasi gerbang pembayaran.

Sobat kosngosan dapat melakukan transaksi menggunakan aplikasi pembayaran digital seperti PayPal, Google Pay, Apple Pay, Gopay, Shopeepay dan sebagainya. Pembayaran digital ini memberikan kecepatan, kenyamanan, dan keamanan yang lebih baik daripada metode pembayaran konvensional atau cash


Tersedianya Pasar Online

Pasar online ada banyak jenisnya, dan sudah sangat familiar di zaman sekarang. Manusia sudah bisa berbelanja di pasar online dengan hanya mengandalkan smartphone atau laptop dari dalam rumahnya. 

Salah satu contoh Terwujudnya Modernisasi ekonomi adalah adanya pertumbuhan perdagangan online dan banyaknya kita temui platform e-commerce dan online shop seperti Amazon, Alibaba, eBay, shopee, lazada, tokopedia dan sebagainya.

Platform seperti ini memungkinkan sobat kosngosan sebagai konsumen untuk membeli barang dan jasa dengan mudah melalui jarigan internet (baik melalui situs atau aplikasi), menciptakan peluang baru bagi pelaku usaha kecil dan menengah.


Penggunaan Teknologi Blockchain

Salah satu gebrakan teknologi dalam dunia keuangan yang telah mengubah cara transaksi keuangan saat ini adalah adanya block chain. Blockchain adalah teknologi keuangan yang tugasnya mencatat dan memverifikasi transaksi secara terdesentralisasi dan transparan. 

Bisa dikatakan teknologi ini mirip seperti sebuah buku besar digital yang menyimpan catatan transaksi dalam blok-blok yang saling terhubung secara kronologis. Setiap blok akan berisi sejumlah transaksi yang telah diverifikasi.

Dengan menggunakan teknologi ini, transaksi ekonomi akan bisa lebih aman tanpa campur tangan pihak manapun, diverifikasi, dan dicatat secara terdesentralisasi dan transparan. Dari teknologi blockchain ini jugalah kita mengenal adanya cryptocurrency seperti Bitcoin dan Ethereum.


Penggunaan Aplikasi Keuangan dan Akuntansi

Aplikasi merupakan perangkat lunak yang bermanfaat untuk membantu manusia dalam berbagai hal, salah satunya adalah bidang ekonomi. Misalnya dulu perusahaan hanya memperkerjakan karyawan untuk melakukan pencatatan transaksi di kertas dan membuat laporan akuntansi secara manual dari pencatatan tersebut

Sedangkan sekarang, dengan adanya teknologi software, perusahaan dalam membuat laporan dan mengetahui hasil analisis keuangan tahunan cukup dengan mengandalkan aplikasi keuangan yang sudah banyak beredar untuk berbagai keperluan, baik itu lewat sistem operasi android, ios atau windows


Supply Chain dan Transportasi Logistik Semakin Maju

Salah satu perbedaan yang sangat terasa antara era ekonomi zaman dahulu dengan sekarang adalah manajemen rantai pasok dan transportasi logistik yang semakin efektif dan efisien. 

Ini berhubungan dengan makroekonomi atau perdagangan ekonomi antar secara keseluruhan yang berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi, inflasi dan stabilitas keuangan

Dahulu, perdagangan antar negara sangat terbatas kepada bahan mentah dan hanya melalui kapal angkut yang memiliki daya muat tidak sebesar seperti sekarang. 

Bisa sobat kosngosan lihat sekarang antar negara bisa melakukan perdagangan besar melalui transportasi laut, darat dan udara dengan kapasitas muat yang semakin besar dengan nilai transaksi yang semakin besar.


Digitalisasi Pasar Saham

Zaman dulu, orang orang yang ingin membeli saham atau surat berharga dari suatu perusahaan harus datang ke kantor bursa efek terdekat untuk kemudian melakukan pembelian secara fisik kepada broker atau pialang saham

Dulu yang namanya perdagangan saham harus melibatkan interaksi fisik di bursa saham fisik atau melalui telepon dengan perantara (broker). 

Dan salah satu contoh terwujudnya modernisasi bidang ekonomi dalam hal ini kemajuan teknologi informasi dan internet membuat proses perdagangan saham sudah berubah secara signifikan, menjadi bisa diakses dari aplikasi smartphone saja. Semudah melakukan topup di RDN dan melakukan pembelian lot saham di genggaman tangan


Terwujudnya Ekonomi Sirkular

Ekonomi sirkular adalah pendekatan dalam sistem ekonomi yang tujuannya untuk mengurangi limbah dan memaksimalkan penggunaan sumber daya yang ada secara lebih efisien. 

Sebisa mungkin limbah yang dihasilkan oleh kegiatan ekonomi harus diminimalkan atau dieliminasi, diolah kembali menjadi sesuatu yang memiliki manfaat. 

Ekonomi sirkular termasuk kedalam ekonomi lingkungan yang menggabungkan prinsip ekonomi dengan isu lingkungan. 

Hal ini melibatkan analisis dampak ekonomi dari kegiatan manusia terhadap lingkungan, pengelolaan sumber daya alam, penilaian dampak lingkungan, dan kebijakan yang berhubungan dengan keberlangsungan lingkungan


Pembangunan Infrastruktur Perekonomian

Salah satu Contoh Terwujudnya Modernisasi di Bidang Ekonomi adalah adanya pembangunan sarana prasarana untuk menopang kegiatan perekonomian di suatu daerah. Misalnya perbaikan jalan raya, rel kereta api, pembangunan jalan tol, jembatan, pelabuhan, MRT, dan sebagainya

Fasilitas untuk kegiatan perekonomian ini dibangun dengan harapan untuk mempermudah dalam kegiatan perekonomian, yang pada akhirnya pertumbuhan ekonomi dan modernisasi ekonomi bisa digapai secepat mungkin


Memulai Era Industri 5.0

Setelah era Industri 3.0 dan 4.0, maka sekarang ini sering dikaitkan dengan era industri 5.0 yang yang melibatkan integrasi teknologi tercanggih yang sedang berkembang saat ini, seperti kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI), robotika, Internet of Things (IoT), komputasi awan (cloud computing), analisis big data dan lainnya

Dalam era ini, industri dan kegiatan perekonomian dianggap sebagai evolusi lebih lanjut yang ditandai dengan digitalisasi dan otomatisasi industri dalam skala besar. Sehingga isu pengangguran akan muncul kembali, karena peran manusia sebagai karyawan lambat laun akan tergantikan oleh robot dan kecerdasan buatan.


Kesimpulan

Contoh Terwujudnya Modernisasi di Bidang Ekonomi bukanlah sesuatu yang menakutkan dan tidak bisa kita acuhkan begitu saja. Bagi suatu negara, terjadinya modernisasi adalah suatu keniscayaan yang pasti terjadi. Oleh karena itu, kita harus bisa menghadapinya dengan mempersiapkan strategi terbaik.

Semoga modernisasi ekonomi ini bisa memperbaiki kesejahteraan ekonomi masyarakat secara keseluruhan. Demikian Contoh Terwujudnya Modernisasi di Bidang Ekonomi dari kosngosan.com diatas, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk share dan bookmart halaman ini ya!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya