Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Contoh Usaha Industri Kecil berbagai Bidang

Usaha industi menjadi salah satu bidang yang membantu perekonomian suatu negara. Industri adalah bidang ekonomi yang berkaitan dengan kegiatan produksi yang dilakukan secara massal memanfaatkan fungsi mesin dan teknologi yang lebih efektif dan efisien.

Industri kecil berarti bisa dikatakan ruang lingkupnya lebih sederhana dari industri skala pabrik yang memiliki banyak buruh. Sistem penerapan teknologi nya juga lebih canggih dan memproduksi lebih banyak barang atau jasa.

Kegiatan usaha industri kecil sama halnya dengan industri besar. Mereka menciptakan produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen secara massal dengan biaya produksi yang sebisa mungkin ditekan agar menghasilkan profit yang optimal. 

Ada banyak contoh usaha industri kecil yang dapat beroperasi dalam berbagai sektor di berbagai bidang, seperti industri makanan, minuman, tekstil, elektronik, dan industri kreatif, pariwisata, dan sebagainya.


Contoh Usaha Industri Kecil

Usaha industri kecil bisa berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi suatu negara, karena bisa menggerakkan perekonomian jika banyak dilakukan oleh pelakunya. 

Usaha ini sering kita sebut sebagai UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) yang telah terbukti membantuk ketersediaan lapangan pekerjaan dan membantu meningkatkan taraf hidup ekononmi masyarakat.

Berikut beberapa contoh usaha industri kecil yang bisa kita lihat pada berbagai bidang :


Usaha Produksi Kerajinan

Kerajinan tangan atau handcraft adalah salah satu bidang industri kreatif yang biasa dikelola secara mikro industri. Skala usaha yang hanya diperuntukkan bagi toko jualan wisata misalnya, dengan memperkerjakan satu atau dua orang karyawan pengrajin di dalam rumah. 

Ada banyak contoh kerajinan yang bisa diproduksi dan memiliki nilai ekonomi tinggi, misalnya kerajinan kayu, tanah liat, kerajinan dari bahan bekas, kaca, batu coral, biji tanaman, dan sebagainya


Pabrik Olahan Makanan

Dalam ruang lingkup industri kecil, pabrik olahan makanan seperti pembuatan kue, tempe, susu kedelai, atau tahu bisa dikategorikan sebagai Contoh Usaha Industri Kecil yang skalanya lebih mikro dibanding pabrik besar perusahaan. 

Umumnya, usaha industri kecil ini dikelola oleh keluarga atau perseorangan, dan memperkejakan beberapa orang sebagai karyawannya. 


Bengkel Las dan Mesin

Bengkel besar dan kecil biasanya memang dikelola oleh keluarga atau seseorang, kemudian memperkerjakan para teknisi atau montir untuk mengatasi berbagai permasalahan klien tentang mesin motor atau mobil

Usaha industri ini banyak melayani jasa perbaikan dan pembuatan mesin-mesin kecil di ruko pinggir jalan, dan termasuk kedalam salah satuContoh Usaha Industri Kecil berbagai Bidang


Usaha Percetakan 

Sobat kosngosan pastinya sering melihat beberapa CV atau usaha kecil yang membuka jasa percetakan, bukan? Contoh industri kecil ini bisa mencetak berbagai jenis keperluan penerbitan seperti brosur, pamflet, dan kartu nama.

Ada juga jasa percetakan undangan pernikahan, khitanan, cetak baliho, spanduk, neon box dan sebagainya. Intinya, spesialisasi yang diberikan adalah bidang cetak mencetak yang membutuhkan printer khusus sebagai mesin cetak nya


Usaha Konveksi Pakaian

Berbeda dari pabrik baju atau pakaian, yang memproduksi pakaian, seperti kaos, kemeja, celana, dan jaket dalam skala besar, usaha konveksi ini lebih kepada produksi seragam atau membuka jasa permak baju di dalam rumah atau ruko. 

Biasanya karyawannya seorang yang sudah ahli dalam menjahit pakaian, melakukan permak seperti mengecilkan pakaian, menjahit atribut seragam, dan menjahit baju dari permintaan khusus klien yang berasal dari bahan kain yang sudah dipersiapkan secara meteran.


Pengolahan Plastik

Salah satu peluang usaha sebagai contoh industri kecil yang membantu lingkungan adalah pabrik pengolahan plastik yang didapat dari sampah atau limbah hasil kegiatan sehari hari.

Misalnya kamu menampung botol minuman plasti seperti aqua dan le minerale, kemudian mencacah nya menjadi beberapa bagian dan mencucinya. Cacahan plastik ini kemudian di oper lagi ke perusahaan untuk di olah menjadi bahan yang memilih nilai ekonomi.

 

Jasa Reparasi Elektronik

Saat ini penggunaan barang elektronik menjadi suatu kebutuhan yang harus terpenuhi oleh manusia modren. Bagi sobat kosngosan pastinya sering melihat di ruko atau depan rumah yang membuka jasa perbaikan barang elektronik, seperti kulkas, tv, ac, mesin cuci, dan ada juga spesialiasi untuk memperbaiki smartphone android dan iphone. 

Ini merupakan salah satu Contoh Usaha Industri Kecil di Bidang elektronik, sehingga barang elektronik tersebut bisa dipakai kembali dan berfungsi secara normal.


Industri Pengolahan Tepung

Salah satu bahan makanan yang paling banyak dipakai dan dibutuhkan oleh manusia adalah tepung tepungan. Ada berbagai jenis tepung yang berasal dari bahan yang berbeda, seperti tepung tapioka, tepung maizena, tepung roti, tepung gandum dan sebagainya. 

Biasanya produksi tepung ini lebih sering ditemui dalam skala industri kecil. Contoh usaha industri kecil ini seperti memproduksi tepung terigu, tepung beras, atau tepung dari kacang-kacangan.

Baca juga : Manfaat Rekayasa Teknologi bagi Ekonomi


Contoh Usaha Industri Kecil Lainnya

Sebenarnya ada banyak sekali contoh usaha industri kecil lainnya yang sering kita liat di sekitar. Tapi tidak mungkin disebutkan satu per satu pada kesempatan kali ini. 

Ada beberapa contoh bidang industri yang bisa kita sebut, seperti misalnya :


  • Usaha Industri Kecil Bidang makanan dan minuman
  • Usaha Industri Kecil Bidang farmasi
  • Usaha Industri Kecil Bidang otomotif
  • Usaha Industri Kecil Bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
  • Usaha Industri Kecil Bidang bahan bangunan
  • Usaha Industri Kecil Bidang tekstil dan pakaian
  • Usaha Industri Kecil Bidang kimia dan petrokimia
  • Usaha Industri Kecil Bidang energi dan utilitas
  • Usaha Industri Kecil Bidang pengolahan limbah dan daur ulang
  • Usaha Industri Kecil Bidang perbankan dan keuangan
  • Usaha Industri Kecil Bidang jasa konsultasi manajemen
  • Usaha Industri Kecil Bidang hiburan dan media
  • Usaha Industri Kecil Bidang kertas dan pulp
  • Usaha Industri Kecil Bidang perikanan dan kelautan
  • Usaha Industri Kecil Bidang pertambangan dan logam
  • Usaha Industri Kecil Bidang konstruksi
  • Usaha Industri Kecil Bidang kesehatan
  • Usaha Industri Kecil Bidang aerospace dan pertahanan
  • Usaha Industri Kecil Bidang peralatan elektronik dan komponen
  • Usaha Industri Kecil Bidang penelitian dan pengembangan, dll


Kesimpulan

Terakhir dalam memulai usaha industri di bidang apapun, sangat penting untuk menentukan perencanaan yang matang dan terperinci mengenai bisnis yang akan sobat kosngosan jalankan kedepannya.

Hal ini termasuk mempelajari kondisi pasar, segmentasi konsumen, kompetitor, rencana keuangan, dan strategi pemasaran. Hal ini akan membantu kalian dalam menghindari kerugian bisnis dalam bidang industri ini. Semoga bermanfaat, jangan lupa share dan bookmart halaman ini ya, adios!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya