Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

52 Kata Kata Follow Up Customer lewat WhatsApp

Kalian pasti sering mendengar istilah follow up. Follow up customer artinya adalah serangkaian tindakan lanjutan yang dilakukan untuk meyakinkan calon konsumen dalam membeli, setelah kegiatan pengenalan atau promosi pertama kali dilakukan. Adapun tujuan dari kegitan follow up ini adalah untuk memperoleh informasi tambahan, memastikan pemahaman yang tepat, dan mengikuti tindak lanjut dari suatu situasi yang dirasa perlu.

Buat para marketer atau yang bertugas dalam memasarkan produk apapun, baik itu makanan, otomotif (motor, mobil), barang elektronik dan sebagainya, kalian butuh contoh follow up penawaran kepada customer yang bisa memanfaatkan platform chat seperti wa, telegram begitu juga email dan telepon langsung.

Beberapa contoh follow up sederhana, seperti kamu mengirimkan email atau chat wa setelah pertemuan, isinya berupa pertanyaan tambahan, melakukan panggilan telepon setelah penawaran atau mengklarifikasi detail dan mengirim chat khusus kepada pelanggan setelah mereka membeli demi memperoleh umpan balik yang tepat.

Tapi terkadang sobat kosngosan.com sering bingung menentukan seperti apa sih Kata kata follow up customer lewat whatsapp atau email yang baik dan benar? Untuk itu kita akan bahas selengkapnya dibawah ini, semoga bisa menjadi referensi buat kalian dan mendapatkan closing yang banyak.


Contoh Kata Follow Up Customer lewat WA

Contoh Kata Follow Up Customer lewat WA

Kalian butuh yang namanya strategi follow up yang tepat, dengan mengaplikasikan beberapa contoh kata kata dibawah ini supaya cepat mendapatkan closingan yang banyak dan dapat insentif atau bonus nantinya. Check these out!

Baca juga : Contoh Kata CopyWriting Jualan Produk

Assalamualaikum wr, wb, salam hangat dari kami kosngosan insurance. Disini kami ingin memberikan penawaran terbaik untuk bapak/ibu untuk membeli produk asuransi jiwa terbaik dari kami. dengan list paket pembelian berikut ini :


Halo Ibu Santi,

Saya dari tim sales Kosngosan ingin berbagi penawaran pupuk berkualitas tinggi yang dapat membantu meningkatkan hasil panen dan produktivitas pertanian untuk kebun sawit anda.

🌱 Produk: Pupuk NPK Jitu

💪 Keunggulan: Formula khusus untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman sawit dan meningkatkan produksi TBS, Diproduksi dengan standar tinggi dan menggunakan bahan-bahan alami yang aman untuk lingkungan.

📞 Untuk informasi konsultasi lebih lanjut atau pemesanan, silakan hubungi kami di nomor berikut: [No. Telepon/WhatsApp]

💼 Kami juga menyediakan konsultasi gratis tentang penggunaan pupuk sawit yang sesuai dengan kebutuhan tanaman anda

Terima kasih atas perhatiannya. Kami berharap dapat membantu bapak mencapai peningkatan produksi TBS Sawit pertanian Anda.


Assalamualaikum Bapak/Ibu, bagaimana kelanjutan yang kemarin? apakah anda bersedia untuk membeli paket asuransi jiwa lengkap dari kami?

Disini kami jelaskan kembali bahwa untuk premi per bulannya tidak sampai 10 ribu pak/bu, selain itu nantinya kita juga akan menginvestasikan dana bapak/ibu supaya keuntungannya juga bertambah dan bisa diklaim setelah 1 tahun pembelian, apakah bapak/ibu tertarik?


Selamat pagi/siang/sore Bu Sorea, saya ingin memastikan bahwa Ibu sudah menerima penawaran produk kami. Kami sangat yakin bahwa produk kami dapat memberikan manfaat besar bagi Ibu dan keluarga. Jika ibu memiliki waktu, bisa balas chat kami, atau bolehkah kami menelpon ibu?


Halo Pak Zulian, kami berharap Bapak dalam kondisi yang baik-baik saja. Saya ingin mengetahui apakah Bapak sudah mempertimbangkan penawaran dari kami mengenai paket wifi 50 mbps dengan harga 500k per bulan?

Kalau ada hal lain yang perlu kami jelaskan mohon untuk membalas chat ini, atau bisakah kita berkonsultasi lewat telepon? Kami akan dengan senang hati untuk melayani Bapak


Hai Pak Slamet, saya ingin menyampaikan terima kasih atas minat bapak terhadap produk kami. Saya ingin mengetahui, apakah ada yang bisa kami lakukan untuk membantu Bapak terkait produk tersebut?

Kalau ada informasi tambahan yang Bapak perlukan, jangan ragu untuk menghubungi kami lewat wa atau kami bisa mengunjungi rumah bapak untuk berkonsultasi selanjutnya


"Selamat siang! Saya adalah Harahap, sales Suzuki yang kemarin bertemu dengan Bapak/Ibu. Saya ingin membantu Bapak/Ibu dalam mendapatkan mobil impian.

Disini kami ingin menawarkan desain modern, kinerja andal, dan teknologi canggih dari varian XL7 kami, Pak/Bu. Kalau tertarik ingin diskusi lebih lanjut, bisa balas chat ini atau berkunjung langsung ke dealer kami untuk mencoba test drive"


"Hai! Saya Erhan, dari Dealer Kosngosan. Kami ingin menginformasikan kembali bahwa saat ini Honda sedang menawarkan promo menarik lho. Bapak/Ibu bisa dapat unit ready tanpa indent, dengan harga istimewa dan berbagai keuntungan menarik, seperti gratis suku cadang selama 6 bulan, layanan aftersales terbaik, dan garansi yang terpercaya.


"Selamat pagi! Saya Reza dari sales Samsung. saya ingin menanyakan tentang kelanjutan rencana Bapak/Ibu dalam membeli varian s22 ultra seperti perbincangan kita semalam.

Sekarang kami sedang mengadakan promo cashback sampai 2 juta lho, Bapak/Ibu. Dilengkapi dengan fitur-fitur dan processro hp terkini. Dapatkan penawaran istimewa, termasuk kemudahan pembiayaan cicilan dan bonus menarik lainya. Kalau tertarik, bisa hubungi saya segera atau kunjungi konter kami ya


"Halo Bapak/Ibu! Saya adalah Enda yang menelpon kemarin. Disini kami ingin menawarkan kepada anda untuk merasakan sensasi berkendara yang sporty dan efisien

Karena kami menyediakan Lexus terbaru dengan warna incaran Bapak/Ibu. Untuk unit sudah ready ya, silahkan berkonsultasi dengan saya di chat atau langsung saja kunjungi dealer kami


Assalamualaikum, Bapak/Ibu. Kami ingin bertanya mengenai kelanjutan diskusi kita semalam tentang kerjasama supply sayuran organik dari anda.

Saya siap membantu sebagai pemilik swalayan kosngosan di daerah A. Saya ingin berkunjung ke lokasi greenhouse Bapak/Ibu, kita akan diskusi lebih lanjut terkait proses pembelian, mulai dari diskusi mengenai harga hingga pengaturan SOP nya.

Kata Follow Up Customer WhatsApp


Kata Follow Up Customer WA


Kata Follow Up untuk Konsumen

Nah berikut beberapa kata follow up yang bisa sobat kosngosan jadikan sebagai referensi buat calon konsumen di berbagai bidang :


Memberitahukan stok produk

Setiap customer memiliki incaran barang akan tetapi tidak selalu ready stock. Kamu perlu mem-follow up konsumen untuk memberitahukan ketersediaan stok produk dikemudian hari.

"Pagi, kak Siregar! Kami dari Toko parfum Belia Kosngosan. ingin memberitahukan bahwa saat ini Parfum Eros yang sedang kakak cari sudah ready stock ya Kak. Kalau berminat dan ingin konsultasi lebih lanjut, bisa hubungi kami lewat WA ini, terimakasih"


Memberikan penawaran produk lain

Salah satu contoh percakapan follow up seperti ini bisa dijadikan sebagai referensi. Terutama jika akan memberikan penawaran produk lain.

Selamat siang kak Mutiah. Saya Harahap, admin dari Kosngosan Phone, ingin menginformasikan bahwa produk Samsung s22 ultra yang kakak cari saat ini sedang kosong. Apakah ingin produk lain yang setara? Kami ada varian dari brand lain seperti Huawei, Xiaomi atau iPhone?

Produk best seller dengan spesifikasi dan processor yang highend dan mirip seperti merk Samsung premium lainnya. kak Mutiah bisa memilih berbagai produk lain dari merk yang berbeda. Produk ini cocok untuk penggunaan produktifitas dan content creator seperti kakak.


Menanyakan kepastian pembelian

Pemilihan contoh kata follow up yang tepat tujuannya untuk mempermudah closingan. Seperti menanyakan kepastian pembelian, berikut contohnya :

"Selamat siang, pak Reza. Mohon maaf mengganggu waktunya. Kami dari Toko Komputer Kosngosan, meng-informasikan bahwa laptop merk Lenovo dengan paket Work Set sudah ready kembali di toko. Apakah bapak berminat untuk membelinya? Terimakasih."

"Selamat pagi, pak Harahap. Supaya pesanan bapak dapat dilanjutkan ke proses pengiriman, dimohon untuk melakukan pembayaran dengan nominal 10 juta melalui Virtual Account dengan nomor 11111112222222 sebelum pukul 15.00 WIB. Terimakasih atas perhatiannya"


Menjelaskan detail produk

Ada juga beberapa calon konsumen merasa tidak paham dengan produk yang akan dibelinya, bisa jadi karena sebelumnya tidak pernah menggunakannya. Simak contoh percakapan follow up di bawah ini :

Halo kak Mutiah, saya Harahap dari Skincare Kosngosan, hendak memastikan pembelian kakak, ya sebelum dikirim. Apakah pesanannya sudah benar?

Kami ingin memastikan bahwa Body scrub S ini aman untuk kulit sensitif, ya kak. Produknya sudah BPOM, dan kami sarankan dipakai setiap hari, seminggu cukup 1-3 kali saja agar kulit tidak rusak. Bagaimana kak, apakah ada yang ingin ditanyakan lagi? 🙂

Seperti contoh di atas, ketika menghubungi calon pembeli juga boleh diselingi doa-doa baik untuk menyudahi percakapan. Dengan begitu, mereka merasa diperhatikan.


Menanyakan kebutuhan konsumen

Calon konsumen sering bingung apa saja kebutuhannya sebelum membeli suatu barang. Begini contoh percakapan follow up untuk menanyakan kebutuhan konsumen lewat whatsapp :

Halo, kak Reza. Boleh kami tahu kebutuhan daily kayak seperti apa? Apakah untuk membawa barang-barang seperti laptop, atau untuk dipakai jalan santai?

Kakak bisa pilih tote bag untuk daily. Ini cocok banget kalau buat nongkrong, jalan santai, dan kuliah/kerja. Tote bag di UseBag punya kapasitas cukup besar dan bahan kainnya kuat dengan desain kekinian, kok. Jadi, buat bawa laptop atau barang-barang lainnya tetap aman. Gimana, kak Reza?

Terimakasih kembali, kak Reza. Selamat berbelanja 🙂


Cara Follow Up Klien lewat Whatsapp

Bagaimana cara follow up lewat wa? Kamu bisa mengikuti beberapa tips sederhana dibawah ini :

  1. Harus ada tujuan follow up yang jelas, contohnya apakah kamu ingin meningkatkan penjualan, mengenalkan produk baru, atau mengundang pelanggan untuk melakukan pembelian?
  2. Lakukan personalisasi, sobat kosngosan harus bisa memberikan penawaran sesuai dengan profil calon konsumen secara eksklusif.
  3. Berikan chat yang singkat dan jelas, hindari menggunakan berbagai kata yang rumit atau jargon yang tidak dikenal oleh calon konsumen.
  4. Memberikan keuntungan, fokuslah pada manfaat yang diperoleh calon konsumen dengan membeli produk mu. Berikan alasan kuat mengapa calon konsumen harus memilih produk tersebut
  5. Memberikan informasi kontak untuk dihubungi lebih lanjut. Tanyakan apakah mereka ingin menerima informasi lanjutan atau penawaran khusus di kemudian hari.
  6. Kirim chat pada waktu yang tepat, jangan mengirim pesan pada waktu yang tidak nyaman, seperti larut malam atau terlalu pagi.
  7. Berikan respons dengan sopan, jangan ragu untuk melakukan tindak lanjut dengan cara yang sopan dan tidak spam.
  8. Jaga sikap profesionalisme-mu dalam penawaran produk kepada calon konsumen mu.
  9. Melakukan evaluasi setelah mengirimkan chat follow up, dengan memeriksa metrik dan indikator kinerja untuk melihat respons dan tingkat keberhasilan kampanye kamu. Ini akan membantu kamu memahami apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan di kemudian hari.


Kesimpulan

Terakhir, dengan mengikuti berbagai cara yang sudah kosngosan.com jelaskan diatas, semoga kalian dapat melakukan follow-up produk melalui WhatsApp dengan cara yang lebih efektif dan efisien.

Semoga kalian bisa membangun hubungan yang baik dengan pelanggan, dan meningkatkan peluang penjualan dan mendapatkan keuntungan.

Dan kalau kalian ingin membantu kami dalam mengembangkan blog ini, silahkan klik tombol share dibawah untuk membagikan nya ke sosial media kalian, juga bookmart halaman ini kalau ingin berkunjung kembali.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya