Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Jasa Penagihan Utang dan Contohnya

Apa pengertian jasa pengumpulan utang? Jasa penagihan hutang adalah layanan yang membantu kreditur untuk menghubungi, mendatangi dan meminta sejumlah hutang yang belum dibayar kepada debitur dalam rangka pembayaran utang yang jatuh tempo atau tertunggak dari pihak yang memiliki kewajiban membayar utang.

Menurut Ross, Westerfield, dan Jordan dalam buku yang berjudul "Principles of Corporate Finance", pengertian hutang adalah pinjaman yang diberikan oleh pemberi pinjaman kepada peminjam dengan kesepakatan peminjam akan mengembalikan pinjaman pada waktu tertentu di masa depan dan membayar bunga atas pinjaman itu

Sedangkan pengertian Jasa menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong, dalam buku "Principles of Marketing", jasa adalah tindakan atau kegiatan yang ditawarkan oleh pihak tertentu kepada pihak lain dan tidak melibatkan kepemilikan atas produk fisik.

Jadi kalau kita artikan secara lebih luas, jasa penagihan utang adalah tindakan atau kegiatan yang ditawarkan oleh pihak tertentu kepada pihak lain dalam rangka untuk menagih, mengumpulkan atau meminta pembayaran pinjaman yang harus dibayarkan oleh debitur (pihak yang meminjam) kepada kreditur (pihak yang memberi pinjaman).

Jasa penagihan utang bisa saja berasal dari perusahaan atau individu perorangan yang secara khusus memang fokus pada tugas penagihan. Jasa ini biasanya memiliki spesialisasi dalam negosiasi dan penagihan utang. 

Adapun beberapa job description dari pekerjaan ini antara lain :

1. Menghubungi debitur untuk memberitahukan tentang utang yang belum dibayar dan mendiskusikan opsi pembayaran 

2. Melakuan negosiasi dengan debitur untuk mencapai kesepakatan tentang pembayaran utang yang tertunggak

3. Melakukan penagihan secara langsung atau tidak langsung

4. Mengambil berbagai langkah lebih lanjut untuk memulihkan pembayaran jika debitur tidak berkenan membayar atau melunasi (termasuk mengambil tindakan hukum atau melibatkan badan penegak hukum.)

5. Mengelola semua catatan, bukti pembayaran, dan dokumentasi terkait penagihan hutang

Apa saja manfaat dari jasa penagihan utang ini? Bagi kreditur, ada banyak manfaat dengan kehadiran layanan ini. Misalnya sobat kosngosan dapat membebaskan diri dari tugas yang memakan waktu dan fokus pada kegiatan inti bisnis seperti produksi atau marketing. 

Selain itu, jasa ini bisa meningkatkan peluang terbayarnya hutang, karena mereka menggunakan berbagai strategi dan teknik penagihan yang efektif, termasuk komunikasi langsung dengan debiturr, negosiasi pembayaran, dan melakukan penagihan dengan berbagai cara yang tentunya harus legal.

Dan terakhir, layanan ini bermanfaat untuk mengurangi beban administratif bagi perusahaan yang memberi pinjaman. Karena ini bisa memberikan hasil administratif yang kompleks, seperti dokumen pengumpulan data hutang, pengiriman pemberitahuan pembayaran, pemantauan pembayaran, dan pencatatan lainnya.


Contoh Jasa Penagihan Hutang

Contoh Jasa Penagihan Hutang

Jasa penagihan hutang ini sebenarnya adalah istilah yang diberikan kepada pihak manapun yang bertindak sebagai media perantara antara kreditur (pihak yang menerima hutang) dan debitur (pihak yang membayar hutang). Berikut adalah beberapa contoh jasa pengumpulan hutang yang bisa di liat sehari hari disekitar kita :

Baca juga : Aplikasi Pinjol Legal yang Langsung Cair


Agen Penagih Hutang

Biasa kita sebut sebagai Debt Collector atau disingkat dengan DC. Biasanya para DC ini kebanyakan adalah laki laki dengan tampilan yang garang dan badan kekar. Karena dengan penampilan seperti itu, orang orang akan lebih segan dan menakuti kedatangannya. 

Dan para DC ini banyak bekerja dibawah naungan perusahaan yang memang khusus untuk membina mereka menjadi seorang DC. 

Akan tetapi ada juga perusahaan perbankan atau pinjaman yang punya anggota DC nya tersendiri. Jadi profesi ini bertindak sebagai agen yang mewakili kreditur untuk menagih pembayaran hutang kepada debitur. 

Agen seperti ini sering memakai metode penagihan yang berbeda, seperti menelepon, mengirim surat, email, chat lewat whatsapp atau datang langsung ke tempat tinggal atau tempat kerja si debitur

Nah tugas mereka adalah untuk menegaskan kewajiban pembayaran dan mencapai kesepakatan untuk melunasi hutang sesuai dengan kesepakatan awal. 

Kalau si debitur tidak memiliki iktikad baik, maka biasanya DC akan melaporkan ke atasan dan bisa jadi memberikan sanksi berupa denda dan pelaporan ke pihak berwajib


Layanan Penanganan Hutang

Ada juga Perusahaan atau perseorangan yang membuka jasa penyelesaian hutang. Ini juga termasuk kedalam salah satu contoh jasa penagihan hutang. 

Karena mereka banyak membantu pihak yang terlibat hutang dengan menyusun rencana pembayaran yang realistis dan mengelola negosiasi dengan kreditur. 

Layanan ini dibuat dengan tujuan untuk menyelamatkan pihak debitur dari kegagalan bayar akibat salah kalkulasi atau mengalami salah satu faktor yang mengakibatkan mereka tidak bisa melunasi hutangnya. 

Layanan ini bekerja untuk mengurangi hutang dengan memberikan pinjaman tanpa bunga, menegosiasikan tingkat bunga yang lebih baik, atau mencari alternatif untuk membayar hutang secara lebih efisien.


Konsultan Finansial

Konsultan keuangan atau finansial bisa menjadi salah satu contoh jasa penagihan hutang, karena mereka selain bertugas untuk memberikan layanan konsultasi seputar keuangan personal atau perusahaan, juga bisa ditunjuk untuk mengumpulkan sejumlah hutang sesuai dengan kesekapatan bersama. 

Mereka bertugas memberikan saran dan strategi kepada pihak debitur yang memiliki masalah hutang. Dengan membantu merancang planning seputar pengelolaan keuangan, melakukan identifikasi berbagai sumber income baru, dan memberikan konsultasi bagaimana cara menghadapi masalah hutang secara efektif.


Konsultan Hukum

Beberapa firma hukum, seperti pengacara atau advokat juga ada yang menyediakan jasa penagihan hutang. Mereka tidak hanya memberikan layanan konsultasi di bidang hukum, tetapi juga memberikan bantuan kepada kreditur yang terkait dengan penuntutan pembayaran hutang yang belum terselesaikan. 

Layanan ini dapat membantu proses peradilan, mengajukan gugatan hukum, atau mengambil langkah hukum lainnya terkait perkara hutang baik secara personal atau institusi yang kerap kali menimbulkan dampak hukum besar antar kedua belah pihak, antara debitur dan kreditur.


Kesimpulan

Untuk menghindari adanya jasa pengumpulan hutang datang ke tempatmu, maka dari itu sebisa mungkin sobat kosngosan harus menghindari hutang, baik ke rentenir atau perbankan. Kalau tidak kepepet amat, jangan berhutang.

Penting untuk diketahui juga bahwa jasa penagihan utang harus sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Praktik yang melanggar peraturan perundang undangan seperti perbuatan yang tidak etis dalam memaksa debitur bisa mengakibatkan masalah hukum bagi perusahaan atau individu yang menyediakan jasa itu

Semoga artikel kali ini bermanfaat, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikelnya jika kamu merasa teman teman mu harus tahu akan informasi diatas. Bookmart juga dan sampai jumpa pada pembahasan lainnya.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya