Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Contoh Panggilan Interview Kerja Lewat Email

Seperti proses rekrutmen lamaran pekerjaan pada umumnya, perusahaan melalui HRD akan memberikan panggilan interview jika memang kualifikasi pelamar memenuhi. Seterusnya kalian akan dikirimi surat panggilan interview atau wawancara, baik dalam bentuk online atau surat kertas lewat pos. Tapi zaman sekarang, para HRD sudah tidak mau repot lagi.

Mereka kebanyakan mengirim panggilan wawancara lewat email atau chat whatsapp. Bahkan ada juga yang menelpon secara langsung untuk mengkonfirmasi apakah kamu bisa datang pada waktu yang sudah ditentukan untuk mengikuti proses wawancara kerja.

Pada tahap ini, sebenarnya sobat kosngosan sudah selangkah lagi untuk diterima bekerja. Kamu harus mempersiapkan diri, mengantisipasi jenis pertanyaan yang nantinya akan diajukan, sehingga bisa menjawab dengan baik dan kamu bisa lolos untuk diterima bekerja pada suatu perusahaan.

Nah pertanyaannya, banyak dari hrd atau perekrut belum begitu mengetahui bagaimana contoh format email panggilan interview yang baik dan benar. Selayaknya surat formal, panggilan interview ini harus lah mengikuti kaidah tata bahasa dan EYD yang seharusnya.

Ada banyak contoh email pemberitahuan lolos interview dan email undangan interview online yang beredar di internet. Tapi kamu butuh yang memang sesuai dengan profil perusahaan mu, sehingga nanti si pelamar juga menilai kalau perusahaan benar benar serius mengadakan tes wawancara.

Selain itu, sebenarnya panggilan interview lewat whatsapp dan email juga tidak beda jauh. Kamu hanya memberikan teks pada body email atau kotak chat, tapi mekanisme saja yang berbeda. Jadi pada kesempatan kali ini, kosngosan akan mencoba memberikan format nya untuk kalian ya, simak terus pembahasan postingan kali ini.


Contoh Surat Panggilan Interview Kerja

Contoh Panggilan Interview Kerja via Email

Surat panggilan interview kerja ini mencakup informasi penting seperti waktu, tempat, dan format wawancara yang akan diadakan oleh perusahaan. Jadi kamu bisa mencontoh beberapa format yang sudah kosngosan rangkum seperti dibawah ini :

Baca juga : Tips Cari Lowongan Kerja yang Langsung Diterima


Subjek Email : Pengumuman Jadwal Interview PT Kosngosan

Isi Email :

(KOP SURAT)

(Alamat)

(Tanggal)

Kepada Yth.,

(Nama Lengkap Calon Pelamar)

(Posisi Pelamar)

Dengan Hormat,

Kami dari PT Kosngosan mengucapkan terima kasih atas minat Saudara dalam mengajukan lamaran untuk posisi Desainer di perusahaan kami. Kami senang untuk memberitahu Saudara bahwa Saudara telah dipilih untuk mengikuti tahap wawancara.

Wawancara akan dilaksanakan pada:

Tanggal: ...

Waktu: ...

Lokasi: ...

Mohon datang tepat waktu dan membawa salinan CV, surat lamaran, serta dokumen pendukung lainnya. Kami akan mengirimkan informasi lebih lanjut segera setelah Saudara mengkonfirmasi kehadiran Saudara.

Kami sangat menantikan pertemuan dengan Saudara. Jika Saudara memiliki pertanyaan atau memerlukan informasi tambahan, silakan hubungi kami melalui email ini atau telepon di (Nomor Telepon Perusahaan).

Salam Hormat,

(TTD HRD)

(Nama HRD)


Contoh Surat Semi Formal

Subjek Email = Pengumuman Wawancara Kerja PT Kosngosan

Body Email =

[Kop Surat]

[Tanggal]

Halo Reza Harahap!

Kami dari PT KOSNGOSAN senang untuk memberitahu Saudara bahwa Saudara telah dipilih untuk mengikuti tahap wawancara untuk posisi Marketing Executive sesuai dengan yang Saudara lamar. Ini adalah kesempatan untuk lebih mengenal Saudara dan mendengarkan lebih banyak tentang kualifikasi Saudara.

Wawancara akan dilaksanakan pada:

Tanggal: ...

Waktu: ...

Lokasi: ...

Kami sangat menghargai kehadiran Saudara dan berharap dapat bertemu langsung. Jika Saudara memiliki pertanyaan atau perlu informasi tambahan, jangan ragu untuk menghubungi kami melalui email ini.

Terima kasih atas minat Saudara dalam bergabung dengan PT KOSNGOSAN. Kami berharap dapat berkolaborasi dengan Saudara di masa depan.

Salam hangat,

[TTD HRD]

PT KOSNGOSAN


Contoh Surat Informal

Halo Harahap! Apa Kabar? Kami harap kabarmu baik! Kami dari PT KOSNGOSAN ingin mengundang saudara untuk hadir dalam interview untuk posisi Supervisor yang telah saudara lamar sebelumnya. Kami menilai, saudara memiliki potensi besar dan kami ingin mengenal saudara lebih baik.

Berikut detail wawancaranya:

Tanggal: ...

Waktu: ...

Lokasi: ...

Pastikan saudara datang tepat waktu. Kami ingin proses wawancara ini santai namun tetap profesional. Jadi jangan ragu untuk bertanya jika saudara memiliki pertanyaan sebelumnya. Jangan lupa membawa salinan CV dan surat lamaran Saudara.

Terima kasih atas perhatiannya, dan semoga saudara bisa bergabung dengan kami di KOSNGOSAN.

Salam Hangat!

Antony

HRD KOSNGOSAN


Contoh Email Panggilan Interview Kerja

Subjek : Panggilan Interview PT KOSNGOSAN

Body Email :

Selamat Siang, Dengan ini kami sampaikan dari pihak HRD PT. Kosngosan ingin mengundang saudara Mutiah Fahrurroziana agar turut hadir dalam seleksi wawancara untuk lowongan IT. Seleksi wawancara ini akan diadakan pada:

  • Hari:
  • Tanggal:
  • Pukul:
  • Lokasi:

Catatan :

  • Peserta wawancara harus datang 10 menit sebelum jadwal yang ditentukan
  • Peserta wajib mengenakan baju formal dan sopan. Bawahan hitam dan atasan putih.
  • Peserta wajib membawa dokumen seperti fotocopy ijazah, transkrip nilai, 4. KTP serta pas foto berwarna merah ukuran 4×6 dengan 3 lembar.
  • Peserta yang menerima pesan ini, harap konfirmasi kehadiran dengan membalas pesan ini dengan format balasan: Nama-hadir/ tidak hadir (Contoh: Harahap_hadir)

Terima kasih

TTD

Kepala HRD


Contoh Panggilan Interview Kerja Bahasa Inggris

Contoh Panggilan Interview Kerja Bahasa Inggris


Kata Penutup

Bagaimana, apakah kamu sudah bisa membuat contoh format surat panggilan wawancara kerja? Seperti yang sobat kosngosan.com ketahui, ini adalah bentuk komunikasi resmi yang diberikan oleh perusahaan kepada pelamar kerja yang telah mengirimkan lamaran.

Semoga dengan mengetahui format surat panggilan interview diatas, bisa mempermudah pekerjaan HRD seperti kalian ya. Jangan lupa share dan bookmart halaman ini untuk membantu kami dalam memajukan blog ini, trims!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya