Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

25 Contoh Makanan Sauteing (Menumis)

Sauteing adalah salah satu teknik memasak yang cukup familiar bagi masyarakat Indonesia. Kita sering menyebutnya sebagai menumis, di mana mengolah bahan masakan menggunakan minyak dan air dalam jumlah yang sedikit dan api yang besar dalam waktu yang singkat serta dicampur bersama bumbu tertentu.

Bahan makanan yang biasanya menggunakan teknik ini sebelum dimasak harus sudah dipotong dengan ukuran kecil terlebih dahulu, kemudian ditumis di atas wajan dengan minyak panas. Minyak yang digunakan ini harus sedikit, hanya bertujuan untuk melapisi makanan supaya berubah warna menjadi kecoklatan.

Agar bisa menghasilkan masakan yang dengan cita rasa yang maksimal, wajan yang diminyaki harus sudah panas sebelum memasukkan bahan-bahan. Pada kesempatan kali ini, kosngosan akan memberikan beberapa contoh masakan hasil teknik sauteing atau menumis yang sering kita temui sehari hari.


Contoh Makanan Sauteing / Menumis

contoh masakan sauteing

Memasak sauteing tidak butuh teknik khusus. Agar masakan dapat matang secara merata, maka sobat hanya perlu membolak-balikan saja.  Ada profesional chef yang punya skill untuk mengangkat sambil memutar wajan (toasing) yang menyebabkan makanan masak merata.

Alat yang digunakan biasaya wajan panas atau saute pan dengan permukaan dasar yang luas dan memiliki pegangan pada sisi samping. Tangkai inilah yang berfungsi untuk melakukan tossing atau mengayun-ayun tanpa spatula.

Caramelized onion

Seperti namanya, bawang karamel ini dimasak secara perlahan menggunakan gula alami dalam bawang sehingga terkaramelisasi. 

Proses ini melibatkan memasak menggunakan teknik sauteing pakai api rendah hingga sedang selama beberapa menit hingga warna bawang berubah menjadi cokelat keemasan. Biasanya Caramelized onion dipakai untuk tambahan toping burger, kebab dan lain sebagainya


Nasi Goreng

Nasi Goreng teknik sauteing

Padahal namanya nasi goreng, tapi sebenarnya makanan ini tidak di goreng, tapi di tumis menggunakan minyak sedikit dengan api sedang.

Nasi goreng merupakan contoh hidangan nasi yang dicampur dengan daging, seafood, petai, sayuran, dan bumbu-bumbu lain sesuai selesa yang kemudian ditumis dalam minyak sedikit

Perubahan aroma nasi menjadi lebih smooky dan tekstur yang bercampur dengan aneka bumbu dan toping, menjadikan hidangan ini enak dan lezat untuk disantap


Ratatouille 

Kalau sobat kosngosan pernah menonton film animasi berjudul serupa, pasti sudah familiar dengan hidangannya. 

Makanan yang berasal dari Prancis ini terbuat dari kombinasi potongan sayuran seperti  terung, paprika, bawang, dan tomat dengan rempah-rempah seperti thyme dan rosemary, kemudian menggunakan teknik sauteing atau menumis dengan minyak sedikit dan api sedang


Pad Thai

Pad Thai berasal dari Thailand. Terbuat dari berbagai potongan daging, dengan mi beras, tauge, telur, dan bumbu lain seperti gula, kecap ikan, dan saus tamarind. Masakan tumisan mi beras ini, umumnya dijual sebagai jajanan pinggir jalan dan ada juga direstoran lokal yang ada di Thailand.


Tumis Bayam Bening

Siapa yang tidak suka dengan sayuran ini? Pastinya semua orang suka dong, apalagi mengadung banyak vitamin dan serat yang baik untuk kesehatan.

Kamu cukup menumis bawang putih yangsudah dicincang sampai berubah warna dan harum. Kemudian menyajikan berbagai bahan tambahan untuk toping sayurannya.


Chana Masala

Masakan ini berasal dari India, disebut juga dengan nama Channay, chole masala, chole atau chholay
Hidangan vegetarian yang dibuat dengan teknik menumis bawang, tomat, dan aneka rempah seperti kunyit dan garam masala dicampur dengan kacang merah dan bahan lainnya

Ayam Tumis Bawang

Seperti namanya, masakan ini berasal dari ayam dan campuran potongan ayam merah yang wangi. Tumis ayam adalah olahan yang banyak digemari dan bisa dipadukan dengan bumbu beragam dari berbagai bahan dapur biasa.

Proses membuatnya pun tidak susah, bahkan untuk pemula sekalipun. Tumis ayam sangat cocok menjadi sajian menu sehari sebagai lauk sehari hari, atau untuk menjamu tamu


Tumis Kangkung Terasi

Untuk sobat kosngosan yang sangat menyukai sayuran tumis, sepertinya resep tumis kangkung ini cocok dan sesuai untuk disajikan dimeja makan keluargamu.

Resep cah kangkung ada banyak, salah satu resep favorit yang bisa kamu coba adalah tumis kangkung terasi, proses olahannya juga sangat nikmat, mudah sekaligus murah meriah.


Penne alla Vodka

Masakan ini berasal dari Italia, tapi banyak juga dikonsumsi di negara lain seperti Amerika dan Polandia. Dalam hidangan ini, pancetta atau bacon ditumis dengan saus tomat dan vodka sebelum ditambahkan ke penne pasta. 

Saus vodka yang digunakan dalam hidangan ini mengubah daging ayam atau bacon dalam hidangan pasta menjadi sesuatu yang baru


Tumis Terong Pedas

Bahan masakan utama dari masakan ini adalah terung. Karena terung sendiri banyak mengandung nutrisi yang berguna untuk tubuh.

Khasiat dalam mengonsumsi terung juga bisa mengurangi peluang terkena sakit jantung. Salah satu olahan yang bisa kamu masak yakni tumis terung pedas yang sangat lezat tentunya


Kerang Hijau Tumis

Menumis tidak hanya tentang sayuran, tetapi juga sea food, seperti kerang hijau yang sangat nikmat. Kamu juga bisa mengolahnya dengan tambahan bahan lainnya.

Karena membuat olahan sea food untuk hidangan se hari ini sepertinya lebih menarik. Tumis kerang hijau cukup lezat dan tetap dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian


Nangka Muda Tumis

Seperti namanya, nangka muda memang nikmat untuk dikonsumsi sebagia sayuran. Kamu bisa sekali-kali berkreasi dengan Nangka muda tanpa harus direbus, akan tetapi tetap lembut dan lezat untuk dikonsumsi. 

Dengan cara dicincang halus dan ditumis dengan minyak sedikit dengan tambahan bahan lainnya. Nangka muda ini bisa jadi alternatif sayur yang enak untuk dikonsumsi.


Jagung Pakis Tumis

Tambahan sayuran pakis muda yang dicampur dengan jagung manis yang nikmat. Cara memasaknya dengan menggunakan teknik menumis, yaitu dengan memasukkan daun pakis

Kemudian sobat kosngosan bisa mengaduk rata kemudian tutup wajan dan kecilkan apinya dan campur dengan jagung manis yang nikmat sekali dijadikan pelengkap sayuran dan lauk di rumah.


Toge Tumis

Tauge atau kecambang yang berasal dari kacang hijau ini memang memiliki manfaat yang kaya untuk kesehatan.

Kalau kamu ingin mendapatkan tekstur yang crunchy dan renyahnya tumis tauge, makanan simpel ini jadi favorit tentunyan. Untuk mendapatkan tekstur tauge yang crunchy, sobat kosngosan hanya cukup menumis sayur ini sebentar saja.


Tumis Tahu Tempe

Tahu dan tempe adalah olahan makanan yang berasal dari kacang kedelai. Tentu saja keduanya bisa diolah menjadi makanan dengan banyak pilihan.

Resep masakan tahu tempe yang lezat bisa kamu buat di rumah dengan cara di tumis, menggunakan potongan cabai dan juga kecap manis. Salah satu kreasi masakan tahu dan tempe yang tepat dan patut dicoba di rumah supaya makan di rumah semakin enak.


Tumis Udang Buncis Saos Tiram

Salah favorit dari mimin adalah olahan tumis yang berbahan dasar udang, buncis dan saos tiram. Buncis adalah salah satu sayuran yang disukai banyak orang, karena memiliki rasa yang crunchy dan tawar.

Buncis ini cocok untuk diolah menjadi masakan seperti tumis dengan kuah sedikit dicampur saos tiram. Kamu bisa menambahkan bahan protein sesuai selera, contohnya seperti udang atau sea food lainnya.


Contoh Makanan Tumis lainnya

Berikut beberapa referensi masakan yang diolah dengan teknik sauteing atau menumis lainnya :

  • Beef and Broccoli Sauteing
  • Paella, hidangan spanyol dari beras dengan saffron, daging ayam atau udang, dan aneka sayuran
  • Stir-fried Noodles Chinesee, dimasak dengan sayuran, daging, dan saus dengan teknik menumis.
  • Kung Pao Chicken, Potongan ayam, kacang mede, dan cabai kering ditumis pakai bumbu seperti kecap ikan dan saus hoisin.
  • Goulash dari Hungaria adalah hidangan hasil tumisan dari potongan daging sapi dengan paprika dan bawang
  • Szechuan Shrimp, yaitu Udang yang ditumis pakai saus Szechuan pedas, cabai merah kering, dan paprika atau bawang hijau.
  • Cah bayam with bawang putih
  • Seafood stir fry
  • Sautéed tofu
  • Leafy Greens Sautéed

Kesimpulan

Sekian beberapa contoh makanan dengan teknik menumis yang perlu diketahui oleh sobat kosngosan, agar makanan yang disajikan nantinya bisa menghasilkan cita rasa dan tekstur yang juara. 

Kalau kamu ingin mencoba, jangan ragu untuk recook contohnya diatas ya. Share dan bookmart halaman ini supaya kamu bisa berkunjung kembali!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya